Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Satin Merah” as Want to Read:
Satin Merah
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Satin Merah

3.76  ·  Rating details ·  248 Ratings  ·  71 Reviews
Semua orang pernah diabaikan oleh orang-orang di sekitarnya. Tapi, pernahkah kamu diabaikan setelah disanjung-sanjung? Setelah dimanjakan dalam dekapan kain satin yang lembut?

Tanyakan pada Nindhita Irani Nadyasari bagaimana rasanya. Tanyakan siswi berprestasi itu bagaimana perihnya ditinggalkan dan dibenci orang-orang terdekatnya.

Dulu, Nadya selalu menjadi perhatian guru-g
...more
Paperback, 314 pages
Published 2010 by Gagas Media
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Satin Merah, please sign up.

Be the first to ask a question about Satin Merah

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
bakanekonomama
Jun 26, 2017 rated it liked it
Shelves: my-precious
Sebagai seorang anak yang lahir di ibu kota, saya terkadang merasa iri dengan teman-teman yang berasal dari daerah. Kenapa? Karena mereka bisa berbicara dengan bahasa daerah, sebagai bahasa ibu mereka. Sedangkan saya? Bahasa ibu saya adalah bahasa Indonesia. Bukan bahasa Jawa, bahasa Sunda, Padang, Bugis, atau bahasa daerah lainnya. Sebagai pencinta bahasa, saya kadang berandai-andai. Seandainya saya bisa bahasa daerah juga, tentu akan lebih banyak bahasa yang saya kuasai sekarang.

Lalu, apa hub
...more
Indah
Mar 22, 2011 rated it really liked it
'Seseorang nggak akan bisa jadi penulis terbaik kalau motivasinya uang.' (halaman 149)

----

Pernah merasa diabaikan ? Ingin membuktikan diri, kita bukanlah ’sekedar’ seseorang? Mungkin, semua orang pernah mengalami hal-hal itu. Kalau saya, jelas pernah. Ketika merasa diabaikan, saya merasa tersakiti dan ingin membuktikan kalau saya tak pantas diabaikan. Saya harus berbuat sesuatu, yang membuat orang tidak memandang remeh, dan mengakui saya bukanlah ’sekedar’.

Novel Satin Merah berkisah tentang Nady
...more
Desty
Tertarik dengan novel ini setelah membaca resensi dari Mbak Nike. Selanjutnya, saya sampai ke situs penulisnya, Rie Yanti, yang menceritakan bibit lahirnya novel ini.

Mungkin karena genre-nya thriller, saya memutuskan harus membeli buku ini. Sempat tertunda beberapa waktu untuk membaca buku ini setelah membelinya 3 Feb kemarin. Hasil akhir, 4 bintang buat buku ini.

2 bintang pertama, masing-masing untuk penulisnya. Salut sekali, buku ini lahir dari "pertemuan online". Dan masing-masing mengambil p
...more
ijul (yuliyono)
Dec 26, 2010 rated it liked it
Lah, ending-nya kok kayak adegan Misteri Ilahi, yakkk?

Wow. Wow. Speechless. Aku jelas tak sering membaca novel dengan tema unik seperti ini. Bagus. Menurutku agak menjurus psychological thriller gitu. Sebaiknya sih dibaca sekali habis, biar intensitasnya terjaga. Bagiku yang gampang ter-distract membaca dengan teknik taruh-ambil-taruh-ambil agak mengurangi ketegangannya. Ditambah lagi aku yang sudah mulai pelupa, sehingga suatu detail gampang sekali missing sehingga harus mengais-ngais lagi keti
...more
Sweetdhee
Apr 19, 2011 rated it really liked it

yang bisa menjadi mengerikan adalah obsesi yang tak tekendali

hal ini yang membuat saya merinding selama tiga jam membaca habis novel ini
yup, tiga jam
tiga jam dalam keremangan mati lampu di malam minggu
main internet ga bisa
nonton teve ga bisa
akhirnya memaksakan membaca dengan lampu darurat karena kelimpungan mati gaya

