Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Entrok” as Want to Read:
Entrok
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Entrok

by
3.94  ·  Rating details ·  1,294 Ratings  ·  230 Reviews
Marni, perempuan Jawa buta huruf yang masih memuja leluhur. Melalui sesajen dia menemukan dewa-dewanya, memanjatkan harapannya. Tak pernah dia mengenal Tuhan yang datang dari negeri nun jauh di sana. Dengan caranya sendiri dia mempertahankan hidup. Menukar keringat dengan sepeser demi sepeser uang. Adakah yang salah selama dia tidak mencuri, menipu, atau membunuh?

Rahayu, a
...more
Paperback, 282 pages
Published April 5th 2010 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
lita
May 04, 2010 rated it really liked it
Shelves: novel-indonesia
I moved this review to my blog
Dinyah
Jul 31, 2010 rated it really liked it
Jangan tertipu dengan warna sampul buku ini yang cenderung lembut dan manis. Warna merah muda yang dominan, krem serta hijau, yang mungkin biasanya mudah kita lihat sebagai ciri-ciri karya chick-lit, bisa jadi dipilih oleh penerbit dan penulis demi menyamarkan apa yang sebetulnya dikandung buku ini. Apalagi kalau Anda cuma membeli buku ini karena tergiur gambar seorang perempuan yang sedang berusaha mengaitkan beha hijau kembang-kembangnya lantas membayangkan kisah-kisah seksual serbatanggung ba ...more
Alluna
Apr 07, 2013 rated it it was amazing
Ini Entrok..

Entrok adalah beha..


***

Beberapa orang temanku menyebutkan dalam reviewnya kalau tema buku ini adalah Uang! Tapi aku tidak setuju dengan mereka. Sama seperti buku Ronggeng Dukuh Paruk yang seringkali dinilai hanya berdasarkan kisah romansa antara Rasus dan Srintil, aku juga tidak rela kalau buku ini dinilai sedangkal itu. Buku ini bercerita tentang feminisme, sosial politik, dan yang paling penting.. Buku ini bercerita dengan gamblang bagaimana teror negara terhadap rakyat kecil di ma
...more
an
Jun 15, 2010 rated it liked it
Shelves: novel
duduk di pojokan, matikan akses internet dan... siap merenung bersama entrok

mungkin itulah gambaran yang tepat untuk memulai kisah perjalanan ini. bukan novel yang berkisah dalam hitungan bulan, minggu apa lagi hari, namun tahun. bertahun-tahun antara 2 generasi, yang mengenal huruf dan yang belum, yang mengenal tuhan dan yang belum, yang hidup adalah kerja keras dan yang hidup adalah ilmu. perbedaan generasi dalam satu periode waktu ternyata membawa permasalahan pelik namun tetap mempertahankan
...more
Nisa diani
May 10, 2010 rated it really liked it
Ketika saya membaca Entrok, saya merasa Entrok seperti sebuah kaset kusut yang diputar berkali-kali di telinga saya, karena saya terlanjur terlalu sering mendengar cerita ibu saya, . Saya jadi membenci buku ini, karena buku ini benar. Saya membenci buku ini karena polemik itupun yang saya dengar dari ibu saya berulang-ulang. Saya jadi merasa menjadi Rahayu. Ibu saya yang juga mengalami masa gadis antara rentang waktu yang sama dengan Marni. Ia pun mengalami pergolakan yang sama dengan Marni. Dia ...more
Irwan
Jan 03, 2012 rated it really liked it
Shelves: 2012, finished
Mari baca buku ini. Buku yang bagus. Penulisannya prigel. Isinya dalam. Jangan terkecoh dengan kemasannya yang mirip chicklit :-)

