Hippo dari Hongkong's Reviews > Kitchen

Kitchen by Banana Yoshimoto
Rate this book
Clear rating

by
540865
's review
Jan 25, 2011

bookshelves: to-read

maap kalo tulisan ini sepertinya gak nyambung ama bukuna

"Ada buku EA?" ...

Inget buku ini otomatis inget kelakuan seorang rekan durjana yang bisa bikin malu sesama rekan durjana. Ternyata ketua dewan pembina jaduler lebih durjana dari gw :))

Buku ini didapat dilapak buku bekas Dewi Sartika dalam rangka Reuni Durjana sekaligus merayakan ultah seorang durjana yang sudah di rancang sejak awal bulan atas permintaan seorang durjana yang bermukim di Tangerang.

Jam 12an nyampe di lapak buku Dewi Sartika sang lelaki durjana bersama durjana magang ternyata telah nyampe duluan Ternyata dua rekan durjana tersayang ntu lagi seru2nya nawar buku yang diincer. Sang Durjana senior sibuk megang dua buku sementara sang durjana magang sibuk nawar buku puisi Remy Sylado yang segede gaban, The Name of the Rose nya Eco, buku Stephen King. Sang durjana magang sepertinya sudah putus asa karena penjualna bersikukuh di harga 80rb untuk buku Remy Sylado. Gw juga udah ngincer bbrp buku seh sebenerna tp gak ikutan nawar. Lah, yang jaga lapak bukan yang punya lapakna jadi pasti ngasi harga mahal percuma ditawar juga, buang2 energi aja. Ni dua durjana ini langsung aja maen tawar, jelas dikasi mahal :))

Sambil nunggu yang punya lapak, sang durjana senior sukses nyabet 4 komik klasik tebel Mahabarata karya RA Kosasih seharga 100rebu saja dari lapak sebelah yang langsung dibujuk oleh durjanawati buat jadi "tukang tawar" buat buku komik tebel yang hanya dilepas dengan harga 45 rebu sama penjualna di lapak ujung. Sementara sang durjana magang sudah menyerah nawar buku Remy Sylado meski masih kliatan mupeng.

Tak lama kemudian yang punya lapak datang, begitu dia datang gw langsung nyabet tiga buku yang udah diincer dr tadi, setelah tawar2an ahirnya dilepas dengan harga 50 rebu sajah. Begitu transaksi kelar langsung ngelirik nyuruh si durjana magang buat nawar lagi buku Remy Sylado. Dia langsung semangat lagi dan sang pedagang langsung "dikeroyok" rame2 sehigga ntu buku ahirna dilepas 65 rebu setelah tawar2an seru. Setelah masing2 mendapatkan buku inceran masing tiba2 si durjanawan nanya ama pedagangnya
"Ada buku EA? jualan gak?"

Buset dah, udah nanya EA, kenceng lagi
sang pedagangnya langsung tersipu-sipu malu dan menjawab sambil menggelengkan kepala
"Waduh, gak jualan yang gitu disini."

Reaksi sang durjanawati dia langsung "menyingkir" dengan pindah ke lapak majalah dan si durjana magang cuman bisa "prihatin" sambil menggeleng-gelengkan kepala sambil ngusap2 jidatnya :)) gw yang kebetulan tepat disebelah dia langsung mendelik sebelum buru2 pasang wajah malaikat.

"Wah sayang," sang durjana senior menggumam kecewa,"sayah butuh buat penelitian."

Heh? penelitian? penelitian apaan? gundul mu

bikin alasan yang masuk akal dikit kek, buat nostalgia kek, buat sesepuh jaduler aka Tomo kek, pesenan temen kek, buat adik kek

Begini, jaman dulu kala alias jaman BC teknik beli EA itu kita ditawarin/dideketin ama penjualna. pasang tampang bego ato bingung di deket lapakna. biasana sang pedagang nanti mendekat sambil celingukan kanan kiri sambil berbisik.. "EA.. EA.. baru nih" dan biasana kalo emang niat yang dideketin ikutan bisik2.. "berapaan" seperti itulah. trus biasana pindah ke pojokan buat transaksi. Ini gw juga katanya ya :-"

"Udah lama gak nyimpen buku EA, kalo NC sih masih ada."
"wah ada NC? mana?"
dan sang penjual pun nunjukin tunpukan buku2 dekil yang ternyata dibawahna ada "koleksi" NC dan sang durjanawan pun semangat ngubek2 buku NC

Tak ada EA, NC pun jadi... ckckck
Rekan durjanawati sepertinya jadi teringat sesuatu begitu melihat buku NC
"siapa diantara kalian yang ngirim paket buku NC tanpa nama pengirim ke gue? ayo ngaku!"
"bukan gw loh."
"gw juga nggak."

