Δx Δp ≥ ½ ħ 's Reviews > Muhammad : Prophète d'Orient et d'Occident

Muhammad  by Jean Prieur
Rate this book
Clear rating

by
1618324
Selalu menarik membaca kisah tentang tokoh keagamaan dari sudut pandang orang yang tidak dibesarkan di bawah naungan agama tersebut. Karenanya, saia selalu antusias dalam membaca karya-karya seperti:

- John Davenport, An Apology for Mohammed and the Koran,
- Emile Dermenghem, Mahomet et la Tradition Islamique,
- Washington Irving, Life of Muhammad,
- Tor Andrae, Muhammad, Sein Leben and Sein Glaubi,
- Sir William Muir, The Life of Mahomet,
- A. Sprenger Das Leben und die Lehre des Mohammade,
- D.S Margoliouth Mohammad and the Rise of Islam,
- William Muir dalam trilogi legendarisnya, Muhammad at Mecca, Muhammad at Medina, dan Muhammad: Prophet and Statesman,
- Francesco Gabrieli, Muhammad and the Conquest of Islam,
- Betty Kelen, Muhammad The Messenger of God,
- Roger Caratini, Mahomet,
- Gilles Kepel, The Prophet and Pharaoh,
- Maxime Rodinson, Mohammed,
- Philippe Aziz, Mahomet, le Glaive, l’Mour, la Foi,
- Pierre Geadah, Mohammad, le Prophete de l’Islam,
- Virgil Gheorghiu, Vie de Mahomet,

hingga karya-karya kontemporer seperti:
- Annemarie Schimmel, And Muhammad Is His Messenger,
bahkan:
- Karen Amstrong, Muhammad: A Biography of the Prophet,

Karenanya, saia begitu antusias dalam mebaca karya Jean Prieur ini, Muhammad, Prophete d’Orient et d’Occident. (Muhammad : Nabi Timur dan Barat)

Bila kita membaca karya2 tentang Muhammad yg ditulis oleh penulis Muslim, maka mau tak mau akan tampak kesan subyektif bahkan tuduhan hiperbolik. karenanya perlu ada pengimbang dr penulis luar. Siapa yang tak terkejut saat membaca biografi Muhammad dari buah tangan Karen Armstrong yang menimbulkan perspektif baru tentang Sang Nabi, yang terlewat dr penulis-penulis Muslim selama ini? bacalah, dan Anda seolah menemukan sosok Muhammad lain yang selama ini diketahui. Atau karya Schimmel, yang terkenal dengan kajian sufismenya, biografi Muhammad menjadi sangat segar dan sama sekali baru.

Tapi mau tak mau, harus diakui, bahwa dengan membaca karya tulis luar itu, selalu timbul kesan bahwa ada persepsi keliru atau mereka salah menafsirkan sepenggal kisah Sang Nabi. terutama jika berkaitan dengan mitos-mitos lama tentang Muhammad, seperti proses pengangkatan kenabiannya, konsep teologis yang dibawanya, dll.

Pun dengan buku ini.

Secara lugas dan ringkas, Prieur bertutur dengan Muhammad dari sudut pandangnya, dari pemahamannya bahkan dari pengalamannya--dia sempat menjelajahi jejak sang Nabi dengan berkelana ke negri2 Timur Tengah--. Awalnya dia karena berlatar Barat, termakan oleh persepsi buruk barat terhadap Muhammad, menganggap skeptis tentang kenabian Muhammad dan risalah yang dibawanya. bahkan dia sempat menganggap bahwa ajaran Islam yang dibawa oleh Muhammad hanyalah salah satu bentuk ajaran monofisit.

