children care discussion

49 views
Minat baca pada anak

Comments Showing 1-10 of 10 (10 new)    post a comment »
dateDown arrow    newest »

message 1: by Sundang (last edited Aug 25, 2016 12:56PM) (new)

Sundang Saputra | 4 comments OK sementara menunggu approval (sok PD yach).. saya mulai bahasan I :

Menurut kawan2 semua, bagaimana minat baca pada anak2 (baik yang sekolah maupun non sekolah) saat ini ?


message 2: by Gita (last edited Aug 25, 2016 12:56PM) (new)

Gita | 3 comments Kalau saya lihat, minat baca pada anak-anak sekarang ini lumayan meningkat. Walau terbatas hanya pada buku bergambar saja. Tapi itu cukup bagus untuk sebuah awal, toh banyak juga buku bergambar yang berisikan nilai nilai moral yang bagus buat anak-anak. Contoh-nya saja buku serial Franklin. Buku tersebut sangat disukai oleh murid murid saya di tingkat Kindergarten.

Untuk kedepannya mungkin negeri ini bisa mensuplai buku buku untuk anak-anak yang tidak kalah apiknya dengan buku buku terbitan luar negeri sehingga makin memicu minat baca anak-anak. begitu saja mungkin pak sundang, sedikit pemikiran dari saya


message 3: by Hilda (last edited Aug 25, 2016 12:56PM) (new)

Hilda Intinya setuju ma Gita..
Sebenernya anak2 kita suka n punya minat baca besar, tapi balik lagi ke fasilitas (buku2 yang tersedia) n kita2 u/ membimbing mereka.

Untuk suplai buku Indonesia, saya susah bgt dapet buku2 cerita untuk umur kurang dari 3 tahun, sedih... seringnya nemu yg terbitan luar negeri, jadi otomatis harga nya mahal deh :(
(Semoga dibaca ma penerbit....hahaha..)


message 4: by Sundang (last edited Aug 25, 2016 12:59PM) (new)

Sundang Saputra | 4 comments Kira-kira buku bacaan apa yang baik untuk dibaca oleh anak-anak pra sekolah, bila menyangkut perkembangan daya fikir dan imajinasinya.
Apakah buku-buku yang ada selama ini (khususnya produk dalam negeri) telah memenuhi syarat sebagai bahan bacaan yang bermutu ??


message 5: by Gita (last edited Aug 25, 2016 12:59PM) (new)

Gita | 3 comments selama ini, saya belum menemukan buku produksi dalam negeri untuk anak pra sekolah yang cukup bagus. dalam artian seperti kata hilda cukup susah mencari-nya. padahal kalo dipikir, kita cukup punya banyak penulis cerita anak yang bagus loh


message 6: by Hilda (last edited Aug 25, 2016 01:00PM) (new)

Hilda * HMMM... menurut saya bacaan yg bagus u/ anak: bisa merangsang imajinasi anak n memperkenalkan nilai moral pada anak lewat cerita simple agar mudah dimengerti (vocab anakpun terbatas sesuai umurnya). Lebih ok lagi kalau penerbit menjelaskan (di cover or di belakang bukunya) buku tersebut diperuntukkan untuk anak umur berapa..karena tidak semua orang tua mengerti bacaan yg tepat untuk anaknya..
** Terbitan dalam negeri masih kalah dengan terbitan luar negeri. Misal: fisik buku untuk anak kurang 3 tahun seharusnya tidak mudah dirobek. Belum lagi setiap ke toko buku, mata saya lebih mudah menemukan buku apik untuk anak terbitan luar negeri..HMMMM


message 7: by Sundang (last edited Aug 25, 2016 01:01PM) (new)

Sundang Saputra | 4 comments Wah.. commentnya bagus2 neh, sayangnya koq cuma kta bertiga yang hadir ya... yang lain mana neh, ditunggu atensinya lho... sharing demi kemajuan generasi muda kita.
Apapun pendapt anda merupakan bahan yang sangat penting bagi kemajuan generasi muda masa depan.
Ayo jangan malu-malu ekspresikan pendapat Anda disini, asalkan tak mengandung SARA & kevulgaran yang sekiranya dapat mengusik norma2 agama & adat ketimuran kita.. OK ??


message 8: by Tieny (last edited Aug 25, 2016 01:38PM) (new)

Tieny | 1 comments wah.. telat nih commentnya. Menurut saya bacaan untuk anak pra sekolah yang bagus itu relatif ya. Untuk menjadikan anak-anak kreatif dan imajinatif tergantung orang yang mendampingi anak2 tsb pd saat membaca. Buku yang sangat sederhana pun bisa menjadikan seorang anak menjadi imaginatif tp ya itu, syaratnya orang yg mendampinginya juga hrs kreatif dan bisa membangkitkan daya berfikir anak. Tp untuk lebih menarik minat baca anak prasekolah sih, sebaiknya buku2nya colourfull, hurufnya 2x > huruf biasa dan kalimatnya gak terlalu banyak krn anak2 biasanya kan gampang bosennya. kalo diperhatikan sih, cuma ada beberapa penerbit yg produksi bukunya spt itu, tapi itemnya uda cukup banyak koq dan mutunya pun ga kalah sama terbitan luar...


message 9: by Wulan (last edited Aug 25, 2016 01:58PM) (new)

Wulan | 2 comments Commentnya..susah-susah gampang buat meminta anak-anak sekarang lebih mencintai bacaan..karena diluar sana..banyak hiburan yang tidak mendidik buat mereka. salah satu dari anak saya saja kalau disuruh buat membaca, paling antipati...padahal saya sudah berusaha membelikan buku bacaan bergambar agar minat bacanya bertambah. tapi ko ya tetep..malah dia bilang gini " mah, aku ngga harus membaca buku-buku itu..aku akan rawat saja buku-buku mama buat dijadiin koleksi" begitu alasannya kalau aku lagi menyuruhnya membaca..capek dehhhhh


message 10: by Hilda (last edited Aug 25, 2016 02:04PM) (new)

Hilda haha....itu anak jaman sekarang ya Bu?..
Kalo boleh kasih masukan dikit, Ibu bisa ikut baca buku itu bersama anak Ibu, dengan sedikit ekspresi ketika membacanya, misalnya Ibu mendongengkan isi buku itu? yah sekalian latihan maen drama gitu? (yakin deh hiburan diluar sana kalah sama acting Ibu, n siapa tau ada sutradara yang liat? hihihi...)
Pasti si anak lambat laun akan jatuh cinta deh sama buku n bukan sekedar koleksi..
Karena menurut saya, butuh kerja keras kita juga sebagai pendidik u/ memberi contoh pada si anak bahwa membaca ga kalah menyenangkan dibanding yang lain. CAIYO!


back to top