Entrok (kutang) menjadi simbolisasi yang bagus dan awal yang cerdas dari kisah hidup seorang rakyat biasa di jaman rejim militer. Memiliki entrok menjadi permulaan sebuah ambisi besar seorang rakyat kecil untuk hidup layak dan dihormati. Perjalanannya mencari harta, dengan segala pengetahuannya yang tradisional dan terbatas, membuatnya berbenturan dengan berbagai eleme
...more
Marissa Sony Fajarnur
Feb 03, 2017 rated it really liked it
Oh..entrok itu artinya kutang atau beha to..baru tau. Keren ini novel tajem kritik sosialnya. Entrok ini sifatnya simbolik start of the beginning..jangan mikir macem2 ini bukan kisah tentang perempuan sundal, lonte, perek, pelacur dkk bukan ya. Ini perjuangan dari 2 sisi tokoh dalam cerita, Marni dan anaknya Rahayu. Berkisah tentang Marni yang bermula ingin memiliki entrok atau kutang, dia memulai perjuangannya untuk mendapatkan entrok dengan mengumpulkan rupiah demi rupiah mulai dari menjadi pe ...more
Mark
Jun 22, 2010 rated it it was ok
I still consider that reading a work of fiction with footnotes is weird. But without them, I'd probably won't understand what were the underlying premises behind (most parts) of the stories. Like this debut novel by Okky Madasari, "Entrok" (means bra in Javanese language).

I can say that I got some useful insights about rural Javanese people, the poor and uneducated class, from this book. It showed me that it is important to understand backgrounds (may they be social-cultural, economic, education
...more
htanzil
Apr 23, 2010 rated it liked it
Shelves: buntelan
Novel Entrok merupakan kisah kehidupan dua orang perempuan Sumarni, yang biasa dipanggil Marni dan anaknya, Rahayu. Marni adalah seorang perempuan pemuja leluhur (animisme) yang ulet untuk meraih apa yang diinginkannya, karakternya ini mulai terbentuk sejak ia beranjak remaja. Ketika payudaranya mulai menyembul timbullah keinginan untuk memiliki Entrok (pakaian dalam perempuan) seperti yang dimiliki oleh teman sebayanya.

Keinginannya yang sederhana ini menjadi tak masuk akal karena sebagai keluar
...more
Mobyskine
May 06, 2018 rated it it was amazing
Entrok yang bawa saya mengembara ke rentang waktu pasca revolusi di tanah Indonesia. Kisah dua generasi yang hampir berkisar dengan satu perasaan yang sama, memelihara leluhur dan kepercayaan, mengais hidup di zaman rejim militer-- "betapa nasib tidak pernah ada yang bisa menebak."

Kisah cekal Marni yang buat saya terkagum-kagum sendiri. Kisah Rahayu yang lebih kepada mencari diri yang akhirnya pulang dengan satu takdir yang tak tersangka. Banyak hal di buku ini yang menginsafkan. Buat saya lebih
...more
Ivan
Nov 30, 2012 rated it it was amazing
Sebenarnya agak canggung membaca buku ini pertama kali. Betapa tidak, desain cover buku yang berupa ilustrasi punggung seorang wanita yang akan memasang BH berwarna hijau ditubuhnya itu membuat saya agak geli. Ditambah lagi setelah membuka cover plasik buku ini. Melihat daftar isi buku ini yang berbau magis seperti tuyul, dewandaru dan kembang setelon membuat saya agak risih juga pertamanya. Akan tetapi hal ini berubah total setelah aku membaca habis buku ini. Memang sih pada akhir ceritanya ngg ...more
Teguh Affandi
Apr 09, 2014 rated it really liked it
Novel ini sudah di rak buku sejak awal 2013, ketika ada pameran dan Entrok dibandrol hanya 20.000. Tetapi pagi ini sebelum mencoblos di tanggal 9 April 2014, saat merapikan dan bersih-bersih debu di rak, menemukan buku ini. Tiba-tiba tergerak untuk membaca beberapa halaman dan DUUUUUER!!.

Bandingkan dadaku dengan dada simbok yang besar, kendor, dan menggelantung seperti pepaya.

Diam-diam aku mulai tak nyaman dengan dadaku yang mringkili.

Ini entrok. Ada dua segitiga yang bisa menutup gumpalan dada.
...more
Litsa Khaya
Nov 09, 2017 rated it it was amazing
yak buku feminis ketiga di bulan ini, ahh bener-bener buka cara pandang saya deh
Wirotomo Nofamilyname
#111 in 2015.

