Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Mahabharata” as Want to Read:
Mahabharata
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Mahabharata

4.05  ·  Rating details ·  264 Ratings  ·  42 Reviews
Epos Mahabharata yang secara lengkap diceritakan kembali ini memuat riwayat wangsa Bharata, dari nenek moyang yang menurunkan mereka, masa kecil hingga masa dewasa Pandawa dan Kaurawa, pecahnya perang Bharatayudha, sampai Pandawa moksa, naik ke Indraloka.Dari epos India yang sangat terkenal ini, kita bisa memetik banyak pelajaran berharga tentang nilai-nilai kejujuran, kes ...more
Hardcover, 389 pages
Published January 2003 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Mahabharata, please sign up.

Be the first to ask a question about Mahabharata

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Priska
Nov 27, 2007 rated it really liked it
Kisah pandawa lima emang gak ada matinya..Pertama waktu SD gw nonton filmnya..Tetep aja pas baca bukunya gw gak bosen.Malah makin ngerti tentang hubungan antar tokoh yang bejibun banget banyaknya. Oke..okee..Btw, pernah gw jadiin naskah drama waktu gw tingkat 1.Tapi judulnya diubah jadi mahaberantakan:p
Sitta
Aug 02, 2007 rated it really liked it
Recommends it for: friends
In many form, writing style, and function, this wonderful epic never failed to impress me!

Recommended for everybody who seeks out the true balance of life, its larger-than-life good morale, even the implication good deeds we do in life.
Dayu
Dec 14, 2017 rated it really liked it
I love Indonesia and I love wayang so much. ini adalah buku pertama ttg pewayangan yg ak baca. Buku yg oke bagi mereka yg pengen tau kisah pewayangan mahabharata versi lengkap tapi ckup mudah dipahami
Victoria Tunggono
May 08, 2017 rated it really liked it
It has a complete story of Mahabharata, more from Indian version.
Priska
Oct 15, 2017 rated it liked it
love this story
Kukuh Samudra
Jan 20, 2015 rated it liked it
Kisah Mahabharata telah cukup akrab bagi saya. Apalagi sebagai orang Jawa, sejak sekolah dasar penggalan cerita ini selalu tercantum dalam buku-buku teks pelajaran Bahasa Jawa. Guru-guru ketika mengajar hampir selalu memberikan contoh dan personifikasi tokoh mahabharata disangkutpautukan dengan kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, "Pandawa itu murid yang rajin, sepulang sekolah mereka akan membaca ulang apa yang telah diajarka oleh gurunya. Sedangkan Kurawa adalah murid yang malas." Pandawa se ...more
Fajar Partomo
May 24, 2014 rated it liked it
Buku ini mengisahkan tentang salah satu epos terkenal dari India, yakni Epos Mahabharata. Mahabharata ini diceritakan kembali oleh Nyoman S. Pendit dengan bahasa yang cukup sederhana dan berlatar belakang kehidupan kerajaan di India pada jaman itu. Kisah tersebut diawali dengan silsilah keluarga dari Pandawa dan Kurawa dan terdiri dari 55 bagian cerita.

Buku ini secara detil menggambarkan kehidupan Pandawa dan Kurawa sejak dilahirkan, masa kecil, masa belajar, sampai dengan awal terjadinya konfl
...more
Astrin
May 04, 2014 rated it really liked it
Seru.

Sebuah epos yang memang sangat menyenangkan untuk diikuti kisahnya.
Terlepas dari apakah ini adalah cerita nyata atau hanya mitos, saya sangat menikmati detil-detil yang disampaikan dalam cerita ini.

Permusuhan Duryodhana dan Karna terhadap Pandawa membawa banyak pelajaran yang baik untuk direnungi. Ketabahan, keteguhan hati, iri, dengki, dendam, kesabaran, kesetiaan, kepatuhan, kejujuran, dan keikhlasan menjadi nilai-nilai yang diangkat sepanjang kisah ini.
Sebuah epos yang dahsyat biasanya m
...more
Alifia
Jul 26, 2015 rated it it was amazing
selengkapnya di http://alivia-awin.blogspot.com/2015/...

