Nurul's Reviews > The History of Java

The History of Java by Thomas Stamford Raffles
Rate this book
Clear rating

by
426137
's review
Oct 22, 2008

liked it
bookshelves: indonesian, my-library
Read in November, 2008

Tebal namun menarik. Dengan teknik membaca cepat, buku ini boleh dibilang adalah buku sejarah yang tidak membosankan. Kemampuan Raffles menggali informasi sangat mengagumkan. Sifat dan budaya orang Jawa digambarkan cukup pas dan seperti tak berubah dari masa ke masa. Sejarahnya pun diceritakan sejak mulai Ajisaka (hayo masih inget gak tuh) hingga Trunojoyo, sampai masa-masa kasunanan Surakarta dan Kesultanan Jogya pada saat pendudukan Inggris.

Yang membuat saya tertarik membaca buku ini sebenarnya karena Raffles sendiri adalah seorang naturalist. Bunga Rafflesia arnoldi saja dinamakan berdasarkan namanya.

Just inspired me to search Raffles's other side as naturalist

http://wildlifewisdom.wordpress.com/2...
flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read The History of Java.
Sign In »

Comments (showing 1-9 of 9) (9 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by nanto (new) - added it

nanto mbak ada niat membandingkan komentar Vlekke soal Rafles gak? seru tuh mbak. mau denger pendapat mbak aja.


Nurul Kemarin2 baca Vlekke cuma skimming aja. Raffles itu memang politisi. Di satu sisi memang dia membuat pembaharuan2. Tapi dia tetap bagian dari kolonialisme. Abis baca "Pangeran Diponegoro, menuju sosok khalifah" nya Remy Sylado, jelas juga bahwa Raffles berusaha menguasai dan mengubah sistem kerajaan kita. Btw, aku bukan sejarawan nih. Jadi penangkapan aku jelas gak sedalam dikau lah ya.... Hehe, memang salah satu tujuan baca buku ini sebenernya untuk memperoleh gambaran keadaan Jawa masa lalu (dari sisi naturalis tentunya).

Soal naturalis ini, aku malah dapet link buku ini yang bisa didownload pula...... http://books.google.com/books?id=xbys...


message 3: by nanto (new) - added it

nanto wah pastinya mbak nurul bakalan dah tau itu sapa orang belanda yang lama tinggal di Ambon. Dia kalo gak salah naturalist yang mendahului Carolus Linnaeus soal tata nama berganda, (binominal nomenclature). Hidupnya sih mendekatilah sama nabi ayub. kemalangan dan kemalangan. bahkan catatan dia ttg botani di maluku yang terbakar, kebutaan. Saya bacanya di cerita ttg sastra hindia belanda sih mbak.


Nurul Yup, itu kalo gak salah Georg Eberhard Rumpf. Aku pernah menyinggung sedikit di blogku http://noonathome.wordpress.com/2008/...

Btw, Nanto dari Sejarah ya? Hehe, jadi penasaran deh pingin tau lebih banyak tentang si Rumpf ini. Sebenernya sih memang aku lagi pingin cari tau sejarah naturalis di Indonesia jaman dulu. Kapan ya semangat kita bisa kaya mereka........


message 5: by nanto (new) - added it

nanto saya politik internasional mbak. HI gitu. tapi emang suka sejarah.

Saya baca itu antara lain di buku "Bianglala Sastra" yang di-Indonesia-kan sama Dick Hartoko dan buku Nieuwenhuys (CMIIW soal ejaan) bahasa Inggrisnya jadi, Mirror of the Indies sama buku lain sih. tapi gak inget bukunya


message 6: by Muhammad (new)

Muhammad Iqbal Sekedar meluruskan, Rumphius belum mengenal sistim binomial. Salah satu contohnya nama yang dia berikan untuk anggrek bulan adalah Angraecum album majus yang artinya Anggrek putih besar (lupa baca dimana....)

Tabik


message 7: by nanto (new) - added it

nanto berarti merintis aja kali yah? keukueh hehe


Nurul Hehe, ini bapaknya taksonomi angkat bicara juga :P


message 9: by nanto (new) - added it

nanto jadi nama lengkapnya taksonomi bin muhammad? :p


back to top