fragaria's Reviews > Negeri 5 Menara

Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi
Rate this book
Clear rating

by
2165580
's review
Dec 27, 2009

really liked it

Intinya sih buku ini bercerita tentang suka duka kehidupan Alif dan kawan-kawannya di Pondok Madani(PM). Cerita Alif ini terinspirasi dari pengalaman penulis saat belajar di Pondok Modern Gontor.

Berhubung aku juga pernah belajar di madrasah aliyah berasrama, waktu baca buku ini aku jadi inget terus sama madrasahku itu. (walaupun jenis madrasahnya ini beda banget sebenernya sama yang di buku, apalagi dalam hal kedisiplinannya haha. dan madrasahku juga bukan pondok pesantren, cuma berasrama saja. -OOT)

Mulai dari kalimat man jadda wajada yang banyak banget disebutin di buku ini. :)
Pas di MA juga aku pertama kali tau 'man jadda wajada'. man jadda wajada itu artinya barang siapa bersungguh-sungguh, dia akan mendapatkan hasilnya. Kalo di MA-ku dulu, kata-kata itu dipopulerkan oleh guru kimia yang juga pernah jadi wali kelasku, dan di setiap kertas ujian atau soal latihan dari beliau, pasti tercantum kata-kata itu.

Muhadharah...
Di MAku juga ada ekskul muhadharah. Hasil yang diharapkan dari ekskul ini adalah kemampuan berbicara di depan publik (kalo di MAku syukur2 bahasa asing. kalo di PM sih emg harus bhs arab/inggris. ckckck). Terus selama baca buku ini aku jadi nyesel sendiri kenapa dulu tiap muhadharah ga pernah niat dan ga pernah maju kecuali kalo emang disuruh maju. (ga berani maju sendiri, gitu). Jadinya ampe sekarang masih jadi pemalu gini nih.

Belajarnya...
Yah, beda jauh sih sebenernya. Tapi bagian murid2nya bisa keliatan belajar di mana aja (sambil ngantri makan, belajar di mesjid, dll) itu rada mirip sama di MAku. Cuma kalo di MA aku itu ga semua orang sefreak itu sih.

Yah gimana yah... mau ga mau aku jadi 'ngebandingin' kehidupan di PM sama di MANICS (singkatan MA ku itu, haha).
Begitu baca buku ini, kerasa banget kalo di PM tuh lebih 'gila' lagii padat kegiatannya. Belajar bahasa arabnya ga cuma di jam pelajaran bahasa arab, tapi wajib dipraktekkan di setiap obrolan di sana.
Oya gara-gara buku ini juga, aku jadi pengen belajar bahasa arab lagi. Entah mengapa di buku ini bahasa arab terasa jadi bahasa yang keren banget. (serius!)

Yang lebih penting lagi, buku negeri lima menara setidaknya mengajarkan :
-keikhlasan
-belajar agama itu hal yang sangat mulia (jadi miris setelah nyadar banyak yg jadiin pesantren sbg pilihan terakhir tpt belajar... yaa tergantung kualitas pesantrennya juga sih. mungkin emg dikit pesantren yg kualitasnya kayak PM di buku ini)
-man jadda wajada
-dll. banyaaaak deh nasehat2 yang ada di buku ini baik yg eksplisit maupun implisit, hehe

Tapi sejujurnya, aku awalnya agak males baca baca ini. Awalnya aku mikirnya, "alah paling mirip2 tetralogi laskar pelangi. udah mati rasa ah sama motivasi2an gitu". Tapi pas dibaca ternyata ga bikin nyesel. Emang sih ga seseru ataupun sebergejolak cerita Hogwarts-nya Harry Potter. Aku sendiri rada males pas baca bagian awal2, masih datar2 aja. Tapi rupanya makin ke belakang makin seru. Dan pastinya banyak hikmah yang didapet dari cerita ini. :D
flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Negeri 5 Menara.
Sign In »

Comments (showing 1-1 of 1) (1 new)

dateDown arrow    newest »

fragaria bikin pengen belajar bahasa arab (lagi) bangett...


back to top