Ini buku yang perlu dibaca orang-orang yang senang bilang "Enakan jaman Soeharto". :-)
Buku ini berhasil menggambarkan kesusahan rakyat kecil saat pak Harto berkuasa, dengan mau menang sendirinya para tentara dan pejabat daerah, dan menyusahkan masyarakat. Bahkan di akhir cerita ditampilkan kisah penggusuran waduk Kedung Ombo. Dimana banyak warga yang tidak mau pindah dan menerima ganti rugi yang hanya Rp 300 per m2 (sumber lain menyatakan Rp 250 per m2). Padahal Mendagri, Soepardjo
...more
Dani Noviandi
Jan 15, 2012 rated it it was amazing
Uang!

yup,tema besar buku ini adalah uang,bukan ENTROK! masih bingung apa itu entrok?coba googling lah,jangan males.

sempet skeptis sama buku ini,walopun gak terlalu tebel,tp pas blm baca,kok kayanya gak banget ya bukunya,kaya buku aneh gt,hehe..ternyata tidak sodara2,buku ini menarik! buku ini mungkin bakal dibredel kalo terbit pas orde baru,dan memang buku ini agak keras (beda kan ama entrok,masa entrok keras ). selain itu,buku ini mampu membius,sumpah deh,kesel sendiri baca buku ini,emosinya d
...more
A.A. Muizz
Nov 13, 2015 rated it really liked it
Ngenes sekali orang-orang yang hidup di zaman orde baru. Apa-apa dikit, diperas aparat supaya selamet. Apa-apa dikit yang nggak sesuai dengan keputusan sepihak aparat, dicap PKI. Apa-apa dikit, disiksa, dibunuh, sampai dipenggal kepalanya. Dan saya yakin, sifat-sifat bengis itu masih terwariskan sampai sekarang, meski mungkin tak segamblang zaman orde baru.
Zeventina OB
May 11, 2010 rated it liked it
Judul : ENTROK
Penulis : Okky Madasari
Ilustrator : Restu Ratnaningtyas
Tebal : 282 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-979-22-5589-8


”Entrok” berisi kritik sosial dan kegelisahan terhadap kesewenang-wenangan “aparat berbaju loreng” di desa Singget era 1950-1994. Kompleksitas kehidupan masyarakat desa lapisan bawah yang sudah kehilangan toleransi, kerasnya kehidupan dan kecurangan pemilu partai kuning mewarnai isi novel ini bersama lika likunya.

Entrok sendiri berarti segitiga penutu
...more
Dieyana Ayuni
Aug 14, 2018 rated it really liked it
Shelves: indonesian-books
Sedih betul endingnya. Tapi rasanya seluruh cerita pun sedih. Sedih, terhimpit, ditekan, menekan. Aaah!
Sulin
Dec 05, 2015 rated it really liked it
Haweeuuuhhh, akhirnya selesai juga saya baca buku satu ini.
Sebenarnya, waktu yang dibutuhkan buat membaca tidak lama, 2 hari saja. Tapi menundanyaaa 6 bulan sendiri.
Mengapa saya menunda?
Nyeriii, buku ini berhasil membuat saya sakit hati sampe megap-megap dan nggak kuat banget nahan sakitnya itu. Perih banget. Parah. Akhirnya pending buat baca, baca-baca buku lain dulu sampai siap buat nerusin. Kasih daaah bintang empat!! Buat kenyesekan dada yang baru pertama kali dirasain pas baca novel.

Sebener
...more
Desty
Mar 30, 2012 rated it it was amazing
Sebagaimana gadis remaja yang sudah memasuki masa pertumbuhan sekunder, payudara milik Marni juga mulai bertumbuh. Ada yang janggal dirasaka oleh Marni terhadap perubahan tubuhnya itu. Perempuan di desanya memang jarang memakai entrok untuk menyangga payudara yang membesar. Kepemilikan entrok seperti menunjukkan status. Hanya orang berduit yang punya entrok. Marni kecil tidak putus asa, dia akan bekerja demi memiliki entrok. Jadi kuli pun tak mengapa.


