Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Drunken Marmut: Ikatan Perkumpulan Cerita Teladan (Cicitan Harimau Pidi Baiq)” as Want to Read:
Drunken Marmut: Ikatan Perkumpulan Cerita Teladan (Cicitan Harimau Pidi Baiq)
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Drunken Marmut: Ikatan Perkumpulan Cerita Teladan (Cicitan Harimau Pidi Baiq)

3.97  ·  Rating details ·  746 Ratings  ·  69 Reviews
"Pokoknya besok harus dibuang”.

“Iya”.

“Tidak ada alasan!”.

“Marmut kan gak tahu kalau itu taman” kata saya membela diri.

“Pemiliknya kan tahu” kata dia.

“Allah memang maha tahu”. Saya langsung suka pada momen dialog yang membahas ketuhanan seperti ini.

“Allah apa?” dia tanya.

“Sang Maha Pemilik?”.

“Apa? Bukan Allah!” katanya. “Yang beli marmutnya”.

“Oh”.

“Yang beli marmut
...more
Paperback, 204 pages
Published August 2009 by DAR Mizan
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Drunken Marmut, please sign up.

Be the first to ask a question about Drunken Marmut

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Bunga Mawar
Jun 07, 2010 rated it it was ok
Baca buku ini ga sengaja.

Kemarin siang, ga ada jam ngajar, main ke perpus. Di kotak buku belakang mbak Lena sang pustakawati, ada buku ini. Hmm, daripada udah masuk perpus ga baca apa2 (koran yang jadi incaran sedang dibaca siswa kelas 5), saya ambil buku ini. Eh iya, dibaca dong. Ah, makin biasa aja ternyata.

Buat saya, kok Pidi Baiq makin kelihatan "tidak baik"nya, ya. Silakan cek, dari sekian cerita di buku ini, ada berapa kalikah dia cerita tidak iseng lalu bagi2 uang/makanan?

Saya kok maunya
...more
Yunia Damayanti
Di buku terakhir ini cerita Surayah makin bikin perut sakit.
Gila! haha ga ngerti kenapa keren banget.. Pelajaran-pelajaran kehidupan juga bisa diterima.
Nanny SA
Oct 21, 2009 rated it liked it
Shelves: jokes-satire, 2009
Karena penasaran jadi bacanya ga lama2. Alhamdulillah bisa selesai cepat
dan alhamdulillah masih bisa ketawa baca ceritanya.
Baca bukuPidi mungkin harus punya 'sense' of Sunda juga jd lebih bisa menghayati dan membayangkan tingkah polah para pelakunya..mungkin ...
Indri
Nov 15, 2009 rated it liked it
hehehe..totto chan versi dewasa.. :)
Meta Morfillah
Jan 24, 2018 rated it really liked it
Judul: Drunken Marmut
Penulis: Pidi Baiq
Penerbit: Pastel books
Dimensi: 204 hlm, 19.5 cm, cetakan I Agustus 2009
ISBN: 978 602 0851 174

Buku ini memuat 17 kisah keseharian penulis yang luar biasa "gila" dan berani melakukan hal berbeda. Hal sederhana bahkan serius bisa dibawa santai dan jadi guyon cerdas ala pidi baiq. Lucu membayangkan kalau ini dibuat film. Berkali saya menggumam "Ini beneran dia lakukan? Kok ada ya makhluk kayak dia?" Hahaha

Misalnya saja keisengan mengajak bicara dan bercanda ora
...more
Nanae Zha
Mar 30, 2018 rated it liked it
Ini buku kedua dari Pidi Baiq setelah Dilan yang saya baca. Awalnya, mendengar karya beliau yang Drunken series begitu banyak mendapat pujian. Saya langsung mengategorikan buku ini ke genre komedi atau humor. Beberapa bagian membuat saya tertawa dan gak habis pikir sama jenis orang seperti Surayah. Gilak! Kok, ada ya, orang seperti ini di dunia?

