Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Menatap Punggung Muhammad” as Want to Read:
Menatap Punggung Muhammad
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Menatap Punggung Muhammad

by
4.18  ·  Rating details ·  569 ratings  ·  80 reviews
"Novel ini mengajak kita merenung, menyibak pikiran dan emosi negatif yang menutupi sumber cahaya ilahi, baik yang ada dalam diri maupun di alam semesta."
--Prof. Dr. Komarudin Hidayat
Guru Besar Filsafat Agama, UIN Jakarta

======================

“Apapun agamamu, kebaikan tak mungkin kau tolak!”

Dalam kisah ini, tokoh Aku adalah seorang non-Muslim yang melakukan “pencarian” set
...more
Paperback, 181 pages
Published August 25th 2010 by Litera Pustaka
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Menatap Punggung Muhammad, please sign up.

Be the first to ask a question about Menatap Punggung Muhammad

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 4.18  · 
Rating details
 ·  569 ratings  ·  80 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Menatap Punggung Muhammad
Miss Kodok
Dec 06, 2010 rated it it was amazing
"Apakah yang lebih besar dari iman?"
Lalu kutatap lagi sosok lelaki yang tampak agung itu: Muhammad.
"Kebaikan," katanya tiba-tiba, "Melebihi apapun, adalah yang paling utama dari semuanya. Aku menyebutnya ihsan."


Itulah mimpi yang didapat oleh tokoh "aku" dalam cerita ini, tokoh utama yang tidak akan kita ketahui jati dirinya sampai di akhir cerita, tetapi telah mampu membuat hati saya bergetar hebat dan berurai air mata membaca suratnya.

Novel ini adalah sebuah surat sepanjang 100 halaman ya
...more
Rachmah
Mar 16, 2013 rated it did not like it
Maaf, meskipun buku ini dengan sangat baik ditulis Fahd, dengan bahasa yang indah, tapi sepertinya ia melupakan satu hal. Bahwa buku ini bisa disalahkaprahkan oleh orang-orang yang berada di tengah kebimbangan agama.

Bahwa kebaikan lebih besar daripada agama, ini jelas bisa dipersepsi macam-macam oleh banyak orang. Akan jadi kacau jika orang yang berada dalam kebimbangan agama pada akhirnya lebih memilih menjadi ateis atau tak peduli dengan agamanya, karena ia pikir melakukan kebaikan saja sudah
...more
Fahd
Feb 23, 2012 rated it it was amazing  ·  (Review from the author)  ·  review of another edition
FAQ (Frequently Asked Question)

1. Apakah buku ini ada hubungannya dengan buku Menatap Punggung Muhammad (MPM)?
Ya, buku Seribu Malam Untuk Muhammad adalah versi repackage dari buku Menatap Punggung Muhammad (MPM)—dengan penyempurnaan, perubahan kemasan/cover, dan perubahan judul.

2. Apakah buku ini 100% sama dengan buku MPM?
90% sama. Ada perubahan introduksi cerita, beberapa detail yang terlewat di buku sebelumnya, serta yang paling signifikan adalah perubahan cover, judul dan ISBN.

3. Mengapa di-r
...more
Truly
Aug 23, 2010 rated it really liked it
Draf sebenyak 115 halaman , berukuran A4 mendarat dengan manis di e-mail saya. Hanya ada satu kalimat dari sang pengirim " Kira-kira bagaimana?"

Lembar pertama sepertinya biasa saja, namun lembar-lembar selanjutnya membuat kedua alis saya bertemu. Setelah sekian lama, rasanya baru kali ini sebuah draf cerita membuat saya kehabisan kata-kata.

Waktu seakan berhenti, saya terus membaca tanpa perduli sekitar
Form penilaian yang seharusnya diisi menjadi terabaikan.Saya justru lebih menikmati cerita yang
...more
Swety Retna
Buku ini pernah terbit dengan judul "Menatap Punggung Muhammad", buku tentang pencarian akan sosok Nabi Muhammad oleh seorang non-muslim yang didatangi Nabi Muhammad SAW melalui mimpinya.