mati gaya gara-gara mati lampu
lalu membaca tentang orang-orang mati
terbunuh
karena ilmu yang terserap
demi mimpi menggapai energi putih
agar sanggup melambaikan harga diri yang terlaju
...more
Kungkang Kangkung
Apr 08, 2015 rated it liked it
Shelves: novel
Awalnya saya sama sekali tidak tertarik dengan novel ini. Ini merupakan salah satu novel yang saya jual karena ada di agen buku langganan saya. Kover yang tidak mengundang, judul yang terkesan "tua". Errr... mungkin hanya saya saja yang memiliki kesan seperti ini. Saya menganggap satin merah sebagai jenis bahan mengilap-berwarna merah yang biasa digunakan oleh para ibu-ibu untuk membuat rok pesta. Hwahahaha... Sungguh, saya mengira isi novel ini mengenai ibu-ibu berpesta. XD Yah... dengan kesan ...more
Nike
Dec 19, 2010 rated it really liked it
Shelves: fiksi
Satin Merah. Saya pikir buku ini akan bercerita tentang kain Satin, ya paling tidak ada kaitannya dengan kain mengkilap itu, seperti yang terlihat di covernya yang minimalis tapi cantik itu. Tapi ternyata saya salah, Satin disini adalah Sastra Tinta (Satin) Merah. Kenapa harus merah? Karena ada bau darah dan kematian dalam buku ini.

Saya langsung tertarik dengan buku ini setelah melihat sepertinya buku ini akan membuat kita jadi detektif dari kasus-kasus kematian. Setelah sebelumnya saya menyukai
...more
Ayu Yudha
Jan 09, 2011 rated it really liked it
Apakah kalian pernah merasa diabaikan oleh orang lain? Saya pernah, sering dan terkadang masih merasakannya. Mungkin orang lain tidak bermaksud mengabaikan, namun karena berbagai alasan lain, seringkali seseorang merasa "ditiadakan" oleh lingkungan sekitarnya. Ah, kasihan sekali Nadya. Dia terbawa oleh keinginannya menjadi anak yang diakui oleh orang lain. Hingga tanpa sadar, keinginannya membuat Nadya mampu melakukan hal-hal yang diluar kebiasaannya..

********************************************
...more
OceMei Belikova♥
buku ini emank lain daripada yang lain. Dari segi cover uda beda. Kenapa kasih bintang 5? karena si pengarang total banget ngerjain PRnya. *eseh PR pula*
judulnya Satin Merah, yang sebelum aku baca and dalamin bukunya, masih gak ngerti apa sih arti dibalik Satin Merah ini. Awal baca langsung dihadapi dengan kasus pembunuhan. Dua orang laki-laki yang dibunuh. Pembunuhnya masih tanda tanya. Dalam pikiranku, awalnya aja udah disodori dengan terungkapnya pembunuhan di rumah seorang sastrawan Sunda,
...more
Sinta Nisfuanna
Pinjam dari Mbak Nadiah

----

Yeah! Aku suka novel ini, terutama karena tema Sastra Sunda yang menjadi salah satu sorotan dalam cerita. Tak dipungkiri memang kalau budaya di Indonesia mulai mengalami abrasi mengingat kurangnya kesadaran pentingnya ‘jati diri’ bangsa ini di masa depan, ditambah para muda-mudinya selalu berkiblat dengan dunia Barat, baik pemikiran maupun gaya.

Saya masih ingat ketika SD dan SMP mendapat pelajaran bahasa daerah agak pontang-panting menggunakan Basa Kromo Inggil karena
...more
Ugik Madyo
Jan 06, 2011 rated it really liked it
Buku yang bikin panas dingin. Hari pertama saya baca buku ini menjelang tidur. Mimpi buruk didatangi Nadya yang membawa asbak helm. Selanjutnya, saya hanya berani baca siang hari.

Unsur Psikologis

Buku ini saya sebut buku pintar. Berisi tentang pembunuhan, sastra Sunda, pelajaran menulis dan psikologis, yang diramu menjadi satu kesatuan. Unsur psikologis banyak mendominasi dalam berbagai sisi buku ini. Saya salut pada penulis yang menampilkan sisi psikologis Nadya dengan detail.