Namun, seiring berjalannya waktu, dia menyadari, betapa Muhammad tak sekedar sebagai "pelari" yang melanjutkan estafet pesan keTuhanan pasca Yesus, dia lebih daripada ituh. kenyataan ini begitu mengguncangkan dia, sampai-sampai dia kembali mempertanyakan keimanannya. Agama mana yang benar? Yah, buku ini sebenarnya adalah biografi Muhammad yang diselipi biografi sang penulis buku sendiri

Kita akan terkejut saat membaca buku ini, betapa banyak fakta tentang Muhammad yang selama ini para penulis Muslim sendiri terlalu "malu" untuk menuliskannya, hasilnya, sebuah kajian biografi yang kritis dan cemerlang

Namun, tetap saja buku ini tak 100% obyektif. ada beberapa catatan yang terasa mengganggu dan fatal, misalnya dia menulis terlalu semangat tentang konsep "estafet" pesan keilahian sampai-sampai menulis bahwa ajaran Islam itu terpengaruh ajaran Kristen. terus di salah satu bagian dia juga menyatakan ketidaksetujuannya tentang prinsip pengorbanan hewan dalam tradisi Qurban, dan masih banyak lagi

Bagaimanapun juga, karya ini patut diapresiasi, karena akan membuka mata kita, betapa biografi tentang Muhammad, masih teramat memukau. tak peduli seberapa banyak versi yang kita baca, maka akan tetap terus terasa kesegarannya dalam menyegarkan iman kita yang rapuh dan gersang, apalagi begitu banyak fakta-fakta menarik di buku ini yang selama ini luput dari perhatian kita

Oyah, pada tahun 1947 Prieur mengucapkan Syahadat Tauhid (Asyhadu An-Laa Ilâha Illallâh, saya bbersaksi bahwa Tiada Tuhan Selain Allah), namun baru pada tahun 1997 dia mengucapkan Syahadat Rasul (wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullâh, dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw adalah Rasul / utusan Allah.). Ini membuktikan bahwa perlu setengah abad bagi Prieur untuk menghadapi pergulatan batin dalam menentukan keimananannya, dan menyadari betapa tak sederhananya iman itu. bukan masalah sekedar salah dan benar, namun jauh lebih dalam dan personal


PS :

buku ini sukses membuat saia menangis di tengah malam, betapa saia selama ini begitu lalai dalam mempelajari ilmu agama, terbuai dengan buku2 kuliah, novel, dan buku2 nonfiksi lainnya, namun menghindari buku2 agama karena menganggap ilmu saia sudah cukup dan ilmu tentang agama dari dulu tidak bertambah sehingga tidak perlu di-apdet. ternyata... betapa miskinnya saia akan ilmu agama.. betapa banyak hal yg saia sama sekali tidak tahu... sehingga saia mesti terus belajar... dan harus rajin membaca buku2 agama selain buku kuliah/novel, mengingat rasio buku agama yg dibaca dg buku non agama, semakin mengerikan [image error]
19 likes · flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Muhammad .
Sign In »

Comments (showing 15-64)





message 64: by Nenangs (new)

Nenangs busyet dah...
udah bisa bahasa prancis neh sekarang?


message 63: by Nenangs (new)

Nenangs btw, tu buku ditulis taun berapa?
sebelum atau sesudah syahadat? kalo sesudah, pada dasarnya teutep ajah ditulis penulis muslim dong, cuma asal si penulisnya ajah dari prancis.


message 62: by Δx Δp ≥ ½ ħ (last edited Apr 21, 2010 04:27AM) (new) - rated it 4 stars

 Δx Δp ≥ ½ ħ dia menulis buku ini tahun 70-an kalo gak salah, jauh sebelum mengucapkan syahadat kedua. (cek ripiyu)

ini buku bahasa Inggris kok. cuman coz gak ada versi bahasa Inggrisnya di database GR, jadi ajah saia nebeng edisi Perancisnya, di gugel gak nemu kafer inggrisnya


message 61: by echyrosalia (new) - added it

echyrosalia *langsung pencet tombol to-read*...

luking por dengan susah payah ni kayaknya!!!! huuft!


 Δx Δp ≥ ½ ħ baca Chy! keren banget. saia ampe merinding bacanya

sayang ni buku bukan punya saia, punya perpus--setelah sekian lama vakum dr pinjam-meminjam buku di perpus coz buku di kamar sendiri udah segunung--akhirnya saia putuskan untuk meminjam buku perpus lagi :P


message 59: by echyrosalia (new) - added it

echyrosalia *garuk2 kepala*
di perpus??? tambah susah aku carinya, ntu... ckckckck...


