Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Rahasia Selma: Kumpulan Cerita” as Want to Read:
Rahasia Selma: Kumpulan Cerita
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Rahasia Selma: Kumpulan Cerita

3.70  ·  Rating details ·  389 ratings  ·  63 reviews
Setelah Kuda Terbang Maria Pinto karya Linda Christanty meraih Khatulistiwa Literary Award 2004 untuk kategori buku fiksi Indonesia terbaik, kini Linda kembali lagi dengan cerita-ceritanya tentang dunia hari ini dalam Rahasia Selma. Rahasia orang-orang yang berjuang melawan ketidakadilan, trauma, doktrin, mitos, kesunyian, atau bahkan apa yang mereka sendiri tak tahu. Ceri ...more
Paperback, 121 pages
Published May 2010 by Gramedia Pustaka Utama (first published April 2010)
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Rahasia Selma, please sign up.

Be the first to ask a question about Rahasia Selma

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.70  · 
Rating details
 ·  389 ratings  ·  63 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Rahasia Selma: Kumpulan Cerita
cindy
Sep 01, 2017 rated it it was ok
Rasanya aku memang gak kapok membaca antologi cerpen LC. Setelah Pinto dan Murghab, yang keduanya jg gak terlalu kupahami, masih mau dan ingin membaca kumcer yg ini.

Memang gaya penulisan yg berputar-putar dalam menyampaikan maksud cerita ini bikin nagih. Nagih untuk menebak-nebak dan menduga-duga. Kadang-kadang aku tak tahu apakah gender dari tokoh dalam cerpen, hingga harus kubaca sekali dan sekali lagi. Tak jarang pula aku tak tahu umur dari si tokoh, tua, muda, anak-anak atau malah renta.

Tema
...more
Helvry Sinaga
Sep 11, 2010 rated it really liked it
Shelves: kumpulan-cerpen
Linda menampilkan tema kemanusiaan tanpa menyerahkan sastra ke bawah telapak kaki penindasan pesan (sutardji Calzoum Bachri)

Realisme Linda mencekam, justru karena antididaktik (Nirwan Dewanto)

ketakutan yang dialami seorang serdadu Indonesia dalam Kuda Terbang Mario Pinto dengan cemerlang menggoyahkan pemahamannya tentang konflik bersenjata dan maskulinitas (Sandra Thibodeaux)

dalam cerita-cerita Linda, terbayangkan perkembangan cerita pendek Indonesia di masa datang (Sapardi Djoko Damono)

Saya ter
...more
Evan Dewangga
Sejak cerpen pertama, saya sudah curiga ini akan gawat. "Pohon Kersen" penulisannya dari sudut pandang bocah nan polos. Dari pengalaman membaca cerpen, saya belajar, pola semacam ini pasti tragis, tapi karena keluguannya, si protagonis tak akan mengerti. Dan benar saja, keseluruhan cerpen dalam buku ini bernada demikian. Konflik yang jauh dari pemahaman, dibekuk kabut tabu, norma, dan tradisi. Keluguan tokoh-tokoh dalam kumcer ini (yang didominasi anak kecil) membuat saya gusar. Bukan hanya seca ...more
Mobyskine
Sep 09, 2012 rated it really liked it
Shelves: favorites
Aku membaca buku ini seharian tanpa rasa jemu. Bahasanya amat indah, isi ceritanya sangat perinci dan penuh details. Cerita-ceritanya cuma berkait hal harian dengan ending yang biasa-biasa saja namun entahlah kenapa aku rasa senang sekali. Barangkali mungkin kerana ini genre kegemaranku.

Paling aku suka- Pokok Kersen, Menunggu Ibu, Para Pencerita dan Babe. Berharap sangat semoga aku dapat peroleh hasil tulisannya yang lain untuk bacaan dan koleksi.

4 bintang untuk sesuatu yang sesederhana ini.