Jujur saya ngeri m
...more
Shan Vrolijk
Nov 24, 2011 rated it really liked it
Recommended to Shan by: Sweetdhee
Keren. Banget. Terakhirnya merinding abis gara-gara di akhir sepertinya ada kejutan tak terduga.

Well. Aku seneng sama buku ini. Isinya mendidik, dan banyak ilmu kepenulisan yang bsa aku dapet dari sini. Sayang sekali, ada beberapa kelemahan buku ini, yaitu penggambaran emosi yang kurang menunjang. Dari tokoh Nadya sendiri, hampir semua sudah terasa pas, hanya saja di adegan pertama dan detik-detik terakhir bersama Yayan, teriakan emosi Nadya kurang menjelaskan.

Emosi sang ayah juga g jelas, beg
...more
Sari Nursita
Jan 23, 2011 rated it liked it
Sebenernya sejak Festival Pembaca kemarin udah megang buku ini dari hasil swap. Tapi di pendiiing terus bacanya, soalnya sy termasuk yg membiasakan diri ngga nonton film/baca buku yg serem alias horror/thriller. Tapi penasaran krn rating nya yg bagus di Goodreads, akhirnya kemarin ngambil buku ini buat baca di jalan mau ke rumah Om. Trus di cut krn keburu nyampe; tapi udah baca pembunuhan #1 dan puisi Balaka.. dan, akhirnya sepagian tadi jadi kebayang2.. oh noooo..... this is exactly why I don't ...more
Nadiah
Dec 29, 2010 rated it liked it
Shelves: fiksi, 2011
Kisah yang unik, tentang seorang gadis tujuh belas tahun yang tertarik akan Sastra Sunda.

Tema yang diangkat sangat menarik. Menggabungkan kesusastraan dengan pembunuhan.

Yang paling saya sukai dari karya ini adalah banyak sekali insight yang bisa diambil oleh mereka yang ingin belajar mengenai kepenulisan.

Sebenarnya, saya memberi 3.5 bintang karena insight-insight tersebut. Juga karena menyatunya gaya dua orang penulis dalam novel ini -- saya tidak bisa menebak mana yang ditulis oleh Mas Brahma
...more
Mel
Oct 18, 2015 rated it liked it
idenya bagus. keren malah. tapi aku kurang suka eksekusinya. terlalu banyak pengulangan diksi yang mengganggu. kenapa harus pakai "signifikan"?

membaca satin merah mengingatkan aku pada film FIKSI. intinya tentang penolakan eksistensi anak oleh orangtua. ke-inosens-an Nadya yang perlahan kabur, berubah keji, dengan kecerdasan memanipulasi situasi untuk mendapatkan apapun yang diinginkan lalu bersikap seperti nggak ada apapun... wih... seram.

satu uneg-uneg lagi. terlalu banyak 'kuliah' di dalamny
...more
Harun Harahap
Apr 18, 2011 rated it really liked it
Shelves: punya, fiksi, indonesian
Aih bingung mau mereviewnya. Yang pasti gue agak terheran-heran kenapa gue suka dengan novel ini. Padahal kan genrenya thriller gitu yah. Tapi mungkin karena adegan pembunuhannya tidak dituliskan secara detil dan gamblang. Jadi gue masih bisa menikmati buku ini dengan nyaman dan aman dari darah-darah menggenang. Hehehehe..

