Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “I Can (not) Hear: Perjalanan Seorang Anak Tuna Rungu Menuju Dunia Mendengar” as Want to Read:
I Can (not) Hear: Perjalanan Seorang Anak Tuna Rungu Menuju Dunia Mendengar
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

I Can (not) Hear: Perjalanan Seorang Anak Tuna Rungu Menuju Dunia Mendengar

3.78  ·  Rating details ·  96 ratings  ·  15 reviews
Diam-diam, saya pernah berharap, seandainya saja Tuhan memberi anak dengan menyertakan buku manual, sepertinya hidup akan lebih mudah.

Gwendolyne adalah putri pertama saya dan John. Harus saya akui, sebagai seorang ibu baru, saya clueless-tidak tahu apa-apa. Apalagi, ketika kemudian saya mendapati kenyataan bahwa Gwen memiliki gangguan pendengaran.

Dengan harapan tersisa di
...more
Paperback, 352 pages
Published 2009 by Gagas Media
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about I Can (not) Hear, please sign up.

Be the first to ask a question about I Can (not) Hear

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.78  · 
Rating details
 ·  96 ratings  ·  15 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of I Can (not) Hear: Perjalanan Seorang Anak Tuna Rungu Menuju Dunia Mendengar
Roos
Aug 27, 2009 rated it liked it
Recommends it for: Syl
Recommended to Roos by: Windy A.
Shelves: 2009, truestory
Saya rasa Gwen adalah anak yang beruntung memiliki seorang ibu yang
kuat, tegas disiplin tapi juga lemah lembut hatinya. Juga mempunyai
ayah dan nenek yang selalu mengerti, menjaga, dan mendukung apa pun
yang menjadi keinginan dan kebutuhan Gwen. Saya juga salut terhadap
kejelian orangtua terutama sang Ibu dalam menempatkan Gwen dengan
memilih lingkungan yang tepat meski tidak mudah agar Gwen tumbuh
dengan maksimal, seperti keputusan tinggal di Australia selama hampir
3,5 tahun ataupun keputusan untuk
...more
gieb
Aug 19, 2009 rated it liked it
saya kira, hidup itu hanya terdiri dari momen-momen. ada saatnya kita tak berdaya. ada saatnya kita bergerak menuju. tetapi semua dirangkum dalam satu kata 'hidup'. kadang, orang malah menyalahkan cermin. karena dia tidak bisa menerima hidup yang telah di-given-kan. hidup ibarat kereta. berhenti dari stasiun satu ke stasiun lain. menemui orang dan kejadian serta kesendirian yang tak kekal. tapi di atas semua itu ternyata hidup digerakkan oleh semangat. hidup memang menunggu mati. sambil menunggu ...more
Windy
Aug 28, 2009 added it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Ali
Aug 30, 2009 rated it really liked it
Recommends it for: Windy Ariestanty, Ninis
Shelves: non-fiksi, indonesia
Pernahkah anda mendengar ada orang meninggal karena di gigit gajah? hampir tidak pernah. Tetapi berapa ratus ribu orang meninggal hanya karena gigitan nyamuk?

Beberapa pertanyaan itu saya kutip dari seorang Mario Teguh minggu lalu di sebuah televisi. Selang tiga hari kemudian saya diminta teman editor mereview sebuah buku yang akan diterbitkan Gagas Media, berjudul I Can (not) Hear –Perjalanan Anak Seorang Tuna Rungu Menuju Dunia Mendengar- yang diambil dari kisah nyata.

Usai membacanya saya terin
...more
Sidik Nugroho
May 09, 2014 rated it really liked it
Judul Buku: I Can (Not) Hear
Penulis: Feby Indirani dan San C. Wirakusuma
Editor: Christian C. Simamora
Penerbit: Gagas Media
Tebal: 352 halaman
Cetakan pertama, Oktober 2009

***

Memiliki seorang anak yang normal secara fisik dan psikis, kemungkinan (besar) tak akan mendatangkan banyak masalah, terutama dalam mengajaknya berkomunikasi, belajar, bahkan bermain. Para orang tua tinggal menentukan suatu pola pembelajaran dan pendidikan yang tepat, maka kemungkinan (besar) anak itu akan baik-baik saja. Sebu
...more
Agoes
Oct 03, 2009 rated it it was amazing
A very interesting tale to read. Buku ini menggambarkan dengan cukup spesifik kesulitan apa saja yang dimiliki seorang anak yang dilahirkan dengan kondisi tuna rungu. Meskipun (untungnya) perkembangan teknologi sudah maju, tetap saja banyak kendala yang harus mereka hadapi.

Buku ini menarik karena membuat saya teringat dengan materi kuliah saya dalam mata kuliah psikologi pendidikan lanjutan dan juga psikologi keluarga.

Kondisi yang dialami oleh Gwen tidak saja hanya mempengaruhi dirinya, tetapi j
...more
Ceisarpurba Purba
Jan 17, 2011 rated it liked it
Shelves: non-fiction
I can say this such a detail book. Honest and can be powerful for those who may have disabilities child.

I ever met, even teached children with disabilities in Yogya, kinda autism or something like that, so, i can feel what happen is in this book.

Have a nice man/woman who loves u, parents do too, than have a baby ...beautiful baby with cute smile and laugh. and suddenly u found that the baby can not hear.

