Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Rahim: Sebuah Dongeng Kehidupan” as Want to Read:
Rahim: Sebuah Dongeng Kehidupan
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Rahim: Sebuah Dongeng Kehidupan

by
3.79  ·  Rating details ·  526 ratings  ·  94 reviews
Jadi, mengapa kisah ini penting untuk kuceritakan padamu? Agar kau lebih menghargai hidup. Menghargai setiap tarikan napas. Menghargai apa pun yang dianugerahkan Raja Semesta padamu. Kau beruntung memiliki orang tua yang baik dan mengasihimu, hingga saatnya kini kau bisa hadir di dunia dan menikmati segalanya—kau beruntung memiliki hidup.

Dan pada saatnya nanti, mungkin kau
...more
Paperback, 320 pages
Published June 27th 2010 by GoodFaith Production
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Rahim, please sign up.

Be the first to ask a question about Rahim

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.79  · 
Rating details
 ·  526 ratings  ·  94 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Rahim: Sebuah Dongeng Kehidupan
Ayu Yudha
Jul 17, 2010 rated it it was amazing
Hai, kenalkan namaku Janin. Aku sudah cukup lama tinggal disini. Tapi sebelum kesini aku harus naik kereta berwarna merah di jalur tiga. Hobiku bergerak dan tidur. Kombinasi yang aneh ya? Aku suka sekali menggerakkan kepala, apalagi menekuk lengan dan kaki. Tapi aku juga suka sekali tidur. Tempat ini nyaman sekali, lagipula aku punya rambut pelindung yang bernama lanugo kalau kalian ingin tahu..

Dari sini aku kerap mendengar musik juga suara-suara yang berasal dari luar sana. Aku merasa sangat ny
...more
Sweetdhee
Jul 10, 2010 rated it liked it
Innash-sholaatii wanusukii wamah-yaaya wamamaatii lillaahi robbil'aalamiin. Laa syarikalahuu wabi-dzaalika umirtu wa ana minal-muslimiin
*Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku, kuserahkan kepada Allah Robb semesta alam. Tidak ada sekutu bagiNya, demikianlah yang diperintahkan kepadaku. Dan aku adalah orang yang pertama-tama berserah diri (dari orang-orang yang berserah diri)*
dicukil dari sini

Waktu kuliah, salah seorang teman menolak membaca doa iftitah ini dalam sholat dengan alasan
...more
Alisyah Samosir
Aug 17, 2010 rated it really liked it
Menarik. Sangat menarik mengikuti proses kehidupan yang dijabarkan. Minggu ke-22 organ telinga terbentuk dan kemampuan mendengar sudah berkembang. Bahkan sudah bisa mendengar suara dari luar perut Ibu, misal suara Ayah yang sering menyapa.

Minggu ke-33, janin bisa mengerti bahasa-bahasa yang didengar dari luar rahim, mengenali dan mengingat beberapa hal tentang Ibu, Ayah. Pada minggu ini pula bisa melihat air, yakni cairan amniotik, yang mana kemampuan ini akan hilang beberapa saat sebelum terlah
...more
Miss Kodok
May 19, 2010 rated it it was amazing
Terima kasih buat sahabat saya, Asrori yang sudah membelikan buku penuh keajaiban ini untuk saya.

"Rahim selalu tentang kasih sayang: Raja Semesta pada Hidup, Hidup pada orang tua kita, orang tua kita pada anak-anaknya, dan manusia pada sesamanya. Dan bayangkanlah semua berada dalam lingkaran kasih yang maha agung. "Rahim" yang maha besar.

Ada 5 alam yang akan menjadi tempat tinggal kita semua, yaitu: alam ruh, alam rahim, alam dunia, alam barzah, dan alam akherat. Rahim adalah rumah kita se
...more
Truly
Jul 10, 2010 rated it it was amazing
Kakang Kawah, Adi Ari-ari….....

Sejak kecil, sudah sering kudengar orang-orang disekitar mengucapkan kalimat itu sambil mengelus-elus perutnya dimana sang jabang bayi berada. Baru belakangan aku mengerti maknanya. Dan buku ini, memberikan nuansa makna yang berbeda mengenai tempat dimana sebuah kehidupan dimulai.