Karena sewaktu membaca buku ini, aku sudah membaca sekitar 5-6 buku Sirah Nabawiyah, aku bisa mengerti apa yang dirasakan oleh tokoh aku dalam buku ini. Betapa ia ingin tahu akan sosok itu, betapa ia rindu akan Muhammad.. ya.. aku juga ingin semua orang, khususnya muslim, yang mungkin seumur hidupnya belum perna
...more
Alisyah Samosir
Aug 17, 2010 rated it really liked it
Apa yang lebih besar dari iman? Apa yang lebih penting dan lebih utama dari iman? Jawabnya: Kebaikan

Mengapa kebaikan lebih utama dari iman?
Sebab iman hanya berdampak pada dirimu sendiri, sementara kebaikan berdampak bagi seluruh semesta. Agama yang baik, sebagaimana juga iman yang baik, kata Sayyidina Muhammad, adalah agama yang menjadi rahmat bagi semesta, rahmatan lil aalamiin.

Poin-poin penting:
- Mereka yang menjelek-jelekkan Sayyidina Muhammad, adalah mereka yang mendengar segelintir cerita b
...more
Muhammad Rasyid Ridho
Jul 28, 2011 rated it it was amazing
Sebagai seorang muslim, tak dapat di sangsikan banyak di antara kita yang menginginkan bermimpi bertemu Muhammad, Rasul terakhir yang diutus untuk ummat sedunia. Karena, banyak anggapan dengan bertemu Muhammad maka kehidupan dan akhiratnya sudah terjamin dengan kebaikan.
Karena Apa? Karena dalam suatu hadits, dikatakan bahwasanya tak ada yang bisa menyerupai Muhammad dalam mimpi, termasuk syaitan atau iblis. Jika seseorang bertemu dengan Muhammad dalam mimpi, maka dari hadits tersebut dapat dikat
...more
Fahd
Aug 15, 2010 rated it it was amazing  ·  (Review from the author)
"Novel ini mengajak kita merenung, menyibak pikiran dan emosi negatif yang menutupi sumber cahaya ilahi, baik yang ada dalam diri maupun di alam semesta."
--Prof. Dr. Komarudin Hidayat
Guru Besar Filsafat Agama, UIN Jakarta

======================

“Apapun agamamu, kebaikan tak mungkin kau tolak!”

Dalam kisah ini, tokoh Aku adalah seorang non-Muslim yang melakukan “pencarian” setelah ia bermimpi bertemu dengan Muhammad Sang Nabi. Sebuah mimpi yang menyentakkan kesadarannya, sebab dalam mimpi itu Muhamm
...more
Dea Arie Kurniawan
Aug 30, 2010 rated it liked it
Terlepas dari isi suratnya yang debatable, novel ini telah memberiku lebih dari sekadar sudut pandang baru. Bagi kita yang sudah muslim (turunan) harusnya merasa malu pada tokoh 'aku' dalam novel ini. Memang pencarian akan selalu bisa membangkitkan keyakinan yang lebih otentik. Aku ingin sekali berdiskusi mengenai konsep keimanan dan kebaikan. tetapi, tetap saja kalau ditanya mana yang lebih penting, jawabku pasti. Iman!
Aprijanti
Jan 10, 2013 rated it really liked it
Shelves: novel
Pada setiap helaiannya saya dibuat mengharu biru. Rindu akan Rasul Allah yang saya tidak bisa temukan pada halaman buku lainnya, bahkan kitab suci. Tulisan Fadh yang sangat romantis (seperti biasanya) sukses membuat saya lebih mengenal siapa itu Muhammad dengan cara yang berbeda, Amirul mukminin.
Kekasih Allah.
Rahmat semesta alam.
Dita Pramitasari
"Rindu kami padamu Ya Rasul
rindu tiada terperi..."

Apa yang lebih besar daripada iman? Dialah kebaikan. Baca buku ini dan temukan kebaikan itu, kebaikan Rasul yang amat sangat menyentuh hati. Temukan dalam surat untuk Azalea dari pemuda yang tak diketahui siapa namanya. Kau serasa mengalami perjalanan spiritualnya : pencarian.
Raidah Intizar
Dec 02, 2011 rated it it was amazing
Allahumma sholli wa sallim 'ala nabiyyinaa Muhammad. You do not intend to do anything except shouting sholawat out loud, crying for regret not knowing your Rasul, after you read this book. Alhamdulillah
Nike Andaru
Udah baca duluan Menatap Punggung Muhammad. Ini buku merupakan penyempurnaan dari buku tersebut, dengan perubahan judul.

Aida Radar
Oct 18, 2014 rated it it was amazing
“MENATAP PUNGGUNG MUHAMMAD”

(Sebenarnya reviu ini sudah lama diposting di blog pribadi. Hanya ingin memosting kembali saja di sini) ^_^


Cetakan Pertama, Agustus 2010
181 Halaman.

