Leli's Reviews > Mahabharata: Buku A

Mahabharata by Krishna-Dwaipayana Vyasa
Rate this book
Clear rating
Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Mahabharata.
Sign In »

Comments (showing 1-21 of 21) (21 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by Abah (new)

Abah Duh Leli hebat punya lho. Testing ingatan nih ya. Apa ceritera Parikesit itu Mahabrata jilid 36 gak sih? Hehe, abah bacanya juga th 1956 tuh.


Leli duh.. testingnya ngambil her nih

abah, ini buku filosofi saya pertama,jaman sd
yang berkesan sih pengenalan tokoh2nya bisa diliat dari bentuk "sanggul rambutnya" hehehe

anak sd sekarang kenalnya filosofi jedi nih





message 3: by Abah (new)

Abah Hehe, klo sanggul rambut Leli purwa rupa dari tokoh apa ya? Kunti yang welas asih kalih yah?

Mendingan jedi katimbang ksatria baja hitam mah. Hehe, zaman memang selalu berkembang sih ya Lel.


Leli sanggulnya drupadi, abah. yang lagi "males" kramas itu loh.. awut2an. haha

jedi itu sebenernya brahmana juga sih ya Bah




message 5: by Abah (new)

Abah Hehe, tadinya iya abah mo pilih Drupadi tuh, tapi takut aja abahna ntar dimintain darah Dursasana buat kramas. Mau nyari kemana coba?
Btw, kok bisa tahan ya Yudistira seorang raja guanteng punya permaisuri cuantik tapi rambutnya riab2an mana bau gituh. Apa salah satu cobaan hidup bagi sang raja bimantara itu. Kebayang gak seh, betapa akan sengsaranya hidup abah klo Leli bersiteguh kayak Drupadi gituh. Hehe, gemez deh.

Iya juga ya. Tapi rasanya Jedi itu berkasta brahmana rangkap kesatria deh. Asal KPK gak tau, gajinya bisa dobel tuh. Kayak Dorna aja kalih ya Lel. Btw, klo ksatria baja hitam kira2 termasuk kasta apa hayoooo???? *klo abah mah milih kasta eman aja dah ya, biar bisa luncheon sama Leli lho.

Klo isteri Abimanyu yang melahirkan Parikesit itu siapa namanya ya Lel? Ayo ini tebakan berhadiah!


Leli drupadi, teguh2 sih memang teguh. tapi Abah, maksudnya sih drupadi versi india, yang suaminya pandawa lima-limanya, haha

ksatria baja hitam itu jedi yang murtad jadi sith, kasta logam berat penghasil limbah.
durna dan bisma, konfliknya pelik ya... menurut abah keputusan mereka gimana?

maminya si jeng utari apa utara dari wirata.
dapet hadiahnya apa nih..




message 7: by Abah (new)

Abah Atuh iyah lagih. Drupadi mah versi India masa versi Jawa sih? Hehe, sebegitu dahsyat entah degil tuh daya hayal sang Viyasa. Betul kan Lel, pengarang Mahabharata itu Viyasa? Klo menurut opini Leli, gimana tuh permaknaannya Drupadi kok kawin sama Pandawa berlima. Karma apa yang dia bawa dari kehidupan sebelumnya ya?

Duh neng Leli kok tajam aja sih bisa ngendus en kritis sama logam. Jangan2 pemegang saham PT KS ya. Tapi daripada dijual ke mahluk asing khan?

Iya memang pelik tuh Lel. Tapi kan dengan liehaynya Viyasa membungkus mereka dengan karma ksatria. Kecuali Durna yang suka latahan ginih, "Ajoooooouw Aswatamaaaaa." Tereaknya kepada sang putra tercinta. Cuma anehnya kok sang pandita itu bisa aja dibodohin sama Pandawa yang menebar isu klo Aswatama dah perlaya di padang Kurusetra yah. Kan sesungguhnya yang mati itu seekor gajah bernama Asatama. Setelah itu Durna ngamuk yang tentu aja diperangi dan diuhujani panah prima oleh Arjuna, murid terkasih nya sendiri.

Berbeda dengan Bisma. Sang resi yang smp tuwa melajang itu hidupnya memang penuh konflik berkepanjangan. Ternyata sikap welas asih itu membuatnya menjadi kesatria sakti mandraguna yang gamang. Ingat gak kisah Bhagawat Gita? Bagaimana Arjuna juga gamang manakala harus berhadapan dengan sang Resi, abahnya sendiri. Smp Arjuna kudu diomelin dulu panjang pendek oleh sais khusus kereta perangnya yakni Shri Kresna. Akhir nya sang Bisma mangkat dalam perang panah melawan Arjuna. Meski sang Bisma punya aji Pancasona yang membuat beliau tak bisa mati selama tubuhnya masih menyentuh tanah. Makanya beliau tewas dengan ratusan panah menembus tubuhnya sekalian menyangga tubuhnya dari sentuhan sang pratiwi.

