Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Takhta Cahaya (Xar & Vichattan, Seri Ahli Waris Cahaya, Buku Satu)” as Want to Read:
Takhta Cahaya (Xar & Vichattan, Seri Ahli Waris Cahaya, Buku Satu)
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Takhta Cahaya (Xar & Vichatan, Seri Ahli Waris Cahaya #1)

by
3.63  ·  Rating details ·  98 Ratings  ·  47 Reviews
Sinopsis: Nyanyian merdu yang semula terdengar sayup-sayup sekarang terdengar semakin keras dan semakin keras di telinga mereka masing-masing.

Di dalam Cahaya Ku Menanti
Datanglah … Datanglah …
Kaulah yang Terpilih
Sentuhlah … Sentuhlah …

Seperti terhipnotis, Gerome, Antessa, Kara, dan Dalrin perlahan menjulurkan tangan mereka hendak menyentuh tongkat putih bercahaya itu. Perla
...more
Paperback, Revised Edition, 341 pages
Published August 1st 2010 by Adhika Pustaka (first published June 2009)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Takhta Cahaya, please sign up.

Be the first to ask a question about Takhta Cahaya

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Luz Balthasaar
Jan 18, 2010 rated it liked it  ·  review of another edition
Recommends it for: Remaja, Penyuka Fikfan Lokal
Sebenernya pengen ngasi 4 bintang ke buku ini. Ditulis dengan serius, enak dibaca. Dunia dan karakternya terasa nyata. (Jarang-jarang ada Fiksi Fantasi Indonesia yang segininya diseriusi, hehehe.) Yang akhirnya bikin aku memutuskan untuk ngedrop satu bintang adalah karena kebanyakan karakter dan plotnya merupakan stereotipikal fiksi fantasi. Hero berpedang, heroine penyihir, plotnya menyelamatkan dunia.

Kalau mereka yang nggak merasa bermasalah dengan stereotip memberi 4 bintang, menurutku itu s
...more
Bondan Stanislaus
Bagi saya, Bonmedo Tambunan adalah penulis briliyan yang layak diperhitungkan bukan saja di Indonesia, namun juga di seluruh dunia.

Buku pertama Xar&Vichattan: Takhta Cahaya ini adalah bukti kepiawaian sang penulis. Ia tidak bergenit-genit dengan kerumitan plot dan penokohan. Ia justru menonjolkan kesederhanaan dan kepolosan, seperti seorang anak melihat dan mencerna segala yang ia temui dan menuangkannya ke atas kanvas dengan warna-warna dasar.

Sepintas membaca X&V buku pertama terasa sep
...more
Hibah Shabkhez
Sep 07, 2016 rated it really liked it  ·  review of another edition
The appeal of Bonmedo's 'The Throne of Light' extends well beyond the YA audience for which it was presumably intended. We follow the adventures of Dalrin, Antessa, Kara and Gerome as the battle darkness by imperilling their very lives in a beautifully painted world of mystery and magic. Their quest is the age-old battle between darkness and light, and the reader lives through each travail as they win their way through. Highly recommended for all fans of fantasy, action and adventure.
Alvina
May 01, 2012 rated it really liked it
Kuil kegelapan kembali bangkit, ditandai dengan terwujudnya kutukan yang menimpa pimpinan Kuil Xar dan Vichattan, yaitu Biarawati Agung Mirell dan Penasihat Utama Magdalin. Kedua wanita ini mulai khawatir, bukan karena kesehatan mereka tetapi karena adanya ramalan bahwa Khalash, Sang Penguasa kegelapan akan kembali. Kalash dan para sekutunya telah berhasil dikalahkan pasukan cahaya dalam peperangan tujuh tahun yang lalu. Ramalan itu juga sudah ada selama jangka waktu tersebut, tetapi mereka tida ...more
John Sade
Aug 17, 2016 rated it really liked it  ·  review of another edition
As a reader new to the fantasy genre, i was anxious about what the book would be about and how good it would be. After the first two chapters (which i didn’t quite expect to go past), i found myself going onto the next page without a breather. The book explores a world of magic, inner power, creatures and battles in the typical fantasy—book style that only gets better and will leave the reader praising the author’s creativity.
The author creates characters that are not only relatable but also ide
...more
Bondan Stanislaus
Read Xar & Vichattan - The Throne of Light in English surprisingly make me feel like read it in original language, instead of the fact that this is a translation from Bahasa Indonesia. Who knows? May be the writer wrote the draft in English or even imagined it first in English before he wrote it down?
Well, in my opinion this is the "it supposed to be" version. It seemed like reading it for the first time, feel like find "the original" one. The simple plot with the hidden possibilities to de
...more
Rory Nelson
Aug 28, 2016 rated it it was amazing  ·  review of another edition
This is not the sort of book I gravitate towards. I normally prefer darker fiction like the kind I write. The cover implies that it is YA and I think younger readers will enjoy the simple characters and fast paced plot that is so uniquely immersive and endearing. Too many novels rely on coincidence to drive the plot forward, so it's nice to see a book with outstanding character development and world building. The author has a knack for creating suspense too . I look forward to reading more books ...more
Dian Achdiani
Jan 14, 2014 rated it really liked it  ·  review of another edition
Seru. Banget. Dan itu bocah-bocah nan unyu dan kiyut! #pelukAntessa #pelukDalrin #pelukKara #pelukGerome

