Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Metropolis” as Want to Read:
Metropolis
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Metropolis

by
3.91  ·  Rating details ·  521 ratings  ·  129 reviews
Gilli tertawa. “Keras kepala boleh, Kawan. Semua Saada memang begitu. Aku maklum. Tapi, jangan lalu kau jadi bodoh! Sudah delapan pemimpin mati. Kau kira ini perseteruan biasa?”

Perkataan Gilli membuat Ferry berpikir ulang. Sejak lama ia memang merasa janggal dengan kematian beruntun para pemimpin Sindikat 12, tetapi ia seakan dibutakan oleh kebenciannya terhadap Geng Gilli
...more
Paperback, 331 pages
Published April 2009 by Grasindo
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Metropolis, please sign up.

Be the first to ask a question about Metropolis

Community Reviews

Showing 1-30
3.91  · 
Rating details
 ·  521 ratings  ·  129 reviews


Filter
 | 
Sort order
Alluna
Dec 26, 2013 rated it it was ok
Shelves: my-own-books
Di awal buku ini, dibilang kalau penulis sudah melakukan riset yang saya pikir cukup mendalam sehingga berani menulis buku bertema seperti ini. Namun setelah membacanya.. saya kecewa. Sepertinya penulis hanya melakukan riset mendalam terhadap bisnis narkotikanya saja, sedangkan untuk pihak kepolisian yang juga menjadi sentral dalam cerita ini terkesan hanya riset selintas saja.. sehingga banyak kesalahan yang cukup fatal yang dilakukan oleh penulis.

1. Keheranan pertama saya adalah ketika Moris m
...more
mei
May 31, 2016 rated it it was amazing  ·  review of another edition
mau beli versi cetaknya :'(

bagus. suka. sebel karena nggak berhasil nebak ending dan pelakunya :'(

saya bisa ''masuk'' dengan baik soal kasus narkoba ini. Soalnya saya tinggal di lingkungan yang termasuk markas kecil beberapa mafia dan ada sekitar 2 sahabat kecil saya yang meninggal karena mereka menjadi cepu dan 4 tetangga saya yang masih mendekam di sel sampai sekarang (sejak saya kelas 2 SMP) karena mereka menjadi bandar.

Sampai sekarang saya masih belum bisa membedakan dengan baik penulis gaga
...more
Harukaze Mizuki
Oh My Goooood. Masyaallah. Gila, keren parah aaaaaa... Mbak Windry ini novel crime fictionnya apa lagi, yak? Aaaa kenapa ku telat tahu novel ini, sih??? Aaaaaaa...

*mungkin baru bisa review full setelah efek ekstasenya ini ngilang huhuhuhuhuu...

Instantly ngefans dah.

Cuma ada pertanyaanku yg belum kejawab. Bram kan akhirnya disuruh Burhan (atasannya) untuk mengalihkan kasus yang dia tangani, tapi kok pas mau menyerbu sarangnya Blur dia bisa bawa 9 polisi lain dalam pasukannya? Ini bukannya penyal
...more
htanzil
Apr 30, 2009 rated it liked it
Shelves: buntelan
Narkotika, mafia, konspirasi, dan dendam, itulah tema sentral dalam novel Metropolis karya Windry Ramadhina, penulis muda yang novel perdananya “Orange” masuk dalam longlist Khatulistiwa Literray Award 2008 untuk kategori Penulis Muda Berbakat. Berbeda dengan novel Orange yang bergenre metropop, Metropolis merupakan novel thriller detektif yang menarik untuk disimak karena genre ini masih termasuk jarang digarap oleh penulis-penulis kita.