setelah milih2 yang cover-nya paling "oke" dia ngembat dua buku NC sambil tersenyum puas :))

"Obsesi" dia soal EA masih berlanjut, makin parah. di tiap lapak dia nanyain buku EA, duh. tak cuma di situ. ketika perjalanan berlanjut ke Cikapundung sama aja, tiap lapak ditanya buku EA. Reaksi pedagang macem2, ada yang bengong karena emang gak tau ada yang nyengir kuda, ada yang tersipu-sipu sambil istighfar dalam hati :))
mungkin beberapa pedagang sempet mikir, ni orang idup di jaman mana yah? udah jaman internet ama dvd masih nyari2 EA. Jawaban dia keknya tetep "buat penelitian."

Sepertinya obsesi dia soal EA berhubungan dengan masa lalunya. dia masih keki waktu masih jaman mudaan dikit dia sempet maen ke Cikapundung abis sholat jumat masih pake kopiah dan baju koko, begitu masuk ke cikapundung langsung dideketin penjual buku sambil bisik2.. "EA bang.. EA."
dia keki soalna meski tampil bak orang alim tetep aja di tawarin EA :)) jadi sepertinya dia kepengen "balas dendam" dengan langsung nanyain bukuna ke tiap lapak

meski gagal dapet EA si durjanawan itu masih bisa ngembat buku Madam Curie yang lagi2 segede gaban terbitan taun 50an yang ejaannya bikin mumet kondisi bisa dibilang 90% plus buku dekil Pending Emas seharga 50 rebu. wah lagi bener2 napsu berburu buku sepertinya dia.

jadi gimana soal buku ini, yah gak tau lah.. gw pan belon baca masih mark as to read :D
15 likes · flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Kitchen.
Sign In »

Comments (showing 1-50 of 81) (81 new)


message 1: by lita (new)

lita geleng-geleng liat kelakuan durjana :))


message 2: by miaaa (new)

miaaa duduls, para durjana/wati emang keren dah huwahahaha


Tukang Kueh Keren judul bukunya Kitchen....alias dapur....naha jadi curhat EA :))


Speakercoret remy yg puisi2 yah?

atapiloh mas nantoooooo hwahahaha, aki pasti beli juga itu NC :p


message 5: by nat (new) - rated it 4 stars

nat teka-teki:
ada berapa kata 'durjana' dalam review ini ? :P


message 6: by Leli (new)

Leli penelitian ttg reaksi stimulus e.a. di tengah keramaian... good one :p.

itu pengarang knapa namanya banana? tar kasi note d reviewnya ya rie..


message 7: by Nanny (last edited Jan 25, 2011 10:21PM) (new)

Nanny SA durjanawan/wati the 'legend' :))

o pas keliling2 ini yg blm tau TB Maranantha di Ciateul teh

*vote krn bisa bikin ketawa pagi2


Harun Harahap *ngakak guling-guling*


message 9: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname hehehehe....

semua disebut dengan sebutan: durjana senior, durjana magang, durjanawati, ketua dewan pembina jaduler, dsb... kok bisa-bisanya begitu nyebut sesepuh jaduler, disebut namanya, TOMO.
Apa ini maksudnya!!!???? mau pembunuhan karakter ya...? hehehe

Btw spt di durjanawati, aku jg masih penasaran nih siapa yg mengirimiku NC, dengan nama NC, dan bilang: Mohon direview. mohon konfirmasinya ya.


message 10: by e.c.h.a (new)

e.c.h.a Wah...wah...wah...*ngikik*


message 11: by lita (new)

lita Wirotomo wrote: Btw spt di durjanawati, aku jg masih penasaran nih siapa yg mengirimiku NC, dengan nama NC, dan bilang: Mohon direview. mohon konfirmasinya ya. "

iyah, aku juga masih penasaran....*ngikik*


message 12: by Iyut (new) - added it

Iyut lol :D


message 13: by [deleted user] (new)

buat durjana magang: di Gramed WTC Serpong Remy Sylado segede Gaban itu selalu diobral 25 rebu


 Δx Δp ≥ ½ ħ eh Kang, di palasari tuh masih ada EA--lokasi persis, ubek2 ajah tiap lapak :P


Helvry Sinaga wah..sekarang ada klasifikasi durjana nihh..perlu dibuat secara legal tuuh, xixixixi..


message 16: by nat (new) - rated it 4 stars

nat perlu dimasukin KBBI nggak itu semua varian durjana ? :D


Hippo dari Hongkong @Amang & Ronny: ntu si durjana magang masih dongkol gara2 di bookwar IRF buku itu keburu disabet orang :))