Semangat juang Marni untuk mengubah hidupnya
...more
Rizki Ramadan
Apr 11, 2013 rated it it was amazing
Okky Madasari dengan begitu memukau akan membuat kita kesal dan marah terhadap rezim orde baru. Kisah Marni dan Rahayu, dua tokoh ibu-anak yang jelas berbeda generasi terpaut pada perkara kekuasaan di negeri ini era 70-90an. Marni, sang ibu yang pekerja keras dan memiliki banyak penghasilan harus menyetor pungutan liar dari aparat keamanan setempat. Hampir setiap minggu petugas datang minta jatah. Makin hari penghasilan Marni makin membanyak. Sialnya, semakin banyak pula jumlah setorannya yang h ...more
Yenita Anggraini
May 05, 2015 rated it really liked it
Jangan terkecoh dengan sampul novel ini yang sangat cerah khas warna-warna buku chicklit. Sebaliknya, walau disajikan dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami, novel ini sungguh kaya. Sebelum membahasnya, alangkah baiknya jika kita mengetahui cara pengucapan Entrok. E pada entrok dilafalkan seperti melafalkan E pada edan. Dan huruf K tidak disebut dengan jelas. Sudah bisa? Mari kita mulai membahas entro’.

Novel ini menyajikan dua sudut pandang yaitu sudut pandang Marni , sang ibu dan Rahayu,
...more
Happy Dwi Wardhana
May 10, 2016 rated it it was amazing
Fyuhh... menyelesaikan novel ini seperti habis naik roller coaster. Perasaan diaduk-aduk dengan konflik2 yang tak kunjung usai dari awal hingga akhir cerita.

Saya jadi ingat membeli buku ini ketika ada pameran dan hanya dibanderol 10 ribu. Itu pun masih bertengger di rak buku hampir setahun. Ketika buku2 baru dan lagi 'hits' habis dilahap, barulah segel novel ini saya sobek.

Cerita ini bermula dari Marni yang tumbuh besar di desa Singget kemudian menikah dan mempunyai putri bernama Rahayu. Kedua n
...more
Sian
May 01, 2011 rated it really liked it
Ketika membaca judul buku ini, ingatan saya langsung terlempar pada kata yang sering diucapkan nenek-nenek saya, tapi dalam hati "masa iya sih..." ternyata memang itu yang dimaksudkan. Buku ini telah merebut perhatian saya sejak saya membaca judulnya, dan saya tidak menyesal membeli buku ini.

Entrok, yang merupakan pakaian dalam wanita, berbeda dengan bra/BH seperti yang tergambar di cover depan. Paling tidak di zaman Murni remaja, pada umumnya entrok masih dibuat oleh penjahit rumahan, bahkan t
...more
Nike
Aug 07, 2010 rated it really liked it
Ah, saya beneran baru tau banyak bahasa Jawa setelah membaca buku ini. Salah satunya 'entrok' yang menjadi judul novel ini, yang artinya bra atau bh (pakaian dalam perempuan). Saya pikir novel ini bercerita tentang anak beranjak gede di lingkungan Jawa jaman-jaman dulu, waktu bra masih langka. Ternyata saya sedikit keliru, karena ga cuma bercerita tentang Marni yang pengen banget punya entrok dan masa remajanya yang berambisi untuk menjadi lebih baik dalam hal ekonomi tapi novel ini ternyata leb ...more
Rizqa Ridina
Nov 06, 2012 rated it it was amazing
Ketika saya membaca buku ini, saya merasakan jatuh cinta sekaligus benci. Saya merasakan sakit dan pahit dalam setiap lembarnya, ironis, tapi cerdas dan adiktif. Sebuah buku dari perspektif yang beda. Entrok mengangkat kenyataan pahit yang mengakar dalam masyarakat sejak lama (dan sayangnya hingga sekarang), orang memandang segalanya berdasarkan praduga dan penilaian umum, tanpa berusaha tau kebenaran atau mendekonstruksi jejak apapun. Dalam buku ini, perasaan dipermainkan. Mungkin bukan logika ...more
Mandewi
Apr 21, 2014 rated it it was amazing
Lima bintang untuk cerita Marni dan empat bintang untuk cerita Rahayu. Tidak ada masalah dengan gaya bertutur karena Entrok cocoklah dengan selera saya. Lagi-lagi, saya suka gaya 'berbicara' Marni yang ceplas-ceplos, njawa dan apa adanya. :)))

Saya juga dibuat terkesan dengan Marni. Orang desa, tidak sekolah, tapi memiliki pemikiran yang luar biasa. Bahwa pengalaman adalah guru paling berharga.

