Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Dadaisme” as Want to Read:
Dadaisme
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Dadaisme

3.52  ·  Rating details ·  136 Ratings  ·  26 Reviews
Novel dengan judul yang sebenarnya tak berkaitan langsung dengan sebuah aliran seni lukis ini seperti membentangkan serpihan-serpihan kritik atas kultur etnik, perselingkuhan, halusinasi, dunia surealis dan peristiwa tragis.
Paperback, 264 pages
Published 2006 by Gramedia Widiasarana Indonesia (first published April 1st 2004)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Dadaisme, please sign up.

Be the first to ask a question about Dadaisme

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Rio Johan
Jun 17, 2013 rated it it was ok
Aku bukan orang yang betul-betul paham aliran dadaisme; bukan pelaku aliran tersebut, bukan penggiat, bukan pula pengamat; aku cuma tahu sekali lewat saja, sepintas-sepintas, seutil-util. Memang, sekilas novel Dadaisme ini punya kekacauan yang serupa dengan yang bisa didapatkan dari karya-karya dari aliran dadaisme—yang kurang lebih merupakan upaya untuk mendobrak kungkungan seni borjuis (terutama seni lukis).

Tetapi, setelah kurenungkan lebih dalam lagi, rasa-rasanya kok ya kekacauan-kekacauan d
...more
Saptorini
Jul 21, 2010 rated it it was ok
Shelves: own, novel
Aliran Dadaisme muncul saat berkecamuknya perang dunia I, dibulan Februari 1916, dimana saat itu keadaan dalam rongrongan perang. Nama Dada begitu saja diambil dari sebuah kamus Jerman-Perancis yang kebetulan berarti ‘kuda mainan’. Sinisme dan ketiadaan ilusi adalah ciri khas Dada, yang diekspresikan dalam bentuk main-main, mistis ataupun sesuatu yang menimbulkan kejutan.
( Soedarso, 1990: 99).
Begitulah makna dadaisme yang aku ubek-ubek lewat Mbah Google.
Awalnya membeli buku ini karena menjadi p
...more
Asri Wuni
Oct 18, 2011 rated it really liked it
Michail, malaikat kecil bersayap satu dengan hitam sebagai warnanya. Dia selalu menemani manusia-manusia yang bertemu dengan ruang hampa yang kelam dalam jiwanya. Menemani manusia yang memiliki trauma mendalam dengan masa lalunya. Menemani manusia yang di lubuk hatinya yang terdalam, menginginkan kematian.

Adalah Nedena, Aleda, Flo, Jing, dan lain sebagainya, tokoh-tokoh yang senantiasa eksis dari cerita ke cerita lainnya dalam buku ini. Seakan-akan mereka semualah tokoh utama dalam "Dadaisme" i
...more
Farrahnanda
Sep 27, 2016 rated it liked it
Namatin ini sembari nunggu Maria kencan sama brondong di Paragon wq
seperempat terakhir berasa keteteran banget. Jing dan Ken ketuker sekitar dua kali. gaya tulisan berasa anjlok dan terasa banget tergesa-gesa pokoknya. entah kenapa endingnya mesti gantung diri. entah kenapa. oh. duniya. I hate this kind of ending. apalagi cuma biar cerita dramatis. homoseksualitasnya juga ujug-ujug datang heu
Della
May 17, 2011 rated it liked it

Adalah Nedena, bocah usia 10 tahun yang sangat suka menggambar langit. Tapi langitnya selalu berwarna selain biru. Oleh gurunya, Nedena disarankan menemui teman si guru ini, seorang psikiater di kota bernama dr. Aleda. Kenapa psikiater? Karena selain tidak mewarnai biru pada langit, Nedena juga menolak untuk bicara. Padahal ia bisa. Tapi ia tak mau. Ia hanya mau bicara dengan Michail, bocah berpakaian abu-abu dan bersayap sebelah berwarna hitam. Itu pun hanya bicara dalam hati.