Satu kekurangannya menurut saya pribadi (subyektif ya!) yaitu semua tokohnya hitam putih. Engga ada yang abu-abu. Memang ada abeoform, tapi itu kan jelas-jelas tokoh hitam yang sedang menyaru.

Entahlah. Dan ini baru buku 1. Mungkin ada perkembangan di buku selanjutnya...
Moh Ass
Dec 25, 2010 rated it really liked it  ·  review of another edition
Anakku baca buku ini karena senang ada tanda tangan penulisnya (dan juga ada sogokan bila dia selesai membacanya).

Kritik dari anakku: hurufnya kurang besar.

Terus berkarya Bony.
Ardani Subagio
Review menyusul.Rating aslinya 2,5. Aku buletin kebawah soalnya banyak yang bikin aku ga puas dari buku ini.

Semenjak aku baca awal buku X&V ini, udah ada beberapa hal yang bikin aku susah connect. Dimulai dari awal cerita besar yang seharusnya terjadi di dua tempat berbeda dalam waktu yang bersamaan. Kejadian ini menimpa dua orang penting yang baru dikenalin saat itu juga. Masalahnya adalah, aku ga langsung ngeh kalo yang diceritain itu dua orang berbeda, aku kira itu orang yang sama tapi ga
...more
Lia Aprilia
Jan 31, 2011 rated it really liked it  ·  review of another edition
Recommends it for: winda rianti
Recommended to Lia by: trully rudiono
Shelves: novel-fanfic
Ini buku pertama dari dua buku Xar & Vichattan yang dikasih sama mas boni yang baik hati :D pada acara “bincang-bincang orang kedhalu”. Mohon maaf baru sempet nge-resensi sekarang. Padahal bacanya udah selesai dari awal Februari 2011.

Kesan pertama lihat buku ini... fantasi banget! sampulnya itu lho... bener-bener gak akan salah deh orang akan mengira bahwa ini novel fantasi. ada angsa terbang, rusa terbang, lengkap dengan sosok manga... full of fantasy. Kalo dari segi sampul, ini udah oke ba
...more
Yunita1987
Aug 23, 2010 rated it really liked it  ·  review of another edition
Buku ini yang merupakan hadiah ini, akhirnya kelar juga. Akhir dari buku ini membuat aku semakin penasaran dengan kisah lanjutan dari pertualangan 4 anak yang merupakan ahli waris Cahaya.

Awalnya buku ini sempat membuat aku stress, saat pertama membuka halamannya,,oh,,,tidaaaaakkk tulisannya terlalu kecil. Gak tau kenapa ya, aku paling males, kalau harus baca buku yang tulisannya kecil. Tapi semua terbayarkan dengan cerita dari buku ini yang benar-benar sangat menarik. Thanks banget buat pengara
...more
Truly
Jan 20, 2010 rated it really liked it  ·  review of another edition
Seharusnya saya bertindak mengikuti kata hati!Belakangan ini saya sering mengacuhkan insting saat membeli buku. Padahal sudah beberapa kali terbukti insting saya benar, keragu-raguan membeli malah merugikan saya. Buku ini sempat dilirik saat acara Bedah Buku Feel di Gramedia Pejaten Village. Namun sayang, buku yang ditemukan di antara buku lain yang bukan sejenis kondisinya memprihatinkan. Belum lagi melihat format tulisan yang relatif kecil sedangkan spasinya lumayan besar, serta posisi sisi ka ...more
Biondy
Judul: Xar & Vichattan: Takhta Cahaya (Xar & Vichatan, Seri Ahli Waris Cahaya #1)
Penulis: Bonmedo Tambunan
Penerbit: Adhika Pustaka
Halaman: 312 halaman
Terbitan: Juni 2009

Peperangan antar Kuil Xar dan Vichattan berhadapan dengan Kuil Kegelapan tidak terhindarkan. Tapi perang kali ini tampaknya berlangsung tidak seimbang. Xar dan Vichattan tidak lagi didukung kekuatan Cahaya yang telah hilang seiring hancurnya Kuil Cahaya tujuh tahun yang lalu. Satu-satunya cara untuk mengimbangi Kuil Kegel
...more
Manikmaya
Aug 07, 2012 rated it really liked it  ·  review of another edition
Hmm oke jadi saya telah selesai membaca novel ini dalam waktu 1 minggu. Errr... mula-mula saya agak terganggu sama nama pasukan kesatria Kuil Xar, yakni Ka-Xar, sebab rasanya kok jadi terbayang-bayang kata sifat "kasar".