Mungkin banyak yang akan mengira novel ini nanggung thrillernya, tapi buat gue sih paaaaasss ajah.. ;p
Amaya
Feb 21, 2013 rated it it was ok
Sebuah thriller dalam negeri yang mengejutkan. Berlatar kesusastraan Sunda yang memuat banyak poin penting bagi pembelajar sastra otodidak.
Aveline Agrippina
Dec 11, 2010 rated it really liked it
Shelves: sastra, novel
---- Review menyusul setelah deadline berganti nama menjadi liveline ---
Frida
Jan 02, 2014 rated it liked it
Pertama kali membaca judul novel ini, saya membayangkan kain satin berwarna merah, yang mungkin nanti akan muncul di dalam alur cerita. Apalagi cover depannya juga berhiaskan gambar abstrak semacam gumpalan kain berwarna merah. Saya tercengang begitu sampai di sekitar bagian novel, pada bab 62 yang menjelaskan secara eksplisit apa itu “satin merah”. Beneran tak terduga, jauh sekali dari persepsi saya, seperti jika Anda mendengar frasa “white collar” dan mungkin langsung muncul bayangan kemeja b ...more
Fridalia Septiarini
Aug 01, 2017 rated it really liked it
Aku bukan penggemar buku thriller. biasanya baca buku thriller bawaannya males dan lama menyelesaikannya. tapi nggak pada buku ini. ceritanya bagus banget. kereennn. karakter tokoh yang digambarkan itu yang aku suka.
ide ceritanya juga menarik, jarang banget diangkat dalam sebuah novel.
pokoknya aku sukaa. walaupun aku agak telat bacanya, tapi sama sekali tidak menyesal membaca buku ini.
Anastasia Cynthia
Memang nampak mengejutkan saat menemukan genre seperti ini di tengah buku-buku Gagasmedia lainnya yang rata-rata mengangkat genre mainstream romance. "Satin Merah" memang bukan kepunyaan gue, temen kampus ada yang minjemin, well... dia sempat membahas ide dan plotnya di kelas, dan gue menyimpulkan itu mirip dengan bukunya Anastasia Aemilia, "Katarsis". Keduanya memang sekilas nampak sama, lantaran sama-sama membahas tentang genre psikologi-thriller.

"Satin Merah" bercerita tentang siswi teladan
...more
Niratisaya Niratisaya
Mar 11, 2011 rated it really liked it
Shelves: psychology, thriller
Setelah lelah berbincang dg. Coetzee dan Tanizaki mengenai hidup mereka, saya memutuskan untuk pulang, kembali ke pelukan sastra negeri sendiri. Dalam perjalanan (menuju tempat tidur, yg tak selalu berupa kasur) saya menjumpai Brahmanto dan Rie Yanti dalam bungkusan Satin Merah. Terputuskanlah, bahwa malam itu saya mengurungkan niat tidur saya. Saya memutuskan untuk begadang demi menuliskan review, yang saya gunakan untuk kontes. Info lengkap silahkan klik http://sinopsisuntukmu.blogspot.com/201 ...more
Hilwy Al Hanin
Feb 20, 2012 rated it really liked it
Novel ini sungguh memikat. Dari judul dan desain cover juga sudah bisa memaksimalkan ketertarikan para pembaca. Apalagi setelah dibaca keseluruhan, ah tidak, dari awalnya saja sudah membangkitkan rasa penasaran. Gaya penulis yang cenderung misterius, membuat saya seperti tertarik ke dalam lubang cerita. Penokohan yang kuat, membuat saya termenung. Apakah saya sudah tertular virus Nadya?

Nadya, sang tokoh utama, adalah seorang gadis yang memiliki banyak kelebihan. Wajahnya yang cantik, latar belak
...more
Dhia Citrahayi
Sep 14, 2014 rated it liked it
Shelves: novel, thriller
Kebanyakan dari teman-teman saya menyukai Satin Merah dan memberikan rate bintang 5 pada novel ini. Namun, saya sendiri tidak tahu kenapa malah tidak terlalu menyukai novel ini. Bukan karena ceritanya, tapi lebih cenderung karena saya membenci tokoh utama, Nadya. Saya tidak menyukainya

Saya bisa memahami seperti apa hasrat Nadya untuk seorang sastrawan sunda, karena saya sendiri pun memiliki hasrat untuk menjadi seorang penulis. Dari cerita, diperlihatkan pula, kalau Nadya memang memiliki kecende
...more
Septantya
Jan 25, 2013 rated it really liked it
Shelves: suspense
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Ninditya Nareswari
Sep 20, 2013 rated it really liked it
tentang seorang gadis, nadya- yang pertamanya begitu terobsesi menjadi seseorang yang berprestasi karena adiknya selalu bisa "lebih". Nadya akhirnya mengikuti lomba siswi berprestasi se-Bandung. Ketika dia sedang mencari topik karya tulis, tiba-tiba dia tertarik untuk menulis tentang sastra sunda- topik yang tentunya menurut nadya lebih menarik dan nggak biasa daripada menulis tentang global warming.