@Ceu Nanny: iya, link dari Nenang baru nongol setelah acara jalan2nya kelar :D

@Emut: gw gak nyebut2 nama si Nanto loh ;))


Hippo dari Hongkong Wirotomo wrote: "kok bisa-bisanya begitu nyebut sesepuh jaduler, disebut namanya, TOMO."

maap gak sengaja :-"

masalah konfirmasi ada orang iseng ngirim paket NC mah terus terang saya juga tidak tahu menahu dengan kata lain bukan gw yang ngirim. sepertinya misteri pengirim NC ini melibatkan pihak jaduler yang lain :))
repiu aja dulu buku nya mungkin nanti sang pengirim misterius gatel buat ngasi komen :))


Hippo dari Hongkong Δx Δp ≥ ½ ħ wrote: "eh Kang, di palasari tuh masih ada EA--lokasi persis, ubek2 ajah tiap lapak :P"

coba yah nama lengkap lapak , letak lapak, jenis EA , jumlah koleksi dll. biar menghemat waktu, jadi nanti bisa saya segera sampaikan kepada sang durjana yang ngidam EA


 Δx Δp ≥ ½ ħ ^ kalo saya kasih letak astronomisnya secara detail, takutnya entar ada pemborongan massal, untuk adik :P


message 21: by Nenangs (new)

Nenangs Helvry wrote: "wah..sekarang ada klasifikasi durjana nihh..perlu dibuat secara legal tuuh, xixixixi.."

durjana justru ada sebelum jadulers...semacam nenek moyanglah...:)


message 22: by Nenangs (new)

Nenangs HappyHippo wrote: "@Amang & Ronny: ntu si durjana magang masih dongkol gara2 di bookwar IRF buku itu keburu disabet orang :))

@Ceu Nanny: iya, link dari Nenang baru nongol setelah acara jalan2nya kelar :D

@Emut: g..."


link dari sayah? link naon?


Hippo dari Hongkong eta link soal buku wayang tea :D


message 24: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname Nenangs wrote: "Helvry wrote: "wah..sekarang ada klasifikasi durjana nihh..perlu dibuat secara legal tuuh, xixixixi.."

durjana justru ada sebelum jadulers...semacam nenek moyanglah...:)"



Betul Kang Nenangs.
Trio Durjana itu dibentuk jauh sebelum Miaaa mengangkat secara paksa Vera jadi Ketua Jadulers dan Erie jadi Waka Jadulers. :-)
Anggota Trio Durjana siapa aja? mmm si Durjanawan, terus Durjanawanwati dan terakhir Durjanawati.
Btw sekarang lagi mbuka lowongan buat Durjana Magang ya? :-)


message 25: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname Δx Δp ≥ ½ ħ wrote: "^ kalo saya kasih letak astronomisnya secara detail, takutnya entar ada pemborongan massal, untuk adik :P"



letak geografis kali' Qui. kan di darat, nggak di langit.
thanks.
hehehe


message 26: by miaaa (new)

miaaa Wirotomo wrote: ...

Betul Kang Nenangs.
Trio Durjana itu dibentuk jauh sebelum Miaaa mengangkat secara paksa Vera jadi Ketua Jadulers dan Erie jadi Waka Jadulers. :-)

..."


eits napa bawa2 nama eike, tugasku (waktu itu) hanya woro-woro soal jadulers atas perintah wakil yg juga anggota geng durjana :p

jelas kan aku ga ada hubungannya ama geng durjana, aku loh tidak sedurjana merekaaaaaaaaaaaa *kabur cepet2*


message 27: by lita (new)

lita Nyambung omongan Miaaa: dan tujuan utama kaum durjana cuma satu: menjarah isi rak buku ketua Dalton bersodara :P


 Δx Δp ≥ ½ ħ Wirotomo wrote: " letak geografis kali' Qui. kan di darat, nggak di langit.
thanks.
hehehe
"


letak geografis berkaitan letak relatif thp posisi/kedudukan geografis, di pinggir sungai X, dll

letak astronomis itu posisi lokasi berdasarkan garis lintang dan bujur. makanya pas SD suka ada pertanyaan, sebutkan letak geografis dan letak astronimis negara Indonesia

thanks juga
hehe


message 29: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname Δx Δp ≥ ½ ħ wrote: "Wirotomo wrote: " letak geografis kali' Qui. kan di darat, nggak di langit.
thanks.
hehehe
"

letak geografis berkaitan letak relatif thp posisi/kedudukan geografis, di pinggir sungai X, dll
..."