Oke... uh... lupakan saja soal penamaan itu. Sekarang kita beralih kepada plotnya. Yah... seorang ksatria muda Ka-Xar, seorang biarawati cilik Kuil Xar, dan dua orang penyihir cilik bertipe elemental dari Istana Vichattan telah dipilih menjadi ahli waris sihir cahaya. Hmmm... di
...more
P.S. Meraux
A powerful dark wizard believed dead suddenly returns. It’s up to a small group of magical children to stop him. Some of whom were orphaned when their parents were killed in the earlier battle in which the dark lord was thought killed. As the four kids go about the task of resurrecting a Temple of Light, battling hidden dangers and fending off followers of the dark lord, they are aided in part by their magical tutors.
The well-worn premise of “Xar & Vichattan -- The Throne of Light” takes
...more
Scott Spotson
Jan 17, 2017 rated it it was amazing  ·  review of another edition
The author's imagination is rich, detailed, and overpowering. Spheres of light lobbied about like beach balls, smashing into spheres of darkness and one of them emerging as the victor? Sounds a bit like the popular multiplayer game Agar.io, but much more applicable to the author's unique world of fantasy. Levitation is accomplished through a personal whirlwind that swirls about its magician and lifts him off his feet. And there's much more.

The villains speak like children and are one-dimensional
...more
Lcdk
Jul 07, 2016 rated it it was amazing  ·  review of another edition
In an attempt to put it briefly, author Bonmedo Tambunan’s “The Throne of Light” is a creative, unique, and complex story that is expressed by a detailed and vividly-rich style of writing. This is the first book that I have read by the author, so I must admit I was a little unsure of what to expect at first – but having now just finished the read, I can certainly say that I’m glad I gave it a chance with an open mind, as it has not only left me entertained and impressed, but also with an author ...more
Blake Sabor
Jul 12, 2016 rated it it was amazing  ·  review of another edition
The Throne of Light is a magical fantasy novel that breams with action from the very first page. There a are a lot of moving parts and a lot goes on, which keeps the reader on his/her toes. At its core, the story is about darkness and light, evil and good. The stakes are high in this richly designed world and it is up to ‘The Chosen Ones’ to keep the darkness from taking hold. There is not too much exposition, which I personally like. Often times in fantasy novels, the author gets bogged down wi ...more
ana
Aug 17, 2010 rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: lokal, serial, milik-saya
not bad buat penulis fantasi Indonesia!

buku fantasi-indonesia pertama yang saya baca. awal2 baca agak2 berekspektasi rendah sih.. tapi ternyata nilia kahirnya sama sekali ga rendah tuh. ceritanya, tokohnya, penjelasannya udah bagus meskipun kayaknya masih kurang maksimal.

saya baca yang edisi revisi, tapi rasanya kok masih ada yang perlu diedit lagi ya? misalnya kaya "secepat kilat" yang seriii..ng banget digunakan saat adegan Tamur dan Lahana lawan penyihir kegelapan. jadi agak jengah karena ko
...more
Jennifer
Jul 13, 2016 rated it it was amazing  ·  review of another edition
This is a great epic fantasy adventure! I was completely immersed in the story and impressed with the imagination of the writer on the description of beautiful places and variety of characters in such fine and magical detail that you can’t help but immerse yourself in the world he has created, learning and discovering this fantastic world of magic, action, adventure, science fiction, fantasy etc. It's an adorable story about honesty, trust, and bravery, the main characters each unique with their ...more
Dion Yulianto
Jul 09, 2012 rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: buntelan
Seru dan rapi, dua kata untuk menggambarkan buku ini. Tidak banyak bolong logika dan ceritanya begitu nikmat untuk dibaca. Keunggulan novel ini adalah pada kesederhanaan yang lalu diolah secara matang dan detail. Kegelapan melawan cahaya, tema yang sudah klise. Tapi jika diolah dan dipadukan sedemikian rupa dengan elemen-elemen fantasi serta alur yang menawan, tema klise ini bisa tetap menghasilkan sebuah kisah yang seru dan tidak membosankan. Adegan pertempurannya yang banyak juga membuat pemb ...more
Bonmedo Tambunan
Dec 16, 2009 rated it it was amazing  ·  (Review from the author)  ·  review of another edition
Shelves: fantasy, indonesian
Mungkin review ini akan sedikit bias karena kebetulan saya sendiri yang menulis buku ini :) Xar & Vichattan: Takhta Cahaya, adalah buku yang ditujukan terutama bagi pembaca anak-anak - remaja, walaupun juga banyak pembaca dewasa penggemar fantasy yang dapat menikmati buku ini. Mendengar comment dari beberapa pembaca buku yang sampai ke telinga saya :), kekuatan dari buku ini justru dari simplicity plot, dan juga seperti yang sudah dikemukakan di beberapa review yang sudah ada, "seru"-nya per ...more
Fadly Sumartio
Jul 08, 2016 rated it it was amazing  ·  review of another edition
The story narrated was actually quite simple. But, this simplicity turned out to be extremely alluring because it was plotted neatly and interestingly. The Throne of Light was brought in such fast tempo, smoothly and flawlessly. Magic seemed to appear immensely real when i was reading this book. The four main characters, Dalrin, Kara, Gerome, and Antessa, were successfully described as extraordinary unique characters in which each possessed distinct personality and ability. However, each charact ...more
Shandy Yeo
Jun 01, 2014 rated it really liked it
Judul: Takhta Cahaya (Xar dan Vichattan #1)
Penulis: Bonmedo Tambunan
Publikasi: Indonesia, Juni 2009