Abah lupa tuh Lel, akan alasan Resi Bisma kudu bertempur melawan Arjuna yang sangat dicintai beliau. Klo yang ini hadiahnya berlibur seminggu di Singapur atau Bali. Tapi atas biaya sendiri.

Hehe, iya nya. Isteri Abimanyu itu Utari putri raja Wirata. Klo Utara mah cowok atuh neng.

Hadiahnya kecil kok Lel. Nobar, klo abah dah sehat. Duh kayak apa rasanya nonton bareng sama buguru secantik ini ya. Asal rambut Leli jangan ngeriab aja abah mah. Hiiiihhhh, serem deh.


Ordinary Dahlia *gelar tikar,duduk maniez sambil makan popcorn dengerin miss leli ma abah*




message 9: by Leli (last edited Jul 08, 2008 02:45AM) (new) - rated it 5 stars

Leli drupadi poliandri, kalo versi wayang kan ga pantes atuh ya kan bah...

begawan Vyasa. katanya si wiki: Buku ini terdiri dari delapan belas kitab, maka dinamakan Astadasaparwa (asta = 8, dasa = 10, parwa = kitab). Namun, ada pula yang meyakini bahwa kisah ini sesungguhnya merupakan kumpulan dari banyak cerita yang semula terpencar-pencar, yang dikumpulkan semenjak abad ke-4 sebelum Masehi.

kalo parikesit di versi india gimana abah, menurut mitos wayang bapak ini menurunkan keturunan raja jawa?

alasan resi bisma melawan arjuna, lupa juga, supaya konflik psikologisnya lebih banyak? akhirnya srikandi yang maju juga kok manahin si resi.

(sambil ngelempar popcorn mentah ke dahlia.."kerr..kerr..kerr..")


Ordinary Dahlia *sedia payung sebelum hujan, buka payung sebelum jagung kena jidat*

G pan lagi dengerin miss, pengen tau klanjutanyah. dulu sempet nonton seri indianyah tapi ga d lanjut ma tpi



message 11: by Leli (new) - rated it 5 stars

Leli hihihi payungan..
jagung mentahnya ditadahin buat nobar d rumah aldo :D, punya film seri mahabarata ga dia?


Ordinary Dahlia G lagi mengenang, nonton d youtube heuheuheuh...
*ngambilin jagung buat bekel nonton d Aldo*


message 13: by Leli (new) - rated it 5 stars

Leli duh.. youtube buat bolywood..


message 14: by Abah (new)

Abah Duh Dahlia mah trus laju ajah ngupingin. Bukannya bantuin ngorbol kalahka duduk pinton maniez sambil ngunyah borondong. Hehe tapi untung juga ketang ada jagung bledug, klo gak kapan dah pasti olohok smp laler ijo masuk gua calangap aja gak kerasa. Tul gak tuh puan Dahlia wanoja bogor?
***abis wajahnya mirip puan maharani sih***


message 15: by Abah (new)

Abah Iya yah, kapan beda versi wayang yang pupolis sama versi buku yang gak semua orang suka baca. Makasih, untung buguru Leli dah ngingetin abah.

Hehe, iya yah begawan Viyasa atau klo kata lidah pelo orang kita mah disebut begawan Abiyasa. Tapi dalam komik RA Kosasih versi awal rasanya begawan Abiyasa ini juga termasuk salah satu tokoh awal keluarga Pandu deh. Tul gak tuh buguru Leli?

Hehe, saking sumangadnya abah ngawangkong sama buguru Leli, smp lupa klo kastria pihak Pandawa yang menewaskan Resi Bisma itu Srikandi isteri Arjuna. Alkisah diawal ceritera, gimana bisa sang Bisma yang putra bungsu dari Pandu Dewanata smp terkena kutukan klo beliau akan tewas ditangan seorang wandu alias banci. Dan Srikandi ini seorang kesatria mandraguna yang banci itu. (Hehe, klo kata Gieb mah yang wer kewer kewer.) Entah juga bagaimana Arjuna bisa doyan sama Srikandi. Apa karena sepak terjangnya, apa karena kecantikannya apa karena karmanya yang nantinya bakal menjadi pahlawan padang Kurusetra?