Buku ini mengisahkan tentang perjalanan seorang bayi di Alam Rahim. Rahim adalah nama lain Alam Semesta. Dongeng ini ditulis berdasarkan kisah yang disampaikan oleh Pengabar Berita dari Al
...more
Sam
Jul 11, 2010 rated it it was amazing
Shelves: novel, bio
aku pun ingin bisa menuliskan surat
kepada makhluk yg nanti dititipkan Alam Semesta kepadaku
mungkin tidak akan terlalu indah
mungkin tak kan begitu menyentuh
sekedar mengisi jeda..
kekosongan
ketika baik aku maupun ayahmu kelak
belum mampu menghangatkanmu, calon anakku, dengan mantel berbulu..



sejak baris pertama membaca novel ini aq sudah bertekad, jika hamil nanti bacaan ini lah yg akan kusenandungkan untuk 'calon anakku'

kisah yang mengundang, menyebarkan, dan mengalihkan kebaikan demi kebaikan.. pro
...more
Fauza
Jan 01, 2011 rated it really liked it
Splendid! Bukunya menarik banget, bercerita tentang Alam Rahim yang dijabarkan oleh Dakka si Pembawa Berita. Bahasanya agak nyastra sih, tapi tetap sederhana dan apik, jadi mudah untuk diikuti. Disini penulis berusaha menyentuh kesadaran kita tentang betapa berharganya seorang ibu dan apa yang dikandung didalam rahimnya. Dimulai dari proses bagaimana seorang bayi itu terbentuk, dari sebuah gumpalan yang bernama blactocyst kemudian berkembang menjadi fetus, janin dan bayi, kemudian ditiupkan ruh ...more
Haniie Maria
Aug 12, 2010 rated it liked it
hm, yah.

sesungguhnya aku agak kecewa setelah selesai baca buku ini.
mungkin karena aku berekspektasi lebih, setelah memebaca ulasan-ulasan di blognya Fahd ttg Rahim.

sebenarnya tema yang diambil menarik, ide yang out of box. tapi menjadi tidak menarik, karena bahasa yang disampaikan, terlalu lugas. sekali lagi, ini bagiku. aku lebih suka membaca dengan pesan-pesan yang implisit. bacaan yang membuatku bisa tersenyum simpul ketika membacanya, dan itu tidak terjadi ketika aku membaca Rahim.

oiya, tema
...more
Nike Andaru
Sep 29, 2010 rated it it was amazing
Shelves: fiksi, mom, parenting
Wow... itu kata pertama saya setelah habis tuntas baca buku ini.
Ini memang buku pertama Fahd yang saya baca, tapi dari kedua buku yang ditulis Fahd saya merasa teman-teman benar, ini adalah sebuah masterpiece dari Fadh Djibran. Karena dibuat dengan hati yang gembira di tengah penantian kelahiran bayinya mungkin :)

Rahim, mungkin kurang tepat dimasukkan ke kategori novel ya.
Dari covernya yang menarik ternyata dalemnya lebih hebat lagi. Saya betul-betul amazing seorang Fahd bisa menulis buku sepert
...more
Ade Putri
Mar 23, 2016 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Sebuah buku yang sangat amat saya rekomendasikan! Bertagline Sebuah Dongeng tentang Alam Rahim, buku ini sukses membuat saya begitu terpana. Bukan saja karena ditulis oleh seorang pria yang seolah sangat tahu kehidupan dalam alam rahim, namun Semesta Sebelum Dunia ini juga memberi banyak pemahaman baru.

Terlebih saat ini saya juga sedang mengandung seorang manusia. Membaca buku ini seperti mengilas balik bagaimana kehidupan saya sendiri selama dulu ada dalam rahim ibu saya. Apa yang saya rasakan
...more
Indah dwi Nurcahyati
Pertama kali ngeliat bukunya, langsung mikir "wuseeenk, berat amat dah tuh buku"..
secara, judulnya aja "RAHIM" dan ada gambar janin-janin gitu,
ngeliatnya aja udah ngeri.. =_="
tapi setelah beberapa hari tuh buku dicuekin aja, akhirnya dibaca juga deh gara-gara udah keabisan stok bacaan..
ternyata eh ternyata isinya gak semengerikan judul dan covernya karena gaya bahasanya tuh kayak lagi cerita sama anak kecil.. (bener tuh kata peribahasa kalo jangan menilai buku dari sampulnya aja)
langsung mikir "
...more
Tarum
Jul 10, 2010 rated it liked it
Shelves: fiction, indonesian
Terkadang membaca review-review yang memberikan rating tinggi untuk sebuah buku, membuat kita mempunyai ekspektasi yang juga tinggi untuk buku tersebut. Sehingga ketika kita membaca bukunya dan tidak memenuhi ekspektasi yang telah kita canangkan, ujungnya adalah kecewa.