Dalam Metropolis dikisahkan bagaimana Augusta Bram, salah
...more
Endah
Apr 29, 2009 rated it liked it
Ini review yang sebenarnya:

Di sekitar lokasi pemakaman berjaga sejumlah polisi. Mobil-mobil mereka berbaris di pinggir tanah luas yang dipagari kamboja kuning dan tersaput rumput hijau yang terpangkas rapi. Bram yang memimpin polisi-polisi tersebut. Ia berdiri bersandar pada mobil dinasnya. Matanya memperhatikan kumpulan orang berpakaian serbahitam yang sedang berdoa di tengah pemakaman. Di antara kumpulan itu ia mengenali Ferry, anak tunggal Leo. Ferry berdiri paling dekat dengan peti mati ayah
...more
Jimmy Navy
Apr 30, 2009 rated it really liked it
Mike beserta istrinya, Darla, terjerat narkoba. Bertahun-tahun, mereka mengkonsumsi heroin. Harta benda habis terjual yang membawa mereka akhirnya tinggal di rumah penampungan para tuna wisma. Namun, hal tersebut tidak menghentikan mereka untuk tetap mengkonsumsi heroin. Berbagai cara dilakukan untuk memperoleh uang. Tentu saja, demi mendapatkan jatah heroin. Parahnya, dua anak remaja mereka, Matt dan Mike Jr. juga ikut terjerat. Keduanya mengaku meniru kelakuan orangtua mereka yang secara teran ...more
Iklima Bhakti
Jul 15, 2017 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Metropolis: Sebuah Dendam dan Ambisi yang Diakibatkan Karena Kematian Seorang Ayah

Impression!!
Sudah memakan beberapa hari sejak aku memulai membaca novel Metropolis karangan Windry Ramadhina. Namun baru subuh tadi aku mampu menamatkanya dalam satu malam. Ya, sebagian besar bab kuhabiskan baru tadi malam dan itu menimbulkan rasa sesal mengapa tidak sedari dulu aku membaca novel ini. Padahal novel ini sudah berdiam lama di rak buku, tak tersentuh, kecuali saat aku melakukan bersih-bersih rak.

Aku t
...more
Winna
May 06, 2009 rated it liked it
Saya sangat menanti-nanti untuk membaca buku ini. Kesan pertama yang dirasakan:

- Beberapa adegan sangat menegangkan.
- Karakternya memorable dan cukup complicated, tidak klise.
- Struktur dan alurnya rapi, khas Windry.
- Idenya segar, juga tergali dengan baik.
- Riset yang mendalam, kelihatan saat membaca bukunya :)
- Saya cukup suka endingnya.

Beberapa yang kurang saya sukai:

- Beberapa plot hole yang saya rasakan ketika membaca. Mungkin saya yang kurang mengerti serba-serbi dan aksi yang ada di dalam
...more
Titish A.K.
Dec 26, 2016 rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: indonesian, novel
Nemu plot hole & twistnya ketebak, tapi tetap bintang 4. Buku yang memuaskan untuk meluluskan Goodreads Challenge tahun ini :)
Kurnia
Jan 11, 2019 rated it really liked it  ·  review of another edition
Mari kita mulai membahas ulasan Metropolis. Yang pertama kali membuatku memutuskan membeli buku ini adalah karena aku mengidolakan penulisnya. Mungkin sekitar lima tahun yang lalu, seingatku bersamaan dengan Orange, aku membeli via daring dari Jakarta sana. Membacanya? Bersyukurlah Orange lekas kubaca ketika buku itu datang, sedangkan Metropolis, sayangnya baru bulan lalu buku ini selesai kubaca. Terlambat sekali, maafkan aku. #prolog.

Oke, langsung saja, aku akan menceritakan perasaanku selama m
...more
minky_monster
Sep 17, 2013 rated it really liked it
Shelves: punya-sendiri
Sebelum membuat review ini, tentu saja gw udah dihadapkan dengan salah satu review yg mengkritik habis ketidakakuratan tentang pangkat dan segala hal kepolisian di buku ini. Yah, menurut gw emang sulit menghadirkan tulisan yg 100% akurat. Pasti ada aja yg kacau. Kalo menurut gw sih mending ga usah pake karakter utamanya polisi sih. Atau pake settingnya jangan di Indonesia, tapi di negara fiktif yg ga bisa diperdebatkan keakuratannya, hehe.