Dimulai nadya mewawancarai seorang sastrawan, Yahya Soemantri. Yahya tipe orang tua yang kaya pen
...more
Hidya Nuralfi Mentari
May 25, 2013 rated it really liked it
Satin merah. Sastra tinta merah.

Sebenarnya aku selalu menghindari cerita-cerita bergenre horror, suspense, psikologi thriller seperti ini. Tapi, Satin Merah sudah lama menarik rasa penasaranku. Dan, saat kemarin menemukan ini di Gudang Buku Bekasi, meski awalnya agak ragu, tapi akhirnya aku mengambilnya.

Telat, ya, baru menyelesaikannya sekarang? Ya, mau bagaimana lagi karena aku baru mendapat novel ini juga akhir-akhir ini hehe. Ceritanya bagus. Untuk ukuran horror-thriller-suspense ini cukup ri
...more
Nene
Aug 24, 2014 rated it it was amazing
Dari awal saya emang suka novel dengan genre thriller, berawal dari iseng2 mencari referensi novel thriller di mbah google saya bertemu dengan novel satin merah ini karya brahmanto Anindito dan Rie yanti. setelah mendapat referensi saya mulai dengan hunting2 buku di internet *lagidoyanbelanjabukubyonlineshop, dan saya mendapat langsung 2 novelnya bang bram..hohohoho

Agak kaget ketika tau novel ini di tulis oleh dua orang yang berbeda dan tidak pernah bertemu. waw.. *dansekarangmenjadisuamiistri..
...more
Rido Arbain
Jan 23, 2015 rated it really liked it
Menurut KBBI, satin adalah kain sutra lembut yang mengilat. Tapi, bukan, novel ini nggak ada hubungannya dengan kain, apalagi soal fashion.

Satin Merah bisa dibilang persilangan antara genre thriller dan teenlit. Novel ini berkisah tentang cewek SMA bernama Nadya yang terobsesi menjadi ahli sastra(wati) Sunda, yang malah membawanya ke alur kehidupan kelam; penuh kebohongan dan pembunuhan.

Suspense yang dibangun novel ini sukses, menurutku. Saking mendalami konfliknya, aku sempat kebawa mimpi (se
...more
Mila Miladia
May 24, 2012 rated it liked it
Hmm sebenarnya awal pengen baca buku ini dari pemilihan judul dan covernya yang menurut saya menarik, secara saya beli buku ini by online :)dari resensi buku ini pun saya anggap cukup sip sebagai bahan bacaan.

Secara umum buku ini cukup menarik dengan tema dan cara bercerita yang lumayan asyik walau ya agak membosankan di beberapa chapter hehehe namun itu tidak membuat isi buku ini kehilangan kebagusannya. Bayangkan tema yang diangkat seputar Sastra Sunda yang diramu dengan kasus pembunuhan. Agak
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Rencana Besar
  • Katarsis
  • Metropolis
  • Semusim, dan Semusim Lagi
  • Tanah Tabu
  • 86
  • Pintu Terlarang
  • Surat Panjang Tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya
  • Notasi
  • Beauty Sleep
  • Gadis Kretek
  • Rahim: Sebuah Dongeng Kehidupan
  • Rhapsody
  • Perempuan Yang Dihapus Namanya
  • Lullaby
  • Joker: Ada Lelucon di Setiap Duka
  • Amba
  • Versus: Selalu Ada Harapan di Antara Perbedaan
4499248
I’m just an ordinary Communication Studies scholar of Unair. Some media have published my thoughts and imaginations, e.g. Intisari, Hai, Cinemags, Mossaik, Clea, Surya, Bangka Pos, Padang Ekspress, Surya, Jawa Pos, and few more. In 2002, I won the First Place of The Scientific Writing Competition for University Students held by Unika Atma Jaya, Jakarta. The subsequently year, Korean Embassy and In ...more
More about Brahmanto Anindito...

Share This Book

No trivia or quizzes yet. Add some now »