Imas
Tidak salah kalau buku ini meraih khatulistiwa literary award, cucok dengan penilaian dan selera ku,girang seolah-olah ikut jadi jurinya...hahaha...Ceritanya kejadian sehari-hari,banyak terjadi disekitar kehidupan orang banyak namun sering terlupakan. Namun dituliskan dengan menarik, tidak berlebih-lebihan...dengan kata lain keren dah pokoknya...Love this book...
Citra Satriafi
Feb 17, 2021 rated it really liked it  ·  review of another edition
Satu kata saja: edan.

Oke, tambah sedikit kalau kurang. Ini kumcer pertamaku setelah banyak tahun istirahat membaca. Di awal, cerita-ceritanya terkesan menyeramkan dan menekan batin (setidaknya batinku). Sempat berhenti lama baca ini dan kembali baca setelah mencoba menguatkan diri, akhirnya sampai di akhir. Setelah akhir, aku benar-benar ingin tambah lagi.
Sudah, itu saja.
Tri Tanto
Kesalahan saya adalah berharap lebih dari Kuda Terbang...
R-Qie R-Qie
11 cerpen dalam buku ini bukan kisah-kisah yang mudah dimengerti. Beberapa judul awal malah membuat saya kesal. Pembukaannya manis, meski terkadang detailnya terlalu terperinci hingga menimbulkan tanya ini sebenarnya cerita tentang apa. Di pertengahan mulai menangkap ide cerita dan merasakan keseruan dan rasa penasaran. Tapi endingnya? Rasanya seperti dihempas begitu saja saat berada di puncak permainan roller coaster. Mungkin otak saya saja yang tak bisa sampai pada jalan pikiran penulis. Sehin ...more
Sulung  Mardinata
Nov 15, 2012 rated it it was amazing
Kesederhanaan, mungkin hal itulah yang membuat karya-karya Linda membekas diingatan pembacanya. Linda tidak banyak menggunakan kata-kata sulit atau memukau dalam karyanya, namun justru kesederhanaan Linda dalam berkata-kata lah yang membuat saya jatuh cinta pada Rahasia Selma.
Seperti dalam cerita "Pohon Kersen". Mengambil sudut pandang seorang anak kecil, Linda sukses menyuarakan dunia anak-anak yang penuh kepolosan dan kesederhanaan dengan tokohnya. Saya justru kejutan yang disampaikan Linda d
...more
Josephine Winda
Dec 23, 2014 rated it liked it
Baru saja menyelesaikan buku kumpulan cerita pendek ini. Kata-kata yang muncul secara simbolis sangat indah, penggambaran yang tidak biasa, unik dan sukar dilakukan. Tema yang diangkat juga tema-tema yang tersingkirkan seperti pelecehan anak, lesbian, kegilaan dan sebagainya. Hanya saja saya kurang dapat menangkap atau merangkum makna utama atau akhir dari masing-masing cerita pendek ini.

Dua cerita pertama yang paling saya nikmati adalah pohon kersen dan menunggu ibu. Pohon kersen bercerita ten
...more
Sweetdhee
Feb 25, 2011 rated it really liked it
kumpulan cerita pendek ini mengagumkan..

kelam
membuat saya bergidik
setiap cerita menyimpan getir
di tiap kisah ada pahit
dalam setiap bab menyiratkan cinta
tersembunyi dalam deskripsi
aku suka
walau suram

favorit?
Pohon Kersen
yang sebatang kara
ah, deskripsi yang memabukkan..

*terimakasihbuatabangtukanggalondankakroos*
Leonart
Suka sekali sama kumcer ini, cerita-cerita dalam kumcer ini tidak lantas masuk ke dalam jurang pesan sarat moral, kedua, penokohan tokoh-tokohnya itu maksimal...baca habis sekali duduk...