Sementara itu, Yos
...more
Intan Pertiwi
Sep 09, 2013 rated it really liked it
Identitas Buku :
Judul Buku : Dadaisme
Penulis : Dewi Sartika
Cetakan Pertama : April 2004
Penerbit : Mahatari

ketika sebuah tulisan menjadi
wajah seraut kanak-kanak di masa lampau
dan hidup dalam hati setiap manusia
untuk meloncat pada masa yang lain
mereka lupa bahwa kanak-kanak
adalah asal yang selalu menempati ruang
di dalam jiwa yang diagungkan sebagai kedewasaan.
(Dadaisme, DS)

Pendapat tentang isi buku :
Pada mulanya saya membaca novel ini, ada sekelebat kesan yang disandingkan pada alur pertama bahwa
...more
Darnia
Mar 16, 2014 rated it liked it
Buku ini hasil rekomendasi mbak Mide karena gw pernah komplen tentang banyaknya tokoh yg muncul dan saling terkait di sini. Bener sih....tokohnya banyak! Beberapa kali kudu buka halaman sebelumnya, tokoh ini sama tokoh itu hubungannya apa, ketemu di mana, de es be. Masalah yg harus dihadapi tokoh-tokoh kita juga beragam, namun temanya satu: kesedihan. Sedih yg kelam dan gelap. Bisa karena kehilangan, perselingkuhan, aib, homoseksual hingga incest.

Penghubung kisah satu dengan lainnya adalah sesos
...more
Yuu Sasih
3,5 bintang.

Mungkin akan lebih tepat kalau cerita ini dibilang kumpulan cerita--bukan cerpen--yang disatukan dengan beberapa jalinan benang merah, setting besar cerita. Inti kisah ini sepertinya adalah si Michail, malaikat bersayap hitam yang cuma sebelah. Pertama dia bersama seorang anak yang anti menggambar dengan warna biru, Nadena. Dari anak itu, rangkaian kejadian terus bersambung seperti sumbu petasan yang disulut menyambung hingga kisah kembali berakhir di Nadena.

Secara kasat mata, agak s
...more
Taufiq Ramadhan
Dec 12, 2011 rated it liked it
Shelves: rak-novel, pinjaman
fiksi kelam!
gambaran masyarakat jaman sekarang tergambar secara realistis (dan sadis) di buku ini. mulai dari perjodohan adat, aib keluarga, pengorbanan, perselingkuhan, poligami, inces, cinta sesama jenis tergambar di buku ini. Alurnya random, penokohan yang kacau, dan sudut pandang yang berbeda ditiap bagiannya membuat saya 'terpaksa' membaca dulu baru bisa memahami.
Keputus-asaan, luka, cinta yang 'terlarang', penderitaan digambarkan dg sosok imajinatif berupa sesosok malaikat hitam kecil berm
...more
Mandewi
Aug 02, 2015 rated it really liked it  ·  review of another edition
Dari berbagai sumber, aliran Dadaisme sering kali mengeluarkan ide – ide, celaan, dan kemarahan yang dituangkan dalam seni. Ciri khas Dadaisme (yang rada nyambung dengan isi novel ini) adalah menolak setiap kode moral, sosial, maupun estetik.

Kalau memang pengertian di atas yang dimaksud penulis, maka judul novel ini cocok dengan isinya. Dalam novel Dadaisme tidak ada keindahan. Isinya adalah gambaran hal-hal buruk di masyarakat, mostly, pembunuhan dan ketidaksetiaan.

Tapi secara penulisan, Dadais
...more
Lucky
Mar 12, 2014 rated it really liked it
Dadaisme--terlepas dari yang disebut-sebut sebagai sebuah aliran seni lukis-- merupakan novel yang kaya akan perenungan; pertanyaan kembali akan makna hidup, rasa takut akan mati, dan segala masalah yang dihadapi manusia secara universal.

Kekhasan novel ini memang terletak pada plot, sudut pandang dan gaya penceritaan atau penulisan narasi, serta keterkaitan antartokoh dan peristiwa-peristiwa di dalamnya. Jika dikaji lebih lanjut, tentu naratologi adalah teori yang tepat; story dan discourse.


