Bandung discussion

232 views
Sejarah, Kesenian, Budaya, dsb > permaenan tradisional urang sunda

Comments Showing 1-50 of 313 (313 new)    post a comment »
« previous 1 3 4 5 6 7

message 1: by owl (last edited Feb 22, 2010 09:14PM) (new)

owl (buzenk) | 700 comments NB: Hampura ah kalo basa sunda na masih pabalieut bin campur aduk jeung basa reman. ;D
NBB: maap juga mun malah jadi curhat, hahahaha

*datang bari cungar cengir*

Punten sadayana, jadi begieu, dina hiji mangsa, abdi teh kan carita ngalor-ngidul sareng rerencangan abdi nun jauh di sebrang. Tema caritana sih cuma hiji: pa agul2 masa kecil. Isi caritana teh saputar jajanan keur sakola SD, sareng permaenan2. Jadi, disinih caritana mau ngelist nama-nama jajanan waktu SD sareng ulin2an, baik permainannya maupun perkakas na.

mun aya nu dipikahilap, mohon dilereskan :D

Jajanan SD
Nu ku buzenk inget mah, waktu SD teh sok jajan: Cilok. keur SD ku si umi nang ukur dibere jajan antara tilu nepi ka lima ratus perak. harga cilok keur rezim buzenk di sakola mah *ketua reman SD caritana :D* masih keneh lima lawe atawa Rp. 25,-. jajan cilok cepe-eun, meunang opat siki, ditojos make tuturus, disaosan, dikecapan, dihakan, wekekeke. Bala-bala, jajanan paporit, harga dua lawe, meserna hiji, diamparan kertas koran, disambelan ato disaosan, trus lumpat ka kelas bari pangramo pinuh ku saos dipuparpeper ka baju sakola :D. Endog cakcak, asaan belum pernah sekalipun ngitung jumlah endog cakcak sabungkusna baraha, nu pasti mah saruntuyna aya sapuluh, hargana cepe. Aya deui, Anak mas, sajenis emih nu diremes2, diasupan bumbu, dikocok2, trus dilebok, XD XD. Dodol lipet, permen yang terbuat dari gula putih, dicairkeun bari dicampur pewarna, trus dibentuk lupat lipet ka tuturus, nu kudu diemut-emut gula2na, bukan tuturusna. Eumm, adalagi sabangsa es-es-an, aya es lilin, es nongnong, es kemong, es kuweh, es mambo, es kebo, es kenyot, es citak (nu es-na diserut, dicitak, trus dikasih sirop), es ager, es orson, dan es te dua belas :D.


Itu aja sih yang diinget, selainnya hilap bin lupa bin lali. Nah kira-kira menurut bapak2 ibu2 sadayana, jajanan apa yang berkesan keur jaman esde. boleh dong dicaritakeun sakeudik mah. Pengen tau ajah sapa tau ada yg unik. pokona mengenang masa lalu lah, hehehe.

Permaenan
Nah ini yang banyak sekali menguras otak bwt nginget lalaguanna sareng namina.
1. Maen gambar
Masih inget, pas jam pelajaran pura2 kahampangan, padahal mah lumpat ka pipir sakola trus maen gambar jeung budak sejen. Maen qiyuh2an, maen tepak, maen potong roti, atawa maen qiyuh pe. Jaman baheula mah kartuna teh aya nu murah jeung nu mahal. nu rada mahal, nyaeta dua ratus perak, kartu anu alus, heras, tukangnya motip2, geus dipotong2 jeung geus dipalastikan. Sagepok aya 36 kartu, nomborna berurutan. Gambarna teh aya rupa2: kembang2, binatang, kartun: satria waja hitam, doraemon, sailormoon, dll. Kartu nu murah hargana nang gocap, kartu tina semacam kertas kardus ipis nu tukangna gambar rambu2 lalu lintas, Biasana mun bandar jeblag, dibayarna make kartu eta, wakakaka.

2. Ucing Beurit
Baheula teh bzk sok maen ucing beurit. Beuritna dikurung, ucingna di luar. Nah, memeh ucingna ngudak berit, biasana aya laguna. Tapi buzenk teh hilap, laguna kumaha nya?. mohon petunjuk :D

3. Ucing endog
XD XD. Tempat yang dibutuhkan cuma satu: jukut. Jadi tiap budak neangan sarang berupa jukut jeung ngendog. Nu jadi ucing, kudu merhatikeun tiap budak nu tuker2 sarang bari mawa endog (endog na batu). Mun ucingna miheulaan hiji budak nempatan sarang, maka budak nu lepas sarang jadi ucing berikutna. bener gak sih?

4. Oray-orayan
Nah, ceunah mah ceuk batur buzenk ti Lampung, disana mah namanya Sledur2. Mun di sunda kan oray-orayan. Nu jaga dua urang, nu hiji jadi bulan, hiji deui bintang. Si bulan dan bintang ngangkat tangan ke atas bari diamprokkeun. Nu sejen na pauntuy2, bari nyompor trus muteran nu jaga hiji-hiji, lalu nyompor lagih. Tapi mun teu salah bari ngalagu, lupa laguna teh kumaha nang. Cuma inget pas terakhirna,waktu salah satu yang nguntuy katangkeup disuruh milih bulan atou bintang. Tapi lagunya lupa :( ada yang inget gak?. Mohon petunjukna lagih :D.