Demikianlah yang terjadi pada saya, pengharapan yang tidak terpenuhi. Tapi bagaimanapun juga buku ini hanyalah sebuah dongeng.
Ferdi Putra
Dec 11, 2015 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Ini dongeng terkeren ga sih? Suka banget!
Michiyo 'jia' Fujiwara
Terharu sekaligus senyum dikulum baca ini.. makin cinta sama orangtua.. terima kasih Fahd Pahdepie.. :)
Alfath R
Jun 04, 2017 rated it really liked it  ·  review of another edition
Tanpa bertanya-tanya agama apa yang dianut penulis, saya memiliki kecenderungan untuk menilai bahwa sebagian dongeng Alam rahim berdasarkan keyakinan yang saya anut. Tentu saja saya tidak bisa mengklarifikasikan benar tidaknya. Apalagi masih ada kemungkinan keyakinan lain yang juga turut andil memengaruhi penulis untuk menyusun dongeng ini. Lalu bagaimana sebaiknya menyikapi? Mari kita anggap cerita yang ada hanya sekedar dongeng belaka. Lalu kita beralih jenis bacaan nonfiksi untuk mendalami ap ...more
Vanda Kemala
Sep 15, 2018 rated it it was ok
Ibarat baca materi biologi, tapi (dipaksa?) dijadiin fiksi. Ilmunya bagus, tapi pemilihan bahasanya kaku banget dan itu jadi harus konsen bener bacanya. Udah 11-12 sama reaksi kalau baca buku pelajaran. Bacanya ngos-ngosan banget, padahal cuma 300an halaman. So sad. :(
Lilian Juanita
pesan pesannya bagus. bagus sekali. hanya gaya bahasanya mirip sekali Paulo Coelho. jadi kurang orisinil gitu kesannya.
Ahmad Yahya
Oct 20, 2019 rated it really liked it  ·  review of another edition
Sependek saya membaca novel, ini novel pertama yang tidak hanya berisi alur cerita ala novel tetapi juga berisi dakwah atau ilmu pengetahuan mengenai siklus kehidupan manusia. Good joob, Fahd Djibran
Deby
Nov 02, 2018 rated it really liked it
rahim nama lain dari raja semesta :)
heri
Dec 29, 2017 rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: punya-baru
bagian terbaik adalah 'ayah'. ...more
Hanif Ayu Savitri
Jan 16, 2018 rated it liked it
Tho it was overrated, I finished it because I wondered how life begins so read this is for post script: I wanna have baby on my own.
Bernita Nur Cahyani
scienceXsastra
Ia Seftia
Mar 01, 2015 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Saya membaca buku ini setelah berganti nama menjadi "Semesta Sebelum Dunia"..
Sebenarnya, saya lebih suka judul awalnya, "Rahim" sebab Rahim adalah nama lain dari Raja Semesta (hal. 181).

Namun, nyatanya saya tetap penasaran membaca buku ini. Apapun judulnya...
Entahlah. Ada perasaan haru yang muncul saat pertama kali menyentuh buku ini. Perasaan haru sebagai seorang wanita yang memiliki rahim dalam tubuh. Perasaan haru sebagai seseorang yang telah mengalami kegagalan sebanyak dua kali dalam proses

...more
Dian Rustya
Sep 29, 2010 rated it it was amazing
Shelves: it-s-mine
Rahim, merupakan buku ke-3 Fahd Djibran yang pernah saya baca, setelah (jauh) sebelumnya saya membaca CURHAT SETAN & MENATAP PUNGGUNG MUHAMMAD. Darimana mengenal buku-buku Fahd Djibran? Tentunya dari teman saya yang baik banget & penikmat buku, mas Wawan, yang selalu kasih “bocoran” buku-buku OK *trimakasih mas Wawan* … Dan seperti biasa, toko-toko buku disini masih terbatas dalam menyediakan buku-buku baru. Dan akhirnya “berkeluhkesah”lah saya tentang si RAHIM yang susah didapat ke kedua adek c ...more
Safitri
Mar 25, 2011 rated it liked it
Penulis perempuan menulis tentang dinamika dan sisi kehidupan perempuan, barangkali bukan hal yang asing bagi kita. Bagaimana jika seorang laki-laki mengungkap masalah perempuan dengan perspektif perempuan. Barangkali ini sebuah perbedaan.

Perbedaan itu, tampaknya, menjadi salah satu daya tarik dari novel terbaru Fahd Gibran, Rahim: Sebuah Dongeng Kehidupan. Fahd yang sehari-hari dikenal sebagai seorang peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menceritakan secara detil, kreatif dan s
...more
Meta Morfillah
Jan 27, 2016 rated it really liked it
Judul: Rahim
Penulis: Fahd Djibran
Penerbit: Goodfaith Production
Dimensi: ix + 316 hlm, cetakan pertama juni 2010
ISBN: 978 602 96000 2 5

"Asal kau tahu, Rahim adalah nama lain dari Raja Semesta."

Buku yang ditulis penulis saat istrinya sedang mengandung ini mengambil sudut pandang orang kedua. Seakan pembacalah orang yang diajak bicara dan terlibat. Penggunaan kata ganti orang kedua--kamu--adalah ciri khasnya. Meski di awal sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang ketiga, yang tahu segalany
...more
Anita Shella Shufa
Buku berjudul “Semesta Sebelum Dunia” yang dikemas setebal 388 halaman ini bercerita tentang perjalanan manusia dari Alam Rahim menuju ke Alam Dunia dalam bentuk dongeng.