Tujuh belas cerpen yang tersaji kebanyakan adalah kisah yang dialami Pidi Baiq. Jadi, bahasanya ringan dan mudah dicerna, meskipun mungkin bagi sebagian
...more
Diyah
Jul 18, 2017 rated it it was amazing
Allahu Akbar...!!!
semua cerita yang ditulis pada serial drunken gak ada yang gak sukses bikin ngakak dan mikir. terimakasih surayah dan segala isi semesta telah menciptakan suatu kondisi yang patut diceritakan.
.
.
bagiku, serial drunken ini adalah buku panduan untuk menjadi suami, ayah, masyarakat dan umat yg menyenangkan. bagi calon suami atau suami 'anyaran' diharuskan baca buku ini. terserah mau beli, minjem atau numpang baca di toko buku. disarankan sih beli ya.. biar yang ngalir ke penulisnya
...more
Marissa Sony Fajarnur
Drunken Marmut menyajikan cerita-cerita pendek dengan gaya bahasa khas Pidi Baiq, sederhana dan jenaka. Tapi kurang memorable, mungkin karna berupa cerpen dan saya sering nemu kejadian2 serupa atau malah mungkin saya sendiri yang mengalaminya, hehe.
Tommy Helvin
Feb 09, 2018 rated it it was amazing
i like the sense of humor of Pidi Baiq, i can relate to most of his jokes and stories quite easily, and it's fun and heart warming to read.
Elistiana Siswanti
May 25, 2017 rated it really liked it
Selalunya bisa bikin aku ketawa tiada akhir.
Vera Maharani
Dec 01, 2012 rated it really liked it
Shelves: laugh-out-loud
Saya membaca buku ini dalam rangka iseng. Biasalah, Dira, adik saya, sedang hobi sekali menyetel lagu The Panasdalam, bikin penasaran dengan karya dari sosok yang mengaku Imam Besar The Panasdalam Serikat ini : Pidi Baiq.

Dulu zaman SMA pernah membaca Drunken Monster, buku pertama dari seri Drunken ini. Karena gaya penulisannya yang sengaja menafikan kaidah, sempat merasa agak malas dan skeptis dalam membaca kelanjutannya.

Namun ternyata (untungnya) buku ini sudah lebih rapi daripada pendahulu pe
...more
Sandra Sopian
Aug 07, 2015 rated it really liked it
Drunken Marmut

Serial ke 3 dari buku Drunken-nya Pidi baik. berjudul drunken marmut karena didalamnya ada satu bab yang menceritakan perihal marmut. 2 ekor marmut yang dipelihara di taman depan rumah tapi gak diridhoi keberadaannya oleh si pemilik taman, Si Suribu orangnya. karena katanya di rumah sudah terlalu banyak hewan yang dipelihara ; ada ikan, ada anjing, ada kucing. dan sekarang ditambah dengan 2 ekor marmut ; membuat tatanan di taman menjadi mudah sekali diacak-acak. hingga akhirnya par
...more
Deiya Gama
Apr 09, 2013 rated it really liked it
Buku yang ditulis oleh Pidi baiq ini menceritakan tentang kekonyolan dan keisengan yang sungguh diluar batas wajar seseorang. Ceritanya sulit di tebak, saya nggak tahu, sebenarnya apa saja sich, yang ada di otak penulis itu, mungkin karena banyaknya pengalaman konyol yang ada di hidupnya kali yaa’. Akan tetapi di balik keisengan penulis dalam menjahili siapapun tersebut (meskipun biasanya sang penulis lah yang kena imbas dari keisengannya tersebut), namun selalu ada nilai moral yang dapat dipeti ...more
Sinta Nisfuanna
Aug 28, 2011 rated it really liked it
Shelves: komedi
Saya sering tidak mengerti apa yang sebenarnya ada di dalam kepala Pidi Baiq, bisa jadi lebih dari separuh isinya adalah keusilan. Bocah-bocah disuruh menyanyi koer di kamar mandi; atau ketika Pidi mengajak pegawai baru “ciuman”; atau tukang sate yang harus berkomunikasi lewat kertas dengan Pidi; atau, atau yang lain sebagai bukti tingkat keusilan penulis yang sudah tinggi.

