nanto's Reviews > Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang

Maryamah Karpov by Andrea Hirata
Rate this book
Clear rating

by
153882
's review
Nov 30, 2008

bookshelves: to-read, nant-s-book, novel

udah tahu harganya kemaren, pas cari tempat aman buat nelpon penting :D

Udah punya bukunya. sampulnya kok bikin pengen denger the Corss.

Baca berapa bab. Sampai Ikal lulus thesis. Ngakak abis waktu LaPlagia meletup, "Woodward, pernahkah kau bayangkan bidang kita ini akan dimasuki mahluk keriting model begini?" Ternyata hanya orang ketus dan angkuh saja yang tidak bisa membedakan keriting dan ikal.

*update 06/12/08*

Ikal tetap lucu. Suka bagian humor yang dikaitkan dengan etnisitas. Karena nama-nama di situ, nyokap nyamperin gue, "ngapain sih ketawa sendiri?" "Wee... orang baca buku juga!"

Bagaimana gak ketawa denger cerita dibalik nama-nama ini: Jumiadi Setengah Tiang karena sifatnya yang super duper mellow, Sema'un Barbara karena kambingnya bernama Barbara, San Thong Pompa karena ngejailin si Barbara dengan pompa anginnya sampai kembung, Nur Gundala Putra Petir yang pernah tersambar petir namun selamat, Muharam Buku Gambar yang berevolusi Menjadi Muharam Ini Budi setelah tidak lagi buta huruf, Berahim Harap Tenang si operator proyektor film, Munawir Berita Buruk karena dia yang menyuarakan pengumuman berita duka dari toa mesjid. Bahkan nama itu bisa diwariskan kepada anaknya hingga ada Marhaban Hormat Grak dan anaknya Marhaban Hormat Grak II, dan Berahim Harap Tenang dan Berahim Harap Tenang Yunior. Untuk nama A Liong Koteka d/h A Liong Sunat dengan cerita soal khitanannya, Ikal memberikan catatan pelajaran moral nomer delapan belas: jangan sekali-kali memperlihatkan benda apapun di dalam celanamu, di depan orang Melayu. :D sekaligus :)) deh gue.

Masuk ke bagian Ikal mencari A Ling. Jadi rada lambat...abis rada kurang lucunya.

*update*
Di cerita pencarian A Ling pada tahap pembuatan perahu yang dilanjut dari kisah humor dan etnisitas, saya mencoba membuat catatan. Catatan tentang keteguhan akn mimpi dan negativisme di sekeliling kita. Ikal yang ditertawakan karena keinginannya membuat perahu sedang dia hanya orang awam di bidang itu merupakan bagian dari gejolak tarik-ulur mimpi versus cercaan orang sekeliling. Meski datang bantuan dari kawan-kawannya di Lasykar Pelangi, kuncinya tetap di Ikal: yakinkah ia mampu meraih mimpinya?

Abis bacain review orang. Godaan melemahkan untuk menamatkan buku ini makin menjadi. Endingnya. Beberapa review kuciwa, bahkan mempertanyakan judulnya seperti review ini. Kemaren seorang teman saya mendadak menelpon saya soal buku ini. Dia menelopon untuk bilang, "sudah tamat!" Padahal saya gak tau dia baca apa enggak, lalu misuh-misuh soal ending buku ini. Jika tidak karena HP saya bermasalah :p, perbincangan itu bisa juga mempengaruhi semangat saya untuk menamatkan buku ini.

Untungnya yang saya cari bukan endingnya. Yang saya cari gaya khas Andrea dalam bertutur. Mengingatkan seorang kawan melayu saya. Yang kosa katanya khas, dan juga bisa bikin senyum, ngakak bahkan... :D Masih terpukau dengan observasi sederhana Andrea tentang humor dan etnisitas. Paparannya menunjukan ia tipe pengamat yang baik. Hayo berapa banyak orang memperhatikan hubungan teknik melawak dengan kepribadian dan nilai..

Mending tamatin segera, sebelum terdesak dengan banyak pendapat. Baca pake kacamata kuda. Ngebut....menyalip di sela-sela bacaan pening
6 likes · flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Maryamah Karpov.
Sign In »

Quotes nanto Liked

Andrea Hirata
“Maka di negeri ini, para pemimpi adalah pemberani. Mereka Kesatria di tanah nan tak peduli. Medali harus dikalungkan di leher mereka.”
Andrea Hirata, Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang


Comments (showing 1-12 of 12) (12 new)

dateDown arrow    newest »

Bunga Mawar ouch... telepon penting tho?
Kirain kemarin sakit perut sampe jongkok2 di sisi tumpukan Qur'an gitu.


message 2: by nanto (new) - added it

nanto bukan jongkok itu biar disangka alim. deket qur'an :D


Nuni sangat ditunggu reviewnya pak....sehubungan saya tdk bisa sgera menjelajahi mimpi ikal yg satu ini


message 4: by nanto (new) - added it

nanto iya. pengennya begitu. tapi masih diplastik dan nampaknya harus disambi sama bacaan teknis yang menumpuk.


message 5: by lita (new) - rated it 1 star

lita emang apa bedanya antara keriting dan ikal?


message 6: by Dharwiyanti (new)

Dharwiyanti kayaknya keriting itu konotasinya lebih negatif ya.. hehehe...

yang jelas, jadi orang keriting itu ga selamanya terlalu enak. udah nyisir setengah jam juga ga ada bedanya :(


message 7: by nanto (new) - added it

nanto @ Lita: beda donk. gue ikal. keriting temen gue yang di spore. :D ngerti gak lit?

@ yanti: urutannya gini, ikal - keriting - kribo. semuanya ikal. tapi, keriting = ikal akut, kribo = ikal akut yang menahun. :D


message 8: by lita (new) - rated it 1 star

lita ga ngerti....:((


message 9: by Mel (last edited Dec 05, 2008 03:01AM) (new)

Mel @lita
lol. kalo ikal, gelombang2 gitu lhow lit. berombak.
kalo keriting, curly..lebih seperti spiral di tiap helaiannya.

@nanto
ternyata penggemar the corrs jg.


cindy ikyu kan gundul, kok ikal sih??

gundul == botak akut menahun =)


message 11: by nanto (new) - added it

nanto hehehe iya yah? in terms of consistency, gundul = ikal potensial, gimana?


message 12: by ice (new) - added it

ice Selamat baca Maryamah Karpov... Hihi...Aku coba hindarin baca review-nya. Banyak spoiler. Fotonya kok gundul terus sih? Mau serum?


back to top