Sesungguhnya isi buku itu adalah sebuah surat. Saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai isi bukunya. Akan ada kebaikan tersendiri ketika Kau menekuri sendiri buku itu. Saya yakin, Kau akan merasakan sensasi atau atmosfir yang saya rasakan pula —sebagai manusia yang menapaki proses ‘pencarian’ jika itu posisimu kini.
...more
faa
Nov 28, 2016 rated it really liked it
"Ada seorang anak, saat dia masih dalam kandungan, Ayah tercintanya pergi selama-lamanya. Yatimlah dia. Aduh, bagaimana beratnya perasaan Ibunya, sedang kepayahan hamil, suami meninggal. Dan bukan itu saja, suaminya meninggal di kota lain saat melakukan perjalanan perdagangan. Jaman itu, orang-orang bergerak dari satu tempat ke tempat lain hanya mengandalkan kaki, kuda dan hewan ternak lainnya. Jadi jarak ratusan kilometer, harus ditempuh hitungan hari bahkan minggu. Maka sang suami dimakamkan d ...more
Busrini Agustina Prihatini
seribu malam untuk Muhammad, dalam buku ini saya seperti ditampar oleh kenyataan bahwa saya sebagai seorang muslim tidak pernah mencari tahu apa pun tentang Rasulullah. Apa-apa yang dikisahkan pada saya, itulah yang saya tahu itu pun jika saya menyimaknya dengan penuh seksama.

Tapi, di buku ini dikisahkan tentang pencarian dan perjalanan akan kehausan pada Muhammad. Dia yang tak pernah tahu, akhirnya mencari dan menemukan bahkan lebih banyak dari seorang muslim itu sendiri. Dan, buku ini mungkin
...more
Ia Seftia
Mar 01, 2015 rated it it was amazing  ·  review of another edition
"Apakah yang lebih besar daripada iman?" kata sosok Muhammad dalam mimpiku. Ia tersenyum menatapku.
"Aku tak tahu," kataku.
Sekali lagi ia tersenyum. Senyum yang sanggup membuatku melupakan rasa haus dan panas yang membakar kulitku. "Apakah yang lebih utama dan lebih penting daripada iman?"
"Aku tak tahu," aku menjawabnya dengan kata-kata yang sama.
Lalu kutatap lagi sosok lelaki yang tampak agung itu: Muhammad. "Kebaikan," katanya tiba-tiba, "melebihi apapun, adalah yang paling utama dari semuanya.
...more
Amanda Sastri
Aug 16, 2012 rated it really liked it  ·  review of another edition
Recommended to Amanda Sastri by: Reni Hanifah
Shelves: islam
Sebelumnya kepengen minta maaf dulu, mumpung Idul Fitri, hahaha, engga. Gini, gw mau minta maaf sama Fahd Djibran karena gw awalnya agak skeptis lho sama Mas Fahd satu ini. Gw sempet khawatir kalau dia agak Liberal. Ya terus kenapa emangnya Mand kalau Liberal? Gw cuman ga kepengen dan harus menjauhi Islam Liberal karena gw ini sangat mudah terinfluence. Dan pilihan gw sekarang ini bukan menjadi seorang Islam Liberalis. Gw takut kepengaruh, jadi gw sekarang agak milah-milih literatur yang berbau ...more
Ade Putri
Dec 06, 2014 rated it it was amazing
“Apakah yang lebih besar daripada iman?” kata sosok Muhammad dalam mimpiku.

Sekali lagi ia tersenyum. Senyum yang sanggup membuatku melupakan rasa haus dan panas yang membakar kulitku. “Apakah yang lebih utama dan lebih penting daripada iman?”

Dimulai tanggal 29 Maret 2008, mimpi itu hadir dari seorang pria non muslim yang bertemu Nabi Muhammad. Mimpi yang membawanya pada sebuah pencarian panjang tentang sang Baginda. Itu semua ia ceritakan lewat sebuah surat pada kekasihnya, Azalea. Dua tahun mas
...more
Rizky Susanty
Apr 26, 2015 rated it really liked it
"Apakah yang lebih utama dan lebih penting daripada iman?" katanya seperti mengulang pertanyaan pertamanya.

Lalu kutatap lagi sosok lelaki yang tampak agung itu: Muhammad. "Kebaikan," katanya tiba-tiba, "melebihi apapun, adalah yang paling utama dari semuanya. Aku menyebutnya ihsan."