5. Ucing sumput
ah ini mah pasti pada apal :D. Nu jadi ucing kudu meungpeun, nu sejenna nyumput. Ucing neangan nu nyumput, mun kapanggih harus nyebutin nama, tapi depannya pake kata "Hong", misal: Hong Ika, Hong Sekar, Hong Wangi XD XD. Sedangkan, budak nu nyumput trus teu ka-hong-keun, pas sampe benteng ucing harus teriak "Jabaaaaaa". Ada beberapa persi permainan ini, tergantung kesepakatan peserta ucing sumput. Bisa aja, pas di-hong-keun ku ucing, Hong-nya belum sah jika ucingna belum megang bentengna sendiri, soalna kalo bentengna dicabak ku budak nu ka-hong-keun maka budak eta dianggap teu hong. Untuk menentukan ucing selanjutnya juga tergantung kesepakatan, ada yang paling paling pertama ka-hong-keun kudu jadi ucing, adalagi kalo peserta sudah keluar semua (baik yang ka-hong maupun jaba) harus baris dibelakang ucing. Si ucing kemudian nyebut nomor urut baris. Jika anak yang nomor barisnya kesebut ka-hong-keun, maka wajib jadi ucing berikutnya, tapi mun Jaba, maka yang jadi ucing tetep ucing yang sama. :D gitu kan ya?. Sudah cukup lieur kan? kekekeke

6. Galasin
Maennya biasanya dilapangan ataw panggilingan padi. Mun dilapangan, biasanya pembatasnya digaris ato pake lebu. Pormasi galasinnya sudah lupa!!!! hiksss..tapi kalo gak salah, ada raja (paling depan), lapis dua (setelah raja), benteng (posisi awal ada ditengah2 raja dan lapis dua, tapi posisi hadapnya berbeda, misal raja vertikal maka benteng horizontal. benteng mengurung lawan dan ruang geraknya pun bisa sampai ke garis belakang tapi tetap lurus), bagian belang tuh namanya ... (duuhh yang paling belakang tuh namanya apa ya???). Kalo salah seorang pemaen sudah melewati raja, kemudian benteng, lapis dua sampai ke belakang tanpa tersentuh lawan, maka dia harus balik ke raja. Nah jika pemaen berhasil melewati raja, dan teriak "Assssiiiiiiiinnnnnn", maka tim mereka yg menang. Yay!!

7. Ucing benteng
Biasana dua tim. Jumlah tiap tim harus sama, misal 5-5. Benteng na adalah batu. Tiap anggota tim harus nincak batu. Biasana ada yang namanya "mancing". Jadi salah satu tim memancing tim lawan biar lawan ngudag budak nu mancing (umpan). Mun budak nu mancing dibeunangkeun ku lawan, maka budak eta ditawan dibenteng lawan. Tapi kalo budak yang mancing itu berhasil kembali ke benteng dan budak lawan malah diudag dan dibeunangkeun, maka budak lawan yg ditawan. Cara buat ngebebasin tawanan nyaeta, si budak yg ditawan kudu diselamatkan oleh temannya tanpa dibeunangkeun ku lawan. Tim yang menang adalah tim yang dapat menginjak benteng (batu) lawan, sambil teriak 'Benteng!". Ini permainan yang paling buzenk sukai, karena menyangkui kecepatan lari dan melarikan diri, taktik dan strategi untuk mengambil alih benteng lawan.

8. Ucing yang mirip cublak2 tuwong
nah, ini mirip kayak permainan tradisional jawa yg mana namanya adalah daripada yaitu cublak2 tuwong. Satu orang anak menjadi ucing, dengan menelengkup dan membiarkan punggunya dijadikan tempat pijakan tangan. Yang dipakai adalah batu, kemudian dipindahkan dari satu tangan ke tangan yang lain. Ada lagunya, tapi lupaaaaa...!!!, huwaaaa. Inget belakangnya ajah: tatut tatatut tatut tatatut tatut tatatut tatut tatatut, sambil mengepalkan dua tangan dan ditarik keatas kebawah scr bergantian. Ucing harus menebak dimana/ditangan siapa batu itu berada. Jika benar, orang yang memegang batu harus jadi ucing. Jika salah, tet tot, maka si ucing jadi ucing lagi. Yah, begitulah kira. Tapi tapi tapi..lagunya apa yah??. mohon pencerahan :D

9. Ucing nagog
Ini mah yang paling gampang. Suit ti heula, nu eleh jadi ucing. Ucing harus ngudag beurit nu lumpat. Mun beuritna nagog tiheula berarti teu kaci. Tapi mun beurit kaburu katangkep sebelum nagog, maka si beurit jadi ucing. Teriak 'Beuunaaaang', kalo ucing berhasil nangkeup beurit. bukan begitu bukan?

10. Ucing lumpat
Yah, ini mah yang paling gampang. Suit ato gambreng ato kacang2 panjang. nu eleh jadi ucing. ucing kudu ngudag beurit (gak pake nagog). mun beurit beunang ku ucing, beurit jadi ucing. begitu seterusnya.

11. Sahut2an.
Nah ini juga ada lagunya. Tapi lupa lagi :D. Biasana 2 tim. cowo vs cewe. setiap anggota pegang2an tangan, trus paharep-harep jeung lawan. Mun tim awewe nanya, maka nyanyi tapi sambil nyanyi, kalo gak salah tuh gini:"kamu sedang apa, kamu sedang apa?" cewe mundur, cowo maju sambil balas "saya sedang makan, saya sedang makan", mundur, cewe balas "makan makan apa, makan makan apa?", mundur, balas "makan makan batu, makan-makan batu". pokona kitu terus teu eureun2 nepi ka serak XD XD. tapi na mun teu salah belakangnya ada gininya: "maju maju maju, mundur mundur mundur" gituu..tapi gtau juga, lupaaa. Yang menang yang mana yang kalah yang mana, saya lupa. hehehe...

