Goodreads Indonesia discussion

213 views
Buku & Membaca > Sastra Klasik Indonesia Didaur Ulang

Comments Showing 1-50 of 152 (152 new)    post a comment »
« previous 1 3 4

message 1: by mahatmanto (new)

mahatmanto acara ini gagasan siapa ya frater?
keren euy...


 Δx Δp ≥ ½ ħ  (tivarepusoinegnimunamuhsunegiuq) | 2995 comments O_o

2.1 juta? 'cuma' dapet 8 biji?

*mundur kepojokan yg gelap, ngintip Mbak Yuni Shara pegang buku*


message 3: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname | 2396 comments Harganya mahal karena kedelapan buku ini dicetak ulang dgn "kemasan" mewah. Baik itu covernya, kertasnya maupun slipcasenya.
Teman kantorku sudah mesen nih (katanya dia mesen ke orang BP (tanpa diskon) ... fyi tempat kerjaku, PT PPA (Persero), kan yg sedang melakukan restrukturisasi/revitalisasi atas BP ... itupun nggak dikasih diskon hehehe), tapi pasti dia nggak mau minjemin ke aku. pasti takut bukunya jadi rusak hehe.

Kalau nggak salah kemarin aku lihat di Times, harganya 2,15 juta rupiah. Itu uang semua lho.... :-)
Moga2 BP tetap dan/atau segera mencetak edisi murahnya. :-)


message 4: by nov (new)

nov | 119 comments ckckck mahal banget.cuma bisa mimpi dong punya buku2 itu :(


message 5: by Indri (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 2862 comments waks.. mendingan buat beli buku2 arsitektur deh... mayan, dapet 4 biji kalo punya 2.1 jt mah.. (secara belinya biasanya 6-8 bln sekali 1 buku)


message 6: by Nurul (new)

Nurul (noonathome) | 409 comments 2,1 jt uang semua? gak boleh dicampur daun? Pingin tau semewah apa sih bukunya...


message 7: by Indri (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 2862 comments kl bp bukannya softcover nyetak ulang bukunya? (kmrn liat di kopdar) hrganya ga nympe 50rb koq.
mgkn yang ini hardcover gt ya, pk tinta emas covernya..
ada kemrn d PBJ dr Qisthi press koleksi kisah 1001mlm juga bagus bgt, n mahal.
(mesti pny rak bukku bgs dl nih)


message 8: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname | 2396 comments Betul ... memang yang itu tampilannya, hardcover, tinta emas dsb.
Oh iya ya ... yang softcover juga masih dicetak ... baguslah, bisa beli yg itu. Baru punya 2: Atheis dan Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma.
Azab dan Sengsara, Siti Nurbaya, dan Salah Asuhan, aku tak tertarik buat memiliki. :-)


message 9: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname | 2396 comments Oke ... kucari dulu ya bukunya :-)


message 10: by Indri (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 2862 comments eh, kmrn denger2 dari sumber tak resmi.. (sapa ya? nguping sih? anak gudrid pastinya) atheis mo relaunching lagi..


message 11: by ana (new)

ana (anaazusa) | 582 comments Indri wrote: "eh, kmrn denger2 dari sumber tak resmi.. (sapa ya? nguping sih? anak gudrid pastinya) atheis mo relaunching lagi.."


hiiih... mau!!!



 Δx Δp ≥ ½ ħ  (tivarepusoinegnimunamuhsunegiuq) | 2995 comments kalo gituh sih saia nungu edisi buat rakjat djelata-nya ajah

mudah2an pemerintah yang baru berkenan memberikan subsidi bagi buku-buku trsebut. kan program kampanye mereka adalah pencerdasan bangsa kan? :-p


message 13: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname | 2396 comments Nggak Qui ... yang mau dicerdaskan itu "kehidupan bangsa" bukan "bangsa"nya. hehehe
ada bedanya nggak ya antara "mencerdaskan bangsa" dengan "mencerdaskan kehidupan bangsa"??? :-)


 Δx Δp ≥ ½ ħ  (tivarepusoinegnimunamuhsunegiuq) | 2995 comments mungkin sama dengan analogi ini kali yah, "semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan"

bukan, "semua warga negara wajib mendapatkan pendidikan"

jika dipake yang pertama, artinya pemerintah gak wajib subsidi pendidikan rakyat. :(

