Nike Andaru's Reviews > The Martian - Si Penghuni Mars

The Martian - Si Penghuni Mars by Andy Weir
Rate this book
Clear rating

by
879218
's review

really liked it
bookshelves: ebook, fiksi, terjemahan, via-gramediadigital

129 - 2019

Wah, aku takjub bisa kelar baca buku ini cuma dalam waktu 5 hari saja.

Karena tantangan baca GRI bulan ini tentang ruang angkasa, sempat bingung mau baca buku apa trus direkomendasi sama momod dan beberapa temen untuk baca buku ini aja. Pas unduh ebooknya di GD trus liat lumayan juga ini 500an halaman, ah nanti gak kelar kalo tebal gitu, tapi ternyata ceritanya seseru itu.

Tentang Mark Watney yang tertinggal di Mars karena dipikir sudah tak bernyawa karena badai pasir oleh rekan-rekan satu timnya, Ares 3. Mark harus bertahan hidup sendirian di Mars dengan semua yang ada di sana. Membaca petualangan Mark di Mars ini seru sekali, bagaimana dia seorang ahli botani dan insinyur mesin mencoba menanam kentang untuk persediaan makanan, memperbaiki alat-alat dan pesawat yang rusak, membuat air bukan cuma untuk kebutuhan sendiri tapi juga kebutuhan pertaniannya. Saya harus bilang saya suka sekali membacanya, apalagi ini diceritakan Mark dengan jenaka sebagai catatan per hari di Mars (Sol). Menakjubkan dengan cara pikir Mark dan apa yang dikerjakan selama berbulan-bulan di sana.

Setelah berbulan dianggap mati oleh rakyat di Bumi juga rekan setimnya, menegangkan dan gemes juga rasanya pas Mark akhirnya bisa diketahui masih hidup, mencoba membangun komunikasi dengan bumi dan juga yang gak kalah seru adalah bagaiman orang-orang NASA mencoba menyelamatkan Mark. Mencoba plan A dan gagal, mencoba ini itu juga gagal, trus sampe akhirnya berhasil rasanya puas banget ya, apalagi ini sendirian di planet lain pula.

Yang saya suka dari Mark adalah dia selalu berpikir positif, merencanakan sesuatu dengan perhitungan ahli dan kematian di sana bukan suatu masalah. Kalo baca cerita beginian, rasanya memang semua pelajaran yang kita pelajari, kimia gitu berarti banget ya. Jadi kalo mau jadi astronot gak cuma harus bisa menerbangan roket dan pesawat ruang angkasa, tapi juga harus ahli diberbagai bidang.

Buku ini seru, saya lanjut mau nonton filmnya ah.
4 likes · flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read The Martian - Si Penghuni Mars.
Sign In »

Reading Progress

June 17, 2019 – Started Reading
June 17, 2019 – Shelved
June 17, 2019 – Shelved as: ebook
June 17, 2019 – Shelved as: via-gramediadigital
June 17, 2019 – Shelved as: fiksi
June 17, 2019 – Shelved as: terjemahan
June 18, 2019 –
page 196
37.12% "Beneran seru nih ceritanya"
June 19, 2019 –
page 276
52.27%
June 21, 2019 – Finished Reading

Comments Showing 1-2 of 2 (2 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by Fenny Fenfen (new)

Fenny Fenfen Reviewnya bagus mbak 👍
Kalau saya malah kebalikan, udah nonton filmnya dulu, jadi udah ga berminat lg baca bukunya, hehehe...


Nike Andaru aku tim yang mesti baca buku dulu baru nonton filmnya :D


back to top