Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Al-Asbun Manfaatulngawur” as Want to Read:
Al-Asbun Manfaatulngawur
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Al-Asbun Manfaatulngawur

by
4.07  ·  Rating details ·  471 ratings  ·  43 reviews
Setelah menyelesaikan Seri Drunken, Pidi Baiq kembali menelurkan karya yang tak kalah menggelitik moral pembacanya. tetap menggunakan latar kesehariannya, Pidi dan gerembolannya menghadirkan diskusi-diskusi alias obrolan aneh nan nyeleneh namun sarat makna.

Dikemas dalam tata bahasa dan tampilan kitab suci, Al-Asbun Manfaatul Ngawur, sesuai judulnya, dapat membuat pembaca
...more
Paperback, 173 pages
Published April 2010 by DAR! Mizan
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Al-Asbun Manfaatulngawur, please sign up.

Be the first to ask a question about Al-Asbun Manfaatulngawur

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 4.07  · 
Rating details
 ·  471 ratings  ·  43 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Al-Asbun Manfaatulngawur
Andri
Aug 10, 2010 rated it really liked it
Kepada
Yth. Imam Besar Republik Panas Dalam
di depan komputernya

Dengan hormat,

Perkenanken hamba sebagai salah satu pengikut imam, menyampaikan bahwa saat ini hamba sedang membaca buku yang tidak jelas ini. Seperti telah hamba sampaikan dalam review buku ketiga pak Imam, drunken mama, bahwa saya stop membaca serial drunken, karena lebih berharap pak Imam membuat buku baru saja, tidak perlu meneruskan seri drunken.

Itulah yang kemudian membuat hamba/saya, sama aja deh, tergantung mood, tidak membaca
...more
Ayuningtyas
Nov 02, 2010 rated it really liked it
Saya sempat berpikir apa jadinya kalau benar pada 2012 itu peradaban musnah. Lalu menyisakan satu kitab saja yaitu: Al Asbun. Lalu manusia (lain) dari peradaban 10ribu tahun kemudian menemukan kitab ini sebagai artefak dari peradaban kita. Maka saya akan menjadi bangga karena pastinya mereka menganggap bahwa manusia jaman kita ini adalah pemikir yang humoris. Yang membungkus pemahaman dengan kesederhanaan tawa. Dan, seandainya mereka (manusia2 10ribu tahun kemudian itu) mengira al-asbun adalah k ...more
R. Karlina
May 23, 2011 rated it really liked it
buku ini mengajarkan : sesuatu yang sederhana dan kelihatannya tidak penting adalah permukaan sesuatu yang kompleks dan amat penting.
Rehan Adrian
Aug 01, 2019 rated it it was amazing
Saya direkomendasikan oleh salah satu dosen saya untuk membaca buku ini, saya sangat penasaran.
Tasya Maghfira
Mar 20, 2017 rated it really liked it
Ah, Surayah.
Saya jadi ingin memanggilmu Guru dan menjadi murid ke-tujuh-mu.
Tapi, saya percaya kok Surayah itu manusia, bukan kangguru!
Yusuf Ks
Oct 12, 2015 rated it really liked it
22 : Ar-Risinsiyah As-Siyahsiyah

22:1 Alkisah di suatu kota, ada seorang gila, Yusuf KS namanya. Gila bukan dalam arti sebenarnya, namun gila buku klaimnya. Walaupun pada kenyataannya, klaim akan terbantah saat bertemu yang lebih gila buku sebenarnya.

22:2 Dalam pengembaran mencari buku aneh di belahan dunia, dia mulai mengembara sendirian berkelana. Banyak godaan yang ditemui dalam perjalanan, terutama wanita cantik yang bertebaran, namun untung saja sudah punya pasangan beneran, sehingga dia bis
...more
Earth
Sep 23, 2010 rated it it was amazing
Melahap buku ini tidak perlu memakan waktu lama. Karena buku tipis atau karena isi? Bisa dua-duanya, yang jelas buku tipis tetapi tidak menarik bisa memakan waktu lama untuk menyelesaikannya. Karena bisa jadi si pembaca akan berhenti sebelum selesai dan menuntaskannya di beberapa hari kemudian. Tetapi tidak dengan buku ini.

Awal membaca, dari ulasan pengantar, hampir-hampir aku terpedaya, dan hampir berontak, karena dalam ulasan ada semacam penulisan semacam penulisan surat dalam kitab-kitab suc
...more
Amanda Sastri
Jun 24, 2012 rated it really liked it
Shelves: punya-dong
Apa yang gw suka dari Pidi Baiq?