*ngacodotkom*


message 15: by Silvana (new)

Silvana (silvaubrey) | 1424 comments kemarin waktu kopdar jadi nyesel ga beli Atheis paperback padahal cuma 45k. eh itu penerbitnya siapa sih?


message 16: by owl (new)

owl (buzenk) | 1651 comments wedew...eta harga meni ngejegrek kitu..
ada yg mau minjemin buat dipotokopi?
XD XD

*yg penting mah usaha*


message 17: by Indri (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 2862 comments buzenk, eta mah sanes buku kuliyah.. jd henteu kena dipotocopy atuh.. teu kenging ah, pamali!!


 Δx Δp ≥ ½ ħ  (tivarepusoinegnimunamuhsunegiuq) | 2995 comments iya tuh Bu Buzenk... jangan maen potokopi!!

*ceramah ala pak ustadz, sambil nunggu di tukang jilid potokopian :-p*


message 19: by Hardini (new)

Hardini | 89 comments emang knpa klo fotokopi? yang penting kn g dijual lagi .. ya kn "Zenk ?"


message 20: by Indri (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 2862 comments ngapain dipotokopi. aku blg softcovernya jg ada.


message 21: by Bunga Mawar, Moderator (new)

Bunga Mawar (nverad) | 1042 comments Mod
Tenanglah teman2... edisi "Sastra Klasik" ini memang sudah diterbitkan lagi kok oleh BP. Iya, softcover, ganti gambar sampul juga, walau tak pakai motif kain rancangan Obin. Harganya tidak beda jauh dengan buku2 "zaman sekarang" yang kita biasa beli tanpa fotokopi...

Jadi... beli ya? *kenapa gw perlu promo, karena di sekolah gw udah ada semua, jadi gw ga usah beli, hihi... Tinggal Atheis aja yang belum pernah gw baca.


message 22: by Nanny (new)

Nanny SA | 1353 comments aih enak nya Vera, perpus sekolahnya lengkap , jadi tinggal baca ya ..:)

*ngiri mode on


 Δx Δp ≥ ½ ħ  (tivarepusoinegnimunamuhsunegiuq) | 2995 comments hihi... untung di erpus sebelah, koleksi bukunya banyak yg 'jadul' jd buku ginian masih ada keknya. gak pelu beli

*masih shock liat angka 2.1*

eh, duid segituh bisa dicicil gak seh? ada kriditnya gituh? terus kalo kalo nyertain kartu GAKIN dapet diskonan? :D

*pantang menyerah demi buku bagus*


message 24: by Hardini (new)

Hardini | 89 comments aih enak nya Vera, perpus sekolahnya lengkap , jadi tinggal baca ya ..:)

perpusku dlu juga lgkap *g mo kalah :)* sampe udah tamat nitip pinjam ke adik.

ngapain dipotokopi. aku blg softcovernya jg ada.
(minta dong ndri???)


message 25: by Gustie (new)

Gustie | 5 comments ak n beberapa tmn skrg jg lg buat klub buku membaca novel klasik..
so, skr lg siap2 hunting2 bku2 tsb. buku pertama: cintaku di kampus biru (ashadi siregar)


message 26: by Hardini (new)

Hardini | 89 comments kayaknya da filmnya y? (pernah denger)


 Δx Δp ≥ ½ ħ  (tivarepusoinegnimunamuhsunegiuq) | 2995 comments sinetron cintaku di kampus biru kalo gak salah ada seh... yang Desi Ratnasari kan? huhu.. lupa lg... dulu ditayangin Trans

*wakkk... pas kecil lebih seneng melototin kartun (sekarang juga) daripada sinetron XD*


message 28: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname | 2396 comments Ah anak jaman sekarang. Filmnya dulu juga ada, thn 1976, yg main Roy Marten, Rae Sita, Yati Octavia dsb.