Begitulah pesan indah dari Rasulullah SAW yang hadir sejenak dalam mimpi sang pemuda yang menjadi tokoh utama dalam novel ini. Ya, memimpikan Rasulullah. Bukankah pengalaman langka tersebut yang selama ini diidamkan o
...more
Hadiyatussalamah Pusfa
Panggil saya Azalea. *berasa jadi Azalea*

Sama sekali, buku ini tidak membahas seorang tokoh bernama Azalea. Novel fiksi ini berisi tentang pengalaman seorang “aku” yang melakukan pencarian, pencarian jati diri melalui sosok Muhammad Rasulullah. Dikemas dalam bentuk surat yang ditujukan untuk Azalea, kekasihnya di masa lalu. Azalea dan “aku” merupakan sepasang kekasih yang sudah tidak bertukar kabar selama 2 tahun karena “aku” tiba-tiba meninggalkan Azalea begitu saja. Surat yang dikirimkan “aku”
...more
Awal Hidayat
May 26, 2013 rated it it was amazing
Bila Nabi Muhammad SAW, datang mengunjungimu,
barang sehari atau dua hari. Bila tiba-tiba Rasulullah kita itu datang tak disangka-sangka
Aku ingin tahu, apa yang akan kalian lakukan?

- Aku Ingin Tahu, Camelia Bader

Seribu Malam untuk Muhammad
Menyedihkan. Saya sudah terlalu sering melewatkan buku ini di rak Gramedia, justru harus mendapatkannya dengan modal pinjam dari teman. Mungkin, karena saya bukan penikmat buku religi. Pun, sudah terlambat: 19 bulan sejak terbitan terakhirnya.

Pada awalnya, saya
...more
Wijayanto
Aug 19, 2011 rated it it was amazing
Berawal dari note FB yang dibagi oleh seorang teman yang saya kenal, dari situlah saya mengenal Fahd Djibran dan penasaran dengan karyanya. Tulisannya memang unik dan beda, itulah yang mendasari saya mencari buku ini. Kurang lebih 3 toko buku yang saya kunjungi menyatakan kehabisan stock, bahkan sampai toko buku online pun tidak bisa memintakan buku ini pada penerbitnya, apa nggak bikin tambah penasaran? Jalan terakhir yang saya tempuh adalah ingin langsung meminta buku ini dari penulisnya. Tern ...more
Ninartika
Mar 12, 2014 rated it really liked it
"Apapun agamamu, kebaikan tak mungkin kau tolak."


Cukup sulit buat dapetin buku ini. Di toko buku udah gak restock, di toko buku online langganan juga habis. Tapi syukurnya, masih ada toko buku online yang lain masih bisa memesankannya ke penerbit. Alhamdulillah~

Buku ini berbentuk surat yang di tulis oleh tokoh "Aku", seorang non-muslim, kepada mantan kekasihnya yang bernama Azalea. Di dalam surat itu, Aku bercerita tentang kehidupannya yang sedang melakukan pencarian. Pencarian tentang sosok M
...more
Puspa
Apr 17, 2011 rated it liked it
novel yang berjudul Menatap Punggung Muhammad ini menceritakan seorang pemuda non muslim yang hidup bebas bersama kekasihnya yang bernama Azalea. namun pada suatu hari dia bermimpi Nabi Muhammad SAW, hingga akhirnya ia penasaran akan mimpinya itu. Banyak artikel dan buku-buku yang ia beca mengenai kaitan antara mimpi dan kehidupannya. Apalagi ia memimpikan seorang nabi yang sebenarnya ia tidak mengenalnya.

Namun perasaan nya itu justru semakin merasakan kerinduan pada Nabi yang mendatanginya itu.
...more
Emeldah Suwandi
Mar 31, 2012 rated it really liked it  ·  review of another edition
Pencarian.
Itu adalah kata yang sangat saya garis bawahi dari buku ini. Bertutur mengenai sebagian kisah Rasulullah, may Allah honour and grant him peace, dan pencarian seorang anak manusia yang bermimpi berjumpa dengan Sang Maha Manusia, buku ini seperti tulisan Fahd Djibran yang lain, sukses membuat saya berpikir, dalam. Saya suka konsep ihsan yang dibahas di sini, yang baru saya ketahui setelah membaca buku ini, yang memiliki dua pengertian paling umum. Pengertian ihsan yang pertama, yang mung
...more
Puu
Apr 17, 2011 rated it liked it
novel yang berjudul Menatap Punggung Muhammad ini menceritakan seorang pemuda non muslim yang hidup bebas bersama kekasihnya yang bernama Azalea. namun pada suatu hari dia bermimpi Nabi Muhammad SAW, hingga akhirnya ia penasaran akan mimpinya itu. Banyak artikel dan buku-buku yang ia beca mengenai kaitan antara mimpi dan kehidupannya. Apalagi ia memimpikan seorang nabi yang sebenarnya ia tidak mengenalnya.