hehehehe
begitu ya hahahaha


message 31: by nanto (new)

nanto hehe dah rame aja....

gue masih penasaran sama EA ejaan Suwandi atau yang lebih tuwir lagi. ejaan pra BP kalo bisa hahaha


message 32: by [deleted user] (new)

gw ada To, warisan bokap. gw sisip2in sampe lupa taro di mana. ntar deh kalo ketemu


 Δx Δp ≥ ½ ħ ^ makin tua terjemahannya, makin eksotis perjuanagn bacanya. :D


Hippo dari Hongkong ahahaha.. yang ngidam nongol juga :))


message 35: by Nenangs (new)

Nenangs HappyHippo wrote: "eta link soal buku wayang tea :D"

ti ceu nanny meureun...lain ti sayah...


Hippo dari Hongkong aeh bener, lupa sayah :D


message 37: by Nenangs (new)

Nenangs Δx Δp ≥ ½ ħ wrote: "Wirotomo wrote: " letak geografis kali' Qui. kan di darat, nggak di langit.
thanks.
hehehe
"

letak geografis berkaitan letak relatif thp posisi/kedudukan geografis, di pinggir sungai X, dll
..."


he?
yg gue pelajari dulu mah garis bujur dan lintang itu letak geografis. letak astronomis mah berkaitan sama letak di alam semesta, seperti koordinat2 bintang dan nebula dan sebagainya urusan anak2 jurusan astronomi itu...
ini berubah ato guru sd-smp-sma dulu yg salah ya?

btw, ada yg ngeh letak astrologis? :)


message 38: by Nenangs (new)

Nenangs nanto wrote: "hehe dah rame aja....

gue masih penasaran sama EA ejaan Suwandi atau yang lebih tuwir lagi. ejaan pra BP kalo bisa hahaha"


hahahaha...penelitinya ngaku sendiri :)


message 39: by aldo zirsov (new)

aldo zirsov lita wrote: "Nyambung omongan Miaaa: dan tujuan utama kaum durjana cuma satu: menjarah isi rak buku ketua Dalton bersodara :P"

mujur Dalton Bersaudara sudah Siaga Satu...:)
*langsung ganti propic dan pasang penangkal*


message 40: by Mel (new)

Mel dul, ngarang deh..kapan coba gue tanya. kan gue udah tauk sapa yg ngiriimmmmm oeyyy..heheh


message 41: by Andri (new)

Andri salah satu dari trio nurjanah lah..

-andri-


message 42: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname Mel wrote: "dul, ngarang deh..kapan coba gue tanya. kan gue udah tauk sapa yg ngiriimmmmm oeyyy..heheh"

siapa sih Mel? nanti japri ya. hehe


message 43: by Andri (new)

Andri denger-denger trio nurjanah ini reuni bakal ngeluarin album baru, yg bakal bikin trio macan, trio buldozer semua lewat..

gw dapet bocoran gambar cover album yg lagi digarap ama trio nurjanah ini... gile, nendang bangets.. mau gw posting di sini? setuju penontoooonnnnn ???

-andri-


message 44: by Leli (new)

Leli lebih lucu trio kelinci.. (menyambut tahun kelinci :D)



Andri wrote: "denger-denger trio nurjanah ini reuni bakal ngeluarin album baru, yg bakal bikin trio macan, trio buldozer semua lewat..

gw dapet bocoran gambar cover album yg lagi digarap ama trio nurjanah ini..."



Hippo dari Hongkong Wirotomo wrote: "siapa sih Mel? nanti japri ya. hehe "

wah, ada yang penasaran :))


Speakercoret mana mungkin lebih keren dari trio macan...
ga mungkin lah :p


Hippo dari Hongkong yang pasti Trio Durjana ama Kolor Tiis lebih keren drpd Trio Macan


message 48: by Δx Δp ≥ ½ ħ (last edited Jan 27, 2011 03:40AM) (new)

 Δx Δp ≥ ½ ħ [Mode seurieus: on]
Nenangs wrote: " he?
yg gue pelajari dulu mah garis bujur dan lintang itu letak geografis. letak astronomis mah berkaitan sama letak di alam semesta, seperti koordinat2 bintang dan nebula dan sebagainya urusan anak2 jurusan astronomi itu...
ini berubah ato guru sd-smp-sma dulu yg salah ya?

btw, ada yg ngeh letak astrologis? :) "


Petrik, saya gak yakin guru situh salah menerangkan. Mungkin situh yang lupa, atau pas pelajarannya gak perhatiin dg seksama?