Masih banyak permaenan lainnya, tapi lupa. Yang pasti sih, saya pengen dapet bantuan nginget2 lagu waktu maen oray2an, ucing beurit, sareng ucing nu mirip cublak2 tuwong. Mohon bantuannya :D.
Kalo ada yg belum kelist, ditambahin yah, beserta keterangannya biar inget, hehe.

udin ah. yu marii..
kek disambung ku alat2 permainan.


XD XD
*berasa tret pribadi euy..jiahahahahahahahha*


message 2: by owl (new)

owl (buzenk) | 700 comments 12. Bandring
bahasa kerennya ketapel. Terbuat dari kayu jambu batu, trus dipasang tali karet kolor sarung tarigu abah *XD XD*, ditambahan karet ban agak lebar buat tempat lontaran. Biasanya yang paling ngetop bandring dipake jeung ngabandring manuk piit ato japati. Kadang dipake jail juga sih ka budak awewe.

13. Engrang
Ini kalo gak salah dari batang sampeu. dua batang sampeu dikaitkeun pas bonggolna, trus yang satu dipake buat pegangan kayak setang sapedah, satu lagi buat pijakan kaki. cara jalannya yang batangnya jadi esod2an, karena bonggol yang satu menekan bonggol yang laen, jadinya ngesod. *sok tau*.

14. selop kaleng
dua kaleng susu bekas, tengahnya dibolongin. Masing2 dimasukin benang kerod. Trus ujungnya, buat dipakein batu ato kayu yang bisa nahan pas dilubangnya. Kaki menginjak masing2 kaleng, kemudia benang ditarik, dan jalanlah kita di atas selop kaleng. hehe..

15. Selop batok
hampir mirip sama kayak selop kaleng, hanya bahannya dari batok kelapa tua.

16. Sumprit
dari anak bambu. pasangannya adalah kayu yang dibuat sebagai penembak. pelurunya biasanya dari kertas basah dibulet2. dimasukin ke ujung bambu, kemudian ditekan sama penembak. biasana berbunyi dorr.. heuehue..bener gak sih??

17. bandring karet
dari kayu, dililit2 karet. pelurunya buah kecil yang warna hijau, rasanya asem. biasanya ditaro disudut antara dua kayu. dibandring pake karet gelang. mun teu salah mah kitu. namanya bener gak yah?

18. Koleci
ada yg pake garis2, ada juga yang kobakan. peraturan maennya gak ngerti. tapi nyintreukna mah bisa, hehehe.

19. Golek dari dahan sampeu
dulu suka bikin gogolekan dari dahan singkong tua. kepalanya dari daunnya, dahannya jadi tangan. selain itu, dahan sampeu jg dipake buat ngeriting rambut.

20. Mahkota daun nangka
ini lamun keur maen raja2an, sok nyieun mahkota tina daun nangka nu disambung2 pake nyere. tiap daun di tojos ku nyere trus dirangkai jiga mahkota


apa lagii ya..
udin ah kaburrr...hehehehe


message 3: by Pandasurya (last edited Feb 22, 2010 09:28PM) (new)

Pandasurya | 1692 comments es lilin, es nongnong, es kemong, es kuweh, es mambo, es kebo, es kenyot, es citak (nu es-na diserut, dicitak, trus dikasih sirop), es ager, es orson, dan es te dua belas :D

hiyahahaha...bujenk2..kamana wae atuh, neng..
datang2 langsung bikin tret ieu
oo jadi dari kmaren teh bertapa untuk riset bikin tret ini yah?? :-D
saluut..saluuut..:-p *keplok2*

eta es teh dua belas meni teu katinggalan..:-p


message 4: by owl (new)

owl (buzenk) | 700 comments Pandaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa...
kangeeeeennnnnnnnn
*nangkep panda


message 5: by Speakercoret (last edited Feb 22, 2010 09:47PM) (new)

Speakercoret | 205 comments saia mah bukan orang sunda jadi gak tau permaenan khas sunda kecuali yg diceritain ma emak ;p

ada yg lagunya yang ujungnya ada kalimat dorokdok bareok gudubrak... terus pada jatuh rame2 deh :p
tau tuh permaenan apaan...
mungkin kang hippo tau yah :D


message 6: by Nenangs (new)

Nenangs | 772 comments buzenk wrote: "8. Ucing yang mirip cublak2 tuwong"

tuwong...hehehehe...cublak2 suweng meureunan...


message 7: by Nenangs (new)

Nenangs | 772 comments oray-orayan luar-leor mapay sawah
entong ka sawah, parena keur seudeung beukah....

*cuma inget segitu*


message 8: by Nenangs (new)

Nenangs | 772 comments cingciripit tulang bajing kacapit
kacapit ku bulu pare
bulu pare seuseukeutna
jol pa dalang mawa wayang...jekjeknong!