"Kakek yang kuhormati, aku tahu aku ini anak Dewi Kunti, bukan anak sais kereta. Tetapi, aku berutang budi kepada Duryodhana, aku hidup dan makan dari hasil bumi milik Kaurawa. Aku harus jujur kepadanya dan menepati janjiku sebagai kesatria. Tidak mungkin bagiku untuk menyeberang ke pihak Pandawa sekarang. Ijinkan aku membalas jasa Duryodhana dengan jiwaku. Ijinkan aku melunasi utangku terhadap kepercayaan dan cintanya kepadaku. Engkau past
...more
Putra Mulia
May 20, 2014 rated it liked it
Kisah Mahabharata merupakan salah satu epik paling terkenal yang pernah tertulis dalam sejarah. Mahabharata sendiri tediri dari 18 kitab. Kisah aslinya ditulis oleh Begawan Wyasa, dan menurut para ahli dibukukan sekitar tahun 300 SM. Mahabharata memuat sejarah bangsa Bharata yang kemudian mewarisi kerajaan Kuru yang berpusat di Hastinapura. Mahabharata awalnya diceritakan oleh Waishampayana, seorang murid Wyasa, kepada raja Hastinapura yaitu jayamejaya, setelah sang raja gagal melakukan upacara ...more
Reisa
Jun 15, 2016 rated it liked it
Ada beberapa cerita yang tidak dicantumkan, seperti kisah asal mula nama Indraprastha (bagian dari Hastina yang dikuasai Pandawa), kisah Ekalaya, kisah eksil Arjuna selama 12 tahun setelah tidak sengaja menginterupsi waktu pribadi Drupadi dan Yudhistira (yang berakhir dengan Arjuna mengunjungi kahyangan lalu dikutuk jadi banci, yang diceritakan secara singkat di buku ini), juga Drupadi yang mengakui bahwa dia memendam cinta pada Karna. Tapi all in all buku yang cukup lengkap untuk mengetahui sec ...more
Yogi Saputro
Feb 10, 2014 rated it it was amazing
One word for this book: Epic!

Ini adalah kisah klasik yang tidak lekang oleh waktu. Diceritakan kembali secara turun temurun dalam berbagai versi. Yang ada di dalam buku ini hanyalah segelintir kisah pokok berorientasi pada keluarga Pandawa dan Kurawa. Kisah aslinya jauh lebih besar.

Membaca kisah seperti ini membawa kita pada pencerahan nilai kehidupan manusia. Kebijaksanaan sudah muncul sejak berabad silam. Mahabharata adalah contoh yang bagus dalam menyebarkan nilai budaya ke seluruh dunia. Ba
...more
Aqmarina Andira
Dec 30, 2012 rated it it was amazing
I'm sure Pandawa deserves to be loved and adored by people all around the world. But I still think this war is mean and ruthless. If winning means that it is okay to lie and disregard the rules, then I personally prefer to die gracefully like Bhisma, Drona, and Abhimanyu then live in victory as well as regrets like Pandawa and Krishna. But it is just me.

The book and the story itself is great. It made my heart race while reading it. It is probably the simplest way to understand the great Mahabhar
...more
afifah dyah
Apr 24, 2015 rated it it was amazing
Shelves: classics
wow finally i finished reading this epic story. i would love to thank Nyoman S. Pendit for compiling the whole story into the simple one without the erasing point of the story. i still don't understand why Pandawa is so overrated. there is no such hero and villain in this story, i don't think Kurawa is perfectly bad and i don't think all of Pandawa is kind-hearted. and yes Karna is still my favorite character here. i would love to make a further analysis or write a journal based on this story. m ...more
Sabrina Zee
Apr 07, 2011 rated it it was amazing
Lebih suka yang ini dibanding Ramayana. Mungkin karena ceritanya lebih seru namun tidak jauh-jauh dari ajaran moral dan hidup sesuai dharma. Walaupun terkadang saya suka mengerutkan dahi membaca dialog-dialognya yang kuno dan aneh, saya sangat menikmati bagian perang dan perasaan iri dengki Kaurawa terhadap Pandawa. Bagian paling menonjol dari cerita klasik ini adalah mengenai karma. Nasib semua tokohnya sudah diatur sedemikian rupa sesuai dengan tindakan dan perbuatannya selama hidup.
Marina
** Books 225 - 2014 **

Buku ini saya berikan 4 dari 5 bintang!
lebih detail dari Cerita Mahabharata versi Chitra Banerjee Divakaruni yang berjudul The Palace of Illusions sudah begitu bahasanya lugas dan ringan jadi lebih mudah dipahami.

Bagus untuk memahami Mahabharata yang aslinya setebal dan sepanjang 18 kitab! *__*
Naranobel
Jun 10, 2012 rated it liked it
buku yang bagus, buku ini menceritakan tentang pandawa dan kurawa, lengkap dengan beberapa ilustrasi gambarnya.
namun sayang pembahasan tokoh karna yang menjadi idola saya ada yang terlewatkan, atau mungkin sengaja dilewati. dibuat sedemikian rupa, agar mendapat kesan karna yang begitu luhur.
7 tahun yang lalu saya membaca buku ini, mungkin review ini kurang baik, karena hanya ingatan yg saya jadikan acuan.
Abieffendi
Aug 30, 2016 rated it it was amazing
kisah epik mahabharata yang langgeng dari masa ke masa.

Hikmah-hikmah kehidupan bisa banyak dipetik dari perjalanan kisah Drupadi, Pandawa, Khrishna, dan perang besar mereka melawan 100 orang saudara mereka sendiri, Kurawa.

