Michiyo 'jia' Fujiwara's Reviews > Bumi Manusia

Bumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer
Rate this book
Clear rating

by
6999278
Menangis dan sedih diakhir bab terakhir ini..dan semua ditutup dengan sebuah dialog:

“Kita kalah, Ma” bisik Minke

“Kita telah melawan, nak, Nyo, sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya.” Nyai Ontosoroh

Ini adalah perkenalan pertamaku pada kisah para manusia..tentang kisah cinta pria pribumi dan wanita Indo nan cantik jelita; Minke dan Annelies Mellema..tentang kewibawaan seorang wanita pribumi tangguh; Sanikem atau kita lebih mengenalnya sebagai Nyai Ontosoroh..tentang seorang pria pribumi yang gamang akan hidupnya, haruskah ia hidup seperti ayah dan semua nenek moyangnya; mengagungkan sembah pada leluhur dan pembesar melalui perendahan dan penghinaan diri! Sampai sedatar tanah kalau mungkin!! Itu bukanlah yang Minke inginkan kelak dilakukan oleh anak-cucunya.. atau haruskah ia mengagungkan adat budaya Eropa..jiwa ke-Eropa-an yang memberinya pengetahuan dan peradaban..tapi hukum Eropa-lah yang juga merebut orang yang paling dikasihinya..Annelies..

Apa yang akan dilakukan oleh Minke selanjutnya??
6 likes · flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Bumi Manusia.
Sign In »

Quotes Michiyo 'jia' Liked

Pramoedya Ananta Toer
“Duniaku bukan jabatan, pangkat, gaji, dan kecurangan. Duniaku bumi manusia dengan persoalannya”
Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia


Reading Progress

June 2, 2012 – Shelved
September 8, 2012 –
page 59
11.03% "Berbahagialah dia yang makan dari keringatnya sendiri, bersuka karena usahanya sendiri dan maju karena pengalamannya sendiri."
September 9, 2012 –
page 112
20.93% ""..Percuma saja akan jadinya kita berdua membanting tulang tanpa hari libur ini. Percuma aku telah lahirkan kau, karena Hukum tidak mengakui keibuanku, hanya karena aku pribumi dan tidak kawin secara syah.." ~Nyai Ontosoroh"
September 10, 2012 –
page 160
29.91% ""..memang aku bukan Indo, bukan peranakan Eropa, tapi selama belajar pada sekolah-sekolah Eropa, ada juga Ilmu-Pengetahuan Eropa dalam diriku, yaitu kalau serba Eropa kau dianggap lebih tinggi.." ~Minke"
September 11, 2012 –
page 228
42.62% ""..Bumiku, bumi manusia ini, kehilangan segala kepastiannya. Tak ada sesuatu yang bisa diandalkan.."~Minke"
September 11, 2012 – Shelved as: pramoedya-ananta-toer
September 11, 2012 – Shelved as: roman
September 11, 2012 – Shelved as: indonesian-classic-literature
September 11, 2012 – Shelved as: novel-dewasa
September 11, 2012 – Shelved as: historical-fiction
September 11, 2012 – Shelved as: asian-literature
September 12, 2012 –
page 286
53.46% ""Ya, harus kulepaskan Annellies. Adieu ma belle! Selamat berpisah, impian, untuk takkan bertemu kembali. kapanpun dan dimanapun. Ada sesuatu yang lebih penting daripada hanya kecantikan seorang dara dan kewibawaan seorang Nyai. Tak ada guna mati tanpa arti.." ~Minke"
September 12, 2012 –
page 312
58.32% ""Kalian boleh maju dalam pelajaran, mungkin mencapai deretan gelar kesarjanaan apa saja, tapi tanpa mencintai sastra, kalian tinggal hanya hewan yang pandai..Mereka yang tidak mencintai dan menghormati dan tidak belajar mencintai dan menghormati dianggap sbg Belanda yg kurang adab. Lukisan adl sastra dlm warna-warni. Sastra adl lukisan dalam bahasa.."~Juffrouw Magda Peters"
September 13, 2012 –
page 374
69.91% ""..Barangkali sudah sejak Hawa..Kecantikan mengampuni kekurangan dan cacat seseorang. Kecantikan mengangkat di atas sesamanya, lebih tinggi, lebih mulia. Tetapi kecantikan, bahkan hidup itu sendiri menjadi sia-sia bila dikuasai ketakutan .."~Dokter Martinet"
Started Reading
September 14, 2012 –
page 416
77.76% ""Mmg bgt khidupan kolonial dmn saja; Asia, Afrika, Amerika, Australia. Semua yg tdk Eropa, lbh2 tdk kolonial, diinjak, ditertawakan, dihina, hnya u/ bpamer ttg keunggulan Eropa n keperkasaan kolonial, dlm sgala hal-jg kjahilannya.Kau sdiri jngan lupa,Minke,Mereka yg mrintis di Hindia ini-mereka hnya petualang dan orang tdk laku di Eropa sana.Dsini mereka blagak lebih Eropa. Sampah itu" ~ Juffrouw Magda Peters"
September 14, 2012 –
page 500
93.46% ""..Lebih banyak lagi karena tak ada keberanian. Lebih umum lagi karena tidak pernah belajar sesuatu. Sepanjang hidupnya Pribumi ini menderitakan apa yang kita deritakan selama ini. Tak ada suara, Nak, Nyo!-membisu seperti batu-batu kali dan gunung, biarpun dibelah-belah jadi apa saja. Batapa akan ramainya kalau semua mereka bicara seperti kita. Sampai-sampai langit pun mungkin akan roboh kebisingan"~Nyai Ontosoroh"
September 14, 2012 – Shelved as: favorites
September 14, 2012 – Finished Reading
October 27, 2012 – Shelved as: indonesian-literature

