Harun Harahap's Reviews > Sokola Rimba: Pengalaman Belajar Bersama Orang Rimba

Sokola Rimba by Butet Manurung
Rate this book
Clear rating

by
2109023
's review
May 10, 2010

really liked it
bookshelves: punya, memoir-biografi, non-fiksi, indonesian

Izinkan saya terlebih dahulu menceritakan pertemuan pertama saya dengan GoodReads dan GoodReads Indonesia (GRI):

Saya pertama kali berkenalan dengan GRI sekitar bulan Maret 2009. Bosan dengan Facebook ditambah lagi ada beberapa stalker yang menyebabkan saya menutup akun Facebook saya tersebut. Saya mulai bertanya dengan teman sekitar adakah sebuah website yang khusus berisikan resensi berbagai buku. Ismi, teman saya akhirnya memberikan alamat GoodReads, saya langsung jatuh cinta pada pertemuan pertama dengan situs ini. Pada hari yang sama, saya pun bergabung dengan grup Indonesia.

Sapaan pertama yang sangat ramah disampaikan oleh Moderator, Amang suramang, memberikan saya kesan pertama yang baik dengan grup ini. Tidak hanya berisikan resensi berbagai buku tapi saya akhirnya memiliki teman-teman baru yang mempunyai hobi yang sama dengan saya yaitu membaca buku. Makin jatuh cintalah saya dengan GRI.

Lalu apa yang mengingatkan saya dengan teman-teman GRI ketika membaca buku Sokola Rimba?

Perjuangan tak kenal lelah

Pertama kali saya bertemu dengan teman-teman GRI adalah ketika diadakan BookSwap di Museum Mandiri sebulan setelah gabungnya saya dengan GRI. Tak selang beberapa lama, saya dihubungi oleh Mia untuk meminta kesediaan bergabung sebagai panitia kopdar GRI. Hal yang pertama saya pikirkan ketika membaca pesan singkat itu adalah " Gila apa yah, gw kan anak baru. Ketemuan aja baru sekali, dah diminta jadi panitia?". Namun, tak ada rasa canggung karena semua bisa 'merangkul' saya yang anak baru. Rapat demi rapat diselenggarakan, saya pun berkenalan dengan banyak GRI'ers yang lain. Saya kagum dengan kesediaan dan pengorbanan waktu mereka untuk komunitas ini. Mereka bukanlah pengangguran, semuanya bekerja tapi masih bisa menyempatkan waktunya untuk komunitas ini.

Acara demi acara saya berkesempatan untuk jadi panitia. Makin terlihatlah sinar kebaikan yang terpancar dari GRI'ers. Saya pun merasa betah dengan komunitas ini. Komunitas yang tidak hanya mementingkan kepentingan diri sendiri tapi juga dengan orang lain. Komunitas yang mencoba untuk berperan berperan aktif dalam dunia perbukuan di Indonesia. Dan komunitas ini berkeinginan tidak hanya menjadi komunitas pembaca pasif tapi juga aktif di dunia maya maupun di dunia nyata.

Di awal tahun 2010, saya yang anak baru ini diberikan sebuah kepercayaan yang sangat besar untuk menjadi Moderator 2010. Lebih banyak lagi saya melihat perjuangan yang tak kenal lelah dari GRI'ers. Satu kegiatan demi kegiatan kita adakan untuk mewujudkan impian sebagai komunitas pembaca aktif. Memang tak mudah dan membutuhkan materi, tenaga, waktu dan pikiran untuk membuat kegiatan-kegiatan tersebut. Tapi kedatangan dan dukungan semua GRI'ers memberikan kebahagiaan yang tiada bandingnya. Dan semangat baru selalu tumbuh ketika satu kegiatan berakhir dan siap menyongsong kegiatan berikutnya.

Masalah memang terkadang timbul dan tak sedikit pengorbanan yang telah dilakukan, tapi tak usahlah dibahas lebih lanjut karena kegembiraan dan kebahagiaan yang komunitas ini berikan kepada saya jauh lebih besar. Tak ada kata menyesal bergabung dan membangun komunitas ini. Ucapan syukur dan terima kasih selalu dipanjatkan karena Tuhan telah memberikan saya jalan kepada kebaikan yang disampaikan melalui komunitas ini.

GRI'ers, mari kita berpegangan lebih erat dan tetap melangkah karena perjuangan belum berakhir!
12 likes · flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Sokola Rimba.
Sign In »

Comments (showing 1-21 of 21) (21 new)

dateDown arrow    newest »

Roos Inget siapa Run???
*gelar tiker nunggu repiu*


Harun Harahap Inget kamu *wink*


Roos Hadew...*ngacir gak jd nungguin repiu*


Harun Harahap Eh dibaca duluuuuuu.....


Roos Hadew...harus berjuang yah?
*lanjut ngacir ah*


message 6: by [deleted user] (new)

lha terus sokola rimbanya? :D


Harun Harahap Sokola rimbanya liat ripiu sebelah aje, banyak yg bagus2 tuh..hehe..

@roos: lo mw ngacir kemana? Sanggup ngacir?hehe..tar juga balik lg..


Sweetdhee jiaaaaah..
*ga tau mo komen apa*
kikikkikik


Harun Harahap nape dit?

*sembur pake aer yasin*


message 10: by aldo zirsov (new)

aldo zirsov GRI itu bagian dari Sokola Rimba ya Run?? penuh perjuangan...!!! hehehehe


Harun Harahap Yoa, di GRI bisa belajar sambil karaoke, makan dan jalan2..hehehe..


Harun Harahap Yoa, di GRI bisa belajar sambil karaoke, makan dan jalan2..hehehe..


miaaa wah begitu yah, GRI bagian dari sokola yah hihi


Harun Harahap Gw lebih suka Sokola di GRI daripada di kampus kuningan itu.. T.T ...hahahahaha..


message 15: by Sweetdhee (last edited May 26, 2010 08:52PM) (new) - rated it 4 stars

Sweetdhee eh, lupa nge vote
*ngelap aer yasin*


e.c.h.a Harun Harahap wrote: "Inget kamu *wink*"

Uhuk..uhuk.....

Jadi Harun kepala sekolah dari SOKOLA GRI nih *wink*


message 17: by Palsay (new)

Palsay  gw malah tau goodreads dari facebook..hehehe...


message 18: by Pera (new) - rated it 5 stars

Pera review yang gak nyambung dari buku yg di review nya :D

but..I agree with you..
saya kenal GR diluan dari pd FB

meski cuma bisa menonton dari Medan, salut ma GRI.
salam kenal :)


Harun Harahap @echa: tapi kamu tep yg plg diinget kok.. *ngasih obat batuk*
What?kepala sekolah? Ga usah, gw guru kesenian aja deh..

@pera: ga nyambung yah?hehehehe.. Gapapa deh yg pntg suka ma GRI..salam kenal juga..


message 20: by Irwan (new)

Irwan @harun: i share most of your feelings about this site and this community apart from the offline experience, thanks to geography hehehe..

I really thought this was another open letter :-)


miaaa sepertinya begitu nih hehe


back to top