*teuing kaulinan naon*


message 9: by Thesunan (new)

Thesunan | 198 comments harga cilok keur rezim buzenk di sakola mah *ketua reman SD caritana :D* masih keneh lima lawe atawa Rp. 25


ari salawe teh sanesna 25..? 5 lawe janten 125..


message 10: by Nenangs (new)

Nenangs | 772 comments ah...rek komen salawe lima lawe geus kapiheulaan IS.:)
leres mam...ingetan sim kuring ge kitu. salawe = 25.


message 11: by Weni (new)

Weni | 397 comments hahahaha...
haduh ini teh seuri krn 2 hal:
1) krn Buzenk meni niat nulis panjang pisan
2) krn Nenangs nyanyi cingciripit :))


message 12: by Weni (new)

Weni | 397 comments Anak Mas teh ada sodaranya, yg lebih kecil, namanya Mamie dan Krip2.
Eh gening gurilem teu disebut :D


message 13: by Thesunan (new)

Thesunan | 198 comments Galasin
di sayamah mun teu lepat eta kaulinan teh disebutna dadaluan

16.Sumprit
lamun di saya ngarana teh mun teu salah mah bebeletokan pedah kasadana "ngabeletok
"
oh enya tambahan saya baheula sok maen bebeledugan, bahanna tina Awi, atawa tina bonggol tangkal gedang, dibolongan saeutik eusian cai, trus asupan karbit trus weh di bere seneu.. sorana pasti edan ngabeledug jiga meriam belina.. :)


Oray orayan
luar leor mapay sawah
tong ka sawah
parena keur sedeng beukah
Oray-orayan
laur leor mapay leuwi
tang ka leuwi
di leuwi loba nu mandi
Oray-orayan
oray naon, orya bungka, bungka naon, bungka laut
laut naon, laut dipa, dipa naon,...dipandeuriiiii...


message 14: by Pandasurya (new)

Pandasurya | 1692 comments maen kaleci, langlayangan oge atuh euy..
bujenk lagi mo bikin buku ttg permaenan jaman baheula yah? kapan terbit?


message 15: by Tukang Kueh Keren, moderator katuangan (new)

Tukang Kueh Keren (ibutio) | 543 comments Mod
jaman abdi SD mah, kurupuk lada atanapi gurilem teh Rp 5 keneh. Dipasihan jajan Rp.50 teh asa seueur pisan :D


message 16: by Pandasurya (new)

Pandasurya | 1692 comments Nenangs wrote: "cingciripit tulang bajing kacapit
kacapit ku bulu pare
bulu pare seuseukeutna
jol pa dalang mawa wayang...jekjeknong!

*teuing kaulinan naon*"


ahaha..urang nyaho lagu ieu:-D
ini teh sama dengan lagu yang maen "tangan panjang tangan pendek" tea asana mah..:-p


message 17: by Indri, moderator nu geulis (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 1511 comments Mod
kalo di luar, saya paling suka galasin (di jawa : gobak sodor) atau ucing benteng (bentengan)

selaen itu saya juga juara maen bekel, suka lompat karet, monopoli, halma, kuartet, ular tangga..
main kartu : minuman (cangkulan), 4-1, setan2an, ma gaplokan (yang ngikutin urutan angka yg disebut)

wktu kuliah main remi, truf, ma heart, tp ga begitu jago..


message 18: by owl (new)

owl (buzenk) | 700 comments heheheheehe...
kang imam..iyah..salah tulis..mksdna teh salawe = 25 hehehe...


message 19: by owl (new)

owl (buzenk) | 700 comments emg nyanyi oray2an kitu yah?

sumpah, buzenk mah hilap pisan..tp kayaknya bukan itu..


message 20: by owl (new)

owl (buzenk) | 700 comments iyaaaaaaaaaahhh...betul tehh..
anaknya anak mas..mamie

hehehehehe..


message 21: by owl (new)

owl (buzenk) | 700 comments Nenangs wrote:
tuwong...hehehehe...cublak2 suweng meureunan..."


ahahahaha...iyah mksdnya ituh..kan keur alit mah bilangna cublak2 tuwong tuwong ngene ngelenger, pak empok lurak lirik sopo ngacir gobang gosir..sir sir pong dele ngopong..sir sir pong dele ngopong..
asana mah kitu..
eta caritanya bahasa nyonto ti jawa...wekekekeke


message 22: by Speakercoret (new)

Speakercoret | 205 comments buzenk wrote: "iyaaaaaaaaaahhh...betul tehh..
anaknya anak mas..mamie

hehehehehe.."


dari dulu kepikiran.. lebih kecil dari anak mas kok dinamain mamie yah :P


message 23: by owl (new)

owl (buzenk) | 700 comments tukang kue keren wrote: "jaman abdi SD mah, kurupuk lada atanapi gurilem teh Rp 5 keneh. Dipasihan jajan Rp.50 teh asa seueur pisan :D"

Rp.50 teh??
dibalanjakeun apa aja teh?


message 24: by owl (new)

owl (buzenk) | 700 comments tukang kue keren wrote: "jaman abdi SD mah, kurupuk lada atanapi gurilem teh Rp 5 keneh. Dipasihan jajan Rp.50 teh asa seueur pisan :D"

Rp.50 teh??
dibalanjakeun apa aja teh?


message 25: by Nanny (new)

Nanny SA | 780 comments waah,,saluut buzenk meni niat pisan..bener mau bikin buku ?
-di tempat saya oge aya oray2an, aya nu laguna siga lagu Imam (msg 13 ) aya oge slepdur ( ceuk bzk siga orang lampung sledur), meureun tina bhs belanda slept duur :D