Letak suatu tempat di permukaan bumi, dapat ditentukan dg 2 cara: letak geografis (mengacu pada posisi relatif thp kondisi bentang alam sekitarnya) dan letak astronomis yang berdasarkan letak garis lintang/bujur (kata astronomis digunakan disini bukan karena yg diukur adalah letak bintang, tapi lebih karena alasan historis bahwa pemodelan kondisi permukaan bumi sesungguhnya yang berbentuk bola sejalan dg perkembangan ilmu astronomi yang menggunakan model astrolab/bola yg bergambar konstelasi bintang utk menggambarkan kondisi langit). Letak astronomis sebenarnya letak koordinat kartesian cuman utk kasus bola

Jadi, pada pernyataan saya yg menyatakan tak akan memberikan data astronomis si kios penjual buku EA, karena berbeda dg letak geografis yang cenderung bakal susah digambarkan (di sebelah utaranya ada penjual X, di selatan ada penjual Y, dst), letak astronomis dapat menentukan posisi akurat selama ada alat yang memadai, biasanya GPS--dg perantara google maps

Kalau gak percaya, silakan saja cek buku anak IPS kelas 4 SD. sudah ada pelajaran mengenai letak geografis dan letak astronomis kok. Biasanya ditulis:
Letak Astronomis Indonesia adalah 6ºLU sampai 11ºLS dan 95ºBT sampai 141ºBT
letak geografis Indonesia dihimpit dua benua (Asia di utara Australia di selatan) dan dua samudra

http://edu2000.org/portal/index.php?o...

http://ips-mrwindu.blogspot.com/2009/...


Bonus: Letak dan posisi suatu bintang di langit sama sekali tak bisa ditentukan scara tepat. Ada beberapa alasan:
- Mulai dr planet hingga bintang, tak ada satupun yg posisinya tetap. mereka selalu bergerak. jadi bagaimana bisa ditentukan letaknya? makanya ada yang namanya kalender astronimis yang dikeluarkan NASA tiap tahun utk jadi panduan para pengamat menentukan posisi katakanlah planet Jupiter pada hari X bulan X tahun X jam X
- presisi dan nutasi, bumi berotasi dg cara yg rumit, sumbu putarnya selalu berubah sepanjang tahun (shg ada pergantian musim), sumbu putar yang miring/tdk tegak
- aberasi dan paralaks. karena bumi mengitari matahari, dg sendirinya jika ada suatu bintang yg hari ini saat diamati di teras rumah, letaknya di atas parabola rumah Idun, minggu depan jika diamati di posisi yg sama, letak bintang pasti berubah.
planet Mars misalnya, dlm setahun, posisinya di langit selalu berubah-ubah maju mundur dari barat ke timur sepanjang tahun.
itu alasannya kenapa membuat tata koordinat benda langit nyaris mustahil, selain 3D, juga posisi yg terus berubah membuat pemetaannya sangat sukar. Saat ini, utk pemetaan benda langit, digunakan pemetaan relatif berdasarkan posisi bintang2 yg secara relatif cenderung tetap. salah satunya yg posisinya cenderung tetap misalnya rasi bintang. jd utk menentukan posisi bintang lain yg tak memiliki rasi, biasanya ditentukan seberapa besar sudut relatifnya thp rasi tsb--namun tak digunakan data lintang dan bujur, tapi menggunakan konsep azimut, inklinasi, deklinasi, dsb

mungkin yg rada membingungkan adalah penggunaan istilah di "letak astronomis" dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa inggris, kata "astronomy position" nyaris jarang digunakan karena dapat rancu ke benda langit, cenderung lebih sering digunakan kata "geographic coordinate"
[Mode suerieus: Off]

Jadi, siapa oknum penyebar NC? :D


message 49: by Wirotomo (last edited Jan 27, 2011 02:58AM) (new)

Wirotomo Nofamilyname Sepertinya Qui, jaman kami dulu, sepanjang kami bersekolah (Aku lulus SMA 1989 dan Kang Nenangs 1992 (kalau nggak salah lho hehe)) nggak ada istilah letak astronomi itu.
Lagipula garis bujur dan lintang itu kan garis khayal. Dan nggak bisa dibilang astronomi, wong mestinya kan napak di sea level hehehe (nggak bisa dipastiin juga sih wong garisnya nggak kelihatan hehe). dan mestinya bukan di atmosfer, jd bukan di langit.
tp memang tadi browsing, materi pelajaran sekolah anak sekarang menyebut bujur dan lintang itu sebagai letak astronomi. dan itu lho, "geographic coordinate" kok diterjemahkan sbg "letak astronomi".
terjemahan yang aneh. hehehe.


 Δx Δp ≥ ½ ħ beda kurikulum berarti yah? *digetok*


« previous 1
back to top