 Δx Δp ≥ ½ ħ hehe.. dan ni buku cetakan lama... berarti bakal makin susah :D

ayo chy, semangat! :P


message 57: by echyrosalia (new) - added it

echyrosalia ni saatnya kau mecarikan aku ni buku di lapak2 langganan mu... oke yip?? *harus OK, gak boleh protes!*
lalalalalalala!!


 Δx Δp ≥ ½ ħ gyahhhh. duid u kan dah abis! masih berani nitip? *melotot tajam*


message 55: by echyrosalia (new) - added it

echyrosalia bayar di belakang ajah... *kasih duit lewat pintu belakang*


 Δx Δp ≥ ½ ħ sekalian cuci piring yg di belakang yah? *grin*


message 53: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee doooo...sangkain Qui bisa francais..
udah mau minta diajarin aja..
^_^

selalu menarik ya membaca bbrp pandangan ttg Beliau..
*belum kesampean baca yang Karen Armstrong*


message 52: by Ari (new)

Ari Jadi pengen baca....


message 51: by Nanny (new)

Nanny SA betapa tak sederhananya iman itu. bukan masalah sekedar salah dan benar, namun jauh lebih dalam dan personal...

setuju banged

Francais ?ada yg basa sundanya teu ?


message 50: by Weni (new)

Weni duh, tertohok dengan bagian PS :(


message 49: by Nanny (new)

Nanny SA @Weni
ngabayangkeun Qui ceurik tengah peuting :))


message 48: by Weni (new)

Weni Nanny wrote: "@Weni
ngabayangkeun Qui ceurik tengah peuting :))"


ga aneh Ceu, dia mah emang sok ceurik :D


message 47: by miaaa (new)

miaaa vote untuk bagian PS
*hammer qui*


 Δx Δp ≥ ½ ħ @Swit Di, bahasa perancis saia cuma sebatas eh, Bien-nya Poirot :P

@Ari, bacalah. buku bagus ini

@Ceu Nanny, setau saia, gak nemu yg bahasa Sundanya

@Ceu Weni, awas kalo sebar info sesat, bukunya saia tahan *grin*

@Kiper, *pasang helm anti pentung* apaan seh? *pentung balik*


message 45: by owl (new)

owl pengen ikutan nangis kuw..
ada ebook-nya?
:D


message 44: by Sam (last edited Apr 21, 2010 09:49PM) (new)

Sam duduk di samping owl buzenk... mau ebookx jg donk, kuwi...

turut berurai baca PS, j'ai besoin de qqn...


message 43: by Nenangs (new)

Nenangs kenapa hurupna jadi italic semua yah?


message 42: by Sam (new)

Sam kacamatax salah bos, ntu yg buat ke tambang...

*kasi kacamata baca yg bener


message 41: by Nenangs (new)

Nenangs aneh...cuman disinih yang komenna italic semuah...
brarti bukan browsernya yg salah...


message 40: by Δx Δp ≥ ½ ħ (last edited Apr 21, 2010 11:11PM) (new) - rated it 4 stars

 Δx Δp ≥ ½ ħ italic gimana? normal ah :)

@Bujeng+Sam, ni buku asli. gak ada ebooknya. saia udah ngubek2. malah saia niat mu motokopi :P


message 39: by Nenangs (new)

Nenangs Sprange Ben Lend Splotches Abruptly wrote: "italic gimana? nromal ah :)"

hurupna miring smuah.


message 38: by Sam (new)

Sam @ Sprange Ben Lend Splotches: maaauuuuuuuuuuuuuuuu...!!!