Anyway, gw akan berusaha mengabaikan review tadi, karena
...more
Fadhilatul
May 07, 2009 rated it it was ok
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Dhia Citrahayi
Apr 05, 2013 rated it it was amazing
Shelves: novel, thriller, favorit

Kalau di televisi atau di berita-berita, biasanya yang diulas hanyalah berita mengenai politik, adu debat ini-itu yang nggak berkesudahan atau malah gosip-gosip yang sering bikin blunder dan kepala geleng-geleng gak karuan. Tapi bagaimana dengan narkoba? Bagaimana dengan para pengedar? yah... yang pengedar kelas kakap, bukan yang kelas abal-abal. *digeplak*


Baru pertama kali ini saia membaca thriller-misteri-pembunuhan-taktik atau apalah, pokoknya intinya thriller :)), seperti ini. Seru! Menegang
...more
Pauline Destinugrainy
Cerita dalam buku ini diawali dengan suasana pemakaman Leo Saada, salah satu mafia penting di Jakarta. Kematiannya yang tidak wajar, yaitu terbakar di dalam mobilnya sendiri, meninggalkan tanda Tanya bagi banyak orang, terutama puteranya Ferry Saada. Kematian Leo menyusul kematian beberapa gembong mafia yang tergabung di dalam Sindikat 12. Sindikat 12 sendiri adalah lelompok mafia pemasok narkoba yang menjadi momok bagi polisi karena selalu bisa lolos dan tidak tersentuh hukum.
Agusta Bram, adala
...more
Biondy
Apr 23, 2014 rated it really liked it
Judul: Metropolis
Penulis: Windry Ramadhina
Penerbit: Grasindo
Halaman: 331 halaman
Terbitan: April 2009

Sindikat 12, dua belas kelompok yang menguasai perdagangan narkotika di ibukota. Selama bertahun-tahun mereka berkuasa, tapi kini satu per satu ketuanya mati terbunuh.

Bram, seorang inspektur dari Sat Reserse Narkotika Polda Metro Jaya. Ayahnya, seorang pecandu narkoba, mati dibunuh oleh pengedar karena tidak mampu membayar utangnya.

Menyelidiki kematian para ketua Sindikat 12, Bram perlahan-lahan
...more
Hairi
Jan 28, 2014 rated it really liked it
Aaaaa... Windryyyy.. Kau tidak pernah mengecewakanku.. Haghaghag...
Sempat terseok-seok untuk membangun ketertarikan pada novel ini sampai halaman 60an lah tapi selanjutnya cetar membahana badaaai #terSyahrini. Seperti yang kubilang sebelumnya, aku lebih suka cerita romance tentang galaunya seseorang yang bertemu mantan ketimbang galaunya polisi yang geram karena tidak berhasil menebak pola pembunuhan berantai. Tapi, Windry mengemasnya kemudian dengan sebuah sajian yang lezat dan yummy. Seperti d
...more
Pera
Jun 02, 2014 rated it really liked it
Shelves: novel, indonesia
Penulis buku ini benar-benar ngeselin yaa...
Membaca setiap tulisannya seperti punya magnet. Gak bisa ditutup ni buku.

Kesel, karena belum bisa menulis sebagus ini.
Meskipun cerpen2nya yang jadi favoritku saat di kemudian.com. Metropolis adalah novel windry yang pertama kubaca. Hehe...
Aku tau novel2nya pasti bagus. Tapi aku ingin dengar dari seputaran dulu. Dan akhirnya, metropolis tiba untuk kubaca.

Sebenarnya genre ini bukan genre yang biasa kubaca. Apalagi cerita kriminal, dan jelimet dengan t
...more
Ruru
Feb 09, 2014 rated it it was amazing
Shelves: crime, thriller
Seneeeeng banget bisa nemu novel dalam negeri model begini. Sekarang ini novel-novel dalam negeri didominasi novel romance sih. Lama-lama jadi males....

Oke, mari kita review.

Menurutku, cerita di novel ini keren banget banget! Keliatan kalo Kak Windry bener-bener riset buat nulis ini. Tulisannya nggak asal.