Uniknya. terkadang Pidi tidak sekadar usil tapi juga memiliki “sesuatu” lewat tingkahnya, Saya cukup takjub dengan aksi “bag
...more
Ginan Aulia Rahman
Jun 30, 2010 rated it it was amazing
Buku Drunken Series selalu menitip sebuah tanya setelah kita membacanya; 'sudahkah kita berfoya-foya dalam hidup? sudahkah kita bermain dengan total dengan segala yang kita miliki?"

Seperti biasa Pidi Baiq menulis kisah ajaib dari rutinitas sehari-hari. Pidi adalah raja di bidang kejailan.

Pidi Baiq memelihara 2 marmut bernama Galon dan Termos. Keduanya hidup dengan sejahtera di taman rumah Pidi Baiq. Di kemudian hari 2 marmut itu mengganggu tanaman dan membuat suribu jengkel. Suribu menyuruh Pid
...more
Alvina
May 28, 2014 rated it it was ok
Kumpulan cerita pendek yang saya rasa benar benar dialami si penulisnya, Pidi Baiq. Kisah yang menjadi judul utama buku ini, Drunken Marmut, berupa curhatan Pidi yang dipaksa sang istri (suribu) untuk membuang marmut peliharaannya. Marmut itu mengancam taman apik milik Suribu, jadi ya mau ga mau harus disingkirkan.

Ternyata pidi baiq itu agak sableng ya. Saya cukup menikmati beberapa cerita di buku ini, meski sebagian besar saya malah plonga plongo mikir di mana bagian lucunya. Tapi kan ini bukan
...more
Simbahenom
Apr 03, 2012 rated it really liked it
entah kenapa saya menyukai buku ini, saya memang suka cerita kocak, tapi ya ga suka-suka amat, tapi buku ini membawa sesuatu yang lain dari buku kocak yang pernah saya baca. di sini lebih banyak diceritakan tentang kejahilan aa' pidi, yang selalu aja ngerjain orang. bahkan keluarganya pun tak luput dari ulah isengnya.

tapi tak lupa pula, dibalik keisengan itu ada nilai moral yang bisa dipetik. yah meskipun di sini sering kali setelah berhasil ngerjain orang selalu ngasih sesuatu sebagai balasan (
...more
Asma K
Feb 02, 2014 rated it really liked it
HAHAHAHA. Komentar pertama saya setelah membaca bab awal dalam buku ini. Semacam kombinasi yang menarik setelah membaca Catching Fire (yang berat) kemarin hingga mimpi buruk, kemudian membaca buku ringan yang menggelitik seperti ini.

Saya membaca buku ini ketika menjadi pengawas try out di salah satu acara kampus kemarin. Bukan punya saya, sih. Kepunyaan Dinda, teman seruangan saya yang berbaik hati meminjamkan. Dan (sepertinya) berhasil membuat saya jatuh hati. Bahkan berusaha menyelesaikannya c
...more
Indri Juwono
Sep 13, 2009 rated it it was ok
Shelves: comedy
Sepertinya ini berkaitan dengan perasaan hati saya.

1. Saya membacanya di malam hari, saat yang nggak bagus untuk baca buku komedi, apalagi sesudah menuntaskan 40 lbr Nyanyi Sunyi - Pramudya. Alhasil saya tidak ketawa baca buku ini, karena masih terpengaruh oleh buku PAT itu.

2. Selanjutnya saya baca malam hari lagi.. Sambil makan malam namun tidak bisa konsentrasi karena sambil diganggu oleh si kecil. Jadilah bacanya sepotong2, dan juga ada beberapa bagian sdh pernah saya baca di blog. Dulu sih t
...more
Suci Romayanti
Aug 28, 2016 rated it liked it
Buku kedua dari serial "drunken" karya Pidi Baiq yang saya baca. Untuk judul marmut diambil dari salah satu kisahnya yang bercerita tentang dia yang harus membuang marmut dari taman rumahnya karena merusak tanaman.