U have two options, cryin out every time u see the baby and askin urself or medical reason
...more
miaaa
Aug 19, 2009 rated it liked it
Recommended to miaaa by: Windy Ariestanty
Seringkali dalam hidup kita hanya mendapatkan dua pilihan, berjuang terus atau menyerah begitu saja. San bisa saja menyerah dan mengajari putrinya bahasa isyarat daripada mencoba semua kemungkinan, sekecil apapun kesempatan itu, agar Gwen bisa hidup normal layaknya anak-anak lain.

Tapi dia tidak melakukannya dan di buku ini semua terungkap. Seluruh usaha seorang ibu, tanpa kenal lelah, tidak ingin menyerah, dengan rintangan yang begitu luar biasa agar Gwen bisa mendengar dan berkomunikasi dengan
...more
Fakhrisina Amalia
Oct 26, 2013 rated it really liked it
Apa, ya? Mungkin cuma mau bilang kalau ini adalah buku non-fiksi pertama yang aku suka, pake banget. Mba Feby emang juara. Penulisannya jauh dari kata membosankan meskipun ada beberapa hal yang nggak sinkron kayak penggunaan saya yang nanti-nanti jadi aku. But it doesn't really matter after all.

Cerita ini tipe-tipe cerita yang menggugah hati, inspiring, dan pastinya membuat kita bersyukur dengan apa yang kita punya, juga untuk nggak mudah menyerah. Karena usaha adalah jawaban dari segalanya.

Teri
...more
Ghyna Amanda Putri
Oct 27, 2013 rated it it was amazing
Shelves: punya-sendiri
Aduh baca buku ini jiwa emak-emak saya terpanggil, belum lagi Gwen di cover moe banget, saya sampai bolak-balik buka cover buat bayangin anak kecil cantik yang lahir dengan kekurangan. Oke sip, buku ini bagus banget, apalagi buat para calon ibu (...) dan para wanita, dan siapapun yang punya kepedulian terhadap kaum difabel. Ceritanya dibuat runtun, sederhana tapi kompleks juga. Pokoknya ini memoar yang bagus banget buat dibaca.


(... tumben lah saya ngasih review singkat dan nggak ngaco)
Ferdinand Djasibani
Aug 25, 2011 rated it it was amazing
Klo udah baca buku ini sampe tuntas dan ngeliat Gwen secara langsung pasti gak percaya klo Gwen selain cantik banget *turunan org tuanya kayanya jg anak yg cerdas, aku udh ngeliat Gwen secara langsung soalnya tahun lalu... menurutku guru2 disekolah umum sekali2 harus dikasih pengarahan biar gak mandang anak yg punya keterbatas sebelah mata karena mereka pun sama normalnya kaya anak lain kadang justru mereka lebih cerdas...

GBU mbak San... :)
Dian Maya
May 21, 2012 rated it it was amazing
A very touchy true-story.
Betapa perjuangan & kasih sayang seorang Ibu pada anaknya ditulis secara sempurna dalam buku ini. Wajarlah memang kalau surga dibawah telapak kaki Ibu.
Hebat yah mbak @febyindirani ini, sudah cantik, cerdas pula nulisnya :)
Dessy Rismawan
it describes the pure love and a very tough side from a woman to deal with life.
Venty
Sep 08, 2009 rated it it was amazing
Great books!!!
Lia
Apr 01, 2010 rated it liked it
a strugle of a woman, wife, and mother
Millemus Tommy
rated it it was amazing
Aug 16, 2016
Marcia Sahusilawane
rated it it was amazing
Jan 06, 2010
Okta Dewi
rated it did not like it
Nov 24, 2019
Meg safira
rated it liked it
Jul 21, 2011
Yulia Fadhila
rated it it was ok
Jun 03, 2011
Hendra Laba
rated it liked it
Jun 24, 2013
Indriani
rated it liked it
Aug 31, 2012
Aprilia Khoirunnisa
rated it it was amazing
Aug 05, 2014
Febriandy
rated it it was amazing
Jun 08, 2016
Arinta Setyasari
rated it really liked it
Apr 23, 2015
Tiii
rated it really liked it
Jul 19, 2010
Arleen A.
rated it really liked it
Aug 09, 2014
Fazri
rated it did not like it
May 11, 2010
Lamelia90
rated it it was amazing
Jul 15, 2013
« previous 1 3 4 next »
topics  posts  views  last activity   
Kesaksian 1 1 Jul 02, 2015 02:21AM  

Readers also enjoyed

  • NeuroTribes: The Legacy of Autism and the Future of Neurodiversity
  • Perempuan Tuna Rungu Menembus Batas
  • FILM PINGGIRAN : Antologi Film Pendek, Film Eksperimental & Film Dokumenter
  • Dokumenter: Dari Ide sampai Produksi
  • Bekerja Sebagai Sutradara
  • Demian: Die Geschichte von Emil Sinclairs Jugend
See similar books…
36 followers
Feby Indirani, Journalist and Writer, started to write since elementary school, beginning with a diary. When in high school, she got 2nd place in an essay contest for teen organized by Gadis magazine, and was actively involved in a school publication. She went to Universitas Padjadjaran, majoring in journalistic, and joined djatinangor student publication. Feby won an Essay Writing Competition for ...more

Related Articles

Juneteenth, observed on June 19th each year, is an American holiday commemorating the day in 1865 when the last enslaved people in Galveston,...
139 likes · 19 comments