Salah satu buku yang mungkin dalam waktu mendatang akan kembali saya baca ulang...
Dian Hartati
Jun 10, 2010 rated it liked it
Shelves: kumpulan-cerpen
aku juga punya rahasia, Selma
Dodi Prananda
Feb 19, 2013 rated it it was ok
Linda Christanty memang tidak hanya menunjukkan kiprah yang baik di dunia jurnalis. Ia juga cukup tersohor atas kiprah menulisnya. Di dunia kepenulisan prosa, tahun 2004 silam Linda Christanty hadir dengan Kuda Terbang Maria Pinto, buku yang meraih penghargaan Khatulistiwa Literary Award 2004. Kini, Linda hadir kembali menyapa para penikmat sastra Indonesia melalui sebuah buku kumpulan cerpen yang memikat bertajuk Rahasia Selma.

Rahasia Selma merupakan salah satu judul cerita yang termaktub dalam
...more
Puri Kencana Putri
Oct 15, 2017 rated it really liked it
Membaca buku ini di Hari Minggu seperti tengah mempersiapkan hati dan pikiranmu untuk hari selanjutnya. Mungkin karena Linda telah menghabiskan waktu dan tenaganya untuk mengisahkan fiksi yang tampil apa adanya. Sesaat bisa membuat mata kita basah, atau memang kita sebagai pembaca tidak diberikan beban moral sebagaimana laiknya novel novel yang berkelas memiliki suasana tersebut. Kisah Drama nampaknya paling berkesan buat saya. Linda seperti ingin memperkenalkan konflik Aceh dengan caranya sendi ...more
Gloria Fransisca Katharina
Apr 04, 2019 rated it it was amazing
Cerpen Kak Linda seperti berada pada hasil observasi dan reportasenya sendiri. Khas jurnalis.
Hapudin
Jan 15, 2018 rated it really liked it  ·  review of another edition
Kumpulan cerpen yang memiliki ragam tema dan pembelajaran.
Resensi lengkapnya ada di link ini: https://bukuhapudin.blogspot.co.id/20...
...more
Dina Layinah Putri
Jan 04, 2018 rated it really liked it
Linda Christanty itu salah satu cerpenis yang berhasil mengganggu pikiran saya. Karya-karyanya bernas. Seorang sastrawati yang tulisannya perlu kamu baca.
VaaRida
Nov 11, 2018 rated it really liked it
kumpulan cerita yang tidak bisa dibaca dalam sekali baca, karena bukan sekedar bacaan perlu dipahami apa maksud dari cerita ini.
Misni Parjiati
Jun 20, 2014 rated it liked it


Selain seorang jurnalis, Linda Christanty juga seorang sastrawan. Kuda Terbang Maria Pinto karyanya meraih Khatulistiwa Award 2004 untuk kategori buku fiksi terbaik.

Seperti halnya karya nonfiksinya, cerpen Linda Christanty bersoal cerita keseharian manusia yang melawan ketidakadilan, trauma, dan sebagainya. Potret orang cabul yang berlindung di balik nama agama pun tergambar dalam salah satu cerpen. Potret ketidaknormalan yang kerap kita dapati dalam berita.


Pohon Kersen
Cerpen ini diawali oleh de
...more
Nisa diani
Jun 27, 2010 rated it liked it
1. Kemasan


Membaca kumpulan cerita “Rahasia Selma” adalah seperti membaca sebuah cerita tuturan. Saya cukup tergelitik dengan judul buku “Rahasia Selma”. Rahasia Selma sendiri adalah merupakan salah satu judul cerita dalam kumpulan cerita. Entah apa yang mendasari penulis memilih judul Rahasia Selma? Saya sendiri kurang paham. Nyata-nyatanya saya tidak menemukan benang merah antara satu cerita dengan cerita yang lain yang mengaitkan dengan judul buku ini. Ya, Rahasia Selma.