Comments (showing 1-15 of 15) (15 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by Arief (new) - added it

Arief Rahman Ingin!! Ingin!


Michiyo 'jia' Fujiwara kenapa rief? ;p


message 3: by Arief (new) - added it

Arief Rahman ingin sekali buku ini!!


Michiyo 'jia' Fujiwara bgs bgt.. :) gak bakal nyesel deh beli ini.. beli OS lbh murah rief..


message 5: by Ria (new) - added it

Ria nunggu repiewww :)
aku ada buku ini. dapet hibahan tapi belum sempet baca.

iya di beberapa os dan dipasar buku harganya lebih murah. untuk yg disekitar bandung, di pasar buku palasari bisa ditemukan dengan diskon 40-50% :P


Michiyo 'jia' Fujiwara tuch kan rief..dengerin kata ria.. :) diskon 50% jadi artinya, harga aslinyakan 90rb..jadi 45rb doang dong.. woaaahhh!! btw aku belinya dah lama jg dr taun 2010, tp bru bc skrng ;p


message 7: by Ria (new) - added it

Ria Michiyo 'jia' wrote: "tuch kan rief..dengerin kata ria.. :) diskon 50% jadi artinya, harga aslinyakan 90rb..jadi 45rb doang dong.. woaaahhh!! btw aku belinya dah lama jg dr taun 2010, tp bru bc skrng ;p"

;)), iya Jia. kalo di pasar kios2 buku itu, seri buku karya PAT sekitar 40rb - 60rb. Kalo beli satu set tetralogi itu keknya malah dapet diskon lagi. tapi aku baru punya ini aja, yg Bumi Manusia. -___-" , lain kali mudik mungkin aku beli deh, nyicil


Michiyo 'jia' Fujiwara Ria wrote: "Michiyo 'jia' wrote: "tuch kan rief..dengerin kata ria.. :) diskon 50% jadi artinya, harga aslinyakan 90rb..jadi 45rb doang dong.. woaaahhh!! btw aku belinya dah lama jg dr taun 2010, tp bru bc sk..."
yap bener emang klo beli di kios buku jatuhnya lebih murah..aku dah lngkp tetraloginya..n pling tebel kyknya rumah kaca deh.. -___-" tebel bgt..


message 9: by Ria (new) - added it

Ria bener2... yg itu tebel banget, kalo beli di gramed berasa banget harganya -____-" begitu mahalnyaaa


message 10: by eti (new) - rated it 5 stars

eti aku udah baca empat2nya, dan cuma menikmati di buku yg pertama alias Bumi Manusia doank, entahlah seri ke 2,3 4 nya terasa membosankan menurutku. *mungkin karena yang menarik ya tentang Nyai Ontosoroh & percintaan Minke dengan Annelis :D*


Michiyo 'jia' Fujiwara eti wrote: *mungkin karena yang menarik ya tentang Nyai Ontosoroh & percintaan Minke dengan Annelis :D"

hiks..:"( aku dah tau sesuatu yg buruk menimpa Annelies diseri selanjutnya..Anak semua bangsa
*harusnya jangan ngintip review digoodreads..dulu..!!! aaaaggggghhhhh sebel.. >_<"


message 12: by Ria (new) - added it

Ria kapan ya aku baca ini? -___-" #lirikbukunya


Michiyo 'jia' Fujiwara cepet baca ria!! beneran serius..jangan tunda-tunda lagi.. ^_^


message 14: by Yosep (new) - added it

Yosep delang hadeh.. pengen bgt ma nih buku.. tp liat harganya.. boneng.. pinjem d pemunjaman ada ga ya??


Michiyo 'jia' Fujiwara di bsm murah yos..


back to top