"Pokoknya, besok harus dibuang!"
"Iya..."
"Tidak ada alasan!"
"Marmut kan, gak tahu kalo itu Taman," kata saya membela diri.
"Pemiliknya, kan tahu," kata dia.
"Allah memang Mahatahu." saya langsung suka pada momen dialog yang membahas ketuhanan seperti ini.
"Allah apa?" dia tanya.
"Sang Maha
...more
Lilia Zuhara
Mar 29, 2013 rated it really liked it
Pertama kali tau Pidi Baiq, rasanya ga mau berekspektasi apa-apa. Cover bukunya saja sudah cukup absurd buat Saya. Lalu setelah saya mulai baca, wah.

Buat orang-orang yang berekspektasi plot menarik dan buat penasaran, lupakan niat membaca buku ini. Tulisan Pidi Baiq merupakan representasi kata "absurd". Buku ini menggambarkan pemikiran Pidi Baiq yang memang out of the box. Seakan silogisme manusia normal memang tidak cocok untuk ditanam di kepala dia.

Buku ini memberikan sisi lain dari kejadian
...more
Anggi Hafiz Al Hakam
Feb 16, 2013 rated it really liked it
"Kisah masa lalu itu indah. Atau, dia indah karena sudah menjadi masa lalu. Sehingga, apa yang kini tak kita anggap indah, kelak akan berangsur menjadi indah." - hal. 196

Semua cerita dalam buku ini setidaknya berhasil membuat saya nyengir sendiri. Kadang tertawa pada sketsa drama tukang kupat tahu dan seorang kakek di depan warung.

Kiranya, @pidibaiq berhasil membuka dirinya dalam-dalam, untuk sejenak menguak cerita-cerita terpendam yang relevansinya masih kita butuhkan dalam kehidupan hari ini.
...more
Nurul
Sep 16, 2009 rated it liked it
Shelves: indonesia, my-library
Baca di dalam mobil yang berada di atas ferry Bakauheni-Merak. Arus mudik belum juga parah2 amat, tapi ferry ini pake berhenti di tengah laut, nunggu dermaga kosong. Jadi, antara baca kelakuannya bang Pidi, tidur, baca lagi, tidur, nyanyi2 sendiri ngikutin lagu di MP3, baca lagi. Sampe buku ini selesai, itu dermaga belum kosong juga. Tapi kalo bang Pidi bisa nyante, kenape gue kagak? Sayang juga tuh, pas ada orang ngaca di kaca mobil yg gelap (dikira gak ada orang di dalam), pas baru nyari2 buku ...more
Aas Nuraisiyah
Jan 31, 2016 rated it liked it
"Di negara manapun kita berada, Kakak, hal terpenting adalah tetap memastikan diri untuk menjadi manusia yang keren. Manusia warga dunia yang melakukan perbuatan baik dan berguna bagi alam semesta. Semata-mata demi atas nama Tuhanmu, bukan atas nama apapun." -hlm; 136

Buku keempat dari serial Drunken ini makin ngaco. Makin menyadarkan bahwa hidup jangan terlalu dibawa serius. Dan mengingatkan kembali bahwa kamu bisa menciptakan bahagimu kapanpun yang kamu mau.


"..Drunken Marmut adalah cerita kehi
...more
Peni Astiti
Oct 20, 2009 rated it it was ok
ini buku emang ga semenggigit Drunken Mama... rada-rada maksa, kesannya...
mungkin juga karena munculnya terlalu deket sama Drunken Mama, kali, ye... tapi bukan Pidi Baiq namanya, kalo tetep ga bikin kita ketawa ngakak atau minimal grinning lebar-lebar gitu deh....