Yah, kemarin sempet baca review lain sih yang komentar tentang kesalahan-kesalahan yang berhubungan dengan kepolisian. Berarti risetnya Kak Windry kurang ya? Mungkin gitu. Jadi masukan ya Kak
...more
Ferina
May 03, 2009 rated it really liked it
Gue suka novel ini. Cara penulisannya rapi banget. Semuanya teratur dan detail. Mulai dari awal, ketika pemakaman Leo Saada, gue bisa ngebayangin gimana prosesinya. Gue jadi membayangkan film-film mafia, dengan mobil limousine hitam, para pelayat dengan baju hitam-hitamnya, yang perempuan lengkap dengan kacamata hitam, yang pria tetap cool. Lalu, masuk ketika tokoh-tokoh mulai muncul, gue ngebayangin sosok Ferry Saada bertampang seperti mafia-mafia Cina (tokoh langsung berubah dari wajah Latino ...more
Zulfy Rahendra
Buku pertama Windry yang saya baca. Saya kira Windry ini penulis cerita cinta-cintaan. Jadi walaupun blurb bukunya rada rada thriller detektif, tetep saya kira ada unsur romansanya. Ternyata....... emang ada. Tapi sedikit sekali. Dan jelas bukan itu isu utama yang diangkat di novel ini.

Ga ada ekspektasi sama bukunya, jadi saya cukup menikmati baca ini. Plotnya cepet, misteriusnya dapet, ceritanya ngalir, lumayan seru. Lumayan banyak ngasih kejutan juga. Tapi kok rasanya ceritanya muter muter mu
...more
Sylvia
Apr 29, 2009 rated it really liked it
Shelves: indonesian
I really like it!!! bener-bener sukaaa...!

Gw ngebayangin kisah the Godfather ketika membaca buku ini; hubungan antar geng mafia narkotika, persaingan mereka, perebutan wilayah, semua dipaparkan dengan baik oleh Windry. Risetnya pasti gila-gilaan mengingat plot dan jalan cerita yang jauh dari klise. Ceritanya mengalir dengan asik dan tiap muncul karakter baru, diceritain latar belakang si karakter jadi cepet nyambungnya. Alurnya cepat dan enak untuk diikuti.

Gw specially suka sama karakter Bram (h
...more
Nay
Feb 26, 2013 rated it it was amazing
Shelves: favorites
Berharap di masa yang akan datang mbak Windry akan kembali menghasilkan novel-novel seperti ini.
Ini adalah novel karya penulis yang paling aku sukai setelah memori. Aku menyukai tokoh-tokohnya yang sinis dan konflik yang dibangun mulai dari awal sampai akhir. Banyak rahasia yang bertebaran, tokoh-tokoh yang misterius serta konflik percintaan yang -kalau boleh kukatakan 'cool'- itu.

Scene menjelang ending: saat Johan melakukan sesuatu untuk Miaa membuatku ikut merasa sesak dan tidak bisa membayang
...more
Sulis Peri Hutan
Nov 12, 2010 rated it really liked it
Shelves: koleksiku
Waktu baca ini Siapa? Bagaimana? Kenapa? Selalu menjadi pertanyaan disetiap cerita. Jenius, teka teki pembunuh terakhir yg sebenarnya tidak terduga. Diawali dg pemakaman Leo Saada, salah satu gembong mafia yg terbunuh secara beruntun. Menjadi tugas Agusta Bram yg seorang instruktur polisi dibagian narkotika untuk memecahkan siapa dalang dibalik pembunuhan para pemimpin Sindikat 12 yg telah direncanakan oleh seseorang. Muncul Miaa, seorang mantan polisi yg juga ikut menyelidiki scr diam" kasus pe ...more
Just_denok
Sep 20, 2016 rated it really liked it
Aku suka. Fix. Kalau biasanya mb Windry menghasilkan karya2 romantis yang syahdu, di novel ini mb Windry menghasilkan sebuah cerita criminal yang buatku pribadi, yang jarang membaca novel criminal macam Agatha Christie, sangat memuaskan . Aku nggak mendapatkan kerutan di dahi saat membacanya. Tidak ada yang membuatku kebingungan. Semua okey, dijelaskan dengan cukup jelas. Dan tiap lembarnya selalu membuatku semakin penasaran. Tidak butuh waktu lama untuk menamatkannya :) . Dan tetap, ada sedikit ...more
Fadilla Sukraina
Feb 27, 2016 rated it really liked it
pertama kalinya baca novel genre beginian :lol:
saya suka dengan ide pembunuhan berantai pemimpin geng sindikat narkoba. seperti biasa, penulis menulis dengan rapiiii sekali. suasananya terasa gelap dan dingin, tetapi nggak terlalu menegangkan. baru mulai menegangkan di akhir, waktu ada baku tembak di gudang cokelat. teka-tekinya rapi, nggak bikin bingung, tapi agak membosankan di tengah karena banyak tokoh baru yang muncul. sanyangnya, romance-nya cuma dikitttt bgt dan ga seberapa kerasa. padaha
...more
F.J. Ismarianto
Buku thriller yang bersih romansa! Cocok nih bagi kalian yang anti romens x))