Dia jenius. Dan seperti apa jenius di mata gw? Mereka tidak lebih orang yang tetap berpikiran melangit luas dengan kebersehajaan yang terus membumi (caelahh, ini quote gw rombak lagi, hahaha). Dia jenius dengan mengemukakan semuanya secara sederhana, dan tetap dalam kondisi 'merendahkan hati' untuk bisa mengungkapkan hasil pemikirannya agar bisa diterima masyarakat. Susah, zaman sekarang susah ngeliat orang pinter tapi tetap dalam kondisi merunduk. Sedangkan Pidi
...more
Imanda Husna
Dec 09, 2011 rated it really liked it
Penuturan kata yang jauuuuuuh dari EYD, nyeleneh, dan sama seperti judul bukunya: Asbun dan ngawur merupakan keistimewaan tersendiri dari kang Pidi. Buku ini ditulis dalam format kitab, lengkap dengan nama surat dan ayat. Sebut saja Lemon tea, rapia, durian, nyamuk dan sebagainya.
Al-asbun menyajikan perumpamaan yang tidak biasa sehingga menyebabkan adanya kejutan listrik yang menjalari pembaca dan serta merta membuat pembaca merenung, mengangguk-angguk, sampai tersenyum kecut.

Di surat DURIAN kit
...more
Nenangs
dikemas dalam bentuk surat dan ayat, al-asbun berisi berbagai perbincangan kangguru dengan murid2 dan tetangga dan keluarga dan teman dan lain sebagainya.
nggak gampang narik inti dari perbincangan2 itu. pemilihan bahasa yang berbelit dan cenderung arkaik (menurut catatan akhir haidar baghir) makin membuat buku ini susah dicerna (siapa suruh makan buku?). maksudnya, diambil kesimpulan dan pelajaran berharganya gitu...itu kalau kita terlalu serius.
bebaskan...bebaskan... pikiranmu dari konteks ber
...more
Arif Abdurahman
May 08, 2014 rated it really liked it
Sebuah buku nakal yang menyindir keteraturan, konservatisme, dan kejaiman yang cenderung mewarnai setiap wacana intelektual dan religius. Kangguru Pidi Baiq mengajarkan banyak makna besar melalui renungan kecil.

"Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar." (QS. Al-Baqarah 2 : 23)

Dan Surayah menyanggupi tanta
...more
nur'aini  tri wahyuni
Sep 22, 2014 rated it really liked it
wakakaka, asli untuk kamukamu yang demen baca serial drunken jangang harap isi buku ini miripmirip sama yang lain. pertama buka rasanya sebenernya agak gimanaaa gitu, karena gaya penulisannya kayak penulisan kitab suci. tapi isinya, xixixixixix, asik menggelitik. menasehati tapi dengan gaya khas seorang pidi baiq, yang buat kita mikir, "haha, iya bener tuh, bener." untuk halhal yang sebenarnya sederhana tapi kadang kita suka milih mengabaikannya.
Putri Mei
Jun 28, 2015 rated it really liked it
Awal baca cerita Lemon tea sm Dipipimu masih agak bingung, blm bisa beradaptasi sama isinya.. Cerita2 selanjutnya malah bikin ketagihan. Apalagi abis cerita ini, cerita apa lagi..? Buku yg menarik dgn tata bahasa seadanya, tp banyak mengandung pesan tersembunyi.
Iya, aku jd tau kang Pidi seperti apa dari tulisan2nya walopun belum pernah bertemu. Berharap tak usah bertemu, nanti aku jatuh cinta. Mungkin. :D
HanungWL
Jul 12, 2017 rated it it was amazing
Saya rasa, ini adalah buku terbaik yang ditulis oleh Pidi Baiq. Buku yang sangat jenius karena isinya betul-betul diluar dugaan: sangat biasa!

Betul, ini bukan saltik (typo), buku itu benar-benar luar biasa karena isinya sangat biasa. Buku yang akan membuat kita sadar bahwa hal-hal biasa dapat membuat sesuatu menjadi luar biasa!
Syahadat Muhammad Fakhry
Nov 15, 2014 rated it really liked it
Tidak perlu alur cerita yang njelimet atau pemilihan kata tingkat tinggi untuk menyampaikan suatu pesan yang mendalam bagi para pembaca.