Dulu berfikir warna gedung kampusnya UGM memang biru. Eh pas masuk UGM tahun 1990, warna cat gedungnya nggak jelas gitu, yang pasti bukan biru. Udah kaya jaketnya UGM deh, warna yg nggak jelas. Ada yg bilang coklat, ada yg bilang krem, nggak jelas :-)


message 29: by Nanny (new)

Nanny SA | 1353 comments O jadi UGM bukan warna biru ya :D
padahal banyak juga temen dari UGM cmn ga pernah nanya karena udah 'yakin' aja kampusnya biru he..he..


message 30: by [deleted user] (new)

Niat BP bagus banget. Coba Depdiknas mau dukung. MEstinya buku2 itu jd bacaan wajib di sekolah. Siapa aja yg peduli sama negeri tercinta mesti baca. Buku2 itu kurang-lebih ngegambarin masyarakat Ind yg lg bergulat sama penjajahan, manusia & problematika jaman. Sejarah ni, sejarah kita! :D


message 31: by Indri (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 2862 comments Diimbangi juga dong di sekolah untuk baca sastra masa kini. yang tahun 80an ke bawah gitu, kayak Umar Kayam, Remy Silado, Ahmad Tohari, atau karya thn 90an.
mungkin memang belum bisa dibilang klasik, tapi kalau misalnya buku Dee, atau buku2 baru yang temanya kuat, kayak Laskar Pelangi gitu masuk juga di pelajaran bahasa dan sastra tidak cuma yang klasik ini aja..
Mungkin akan lebih meningkatkan minat baca di sekolah.



message 32: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname | 2396 comments pasti masuk lah Bu Indri. Cuma nunggu waktu aja.
kan perlu waktu 10 tahunan lah untuk mastikan mana karya sastra yg layak dibahas.
Contoh waktu aku SMA thn 80-an akhir, Raumanen (terbit thn 70-an akhir) udah mulai dibahas.
Nah jangan keburu-buru lah, masa karya Dee dan Andrea yang belum mengalami test of time udah dimasukkin begitu aja, cuma karena secara komersial berhasil.
Nanti bisa2 kita akan masukkin karya2nya EA dong, karena hampir semua orang (cowok biasanya sih :-)) pernah baca karya2nya.


message 33: by Indira (new)

Indira Iljas | 243 comments Aduh..duh..duh..duh... Magggiiiiiccccc bgt harganya !!! Krn tak mampu beli, maka beli saja edisi rakjat djelatanya hehehehee....

Btw, btw yang kuingat saat skul dulu dari SD sampe SMA kagak ada tuh buku2 diatas dimasukin dalam daftar bacaan wajib anak sekolahan.. perpus2 di sekolahanku dulu isinya cuma koleksi rayap doang.. hahahaha... Baru baca buku2 begituan yah karena pengen baca dan akhirnya membeli.


message 34: by Hippo dari Hongkong (last edited Jul 20, 2009 04:10PM) (new)

Hippo dari Hongkong | 1033 comments *manggut-manggut melihat kejadulan sang sesepuh jaduler* :D

Wirotomo wrote: "Ah anak jaman sekarang. Filmnya dulu juga ada, thn 1976, yg main Roy Marten, Rae Sita, Yati Octavia dsb."





message 35: by Indri (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 2862 comments inget banget ma guru smp bahasa dan sastra indonesia yang ngajak diskusi soal buku2 sastra klasik ini (wkt g smp sih blm klasik), dan membuat gw terus baca sastra sampai sekarang.. (stlh mngglkan trio detektif dan lima sekawan wktu sd). penyeimbang otak kiri dan kanan.
mas tomo, saya ndak baca EA koq.. (pelajar baik-baik)


message 36: by Hardini (new)

Hardini | 89 comments sastra klasik ? betewe,jaman dulu aku tu pengen bgt ngganti pelajaran Pendidikan Moral pancasila dengan Pendidikan Sastra Indonesia :)... * sentimen ma grunya*


 Δx Δp ≥ ½ ħ  (tivarepusoinegnimunamuhsunegiuq) | 2995 comments wew... kalo dee dijadiin bacaan wajib anak sekolahan keknya agak susah deh, bukannya malah naikin semangat baca, malah banyak yg ilfil (pengalaman nanya2 ke temen). secara, isi bab bukunya ada yg judulnya Kesatria Schrodinger. Yang kagak doyan Ipa palagi alergi teori kuantum bisa puyeng XD

imho
--------------

tapi kalo mau ningkatin semangat baca mah harus perpusnya dibanyakin crita tinlit :D


message 38: by Hardini (new)

Hardini | 89 comments mosok se Q ...? coz klo dlu g dipaksa, amit2 dah diriku mau baca. dah tebal ga d gmbrnya lagi.iya se cm ku aja yg keterusan ska ... (mlh senang hehe, sastra klasikpun jdi milku seorang *dlu*).