Sama seperti ketika sa
...more
Asri Pandanwangi
Sep 20, 2011 rated it really liked it
Awalnya saya tidak terlalu faham, mengapa “Rahasia Selma”, buku kumpulan cerita karya Linda Christanty ini dikategorikan sebagai realisme mencekam, sampai saya kelar membaca beberapa ceritanya. Linda menyodorkan kenyataan yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari; wacana keberagamaan, sosial, seksualitas, dan percintaan yang kontroversial! Kita seolah dipaksa keluar dari zona ‘nyaman’, melihat kenyataan pahit yang ada atau karena itulah dikatakan mencekam!

Seorang anak terpaksa menerima keadaan
...more
Adek
Jan 22, 2013 rated it liked it
Pohon Kersen
Si aku dan pohon kersen yang begitu akrab. Aku menjadikan pohon kersen sebagai rumah jiwanya, rumah terbaik yang ia punya setelah kakeknya. Ayah ibu yang sibuk cenderung tidak peduli menambah panjang daftar kebungkaman aku dan masalah yang membelitnya. Bagaimana mungkin bercerita kepada kakek yang tengah sedih tentang cucu angkatnya yang binatang itu setelah ditinggalkan pula oleh penjual ikan kesayangannya.

Menunggu Ibu
Sedih lagi. Lebih perih. Aku kehilangan ibu yang sakit. Aku dan E
...more
Biondy
From Goodreads:
Setelah Kuda Terbang Maria Pinto karya Linda Christanty meraih Khatulistiwa Literary Award 2004 untuk kategori buku fiksi Indonesia terbaik, kini Linda kembali lagi dengan cerita-ceritanya tentang dunia hari ini dalam Rahasia Selma. Rahasia orang-orang yang berjuang melawan ketidakadilan, trauma, doktrin, mitos, kesunyian, atau bahkan apa yang mereka sendiri tak tahu. Cerita-cerita ini meluaskan pandangan kita tentang manusia dan kemanusiaan, sampai ke batas-batas terjauh yang dim
...more
Nia F. S. Kartadilaga
Nov 25, 2016 rated it really liked it
Shelves: milik-pribadi, lokal
Membaca tulisan Linda Christanty, bagi saya, tidak terlalu spesial karena banyak sekali penulis lokal (baik penulis laki-laki maupun perempuan) yang mengangkat tema serupa. Apa yang membuatnya menarik, kemungkinan, karena Linda Christanty piawai dalam meramu tulisannya sehingga memiliki ciri khas tertentu. Sepertinya, teman-teman saya yang menjadi fans berat Linda Christanty tidak salah ketika mereka menyatakan beragam pujian yang ditujukan kepada tulisan-tulisannya.

Rasanya tidak salah jika tuli
...more
Afifah
Feb 22, 2015 rated it liked it
Shelves: owned, 2015
Complicated. Beberapa cerita horor ala Criminal Minds, ada yang ceritanya menurutku deep karena mengangkat isu yang terkesan tabu tapi tidak menghakimi. Dan ada juga beberapa cerita yang kurang panjang penjelasannya, jadi seperti menggantung. Terakhir, ada cerita yang memang tidak aku mengerti arti maupun maksudnya apa.

1. Pohon Kersen (Agak sulit untuk memahami jalan cerita pada awalnya. 2 stars)
2. Menunggu Ibu (Creepy. 2 stars)
3. Kupu-Kupu Merah Jambu (Horror. 2 stars)
4. Mercusuar (Cerita perta
...more
Rana Wijaya
Apr 25, 2011 rated it liked it
Shelves: kumpulan-cerpen
11 kisah-kisah pendek disuguhkan dengan tuturan ringan. Setiap satu kisah pendek, kita bisa diajak kemana-mana dan ‘melihat’ si tokoh sedang melakukan sesuatu yang sederhana tapi kita tidak merasa si pengarang sedang memubazhirkan kata-kata demi untuk memenuhi persyaratan tentang berapa jumlah halaman sebuah cerita pendek.