- lain koleci di bdg mah kaleci
- aya galah biasa (sondah ) aya galasin
terus naon deui nya :P


message 26: by owl (new)

owl (buzenk) | 700 comments itu tea...ngala papatong make getah nangka..
eta ka-ulinan kan y? ehehehe

ari engrang tina batang sampeu ada jg teh?


message 27: by Indri, moderator nu geulis (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 1511 comments Mod
mamie tuh, sisa indomie sesudah lewat proses frying, pas jalan di cooling sebelum pindah ke mesin packing pada jatuh sedikit remukannya tuh, karena getaran belt rollnya kayaknya. nah remukan dikit ini lalu jadi banyaak, krn byk mie yg lewat.
*penjelasan dari pabrik*


kalo anak mas, jelas di anak emaskan dia punya line sendiri.


message 28: by Indri, moderator nu geulis (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 1511 comments Mod
eh, saya juga suka maen congklak ma utik (patilele)

eh, juga maen ular naga panjangnya bukan kepalang, berjalan-jalan selalu kian kemari, umpan yang lezat itulah yang dicari, ini dianya yang terbelakang..


message 29: by Nanny (new)

Nanny SA | 780 comments patilele kalau di bdg namanya gatrik (bukan patrick) :D


message 30: by owl (new)

owl (buzenk) | 700 comments gatrik tuh yg kumaha yah?


message 31: by Thesunan (new)

Thesunan | 198 comments di bandung kaleci upami di kuningan mah pinci.


message 32: by Pandasurya (new)

Pandasurya | 1692 comments nu sok aya di dapur mah 'panci'


message 33: by Nenangs (new)

Nenangs | 772 comments nu sok mangkal di taman lawang atawa taman maluku?


message 34: by Thesunan (new)

Thesunan | 198 comments nu sok mangkal didinya mah konci..


message 35: by Nenangs (new)

Nenangs | 772 comments baydewey...
asa enggeus pernah ngabahas ieu da...sawareh2...di thread mana nya? nu terakhir teh kang erie jeung sayah jangjian rek maen sorodot gaplok.
ah poho deui, ingetna mah dienggeusan ku kadaharan...
hiahahahaha...khas bandung pisan khan?


message 36: by Nenangs (last edited Feb 23, 2010 03:22AM) (new)

Nenangs | 772 comments slepdur slepdur timan timan andedur delat devandepar.
eni mandedur...mandedur kakapiteeeen!
*sakainget pisan*

iyah ceu nan, keknya berasal dari bahasa walanda neh...


message 37: by Nenangs (new)

Nenangs | 772 comments cublak cublak suweng
suwenge ting gelender
mambu ketundung gudel
pak em po lera lere
sopo ngguyu delikake
sir sir pong delik gosong...
sir sir pong delik gosong...


message 38: by Nenangs (new)

Nenangs | 772 comments Pandasurya wrote: "Nenangs wrote: "cingciripit tulang bajing kacapit
kacapit ku bulu pare
bulu pare seuseukeutna
jol pa dalang mawa wayang...jekjeknong!

*teuing kaulinan naon*"

ahaha..urang nyaho lagu ieu:-D
ini teh sama dengan lagu yang maen "tangan panjang tangan pendek" tea asana mah..:-p
"


cang kacang panjang...nu panjang ucing...
(cang kacang pondok...nu pondok henteu ucing...)

ini beberapa variasi ajah buat nentuin siapa yang jadi ucing pertama kali. atawa nentuin siapa balad siapa kalo maen baladan...(siga peperangan, pris2an, boy2an, galah asin, jsb)

teu beda jeung:
hompipa alaium gambreng...
pok ijah pake baju rombeng...unyil kucing!


message 39: by Nanny (new)

Nanny SA | 780 comments Nenangs wrote: "slepdur slepdur timan timan andedur delat devandepar.
eni mandedur...mandedur kakapiteeeen!
*sakainget pisan*

iyah ceu nan, keknya berasal dari bahasa walanda neh..."


iyah, terus nu diomongkeun ge sakadengena we bari jeung teu nyaho artina :D


message 40: by Nanny (new)

Nanny SA | 780 comments owl wrote: "gatrik tuh yg kumaha yah?"

persisna na mah lupa lagi, pokona ada 2 grup terus alat maenana teh kayu (awi) panjang dan pendek, nu pendek ditaro di atas dua batu bata, terus si kayu pendek dipukul sm yang panjang kl bisa ditangkep sm lawan, dst.. dst..


message 41: by Tukang Kueh Keren, moderator katuangan (new)

Tukang Kueh Keren (ibutio) | 543 comments Mod
*seuri sorangan maca nu di luhur, bari diseungseurikeun ku Tio.....ibu seuri sorangan*


message 42: by Weni (new)

Weni | 397 comments Nenangs wrote: "slepdur slepdur timan timan andedur delat devandepar.
eni mandedur...mandedur kakapiteeeen!
*sakainget pisan*"


hahahahhaha...
haduh, saya juga jd seuri sorangan :))


message 43: by Thesunan (new)

Thesunan | 198 comments wahh saya mah teu apal eta teh.. beda jaman jigana, :))

ari eta jangjawokan ta naon..?


message 44: by Kerlip Bintang (new)

Kerlip Bintang | 112 comments perepet jengkol
jajahean
saha nu ngompol
jejeretean

wakakakka.....


message 45: by Δx Δp ≥ ½ ħ , a caelo usque ad centrum (new)