 Δx Δp ≥ ½ ħ  (tivarepusoinegnimunamuhsunegiuq) | 2995 comments kan ni target perpusnya anak sekolahan kan?

yang seneng2 buku gituan paling sedikit bgt. bisa diitung jari. palagi yg baca semua koleksi perpus sma-nya

*saia dah baca semua buku d perpus sma lho.. ampe tukang jaga perpusnya sengaja ngasih ensiklopedi international biar saya gak kehabisan stok bacaan :-p*


message 40: by Indri (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 2862 comments masa ya? segitu parahkah minat baca anak sma?
ketauan tinlit Qui dbw pulkam ya?
tapi prasaan supernova tuh disukai semua divisi ilmu.. maupun yg ga ngerti kuantum.


 Δx Δp ≥ ½ ħ  (tivarepusoinegnimunamuhsunegiuq) | 2995 comments hehe.. maksut saia kan gak semua anak sma selera bacanya sama. kebanyakan kan sukanya tinlit. liat ajah, yg beli tinlit kan jarang nenek-nenek (kecuali Mbak Indri mungkin XD, piss!!! damai!)
*sesegukan sambil bersimpuh meminta pengampunan*

betul bgt!kan ada dua karung buku. coz males ngurusnyah, langsung ajah dikasih perkarung. satu karung dikasih ke temen yang bikin taman bacaa. satu karung dikasih ke perpus sma almamater
*berbakti ceritanya :-P*


message 42: by Hardini (new)

Hardini | 89 comments ... supernova bagus? (liat covernya kmren)


 Δx Δp ≥ ½ ħ  (tivarepusoinegnimunamuhsunegiuq) | 2995 comments menurut saya seh bagus. sebagai penggila teori kuantum, buku yg pertama "Ksatria, putri, dan Bintang Jatuh" mayan sebagai pengantar populer.

Paradoks kucing Schrodinger diterangin dg mayan bagus :-)

yang "Akar" juga bagus. kalo yang "Petir" hoho... untung settingnya di Bandung, jadi gak saya kasih bintang 2 :-P


message 44: by Wirotomo (last edited Jul 21, 2009 06:25AM) (new)

Wirotomo Nofamilyname | 2396 comments @ Indri:
Supernova, menurutku indah sekali bahasanya pas ceritanya sedang berjalan. Pengacaunya adalah ketika di sela-sela cerita itu sang pengarang (2 pria itu) berdiskusi mengenai kelanjutan cerita, dan secara "mengagumkan" ngomong semua teori fisika sampai kuantum ... nah bagian itulah yang menyebalkan, karena terlihat sekali bahwa sang pengarang mau "pamer" mengenai pengetahuannya yg "dalam" mengenai fisika. Nggak tahu yah diriku yang hanya dapat 5,7 di NEM SMA untuk Fisika tidak melihat benang merahnya ngomongin teori kuantum segala di sebuah novel tentang cinta, pengkhianatan, dan kesetiaan. :-)

@ Amang:
Yang layak masuk jadi bacaan wajib ... sastra berarti fiksi ya:

1. Laskar Pelangi (Andre Hirata)
terlepas dari beberapa ketidaklogisan dan kekacauan cerita, buku ini layak dijadikan bacaan wajib krn bisa meningkatkan minat para pelajar untuk mencapai cita-cita dalam segala keterbatasan.

2. Tetralogi Buru (Pramudya Ananta Toer)
biar para pelajar tahu beginilah seharusnya sebuah karya fiksi ditulis.

3. Atheis (Achdiat Kartamiharja)
Cerita yang mengagumkan tentang betapa perlunya kita mendalami sesuatu, jangan hanya permukaannya saja (dalam hal ini agama) sehingga tidak terombang-ambing seperti tokoh dalam cerita tersebut.