Justru dengan kesederhanaan buku ini, dapat memberikan kesan mendalam bagi pembacanya. Mengajak kita berpikir sambil menertawakan kejadian yang sebenarnya konyol, namun terdapat pesan yang bagus di dalamnya.
Niken
Aug 27, 2011 rated it it was amazing
Mungkin bagi Surayah Pidi Baiq ini hanyalah sekumpulan cerita yang memang asbun bin ngawur, tapi bagi saya tidak. Ada kecerdasan tersembunyi yang perlu ditelaah, seperti bagaimana menjawab pertanyaan anak-anaknya. Pertanyaan anak-anak memang sering membuat kita bingung menjawab, tapi beliau mampu secara bijak memberikan jawaban yang tidak menjerumuskan ke jawaban yang salah.
peterlovefuzz
Feb 02, 2015 rated it it was amazing
Berbicara soal Pidi Baiq dan bukunya, membuat diri kita melihat dunia dan diri kita dengan pikiran melangit dan hati membumi. Humor yang terselip adalah kejeniusan imam besar the panas dalam yang pernah menjadi dekan fsrd itb. Subhanallah.
Nadia Fadhillah
Mar 24, 2014 rated it really liked it
Shelves: owned
Kalau Derrida adalah tokoh filsafat pertama yang mengutarakan dekonstruktifisme dalam ide pemikiran, kalau Bernard Tschumi arsitek yang menggunakan pola berpikir dekonstruksi dalam bangunan rancangannya, maka Pidi Baiq adalah orang yang menulis dengan dekonstruksi.
Bulan
Apr 20, 2011 rated it it was ok
Agak kecewa,lebih suka seri drunkennya ayah Pidi.
Tapi tetep suka ilustrasinya,walaupun beda karakter sama yang di drunken. Eh,tapi kecoa-kecoanya sangat mengganggu. *ripiu apa ini,malah bahas gambarnya* :D
Sandra Sopian
May 19, 2015 rated it it was amazing
Ini adalah ungkapan-ungkapan ekskatik yang suka meloncat-loncat, dibuat oleh pengarangnya dengan sejenis harapan agar bisa membuat orang terhibur. dan meski terkesan seperti kitab, ini bukan kitab yang suci, dan tentu saja, isinya pun gak perlu dipercaya. :D
Milka
Sep 06, 2012 rated it really liked it


Lucu. Ancur. Meskipun sedikit antiklimaks di surat-surat terakhir. Tapi tetap lucu dan keren, mengingat ada kaidah-kaidah normatif yang diterobos. Seperti kurang ajar, tapi tidak kurang ajar.
Hanif Rahman
Apr 18, 2013 rated it it was amazing
kalo sebelumnya pada ngikutin serial drunken-nya surayah pasti bakal menyesal, karena apa? karena eh karena isi buku ini sangat berbeda, menurut lebih cerdas. dari masalah romansa, kehidupan, politik dan ketuhanan semuanya dikemas dengan gaya khas surayah.

ditunggu karya terbarunya lagi yah :)
Nunik
Aug 14, 2011 added it
funny
Jagad
Jun 23, 2013 rated it it was amazing
sebuah filsafat ringan dan dalam
Lidzikri Fauzy
Oct 06, 2013 rated it really liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Esti
Oct 24, 2010 rated it really liked it
hanya satu kata: ombilihom
Ariesm
Apr 03, 2014 rated it liked it
Seperti dinasehati
Hasan Sani
Sep 15, 2010 rated it really liked it
just one word: menghibur!
Muhammad
Nov 25, 2011 rated it it was amazing
kitab nya pecinta humor..
Zulfian Prasetyo
Jul 10, 2011 rated it it was amazing
So cool, so wise, so funny! Bener-bener ngawur yang bermanfaat...x)))))
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Pulang
  • Sabtu Bersama Bapak
  • Totto-chan's Children: A Goodwill Journey to the Children of the World  (Anak-Anak Totto-chan: Perjalanan Kemanusiaan untuk Anak-Anak Dunia)
  • Laskar Pelangi
  • 5 cm
  • Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade
  • Sang Pemimpi
  • Filosofi Teras
  • Hafalan Shalat Delisa
  • Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
  • Blue Romance
  • Ibuk,
  • Gelombang
  • The Chronicles of Audy: 21
  • Entrok
  • Buku Ajar Koas Racun
  • Melbourne: Rewind
  • Meraba Indonesia: Ekspedisi "Gila" Keliling Nusantara
See similar books…
1,344 followers
Pidi Baiq adalah seorang seniman yang punya banyak kelebihan. Selain sebagai seorang musisi dan pencipta lagu, ia juga seorang penulis, ilustrator, pengajar dan komikus.
Pidi Baiq mengaku imigran dari surga yang diselundupkan ke Bumi oleh ayahnya di Kamar Pengantin dan tegang.

News & Interviews

So many aspects of life and leisure have changed. This is true. It’s also true that we need to take care of ourselves, collectively and i...
194 likes · 113 comments