Favorit saya di buku Kumpulan Cerita karya Linda Christanty ini adalah “Menunggu Ibu”. Cerita ‘biasa’ tentang seorang anak yang dibesarkan oleh ibu yang gila. Sembilan dari se
...more
Mandewi
Jul 07, 2014 rated it it was amazing
Saya menutup buku ini dengan perasaan bahagia. Semua cerpen dalam kumcer ini, saya suka. Tapi ada satu cerpen (judulnya: Drama) yang setelah saya baca dua kali, belum juga saya pahami maksudnya. Gaya menulis Linda C., saya suka (baca: sesuai selera saya).

Saya suka cara Linda C. menggambarkan tentang berbagai macam (karakter) ibu di beberapa cerpennya. Saya suka cara Linda C. menceritakan sedihnya tak bisa memiliki, bukan-hal-luar-biasa-nya perselingkuhan dan bahayanya efek pelecehan seksual/pros
...more
Ayu Fitri
Sep 04, 2014 rated it liked it
Aku kasih 3 bintang.
Kayaknya aku pilih waktu yang nggak tepat buat baca kumcer ini.
Sastranya kental banget dan termasuk sastra yang pake metafora gitu.
Aku nggak pahaaam :p

Ada 4 cerita yang aku suka dan lumayan aku ngerti, hehe.
Judul-judulnya:
-Menunggu Ibu
-Para Pencerita
-Jazirah di Utara
-Ingatan

Dan di antara keempat cerita itu aku paling suka Para Pencerita.
Mungkin karena paling sederhana bahasanya jadi gampang kumengerti kali ya :D

Oh ya, aku setuju sama blurb kumcer ini.
Cerita-cerita di kumcer i
...more
Juinita Senduk
Jan 21, 2017 rated it really liked it
Pilihan kata yang indah, dirangkum dengan kalimat-kalimat yang sederhana, dan tidak berpanjang-panjang, tetap tidak membuat saya dapat melahap buku ini dengan cepat.

Entah kenapa, setiap kalimat yang berada pada setiap kisah, memaksa saya untuk berpikir dan merenung, berusaha mencari makna yang berada di balik kisah Rahasia Selma, atau Babe yang membuat saya terhenyak di akhir cerita atau dengan pilu merasakan kepolosan seorang anak perempuan pada cerita Pohon Kersen.

Terlepas dari pilihan kata ya
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Laut Bercerita
  • Totto-chan: The Little Girl at the Window
  • 9 dari Nadira
  • Malam Terakhir: Kumpulan Cerpen
  • Kekasihku
  • Tidak Ada New York Hari Ini
  • Di Tanah Lada
  • Orang-Orang Oetimu
  • Perempuan Yang Dihapus Namanya
  • Kawitan: Kumpulan Puisi
  • Entrok
  • Saman
  • Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi
  • Perjamuan Khong Guan
  • Ayat-Ayat Api: Kumpulan Sajak
  • Anjing Gunung
  • Belajar Lucu dengan Serius
  • Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
See similar books…
75 followers
Linda Christanty adalah sastrawan-cum-wartawan kelahiran Bangka. Pada 1998, tulisannya berjudul “Militerisme dan Kekerasan di Timor Leste” meraih penghargaan esei terbaik hak asasi manusia. Kumpulan cerita pendeknya Kuda Terbang Maria Pinto memperoleh penghargaan Khatulistiwa Literary Award 2004. Dia sempat bekerja sebagai redaktur majalah kajian media dan jurnalisme Pantau (2000-2003), kemudian m ...more

Related Articles

  Here at Goodreads, we've noticed that a funny thing tends to happen when we start talking about audiobooks: The same few titles get...
59 likes · 15 comments
“Semakin banyak yang kuketahui tentang dirinya, semakin ia tak menarik lagi.

Hubungan kita bisa panjang, karena aku tak tahu seluruhnya tentang dirimu.”
11 likes
More quotes…