Secara cerita, data, karakter, plot dan misterinya, semuanya diolah dengan bagus oleh kakak penulisnya. Tapi aku masih merasa ada yang kurang. Thrillernya ... cukup oke, bikin lumayan deg-degan, tapi agak kurang aksi. Berantemnya kurang. Klimaksnya gitu doang. Kejar-kejarannya tak sampai bikin tegang.

Yang terasa justru dramanya. Jadi mungkin bisa dibilang buku ini drama kriminal.
Nabila
Sep 06, 2014 rated it it was ok
menurut saya ceritanya kurang kuat. tapi saya suka cara penceritaan nya, karakter dan tentu ending buku ini.
di Indonesia masih jarang buku seperti ini atau saya aja yang gak pernah nemu? yang jelas saya cukup menikmati buku ini. tipe buku yang kalo di filmkan mungkin akan seperti The Raid. where action bites harder than the story
Novia
Jul 20, 2013 rated it it was amazing
Buku Thriller pertama yang saya baca !
dan luar biasa, saya menitihkan air mata tanpa sadar dibeberapa bab :'(

Ternyata mba Windry memang creative ! Bisa membuat genre apa saja :)

semakin jatuh cinta sama tulisannya Mba Windry ^^
ula
Jun 18, 2016 rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: apps, novel-lokal
Ijak #3

# tegangnya dapat

# misteri lumayan

# gaya penulisan juga enak.
walaupun aneh memanggil atasan dengan "kau"

# tapi endingnya aarrrrgggghhhh
Kitty Wibisono
Sep 11, 2017 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Ini karya pertama kak Windry yang kubaca. Dan kuakui kalau aku cukup terkejut membacanya. WOW! Ini benar-benar sebuah karya yang memukau dan luar biasa keren (+menegangkan!). Aku belum pernah membaca karya penulis lokal lainnya yang menyuguhkan ketegangan intens berbalut twist dan misteri disana-sini. Itu sebabnya aku memberikan full rating untuk Metropolis ini. Bahkan selama membaca buku ini aku sampai membayangkan seandainya kisah ini diangkat ke layar lebar, pasti bakalan keren abissss. Gak k ...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
topics  posts  views  last activity   
Windry Ramadhina ...: Metropolis by Windry Ramadhina (first published : April 2009) 1 1 Dec 16, 2015 08:04PM  
need a book 2 12 Dec 22, 2013 07:50PM  
  • Rencana Besar
  • Pintu Terlarang
  • Tanah Tabu
  • Coming Home
  • Kau Memanggilku Malaikat
  • L
  • Alita @ First (Alita, #1)
  • Daisyflo
  • Notasi
  • Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC
  • Katarsis
  • Touché: Alchemist (Touché, #2)
  • Marriagable: Gue Mau Nikah Asal...
  • Satin Merah
  • Love, Hate & Hocus-Pocus
  • Dimsum Terakhir
  • Murjangkung: Cinta yang Dungu dan Hantu-hantu
  • A.M.S.A.T - Apa Maksud Setuang Air Teh
753 followers
young woman with lots of interests, ambitions and dreams, which shattered into pieces, each surfaced as different face and waiting for itself to become whole once more time. her world came to architecture, illustration, photography, literature, business, and japan. used to known as miss worm in cyber world. shattering her pieces at kemudian.com and deviantart.com
No trivia or quizzes yet. Add some now »