Dari 2 versi penulis Mahabharata yang pernah saya baca, penulisan kembali oleh Nyoman P. terasa lebih menarik dan hidup.
Alan Ramadhan
Aug 05, 2011 rated it really liked it
Buku yang bagus, sangat cocok sebagai konsumsi pembaca yang masih muda. Nyoman S. Pendit menyajikan Mahabharata dengan bahasa yang mudah dimengerti. Hanya saja perpindahan cerita dari satu tokoh ke tokoh lain agak membuat pusing, untungnya dalam buku ini disediakan silsilah Kaurawa dan Pandawa sehingga dapat membantu pembaca mengenali peranan tokoh tersebut dalam kisah Mahabharata.
Zeta Bookshelves
Aug 30, 2007 rated it really liked it
Shelves: insider-novels
Selain mengingatkan saya pada mantan kekasih,
[dia menyanyikan Perang Baratayudha dalam versi Peterpan]
buku ini juga memiliki signifikansi lain bagi saya.

Sejak kecil saya terpesona pada kisah Kurawa-Pandawa
sampaisampai susah sekali untuk menemukan karakter kesukaan,
karena semua karakter dibangun dengan sangat rinci
[masingmasing memiliki kelebihan dan kekurangannya, tentu].
Muhammad
Oct 22, 2009 rated it it was amazing
Mahabharata adalah kisah sarat unsur filosofis, padat akan pengalaman spiritual. Buku ini bukan hanya menceritakan perjalanan hidup 5 (lima) Saudara; Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa, tapi lebih dari itu buku ini adalah tentang bagaimana nilai-nilai dipertahankan dan diinternalisasi kemudian diderivasikan..buku ini sangat layak untuk dibaca..
mono
Aug 04, 2007 rated it it was amazing
Shelves: fantasy-fiction
salah satu masterpiece sastra dunia yang tetap awet sampai skarang. buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia dari mahabharata asli india karya vyasa yang menceritakan kisah pandawa melawan para kurawa. banyak berisi filosofi2 kehidupan yang tidak hanya bersifat ke-hindu-an tapi juga universal.
Arthur Sumual
Sep 21, 2007 rated it it was ok
Shelves: classic
it's a nice story but the author often pre-said what suppose to happen in the future, it takes away the element of surprise. that makes this book is not so interesting although the story of Mahabharata itself is great. let just say that I've read a better version.
Destini
Aug 10, 2014 rated it really liked it
Shelves: finish
Dua kali menyelesaikan buku ini tetap nggak pernah merasa bosan. Gara-gara serial Mahabharata di sebuah stasiun tv, saya membuka lagi buku karangan Nyoman S. Pendit ini. Dan sukses saya selesaikan dalam satu hari!
Kisah Pandawa 5 memang tidak pernah ada matinya.
Pera
Aug 07, 2007 rated it it was amazing
Recommends it for: everyone
Penasaran dengan tokoh Karna yang sering diungkap di Burung-burung Manyar, Romo...
buku tebal n tua ini kubaca semalam suntuk...(telat!)
tak selamanya orang yang dinilai baik,selalu melakukan kebaikan...juga sebaliknya.
so..
lihat dari perbuatannya bukan orangnya ya...
Lina
Oct 03, 2007 rated it really liked it
Recommends it for: Wayang's lava!
Mahabharata's epic gives you eternal perspective about family, love, politic, lust, relation, war, royalty, commitment, emotion, history, religion, values,... just fill it more by yourself, after you read this book :)
Meinarno
Jun 03, 2009 rated it it was amazing
Shelves: antropologi, sejarah
Kisah luar biasa yang inspiratif. Belajar bahwa pemenuhan janji dan keyakinan akan kebenaran merupakan hal yang coba diangkat dalam cerita ini.

Harga dari kesewenang-wenangan amatlah mahal di kemudian hari.
Cinthya Yuanita
Jan 28, 2014 rated it it was amazing
Terima kasih kepada Nyoman S Pendit yang membuat segalanya menjadi lebih mudah dimengerti. Beliau berhasil menggubah naskah epos legendaris ke dalam wujud novel yang memikat!
Cana Yusuf
Apr 21, 2014 rated it it was amazing
awesome book. when I was around 8 y.o I began to read the comic version. since then I always fascinated with wayang stories. this book give clearer message than the previous comic I read.
Vivin
Nov 19, 2011 rated it really liked it
Versi yang cukup mudah dimengerti. Penuh haru,menggambarkan hubungan kekeluargaan yang erat. Hormat menghormati yang dijunjung tinggi. Adab murni yang menjadi pembelajaran berharga.
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Anak Bajang Menggiring Angin
  • Wisanggeni: Sang Buronan
  • Bilangan Fu
  • Burung-Burung Manyar
  • Brothers (Legacies of the Ancient River #2)
  • Jantera Bianglala
  • Ca Bau Kan: Hanya Sebuah Dosa
  • Gadis Kretek
  • Bharatayudha Jilid A
  • Kekerasan Budaya Pasca 1965: Bagaimana Orde Baru Melegitimasi Anti-Komunisme Melalui Sastra dan Film
  • Jepun Negerinya Hiroko
  • Kau Memanggilku Malaikat
  • The Strawberry Surprise
  • Perempuan Berkalung Sorban
  • Sejarah Kecil "Petite Histoire" Indonesia
No trivia or quizzes yet. Add some now »