Barangkali inilah novel fantasi lokal yang paling saya suka. Selain latar tempatnya yang tidak ada di dunia nyata, nama-nama tokoh buatan Penulis juga memberi nilai tambahan bagi seri ini.

Sebenarnya novel ini sudah saya baca sejak awal diterbitkan, kemudian saya membaca kembali novel ini dalam versi revisi. Walaupun menggunaka tema yang biasa, yaitu perang antara Terang dan Gelap, jalan ceritanya t
...more
Kristiyana Hary Wahyudi
ini baru buku yg bagusss
Robert Prabowo
Dec 28, 2010 rated it it was amazing  ·  review of another edition
pertama mau beli gak yakin karena cetakannya jelek..setelah dibaca wow...karya yang bagus dari penulis lokal.
Robert Jones
Overall, this is a well written story. The world is rich and fanciful and the author has done a great job in creating a setting for his work, for example, the floating city of Vichattan is breathtaking for a setting and a place I am sure anyone would want to visit.
There is a very interesting system of magic, one that seems to blend eastern traditions with western occultism. There is a real sense of spiritualism produced which sets a nice contrasting pace to the quick-fire action scenes.
My bigges
...more
Marchel
Jan 27, 2011 rated it really liked it  ·  review of another edition
Dikirim khusus oleh Bang Boni. Thanks ya Bang. Hehehehe, sori kalo komentar gw di bawah agak pedas.

Oh ya, spoiler alert ya, walau gw ga ungkap cerita secara detil.

1. Peta.
terinspirasi peta dari game Heroes Might & magic (n game setipe) ya?
Trus yg di sebelah luar peta apaan? daratankah? cuma ada 1 laut di peta yaitu di sebelah kiri atas.

Gw tertarik komentari peta, karena ada cerita Biarawati Petra diminta kirim pasukan ke pegunungan Eros untuk mencegah pasukan Kuil Kegelapan bergerak ke Vic
...more
Feby
Aug 27, 2010 rated it liked it
Ah.. akhirnya selesai juga baca novel ini. gara2 kesibukan dan mood baca yang ga menentu, jadilah novel ini 4 bulan baru selesai. >.<
tadinya mau ikut lomba resensi X&V 2, jadi gak sempat lagi deh.. >.< (so sorry, Mr. Boni)


Mengenai novel ini. Sebenarnya aku tahu buku ini sudah ada duluan daripada Akkadia, tapi karena aku sempat beberapa kali dikecewakan dengan fikfan lokal, jadilah sering kali kulewatkan. (untung masih tersedia waktu mau beli. edisi revisi, lagi! ^^)
Covernya a li
...more
« previous 1 3 4 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
3160288
Bonmedo Tambunan, affectionately known as Boni, wrote his first fantasy novel at seventeen. In 2009, his first novel, Xar & Vichattan: The Throne of Light, was published in Indonesia in Bahasa Indonesia. Boni’s subsequent works have also been published in Bahasa Indonesia. In 2016, the Xar and Vichattan: The Heirs to Light (The Throne of Light, Tempest, and The Four Bodies of Statera) series i ...more
More about Bonmedo Tambunan...

Other Books in the Series

Xar & Vichatan, Seri Ahli Waris Cahaya (3 books)
  • Xar & Vichattan: Prahara (Xar & Vichatan Seri Ahli Waris Cahaya, Buku Dua)
  • Empat Tubuh Statera