 Δx Δp ≥ ½ ħ  (tivarepusoinegnimunamuhsunegiuq) | 2096 comments Mod
When i was very young (copas di MP saia :D) <-- inget, ni versi saia lho... yg versi buhun beda lg :P

1. Make sepatu ala ABRI merek Dok Mart (ngerengek pengen dibeliin)
2. Make wardrobe merek ALIEN WORKSHOP (pokoknya paling keren dijaman itu )
3. Menjadi Korban Celana Bergaris (KCB) merek MAMBO
4. Ga lupa beli juga sepatu La Gear Light (yang bisa nyala itu loh)
5. Motong rambut ala Andy Lau n Jimmi Lin (Belah Dua nya ga nahan...)
6. Yg cewek ga mau kalah, minta dipotong ala DEMI MOORE (idol jaman 90an)
7. Yg kurang suka Andy Lau, bisa minta ala Jambul Tin Tin
8. Maen DingDong pake Koin
9. Game fav pas istirahat : Game Watch (baca : GIMBOT) yg diiket pake aki yg maennya sambil jongkok, truz kalo dah abis si Mangnya bilang... "Mang nya mau pulang"
10. Ngoleksi Kartu Basket (Michael Jordan paling dcari jaman itu,,hehehehe)
11. Ngoleksi Kartu Dragon Ball (ada yg hologram, ada yg Double)
12. Yg cewek ngoleksi dan tuker2 an stiker luthu-luthu (aku ikutan lho......)
13. Yg cewek juga maen BP, itu lho org2an (banyaknya sih gambar cewe) dari kertas, yang bisa diganti2 bajunya (dari kertas juga) yg dijual di emang2.
14. Maen TAMIYA. sampe ikut pertandingannya juga... walopun ngerakitnya ga bisa-bisa...
15. Ngemil ANAK MAS
16. Beli COKLAT AYAM (kalo ga salah harganya 50 perak jaman itu)
17. Makan permen karet YOSAN, skalian ngumpulin huruf2nya Y- O - S - A - N (tp yg "N" susyeee bner dapetnya..lupa diproduksi kaliiie yeee)
18. Makan JAGOAN NEON biar lidahnya berubah warna
19. Beli sablonan ADIDAS buat di sablon di tas,clana, dll
20. Ga pernah ngelewatin SI DOEL ANAK SEKOLAHAN (Sekarang dh jadi si Doel wakil bupati)
21. Nonton kartun Remi, Lika Liku Laki-Laki,Gara- Gara, pake kacamata 3 Dimensi (bela-belain buat beli kacamata 3Dnya)
22. Setelah era alien berlalu gantian Pake baju ala POINT BREAK
23. Bangga make tas tipis merk ALPINA
24. Beli GULALI yg bisa dibentuk macem2, yg warnanya ijo ama merah (paling seneng beli yg bisa di tiup..sambil makan sambil priiiiit)
25. Nonton KOTARO MINAMI jadi Ksatria Baja Hitam dan DORAEMON (sampe sekarang belum tamat-tamat)
26. Berharap di Indonesia ada acara kaya TV Champion dan Takeshi Castle
27. Penggemar setia AIRWOLF, KNIGHT RIDER, dan the legend MACGYVER
28. Nonton film dewasa BEVERLY HILLS, MELROSE PLACE n FRIENDS (sekarang dah season berapa yah !)
29. Anak-anak pada suka corat-coret tembok ma papan tulis pake tulisan macem-macem : SLANK dan DEWA 19
30. Nyolongin resleting YKK atau ALPINA buat jadiin gelang or kalung
31. Beli Tas Pinggang (wakakak, skarang kaya tukang kredit ajeee,,)
32. Belum ada HP?? PAGER lagi ngeHITS !
33. Ctak Ctuk pake TUTUP GATORADE
34. Kriminal kelas teri, Ga mau rugi nelpon? Pake aja KOIN GANTUNG (ini yang bikin TELKOM bangkrut)
35. Beralih ke SKA atau BRITPOP
36. Mantengin KUIS RAHASIA KELUARGA bareng Izur Muhtar
37. Nonton Tak Tik Boom ama bang dede yusup, Apa Ini Apa Itu bareng Jefri Woworuntu, Piramida ma Roni Sianturi, Kata Berkait bareng Nico Siahaan
38. Berusaha keras nelp biar bisa ikutan kuis JARI-JARI (baca: jareee jareeeeee)
39. Mau bisa bhs Inggris?gampang, ada SESAME STREET
40. Nonton berita di TV tentang KERUSUHAN MEI
41. Ngumpulin TAZOS dari yang Loney Toons ampe Pokemon dari Chiki, dkk
(Aku masih ada loh koleksinya.. .)
42. ayo sukseskan GN-OTA (tau donk kepanjangannya)
43. Sedih, gara2 TIMOR TIMUR lepas dari RI
44. Melihara binatang/Bayi ala TAMAGOTCHI (ampe ada yang nangis pas tamagotchi-nya mati)
45. Maen MARIO BROS MORTAL KOMBAT , STREET FIGHTER, KONTRA di NINTENDO & SEGA
46. Make NECKERMAN or CARVILL
47. Deg2an nonton SUSI SUSANTI, ALAN BUDIKUSUMA,HARIYANT O "smash 100watt" ARBI, dan RICKY-REXI
48. Ngikutin pilem SI MANIS JEMBATAN ANCOL (si manis,suit suit, seksi bneeer kamu)
49. RIA ENES-SUSAN lg sering nongol di tivi
50. Di saingi oleh duet BONDAN PRAKOSO-ENNO LERIAN (si Lumba-lumba, makan dulu........ ) Dan sederetan artis cilik lainnya... Maisy, Chikita Meidi, Cindi Cenora, Trio Kwek-Kwek, Agnes Monica, Joshua.
TBC...
51. Bibit sinetron baru2 aje muncul, kaya ABAD 21,TERSANJUNG, BELLA VISTA, NOKTAH MERAH PERKAWINAN, (inilah cikal
bakal penghancur bangsa,,wekekekek)
52. AMKM (anda meminta kami memutar) di TPI lg hot2nya (duuuh, jeng rina gunawan, masyii kuruuuus bgt looow)
53. Ga bisa kluar rumah? Gampaaaaaang, belanja aja lewat TV MEDIA (masi inget smart-mob, pisau GINSU,ABDOMINIZER, AURY???
Cuma 999.999 !!!! ) wakakakakaak
54. Make jam G-SHOCK
55. Ngikutin WILD ROSE (Rosaaaa.... .) ..wakakakakak, telenopela pertamaaaa tuuuh... diikuti oleh Marimar dll
56. Make Rautan Kaca di sepatu buat ngintip (bibit cabul mulai keliatan..)
57. Serial Jepang RINDU-RINDU AISAWA (yang lagunya Tetes air mata mengalir sedih.... Aku pun menangis dalam bayang sepi... )
Keren n mengharukan bangetz...
58. Jam 7 malem dan Jam 9 malem mesti nonton DUNIA DALAM BERITA
59. Jokes uang GOPEK versi gambar MONYET (Asalamualaikum. .. Iwannya ada??...ooow, ada di belakang, kamu ke blakang
aja...!)..basii bgt tuh jokeeee,,tp okelah jaman itu..
60. Telat ngaji gara-gara nonton LEGENDA ULAR PUTIH truz kisah cinta YOKO DAN BIBI LUNG...