Parikesit versi India? Wah abah gak tau juga tuh buguru Leli. Di tahun 1959 abah pernah beli buku Mahabarata di Musium Nasional. Klo gak salah sih karya Utuy Tatang Sontani? Tapi rasanya cuma seputar filosofi perang Baratayudha aja kok.
Abah tau Parikesit ya dari komik berseri RA Kosasih itu. Perihal Parikesit rasanya bisa dibaca di komik jilid 36-40. Buku Mahabarata yang lagi Leli baca, komik gak sih buguru Leli?

Menurut mitos, "bapak ini" siapa neng? Abah? Gak lah, abah gak tanggung jawab kok atas terlahirnya atao lengsernya para raja Jawa. Suwer abah mah. Klo gak percaya silet aja jari abah, pasti warnanya merah deh. Hehe, abis buguru braninya cuma lempar jagung mentah ke jidat Dahlia aja sih. Klo berani ke abah juga dong. Syukur2 nanti saat2 kita nobar di misbar ya. Ayo sumangad!
*Untung abah gak ditagih hadiah tuh*



message 16: by Abah (new)

Abah Parikesit menurunkan raja2 jawa? Rasanya itulah salah satu karya seni pikir piawai dari para penebar agama Islam deh. Biar mudah diterima oleh masyarakat Jawa yang tadinya beragama Hindu. Mana para wali juga umumnya ras Semit tentu rupanya dekat dengan ras Hindi. Entah juga klo mitos itu kirata. Dikira kira ambeh nyata. Ato kiroto klo di masyarakat Jawa mah. Dikiro kiro nek nyoto. Dikirain sambil makan nasi en soto.


Ordinary Dahlia Hah? Hah?
*ngorek2 kuping takut salah denger*
Srikandi itu banci? Banciii???
Srikandi Isterinya Arjuna yg terkenal cuakep, kasep ganteng, bagus, hensem itu?
*shock abiez*
Brarti arjuna homreng donk? Wuiiiiiiih...tapi cowok cakep jaman sekarang juga banyak yg d ragukan
*tiba2 inget seorang afrit yang abah bilang kasep*
Hahahaha...

Miss, d buku inih ada keterangan bgitu juga?
Sepertinya menarik bgt. U dah selesai baca?
*menatap miss leli ngarep d mengerti*



message 18: by Leli (last edited Jul 10, 2008 02:13AM) (new) - rated it 5 stars

Leli abah tob bgt deh, banyak referensi. museum nasional jual buku mahabarata versi lain? saya gak pernah baca selain versi ra kosasih dan versi om google, ada sih beberapa buku wayang punya si bos.

selain untuk infiltrasi nilai, raja memang suka ngaku2 keturunan dewa ya abah. masa orang jepang masih percaya mitos itu juga sih? mending makan nasi sama soto deh....

kayanya dahlia lebih mirip puan maharaja alias kiemas, hehehe, tomboy.

@dahlia
nah, srikandi itu kalo versi india-nya sebenernya memang laki2 yang dalam penyamaran jadi pelatih tari (yang dianggap banci). di versi komik, episode penyamaran ini diambil menjadi kisahnya arjuna waktu di pengasingan. tapi kalo di jawa, srikandi itu jadinya perempuan jelita gagah perkasa, arjuna itu lelaki perkasa gagah jelita, klop kan? (lagian ga pantes jagoan suka sesama jenis).

sebenernya isu homoseksual di dunia perwayangan itu ada,
kalau ga salah anaknya kresna ya abah?
namanya juga dunia perwayangan, bayang2nya kehidupan manusia.

saya mengerti kok li (menatap balik), masalahnya komik itu pinjeman juga, hihi. kemaren nyari di pesta buku, keabisan mulu versi sofcovernya.
buat gw sih ra kosasih bakalan jadi buku wajib buat di rumah.

kuis: jadi apa bedanya banci sama tomboy?


Ordinary Dahlia Yaaaaaaaah...
*jalan ke pojokan kuciwa*

Pas d youtube g liat arjuna yg pemainnya sama sekali gak cakep blajar nari. Tapi g ga ngerti,ga ada translatetannyah hiks'

G yang lembut dan gemulai inih d sebut tomboy? Aduh miss leli ada2 sajah *kedip2 mata sok polos*

G pengen baca buku2 sunda ma wayaaaaaaaaaaaang...
Haruskah kulari ke pantai belok ke hutan
berhenti d pasar anyar?




message 20: by Leli (new) - rated it 5 stars

Leli lari ke mal terdekat dahlia..
run..dahlia..run..!

gw pengen baca negarakertagama mpu prapanca


nanto iya dahlia larilah ke mall, lebih bebas preman dibandingkan pasar anyar.

apalagi pasar anyar bogor, wuih macetnya paling pollllll


back to top