*eKa*'s Reviews > Remember When

Remember When by Winna Efendi
Rate this book
Clear rating

by
37421969
's review

really liked it
bookshelves: a-reread-perhaps, beautiful-setting, engaging-characters, filmed, typical-romance-but-good

Duh, telat banget baru baca buku ini. Jadi malu sendiri. Itu pun karena kepengen nonton filmnya, sih. :D

Novel ini berkisah tentang dua pasang remaja SMA yang berbeda karakter. Yang nerd pacaran sama yang nerd dan yang populer pacaran sama yang populer. Kalo secara penilaian sekilas sih ya wajar aja pilihan mereka seperti itu. Tapi setelah melewati waktu pacaran yang cukup lama, mereka merasa membuat pilihan yang salah. Karena sesungguhnya cinta itu seperti magnet. Butuh dua kutub yang saling bertolak belakang untuk bisa nyambung. Bener, kan? Itu sih salah satu tema buku ini.

Selain itu, buku ini memberikan pesan untuk berani bersikap jujur sama perasaan kita yang sesungguhnya, meski, mau tidak mau, kejujuran itu akan menyakiti perasaan orang lain. Jadi menurutku nih, buat anak muda (Ya aku emang gak muda lagi. Setidaknya bukan ABG lagi kayak karakter novel ini, tapi masih suka baca buku ABG sih, lol) mendingan jangan buru-buru ngungkapin perasaan. Apalagi memberikan virginity kamu, seolah kalian berdua akan hidup berdua selamanya. Jalan di depan masih panjang, guys! Masih banyak pilihan lain di luar sana yang mungkin akan bikin kamu ngiler dan berpikir ulang kalo ternyata kamu gak cocok sama pasangan kamu sekarang. Ah, tapi, jangankan ABG. Orang dewasa juga kadang suka salah penilaian sih. Jadi wajar aja mengalami perubahan karena perasaan itu dinamis, seperti halnya politik, haha. Selama kalian gak pacaran yang super bebas seperti salah satu tokoh di novel ini.

Buat novel debut, aku menikmati perjalananku membaca buku ini. Temanya bukan hal baru dalam dunia remaja, tapi ya memang gaya penulisan Winna yang mengalir sangat enak untuk diikuti. Sudut pandangnya dari masing-masing karakter. Ada POV Freya, Gia, Moses, Adrian, dan bahkan Erik.

Bagian favoritku yang ngena banget adalah waktu (view spoiler). Selain itu aku juga suka banget waktu percakapan Gia sama teman bulenya, Kylie. Menurutku itu menohok banget.

Bagian yang paling gak aku suka adalah soal (view spoiler). Terus aku juga bingung gimana ceritanya Gia dan Freya bisa temenan. Awal perkenalannya kurang memuaskan. Secara yang satu nerd dan yang satu populer. Kalo Moses sama Adrian kan emang mamanya udah pada saling kenal. Atau aku ada yang kelewat ya, soalnya pacar mereka kan pada temenan. Jadi apa sejak itu mereka temenan? Seingatku sih gak gitu juga. Hmm, mungkin aku harus baca ulang (Kalo gak males, lol)

Satu hal lagi yang bikin perdebatan pribadi. Ada kalimat ini:

Akhir-akhir ini, memang ada seorang penggemar rahasia yang kerap kali meletakkan sekuntum mawar di dalam loker.


Aku kira akan ada pengungkapan sosok pengagum rahasia itu. Dan aku udah punya dugaan sendiri soal sosok itu. Tapi ternyata gak ada apa-apa di akhir cerita. Malah aku sempat lupa soal ini. Baru inget pas baca ulang bagian yang aku garis bawahi. Apa aku bener-bener ada yang kelewatan ya? :(



32 likes · flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Remember When.
Sign In »

Reading Progress

August 22, 2015 – Shelved
December 15, 2016 – Started Reading
December 18, 2016 – Finished Reading

Comments Showing 1-2 of 2 (2 new)

dateDown arrow    newest »

- ̗̀ deanna ̖́- setelah baca review ini kenapa aku malah salah fokus yaa aku jadi malah nebak nebak berapa umur kamu hihi


*eKa* Haha, Dean kepo ya XD. Umurku usia kerja gitu deh Dean >.<


back to top