Ririn
Mar 17, 2010 rated it liked it
seingetku covernya bukan ini.
buku ini merupakan campur aduk beberapa cerita yang pada akhirnya terhubung oleh suatu benang merah. rasa surealis and dadais sangat kental sampai2 bingung mengaitkan artinya - tapi bukankah itu yang indah dari sebuah surealisme?

hal yang mengganggu hanyalah penggunaan beberapa kata dan kalimat yang kurang terpadu padan dengan baik sehingga kadang membuat dahi mengernyit. tp karena ini adalah hasil sayembara jadi mungkin keorisinilan karya (tanpa banyak diutik2 lagi)
...more
Irene Angelina
Sep 09, 2012 rated it liked it
"Hitam itu agung, putih itu sahaja."~

Dengan iming-iming sebagai juara DKJ, novel sastra ini menarik perhatian saya sebagai penggemar karya sastra Indonesia. Secara keseluruhan, novel ini memiliki setting yang kelam, dimana Michail, malaikat hitam bersayap sebelah sebagai pusatnya. Cukup mengesankan, namun sejujurnya alur cerita yang terlalu rumit dan tokoh yang terlalu banyak agak melelahkan pembaca.
Fahrul Khakim
Jan 03, 2016 rated it really liked it
Emosional, perenungan dan menakutkan. Membuat saya terus terjaga dan susah tidur. Mempertanyakan sekaligus mengagungkan eksistensi Tuhan. Bukan novel religi namun justru mampu memaksa saya harus lebih dekat dengan Sang Ilahi.
Ratih
May 18, 2010 rated it really liked it
Tema dan isi cerita Dadaisme bukan sepenuhnya hal baru. Akan tetapi, penyajian cerita yang seperti potongan puzzle terserak dan fantasi tentang malaikat kecil bermata ungu membuat Dadaisme menjadi bacaan yang menarik.
Leah Butter
Jan 01, 2016 rated it really liked it
Saya bukan tipe orang yang menyukai novel bergenre tragedi namun, Dadaisme menunjukkan tragedi yang cukup indah dalam hubungan antar manusia. Sangat disayangkan akhir novel ini menggantung (atau pengarang memang menginginkan hal tersebut).
Teguh Affandi
Oct 18, 2013 rated it it was ok
Di awal-awal aku suka anak menggambar langit dengan warna-warni. Bertemu Mikhail, ketemu dokter Aleda. Tetapi setelah masuk tokoh Isabella mulai nggak segreget awalnya. Aku suka gaya 'acak-acakan' novel ini.
Tikah Kumala
Dec 09, 2012 rated it liked it
Shelves: koleksi-bukuku
"Alur zigzag yang pernah kunikmati ya dari buku ini. Mikail. "
Aleppigs
Jul 05, 2012 rated it really liked it
pengalaman manusia postmodern yang kehilangan pegangan dan mencari pegangan dalam mengatasi masalah yang muncul dalam kehidupan metropolis.
Reza Sanusi
Semua pertanyaan ada jawabannya, tapi tak semua jawaban dalam bentuk rangkaian kata.
Sinta Nisfuanna
Oct 17, 2009 rated it really liked it
Shelves: surealis
sebenernya udah agak lupa ceritanya...yang kerekam cuman cerita bocah yang bisa liat malaikat bersayap satu...dan yang pasti dulu aku suka ma nih buku ^^
Aldhiraeka
Jun 18, 2013 added it
Shelves: aldhira
permasalan dalam capres indonesia
Bulan
Jun 13, 2011 marked it as to-read
pinjam jeng bujeng :)
Suzan Oktaria
May 02, 2010 rated it liked it
Mengapa Dadaisme? di dunia ini berusaha untuk menjadi 'ada' di hadapan setiap orang. Keberadaan berarti pengakuan bahwa kita ada
Okky
rated it it was amazing
Jan 21, 2016
Rosmala Dewi
rated it liked it
Aug 16, 2011
Meivy Andriani
rated it really liked it
May 21, 2016
Dien
rated it liked it
Apr 08, 2017
Asmin Kurniati
rated it liked it
Apr 18, 2017
Vonni
rated it it was amazing
Sep 05, 2014
« previous 1 3 4 5 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Biola Tak Berdawai
  • Orang-orang Proyek
  • Lampuki
  • Larutan Senja
  • Tarian Bumi
  • Setangkai Melati di Sayap Jibril
  • Setelah Revolusi Tak Ada Lagi
  • Kau Memanggilku Malaikat
  • Jurnalisme Sastrawi: Antologi Liputan Mendalam dan Memikat
  • Kerudung Merah Kirmizi
  • Bintang Bunting
  • Sekali Peristiwa di Banten Selatan
  • Bilangan Fu
  • Malaikat Jatuh dan Cerita-Cerita Lainnya
  • Pergolakan Pemikiran Islam: Catatan Harian Ahmad Wahib
  • Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur!
  • Yang Galau Yang Meracau: Curhat (Tuan) Setan
  • Raumanen