@ bos nenangs: iiihhh.. orang dah dsruh ganti kacamatax salah =))


message 37: by Δx Δp ≥ ½ ħ (last edited Apr 21, 2010 11:15PM) (new) - rated it 4 stars

 Δx Δp ≥ ½ ħ masa sih? di saia mah normal semua. yg punya yg laen juga gak italic semua kok. cuma punya u yg salah. coba dicek lagi :D


message 36: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee gaaaaa...disini doank yang italic semuaaaaah....


message 35: by Speakercoret (new)

Speakercoret iiih mana yg italic semua?
ini ngomongin apa sih italic2.. tp cowo itali emang keren2 kok *grin*


message 34: by Nenangs (new)

Nenangs beneran aneh...di main page keliatan normal, begitu ke sinih, balik lagi italic semua.


message 33: by Fajrin (new)

Fajrin ini buku terbitan tahun di indo 70an???
gara2 review nya jadi pengen baca :D


message 32: by owl (new)

owl Sprange Ben Lend Splotches Abruptly wrote: "italic gimana? normal ah :)

@Bujeng+Sam, ni buku asli. gak ada ebooknya. saia udah ngubek2. malah saia niat mu motokopi :P"


o yah?
skalian fotokopiin kalo gitu..
saamm...mau ikut duduk lagi..


 Δx Δp ≥ ½ ħ @Nenangs, selain di kompi punya situh, keknya gak ada yg bermasalah. jadi kekeliruan bukan pada review (hehe)

@Valnir, buku ini terbitan London, terjemahan Perancis oleh salah satu organisasi internasional Islam. jadi yang saia baca adalah edisi Inggrisnya. gak tau apakah buku ini sudah ada terjemahannya atau belum. silakan cari, wajib baca kok. gak perlu takut buku ini menjelaskan sejarah Muhammad melulu. ajaibnya, bahkan kalo diamati lebih jauh, 50% isi buku ini justru perkembangan teologis Kristen, mengapa bisa timbul "perpecahan" dg adanya Katolik, Protestam, Ortodok, atau Monofisit. :D

@Bujeng+Sam: cukup saia sendirilah yang menanggung dosa motokopi karya orang. jadi potokopi saia mu satu ajah buat pribadi :P


message 30: by Nenangs (new)

Nenangs ga baca inih ya qui?

Sweetdhee wrote: "gaaaaa...disini doank yang italic semuaaaaah...."


 Δx Δp ≥ ½ ħ berati cuma berdua yg bermasalah. jangan-jangan.... *nonton inpotemen*


message 28: by Speakercoret (new)

Speakercoret Sprange Ben Lend Splotches Abruptly wrote: "berati cuma berdua yg bermasalah. jangan-jangan.... *nonton inpotemen*"

patrick ma dhee make komputernya gantian kali ya qui?


 Δx Δp ≥ ½ ħ uppsss.. saia gak ikutan yah?


message 26: by Speakercoret (new)

Speakercoret Sprange Ben Lend Splotches Abruptly wrote:
"uppsss.. saia gak ikutan yah?"


emang qui mo ikutan gantian juga?


message 25: by owl (new)

owl *numpang nangis*


message 24: by Sam (new)

Sam @ owl: cup cup, ni bos abs potong kue dpt cutter dr muthe, yuk diicip..

*nyodorin brwonies patrick ke owl buzenk..

@ qui: ah kuwi, kaw mang pelit ajaaahhh Xp hihihi..

@ bos nenangs n dhee: oh, jd kompt bersama.. indahx dunia :D


 Δx Δp ≥ ½ ħ saia mencoba jadi anak baik, gak menyebarkan barang bajakan T,T


 Δx Δp ≥ ½ ħ *nyomot kue bronis*


message 21: by owl (new)

owl hiks


message 20: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee eeeeh...ada bronis
*cuek ama gosip*


message 19: by Δx Δp ≥ ½ ħ (last edited Apr 22, 2010 03:08AM) (new) - rated it 4 stars

 Δx Δp ≥ ½ ħ ^ padahal, seneng kan? [image error]

coz Bujeng masih nangis, kue-nya buat saia semua :D


message 18: by Sam (new)

Sam *langsung lahapin smua kuweh di piring =))

payah ne kuwi.. kn kasian owl, ga kebagian


message 17: by Nanny (new)

Nanny SA owl wrote: "hiks"

lama amat nangis nya, mau sampe tengah malam juga :))


message 16: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee ihhhh...udah sembuh...udah ga italic lagi


message 15: by Nenangs (new)

Nenangs masih italic...

*kenapa bujeng sampe nangis? qui ngga bertanggung jawab neh*


« previous 1
back to top