61. Mesti ngapalin RPUL - RPAL - BUKU PINTAR
62. Kalo 80an punya speda bmx, 90an punya FEDERAL..canggiiih. . Perjuangan Belajar Sepedah yang Jatuh Bangun...
63. Make kalimat "E GE PE" (emang gue
pikirin...!! ....yaa ga usa dipikirin)
64. Sering ngomong "AU AAAH, ELAAAAP"..( hahaha,memang jaman kegelapan tuh 90an)
65. Dapet salam dari EKO...(eko siapa??)..EEEE, KOOK LOYOOO!!!!.. .(hahahahaha)
66. Ngikutin kata-kata iklan "SAYA MAU YANG PALIING ENAAAAK"
67. Iklan juga " AAAAHH, TEORRRRIII"
68. Godain mbak2 penjaga tol dengan ngomong "XON-C nya MANAAAA????"
69. Maen "DONAL BEBEK, MAJU TIGA LANGKAH, MUNDUR 3 LANGKAH" (lupa-lupa-inget terusannya.. )
70. Ngata-ngatain temen dengan nama BAPAKnya..(kalo uda parah, nama ibu juga ikutan...wakakaka, ga jelaaas bgt)
71. Sering ngomong "DI, DI, YUK MAEN BOLA LAGI"..(hahahah, gue bertanya2, yg jadi ADI sang EPILEPSI tuh sapeee yeee?? Ada yg
tauuu??)
72. Maen GIMBOT yg bisa ngomong "BEGO LO!... OKE JUGA LO" TETRIS JUGA EKTRIS...EKSIS maksudnya...
73. Maen TANK BAJA (kedua tangan kita digabung ama tangan temen kta, trus disilangin.. misiii, tank mau lewaaaat)
74. Bulan Puasa Ngisi TTS...
75. Si KOMO bikin macet jakarta (lebih dulu daripada busway tuh)
76. COBOY, COOL COLOR, ME lg naek daooon
77. Ngerap bareng IWA K dan DENADA
78. Ngoleksi komik CANDY-CANDY
79. Yg cowok baca KUNG FU BOY dan DRAGON BALL
80. Beli penghapusan bentuk huruf2 yg atasnya ijo and berbau wangi
81. Kertas Surat yang gambarnya macem-macem Tokoh Kartun...
81. Yayuk Basuki lg Ngetreend
82. Pengganti warkop? Ya PADHYANGAN PROJECT
83. DENGAN KEKUATAN BULAN... AKAN MENGHUKUMMU. .. Hyahahah... SAILOR MOON
84. Ayayayay... Ayayayay... Alfa dipanggil POWER RANGGER...
85. Penghapus berbentuk buah-buahan juga banyak beredar... Hadiah dari TWISKO kalo ga salah
86. Hati-Hati Pulpen Harum berisi narkoba...
87. Pulpen yang bisa dikalungin juga....
88. Baju Kodok Punya ? Nyambung dari atas kebawah...
89. Ngumpulin hadiah dari HAPPY MEAL...
90. Ngabur N Ngiprit Kalo mau di suntik Imunisasi di sekolah....
91. Maen Gambar... Kadang-kadang jadi Bandar...
92. Kelereng... A.K.A Gundu... mengisi sore hari jaman jadul....
93. Kuis DangDut.... Apaaan Tuh....
94. Film Vampir.... Setiap Sabtu di RCTI...
95. Boboho juga jadi idola... Sekarang Dah gede kali yah...
96. Ajang Pencarian bakat di taun 90an ASIA BAGUS....
97. Lagu-lagu Malaysia rame di Indonesia... EKSIS, AMI SEARCH, apa lagih yah...
98. DENPASAR MOON, SARMILA, jadi lagu wajib....
99. Acara tangga lagu musik pertama kalo ga salah tu DELTA...
100. Ditunnggu-tunggu setiap malem minggu... SPONTAN... UHUUUUYYY...
101. pilem Osin nu urang Jepang tea, ayeuna oge gening disiar-ulang d te-pe-er-i
102. acara cerdas cermat sd-smp d te-pe-er-i
103. pilem si Yoko, Pendekar Harum, Si Gokong...
104. acara Tralala... trilili...
105. ameng ngadu gambar, kaleci, gatrik, galah, ucing sumput (mun abi mah sok nyumput d bumi, diharibun ku simut, dugi kaboboan )
106. ngumpulkeun gambar dina gambar pilem "Starwars" nu jiga klise gening, tinu ciki Citato, Zetset, Chiki Ball, gentosna Tazos (duh koleksi Tazos abi dugi ka 200-an )
107. sok ngumpulkeun tato tina permen karet.. nu gambarna Saint Saiya
108. emam emih, Top Ramen
109. film Jin dan Jun, Tuyul Mbak Yul, Jini oh Jini
120. acara aneka ria sapari + video klip minggu, dua2na di tvri
121. iklan Sampo Klir "Hitam, siapa takut?", biuti "rambut indah, rambut biuti" (ayeuna tos teu aya nya?), Sansilk (seueur ieu mah, tapi nu emut mah nu Esa Mayora gening, nu lulumpatan sareng raina)
122. lagu "Cit-cit-cit- cuit..cit- cit cuit--.. burung bernyanyi", "diobok-obok- airnya di-obok-obok"
123. majalah Bobo terutami rubrik "ensiklo Bobo, Bobosiana, Cerpen, tahukah Kamu?, kartun pak Janggut, kartun Hasan, Husni dan Hasta; Nirmala dan kurcaci; dll)
124. ngadamel momobilan nganggo sendal jepit, bebedilan nganggo awi nu pelorna koran baseh, ngadamel balon nganggo plastik nu ditiup terus dipencetan (lumayan lami jeng kesel)
125. meser lotre plastik nu ditiup hadiahna pepedangan atanapi koin2an artos, atanapi lotre kacang (tara kenging...)
126. tatarucingan. .. ;"dat-kalidut- samping kadut..nang- keleneng samping koneng..."; "a-a be-ce-an!", hilap deui lirikna, tp aya nu kieuan, "... pak Raden meuli kuda kudana kabur, pak Raden meuli bubur, buburna panas, pak Raden meli ganas, jst"; "ding-ding kiripik tulang bajing kacapit..."
127. ngumpulkeun cangkang permen Sugus kanggo aartosan
128. "Susu saya, susu Bendera..."
129. film Hulk, Superboy di er-ce-te-i, film si Kombat nu perang-perangan, film Fridays 13th nu jurig, anu gambarna teh tilu ramo nyepeng bola dunia, lagu NKTOB (leres teu sih nulisna?), wesleif, bekstritboy
130. film Indo "beranak dalam Kubur", pokokna mah Suzanna weh, si Buta dari Gua Hantu, Si Wiro Sableng Kapak Geni 212, Keluarga Cemara, catana Si Roy, emon-si Boy, nike ardila..., sinetron 'Tersanjung' , 'Tersayang' (emut teu sih sadaya topi aya tulisan 'tersayang'? nu populermah nu warna ping sareng bulao),'Bella Fortuna', terus telenopela 'Marimar', 'Mariam Mersedes', jrrd (arghhh... jd lucunya, kok bisa kapungkur urang nonton nu karituan?)
131. sok dipiwarang ngapalkeun nami-nami mentri kabinet.