4. Raumanen (Marianne Katoppo)
Biar para pelajar tahu, hal "enak" tidak selalu menghasilkan hal enak lainnya. Hahaha

5. Anak Bajang Menggiring Angin (Sindhunata)
Untuk menikmati keindahan sastra Indonesia dengan cerita yang sudah kita kenal baik

6. Robohnya Surau Kami (AA Navis)
untuk menikmati cerita dengan tema kedaerahan yang kental dengan penokohan dan alur cerita yang kuat.

7. Deru Campur Debu (Chairil Anwar)
beginilah puisi seharusnya ditulis

Itu dulu deh nanti kalau kepikir lagi yang lain, kusambung. :-)





message 45: by [deleted user] (new)

Idem Mas Tom, plus Harimau! Harimau! Mochtar Lubis, dan kayak2 Sitti Nurbaya-nya Marah Rusli, Salah Asuhan dan Layar Terkembang-nya STA, sama Belenggu juga ttp penting tuh. Dan Umar Kayam, Iwan Simatupang, yg keren2 itulah :P
Nurutku anak sekolah perlu diwajibin baca buku sastra & di kelas mereka ditantang utk ngebahas apapun yg menarik dr buku2 itu, gimana pemikiran mrk, mungkin berubah/ga, dikaitkan sama situasi & kondisi di sekeliling mrk sekarang, gitu2. Kecintaan bisa dibangun dr situ kali ya... Masa kita kalah sama Amerika Latin yg semua orang sebenua baca puisi2 Neruda misalnya... *lebai dikit*


message 46: by Gustie (new)

Gustie | 5 comments Wirotomo wrote: "Ah anak jaman sekarang. Filmnya dulu juga ada, thn 1976, yg main Roy Marten, Rae Sita, Yati Octavia dsb.

Dulu berfikir warna gedung kampusnya UGM memang biru. Eh pas masuk UGM tahun 1990, warna ca..."


iy ya .. sampe skr bagi kita2 jg blm terpecahkan tuh knp kmpus biru.. hehehe
jdlnya dramatik,heheh


message 47: by Δx Δp ≥ ½ ħ (last edited Jul 22, 2009 07:26AM) (new)

 Δx Δp ≥ ½ ħ  (tivarepusoinegnimunamuhsunegiuq) | 2995 comments idem ma Bung Tomo ma Mbak Ninus, nambahin
- Hulubalang Raja (Nur St Iskandar) --> cerita epik yang kayakanya pasti seru kalo dipilemin
- Kenangan Masa Kecil (atau Catatan Masa Kecil?) --> pengarang sama. ttg kehidupan anak kecil zaman lampau yang menimbulkan romantisme dan kecintaan nasinal. halah... XD

ehmm... keknya semua buku angkatan balai pustaka, angkatan 66, ngkatan pujangga baru wajib baca deh :D
soalnya bkunya bagus2 :)

paling yg harus dipikirin adalah buku2 "modern"nya ajah ;)


message 48: by Hardini (new)

Hardini | 89 comments nambah y?
- tenggelamnya kapal van der wijk (hamka)
- dibawah lindungan ka'bah (Hamka)
- Katak hendak jadi lembu * pengarangny lp ne *
- Kentrung iteille (florebertus rahardja * sapa yg punya y?*)
- anu : entah anggur, entah madu kehidupan y (bukunya motinggo busye)tu lo ? yg bercerita tentang hub incest .


message 49: by Hardini (new)

Hardini | 89 comments nah ... 1 lgi, umi kulsum karangan siapa y?


message 50: by Indri (new)

Indri Juwono (indrijuwono) | 2862 comments Kalau yang disebut ma ninus, hardini, ma qui, bukannya emang udah jadi buku wajib???
buku2 itu sih dah gw baca masa smp dulu.
Maksud aku..
karya modern/ baru diberbolehkan yang sekiranya layak untuk bacaan anak sekolah..
Nah, Mas Tomo kayaknya menjawab tuh..
walaupun NEMnya segitu..
(hah, keknya NEM gw sama ma Qui)


« previous 1 3 4
back to top