Penjelasan ilmiah yang imajinasikan dalam bentuk dongeng yang sarat akan pelajaran-pelajaran mengenai kehidupan yang seolah ketiganya (yakni penjelasan ilmiah, imajinasi, dan pelajaran hidup) terlalu dipaksakan untuk dihadirkan dalam porsi yang seimbang. Hal yang justru membuat buku ini terkesan sangat setengah-setengah. Terlal
...more
Adriane  Yuanita
Jul 18, 2010 rated it really liked it
Shelves: owned
saya dosa ngga sih ngasih buku ini empat bintang saja padahal saya ikut terlibat dalam proses pembuatannya, sebagai tukang gambar? Harusnya lima bintang kah? Heheheheh.

ini adalah buku pertama Fahd Djibran yang saya baca sejauh ini (HUAHAHAHAH SAYA GA GAUUUL!), dibacanya pun karena saya dibayar untuk itu... ehehehe...

saya kira bakal susah dibaca, mengingat keluhan si Ad*mas waktu dia bikin ilustrasi buat Mizan. oknum A ngomel-ngomel buku yang dia kerjain ilustrasinya itu ceritanya susah dicerna,
...more
Amalya
May 22, 2012 rated it it was amazing
Bayi, karunia Allah yang patut disyukuri. Namun, banyak orang yang tidak menginginkan bayi tersebut dan pada akhirnya ditinggalkan oleh orang tuanya dalam berbagai cara. Diantara banyak orang yang membuang bayi mereka, ada sebuah keluarga dimana mereka sangat mengharapkan hadirnya bayi, tapi selama berpuluh-puluh tahun, tak juga diberikan oleh Allah.
Cerita lain, sebuah keluarga yang istrinya sedang mengandung bayi di dalam rahimnya. Tahukah kau ada kehidupan di dalam rahim seorang ibu? Sebuah ke
...more
Nita Taufik
May 16, 2010 rated it it was amazing
Buku ini merupakan salah satu "master piece" dari Fahd Djibran. Setidaknya hal itulah yang menjadi kesimpulan kami ketika membaca dan melakukan review terhadapnya. Fahd yang sudah mempunyai puluhan judul buku, biasanya naskah berasal dari tulisannya di blog, kini "melahirkan naskah pertama" berbentuk novel.... Naskah ini boleh disebut dengan novel... Boleh dikategorikan sebuah sastra... Tapi Fahd menamai bentuk naskah ini secara berbeda... Sebuat saja naskah ini adalah "Sebuah Dongeng...."

Ketika
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Aroma Karsa
  • Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
  • Orang-Orang Bloomington
  • Sembilu: Pengembaraan Rasa
  • Rectoverso
  • Ayah...: Kisah Buya Hamka
  • Ayah
  • MAHABBAH: Kisah Cinta Layla Majnun & Yusuf Zulaikha
  • Mahabbah Cinta Rabiah Al-Adawiyah
  • Helen dan Sukanta
  • Through a Glass, Darkly
  • Senja di Jakarta
  • Khilafah*: Remake
  • Hujan Bulan Juni
  • Laskar Pelangi
  • Di Tanah Lada
  • 9 dari Nadira
  • Patah Hati di Tanah Suci
See similar books…
518 followers
FAHD PAHDEPIE, suami juga ayah penuh-waktu untuk Rizqa Abidin serta dua putra mereka Falsafa Kalky Pahdepie dan Alkemia Malaky Pahdepie. Menulis, bekerja, dan berkreativitas dirayakannya di waktu senggang. Orang rumahan yang menulis untuk diceritakan pada istri dan anak-anaknya.

Selain menulis, Fahd juga merupakan pembicara publik, penulis skenario dan sutradara film maupun teater. Saat ini menjad
...more

Related Articles

Readers have a lot to look forward to this year! Just feast your eyes upon all of these debut books to check out and emerging authors to...
167 likes · 43 comments
“Tak semua jalan yang terlihat akan membawamu pada jalan yang benar. Kadang jalan yang benar adalah jalan yang tak terlihat oleh matamu. Jangan biarkan matamu yang memutuskan kemana kau akan pergi, biarkanlah hatimu yang memutuskan kemana kau ingin pergi.” 70 likes
“Mendengar adalah bukan tentang menangkap suara-suara dengan telingamu, lebih dari itu, mendengar adalah menangkap sesuatu -di-balik-suara--sesuatu yang kadang-kadang tak bisa benar-benar ditangkap oleh mereka yang mampu mendengar suara-suara secara sempurna.” 40 likes
More quotes…