yang paling gemesin dari buku ini adalah tulisan dengan judul Pacar Magang... asli garing dan malah menginspirasi temenku buat jodohin temennya yang laen dengan acara Pacar Magang... lama-lama muncul reality shownya, gawat juga deh... w
...more
Harun Harahap
Sep 07, 2009 rated it liked it
Shelves: punya, fiksi, indonesian
buku keempatnya telah terbit..sayang sekali launchingnya diadaain di Bandung..padahal gw pengen ketemu sama penulisnya..Sang Jahil, Pidi Baiq..buku yang ga gw tunggu tapi akhirnya keluar ni bikin gw ketawa ngakak di kantor..*oops ketauan deh di kantor malah baca buku bukannya kerja*

bukunya lebih lucu dari yang ketiga yah..kali ni Kang Pidi mulai lagi dengan kejahilannya..gw paling suka dengan Linglung Hansip..duh kasian tuh aki-aki dikerjain sama Kang Pidi..tapi tep dibalik kejahilannya, beliau
...more
Farah Fitria Sari
2.5

Nggak tau ya, kok jadi garing gini? Apa guenya aja yang jadi terlalu serius buat baca atau gimana haha. Terkadang gue menemukan jokes yang dipaksakan. Kalau dibandingkan sama tiga buku Drunken lainnya, menurut gue buku ini yang paling tidak sukses membuat gue tertawa.

Walaupun demikian insight-nya lumayan banyak. Surayah yang sederhana bisa nyempilin semua itu di buku ini dengan kerendahhatian. Salut.
Sutresna
Feb 07, 2015 rated it really liked it
LUCU PARAH! Hahaha! Tulisan mas Pidi yg pertama saya baca sih.

Gimana yaa, saya seneng kalo ternyata cerita di sini ini beneran kejadian yang artinya emang masih ada orang iseng, jail, ramah, lucu, sekaligus berpikiran luas semacam tokoh utamanya. :p

Baca deh. Apalagi yg bagian puisi buat marmut itu lhooo. Ada marmut dinamain Galon dan Termos? Hahaha XD
Dini
Aug 08, 2011 rated it liked it
Shelves: my-own
Beli di Blok M pas abis makan ramen tahun 2010 akhir.

Kisah jenaka yang dituturkan tanpa dosa dan terkesan bijaksana.

Ada kisah pidi mau ciuman ama Pram, ada kisah buang marmut dan pembacaan puisi, ada kisah "mangga pak?" berulang-ulang, ada kisah tebak-tebakan binatang ama istri dan lain-lain.

Kocaklah pokoknya mah :DD
Ditta
Sep 08, 2009 rated it liked it
Shelves: indonesian
masih lebih lucu dibanding mama tapi kalah dibanding molen atau monster...
here we go again...
si akang nu hiji ieu,,,ngga pernah kehabisan ide buat ngejahilin orang
walopun akhirnya kadang2 suka kena sendiri..hahaha...
yang lucu baca endorsment2nya juga..
ada dari dayat sampai mertua..walah!!!
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Revolusi di Nusa Damai
  • Mati Ketawa Cara Rusia
  • Mafalda 4
  • Hanya Salju dan Pisau Batu
  • After Orchard
  • Building Mental Muscle: Conditioning Exercises for the Six Intelligence Zones
  • Tipografi dalam Desain Grafis
  • Jazz 101: A Complete Guide to Learning and Loving Jazz
  • Aku Terlahir 500gr dan Buta
  • Generasi 90an
  • Father Knows Less Or: "Can I Cook My Sister?": One Dad's Quest to Answer His Son's Most Baffling Questions
  • Islam Sehari-hari: Yang Penting, Yang Terabaikan
  • Amelia's Most Unforgettable Embarrassing Moments (Amelia's Notebooks, #16)
  • The Life and Times of Scrooge McDuck: Volume 2
  • Bule Juga Manusia: Petualangan Turis Gila di Indonesia
  • Kicau Kacau: Curahan Hati Penulis Galau
  • Semerbak Bunga di Bandung Raya
  • Ipung 2
1,213 followers
Pidi Baiq adalah seorang seniman yang punya banyak kelebihan. Selain sebagai seorang musisi dan pencipta lagu, ia juga seorang penulis, ilustrator, pengajar dan komikus.
Pidi Baiq mengaku imigran dari surga yang diselundupkan ke Bumi oleh ayahnya di Kamar Pengantin dan tegang.
More about Pidi Baiq