Fiction Deals

  • Mercy Among the Children
    $14.99 $1.99
  • American Street
    $9.99 $1.99
  • Stillwater Rising
    $4.49 $1.99
  • Lark Song
    $4.99 $1.99
  • In Twenty Years
    $4.99 $1.99
  • Winter Men
    $3.49 $0.99
  • The Daughters of Palatine Hill
    $4.99 $1.99
  • A House for Happy Mothers
    $3.99 $1.99
  • Love Poems (New Directions Paperbook)
    $11.95 $2.99
  • The Drowning Guard
    $3.99 $0.99
  • Anathema
    $3.49 $0.99
  • Neverhome
    $12.99 $2.99
  • Sinner: A Paradise Novel (The Books of History Chronicles)
    $11.49 $3.99
  • A Promise of Hope (Kauffman Amish Bakery, #2)
    $4.99 $1.99
  • 'Round Midnight: A Novel
    $13.99 $2.99
  • Ulterior Motives (Sun Coast Chronicles, #3)
    $7.99 $1.99
  • Prisoner B-3087
    $3.99 $1.99
  • The Midwife's Revolt (The Midwife Series, #1)
    $4.99 $1.99
  • A Place of Peace (Kauffman Amish Bakery, #3)
    $4.99 $1.99
  • The Beekeeper's Promise
    $4.99 $2.49
  • The Two-Family House
    $9.99 $2.99
  • Where Do I Go? (Yada Yada House of Hope, #1)
    $7.99 $1.99
  • The Bloodletter's Daughter
    $4.99 $1.99
  • A Gift of Grace (Kauffman Amish Bakery, #1)
    $4.99 $1.99
  • The Luxe (Luxe, #1)
    $3.74 $0.99
  • A Dream of Home (Hearts of the Lancaster Grand Hotel)
    $4.99 $1.99
  • The Thing About Jellyfish
    $7.99 $2.99
  • Broken Angels
    $4.99 $1.99
  • The Lioness of Morocco
    $4.99 $1.99
  • The Girl from the Savoy
    $10.74 $1.99
  • The Inexplicable Logic of My Life
    $9.99 $2.99
  • Wish
    $5.67 $2.99
  • Treason: A Novel
    $9.99 $2.99
  • The Wednesday Wars
    $6.99 $1.99
  • Red Mountain
    $4.99 $1.49
  • She Who Remembers
    $4.99 $1.99
  • Hearts of Resistance
    $4.99 $1.99
  • Nantucket Nights
    $8.99 $2.99
  • The Midwife of Hope River: A Novel of an American Midwife
    $8.99 $1.99
  • Life and Other Near-Death Experiences
    $4.49 $1.99
  • Where Hope Begins
    $8.99 $1.99
  • Somewhere in France: A Novel of the Great War
    $8.74 $1.99
  • Skin
    $1.99 $0.99
  • Endangered (Ape Quartet, #1)
    $5.99 $1.99
  • Inamorata
    $3.99 $0.99
  • Penmarric
    $17.99 $1.99
  • A Life of Joy (Kauffman Amish Bakery, #4)
    $4.99 $1.99
  • The Poisonwood Bible
    $11.99 $2.99
  • The Hippopotamus
    $9.99 $1.99
  • Cometh the Hour (The Clifton Chronicles #6)
    $9.99 $2.99
  • The Question of Red
    $3.99 $1.99
  • A.D. 30 (A.D., #1)
    $7.99 $3.99
No trivia or quizzes yet. Add some now »