Oiya, di pembukaan, ceritanya Rahayu sedang bicara dengan ibunya. Rahayu memakai PoV2. Tapi di beberapa
...more
Ega
Feb 25, 2013 rated it really liked it
Shelves: drama
Entrok artinya BH, bra, salah satu benda wajib kepunyaan perempuan. Novel yang berjudul Entrok ini berkisah perjuangan dua orang berbeda generasi, Marni, dan anaknya Rahayu. Mereka berdua ibu dan anak yang amat tidak harmonis.

Alkisah, Marni kecil hidup di zaman yang memprihatinkan. Dimana ibunya cuma seorang kuli pengupas singkong di pasar. Diupahi bukan dengan uang, tetapi dengan singkong. Bisa jadi ibu Marni tak pernah memegang uang. Pada suatu ketika Marni yang tengah beranjak dewasa, dimana
...more
Rose Gold Unicorn
Jan 18, 2012 rated it it was amazing

Judul Buku : Entrok
Penulis : Okky Madasari
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2010
Tebal : 282 halaman


“Untuk mereka yang menyimpan
Tuhan masing-masing
dalam hatinya”



Dalam hidup, kita semua pasti pernah kan beda pendapat sama orang lain? Entah itu mengenai pandangan tentang cinta ataupun hal-hal sensitive lainnya seperti masalah keluarga dan pernikahan. Namun bagaimanakah rasanya kalau kita berbeda pendapat dengan ibu kita sendiri? Tak tanggung-tanggung. Dalam hal ini, misalnya, berbeda
...more
Muhammad
May 07, 2012 rated it it was amazing
Shelves: my-library
Marni, perempuan Jawa buta huruf dan sangat kuat menjunjung adat leluhurnya. Sejak kecil dia hidup melarat bersama ibunya. Keadaan itu membuatnya bertekad untuk mengubah nasib keluarganya. Dia ingin keluarganya hidup sejahtera dan anaknya kelak bisa menuntut ilmu setinggi-tingginya. Apapun dia lakukan untuk mewujudkan hal itu. Menjadi kuli angkut di pasar pun dia lakukan meskipun hal itu tidak lazim bagi perempuan. Semua kerja kerasnya berbuah manis. Dia akhirnya mampu mewujudkan semua impiannya
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Gadis Kretek
  • Tanah Tabu
  • Pulang
  • Amba: Sebuah Novel
  • Manjali dan Cakrabirawa
  • Lampuki
  • Kitab Omong Kosong
  • Canting
  • Rahasia Selma: Kumpulan Cerita
  • Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
  • Olenka
  • Selama Kita Tersesat di Luar Angkasa: Kumpulan Cerita Absurd
  • Orang-orang Proyek
  • Gadis Pantai
  • Katarsis
  • Pintu Terlarang
  • Semusim, dan Semusim Lagi
188 followers
Okky Madasari won Khatulistiwa Literary Award 2012 for her third novel, Maryam. Maryam is about how followers of religious minority group tries to survive from the oppression of the majority and mainstream view, with beauty of Lombok Island as the main location of the story.

Okky’s first novel, Entrok (2010) highlights relations between a mother and her daughters in the backdrop of religious plura
...more
No trivia or quizzes yet. Add some now »
“Ealah.. Nduk, sekolah kok malah membuatmu tidak menjadi manusia.” 14 likes
“Cinta mungkin hanya sebuah kata kecil yang belum ditemukan, terselip di antara segala kemudahan dan kenyamanan.” 10 likes
More quotes…