Namun perasaan nya itu justru semakin merasakan kerinduan pada Nabi yang mendatanginya itu.
...more
Nike Andaru
Oct 08, 2010 rated it it was amazing
Shelves: favorites, reliji
Kadang kalo sudah melihat judul seorang nabi apalagi Muhammad kita jadi sering merasa buku itu bakal jadi bacaan berat. Tapi, percayalah buku ini membuatnya berbeda, benar-benar berbeda.

Tokoh 'aku' menulis surat pada kekasihnya, Azalea setelah mereka tidak bertemu selama 2 tahun. Dua tahun yang sepertinya cukup lama untuk akhirnya, tokoh aku berkirim surat sebanyak 100 halaman.

Tokoh aku yang non muslim bercerita tentang kepergiannya selama 2 tahun pada Azalea, ia melakukan pencarian semua tenta
...more
Nadira Aliya
Apr 27, 2015 rated it it was amazing
Tentang mimpi seorang pria yang berujung dengan pencariannya atas kehausan arti dari mimpi tersebut.

Terkisahlah pria ini, yang suatu hari Muhammad saw. hadir dalam mimpinya dan kemudian mengusik hari-harinya dengan mencari tahu lebih lanjut tentang sosok Muhammad saw.

"Apakah yang lebih utama, lebih besar daripada iman?" Muhammad bertanya dalam mimpinya. "Kebaikan."

Ya, kebaikan memang tak bisa kita tolak. Kebaikan mengalahkan batas-batas iman. Ketika membantu seorang nenek menyebrang di jalan,
...more
Gilang Andika
Jan 04, 2012 rated it really liked it
Shelves: belongs-to-me
Banyak bintang yang berkelip-kelip
Ada bulan yang bercahaya lembut
ada dian menerangi pondok petani
kilau lampu-lampu listrik di tengah kota
namn, hanya satu matahari,
cahaya di atas cahaya,
dialah Muhammad,
maha pemimpin,
maha manusia.


tulisan di atas adalah tulisan Goethe yang Fadh kutip di dalam bukunya. tamparan dari Fahd ini keras namun lembut. Fahd mengajak kita berintrospeksi melalui cerita seorang nonmuslim yang bermimpi menemui Muhammad. setelah mimpi itu, si tokoh berusaha mencari tahu lebih ba
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
topics  posts  views  last activity   
novel apa in? 4 26 Nov 04, 2014 05:13PM  

Readers also enjoyed

  • Muhammad Al-Fatih 1453
  • Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan
  • Muhammad: Para Pengeja Hujan
  • Jalan Cinta Para Pejuang
  • Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara
  • Berjalan di Atas Cahaya
  • Habibie & Ainun
  • Laskar Pelangi
  • Hafalan Shalat Delisa
  • Falsafah Hidup
  • Sepatu Dahlan
  • 33 Pesan Nabi Vol. 2: Jaga Hati, Buka Pikiran
  • Tuhan Manusia
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah
  • Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
  • Merantau Ke Deli
  • Cinta di Rumah Hasan al Banna
  • 33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut
See similar books…
513 followers
FAHD PAHDEPIE, suami juga ayah penuh-waktu untuk Rizqa Abidin serta dua putra mereka Falsafa Kalky Pahdepie dan Alkemia Malaky Pahdepie. Menulis, bekerja, dan berkreativitas dirayakannya di waktu senggang. Orang rumahan yang menulis untuk diceritakan pada istri dan anak-anaknya.

Selain menulis, Fahd juga merupakan pembicara publik, penulis skenario dan sutradara film maupun teater. Saat ini menjad
...more

News & Interviews

As dedicated readers already know, some of the best and most innovative stories on the shelves come from the constantly evolving realm of young ...
42 likes · 16 comments
“Apapun agamamu, kebaikan tak mungkin kau tolak!” 25 likes
More quotes…