Goodreads Indonesia discussion

26 views
Buku & Membaca > Therapeutic place for Therapeutic reading?

Comments Showing 1-5 of 5 (5 new)    post a comment »
dateDown arrow    newest »

message 1: by Adismara (new)

Adismara Kirana | 3 comments Hello..... aku newbie yang lagi di tengah tengah mengerjakan tugas akhir -__- mohon bantuannya nih, aku berusaha men-disain ruangan yang cocok dan nyaman untuk membaca tetapi memiliki esensi terapi.... nah kira kira menurut oom-oom, tante-tante, mbak-mbak dan mas-mas sekalian, ruangan atau tempat yang seperti apa sih yang cocok dan nyaman? dan menurut kalian, ruangan atau tempat yang ideal untuk kalian membaca seperti apa sih? kalau mau, bisa juga kasih contoh tempat yang udah ada yang ada di Jakarta :) Thankyou XD


message 2: by dincognito (new)

dincognito (in_cognito) | 32 comments Saya agak bingung dg pernyataan
nyaman untuk membaca tetapi memiliki esensi terapi
karena yg namanya ruang baca publik, pasti bakal banyak orang. Jadi sedikit banyak, pasti ada bakal ada gangguan. trus yang dimaksud juga terapi apa??

Tapi kalo pandangan ruang baca yg nyaman secara umum menurut saya, ruangan itu harus :
1. Tenang, alias nggak kedengaran suara dari luar. kalo bisa sih dilengkapin musik yang lembut gitu.
2. Nggak terlalu dingin. Karena aktifitas membaca nggak memerlukan tenaga yg banyak, jadi ruangan tsb harus dijaga suhu ruangnya.
3. Desain bangku dan meja yang nyaman. Kalo bisa bangkunya yg bisa disetting sudut kemiringannya.
4. yang penting dan paling penting : HARUS ADA BANYAK BUKU!


message 3: by Adismara (new)

Adismara Kirana | 3 comments thankyou for your response :)
hmm... jadi, saya menemukan statement bibliotherapy, yaitu terapi dengan cara membaca. Nah, saya ingin memberikan tempat atau wadah untuk aktivitas ini dengan tempat atau wadah yang memiliki esensi terapi.... nah, terapi yag ini bisa berupa efek dari, warna harus putih atau banyak tanaman, dekat dengan alam, ruangan yang luas dan lain sebagainya...
kalau contoh tempat yang paling mudah yang memiliki esensi terapi yaitu seperti spa, ruang meditasi dan juga yoga....


message 4: by e.c.h.a, Moderator (new)

e.c.h.a (rezecha) | 2011 comments Mod
Sebenarnya membaca buku itu sendiri sudah bisa jadi terapi hahahaha

Hanya kalau diminta membayangkan satu ruangan yang nyaman untuk membaca, pasti gue memilih dekat dengan alam, cahaya alami, tidak berasa panas atau gerah juga alas duduk yang nyaman. Tanpa musik, karena gue nggak bisa baca buku kalau ada suara musik walau hanya sayup-sayup...


message 5: by Coqueline (new)

Coqueline | 608 comments Adismara wrote: "Hello..... aku newbie yang lagi di tengah tengah mengerjakan tugas akhir -__- mohon bantuannya nih, aku berusaha men-disain ruangan yang cocok dan nyaman untuk membaca tetapi memiliki esensi terapi..."

- Bebas alat elektronik (kecuali buat pencahayaan)
- Ambient cahayanya nyaman di mata (gak silau, tapi juga gak remang2)
- Tempat duduknya bikin pewe
- Gak claustrophobic, tapi tetep memberikan privacy buat pembaca
- Suasana sekitarnya alami, e.g. dikelilingi taman, kolam, dibarengi suara nyanyian burung (bukan burung yg brisik tapi, dan yg pasti bukan ayam jantan! :p )
- Bebas distraction, gak brisik, gak banyak orang lalu lalang, gak ada bau2an kenceng.


back to top