Jaman-jaman kejayaan yang terlalu indah untuk dilupakan begitu sajah...


message 46: by Indri, moderator nu geulis (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 1511 comments Mod
Nenangs wrote: "baydewey...
asa enggeus pernah ngabahas ieu da...sawareh2...di thread mana nya? nu terakhir teh kang erie jeung sayah jangjian rek maen sorodot gaplok.
ah poho deui, ingetna mah dienggeusan ku k..."


kayaknya di tret perkenalan GRI yang membuat kita dapet 'deheman' keras, hihihihi..


message 47: by Indri, moderator nu geulis (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 1511 comments Mod
Kerlip wrote: "perepet jengkol
jajahean
saha nu ngompol
jejeretean

wakakakka....."


ah, teh feti..
kalo maen di sawah mah saya suka tuh waktu SD..
eh, rumahnya bujeng masih ada sawah ga?
ulin yuk ke sanaa..


message 48: by Thesunan (new)

Thesunan | 198 comments hayuuu ka bogooooor... kapaannnn..?


Hippo dari Hongkong | 718 comments Gusti.. aya tret anyar didieu




message 50: by Hippo dari Hongkong (last edited Feb 23, 2010 02:19PM) (new)

Hippo dari Hongkong | 718 comments Nenangs wrote: "baydewey...
nu terakhir teh kang erie jeung sayah jangjian rek maen sorodot gaplok. "


aeh enya bisa nepi ka poho kitu basa kamari panggih
sok lah ngke mah jadikeun, sakalian we rek ngajak si weni maen loncat tali sayah, hahaha.


btw, ceu sian kamana nya?


« previous 1 3 4 5 6 7
back to top