Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “3600 Detik” as Want to Read:
3600 Detik
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

3600 Detik

by
3.85  ·  Rating details ·  2,738 Ratings  ·  194 Reviews
Sandra sangat terpukul ketika orangtuanya bercerai.... Dan hatinya semakin sakit ketika ayahnya memutuskan ia harus tinggal bersama ibunya, yang selama ini tak pernah dekat dengannya. Kemarahan yang menggelora menjadikan Sandra remaja yang bandel. Berulang kali ia dikeluarkan dari sekolah karena kenakalannya di luar batas.

Akhirnya ibunya memutuskan untuk pindah kota. Mung
...more
Mass Market Paperback, 208 pages
Published May 2008 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about 3600 Detik, please sign up.

Be the first to ask a question about 3600 Detik

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
*eKa*
3,5 stars

Cerita teenlit yang ini memang manis, hangat, sedih dan juga lucu. Meski gak sedikit perihal penulisan yang menurutku "aneh", tapi aku tetep suka sama ceritanya. Dan buku ini memang pinter banget bikin aku penasaran. Bayangkan, selama baca ini aku terus bertanya-tanya apa itu 3600 detik. Karena setahuku Sandra dan Leon sudah saling mengenal lebih dari jumlah waktu tersebut. Ternyata jawabannya ada di bab terakhir, lol. Dan okelah. I get it meski agak maksa sih. Berarti yang sebelum-sebe
...more
Vella Athe
May 28, 2011 marked it as to-read
ya ampun novel ini membuat aku belajar arti dari kehidupan yang sesungguhnya,belajar bahwa sahabat memang berarti bagi semua orang,aku mendapat banyak pelajaran yang berharga.novel ini banyak memiliki nilai kasih.siapa pun yang membacanya pasti akan meneteskan air mata saat membacanya.Leon memberiku pelajaran,walau sakit dia tetap berjuang demi hidupnya dan untuk sahabatnya.benar-benar orang yang sangat istimewa.sedangkan Sandra adalah gadis broken home yang hidupnya benar-benar hancur total,tap ...more
Biondy
Aug 29, 2013 rated it did not like it
Judul: 3600 Detik
Penulis: Charon
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 208 halaman
Terbitan: May 2008

Sandra terpukul ketika orang tuanya bercerai. Rasa marah karena perceraian itu mengubahnya dari seorang anak baik-baik, menjadi seorang anak badung yang hobinya pindah sekolah karena DO. Selain itu perkelahiannya dengan ibunya juga semakin sering terjadi.

Tidak Sandra sangka kalau pertemuannya dengan Leon akan menjadi titik balik dalam hidupnya. Leon yang sabar dan perhatian padanya perlahan mamp
...more
Annisa Novia
Judul : 3600 Detik
Penulis : Charon
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Cetakan : pertama, Mei 2008

Tebal : 208 halaman

Kisah bertema persahabatan yang dituliskan oleh Charon membuat pembaca terharu ketika membacanya. Novel ini berkisahkan seorang remaja wanita yang susah diatur dan sumber dari segala masalah yanga ada. Sandra dialah yang menjadi tokoh utama dalam novel ini. Sandra digambarkan sebagai sosok remaja yang menyalurkan rasa kecewanya dengan menjadi remaja yang bandel, yang hobinya
...more
Erison
Jan 10, 2012 rated it it was amazing
3600 Detik, novel pertama dari Ci Charon.

7 Hari Menembus Waktu dan 1000 Musim Mengejar Bintang juga sudah kubaca dan hasilnya tak mengecewakan.

Di bagian prolog, kita sudah dikejutkan dengan sikap Sandra yang tak biasa untuk seorang gadis.

Bagian paling mengharukan adalah bagian ketika Sandra berbaikan dengan ibunya. Bagian2 paling menyedihkan dan mengiris hati *cieilaah, bahasanya woy! Haha* adalah ketika Sandra ribut dengan ibunya. Para pembaca seolah merasakan perasaan dari ibu Sandra. Benar2 m
...more
OceMei Belikova♥
ceritanya simple. Pas baca langsung teringat Let Go. Soalnya sang pemeran pria nya juga mengidap penyakit yang menyebabkan hidupnya tak bertahan lama.
Namanya Leon. Orang yang berhasil merubah kepribadian Sandra sang tokoh utama wanita.
Sandra anak hasil dari broken home.
Awalnya dia remaja biasa yang bahagia,namun setelah orangtua bercerai, dan org yg plg disayanginya yaitu papanya malah tidak mau dia ikut pergi ke LN dengannya dan malah membiarkannya tinggal dengan mama yg tidak pernah dekat den
...more
Yovano N.
Percayalah, saya sudah berusaha untuk TIDAK menyukai buku ini. Alesannya bisa macem-macem: diksinya yang terlalu biasa, kecintaan penulis yang agak berlebihan pada tanda seru, hingga kalimat-kalimat percakapan yang terkadang tak masuk akal.

Tapi apa daya, ternyata saya SUKA novel ini. Mungkin karena faktor Sandra yang agak sableng dan memutuskan secara mendadak untuk jadi dokter (ya Tuhan, siapapun pasiennya kelak, tolong selamatkan). Atau Leon yang punya kecenderungan suka sama cewek tipe-tipe
...more
Dina
Aug 31, 2011 rated it really liked it
buku yg menarik buat dibaca. meskipun awal2nya emang rada brutal. tp it's okay.
endingnya...sedih. buat gw ngucurin air mata, bacanya jg bikin seneng. sedih bahagia
sungguh disayangkan, font terlalu besar, kertas kurang tebel! pasti lebih seru lg
Dila Anggita
i have read this novel about 2chapters, i will tell you about what happened on chapter 1 till 2. there is a girl and her name is Sandra. Sandra really hates her life, she always ditching the school and she also often smoking at school. Sandra never care about anything since her parents divorced. Sandra is not close to her mother because her mother always busy for her working. Since her parents divorced, Sandra's father moved abroad and Sandra must live with her mother.
Sandra's mother decided to
...more
Hana Feberia
Jul 24, 2014 rated it did not like it
penasaran apa spesial nya teenlit ini sampe" dibikin film. walaupun belom pernah nonton film nya juga sih. haha

menurut gw hal paling penting dari sebuah novel/teenlit adalah bagaimana penulis membawakan cerita dengan rapi dan tidak membosankan.
yang membosankan itu ya contohnya:
"......." kata sandra, lalu "......" leon menjawab. lalu leon menggeleng papa tersenyum sambil menjawab "......"
that is sooooo!!!!
dan hal itu terjadi di teenlit ini.

cerita teenlit ini tipe tipe FTV remaja gitu lah yang bar
...more
R.A.Y
Jul 25, 2013 rated it liked it
Beli dan baca novel ini setelah tahu Haqi Achmad sedang menulis skenario filmnya :p

Teenlit and romance, tapi genre-nya doang yang masuk selera saya. Lain-lainnya? Uh-oh, no :x

Narasinya kayak cerpen, deskripsinya gak niat. Banyaklah yang minus bagi saya. Tetapi ada satu poin yang sangat saya sukai: dialognya. Tanda seru yang berlebihan itu benar-benar mengganggu, tapi saya suka betul sama dialognya yang menurut saya pas dan nyambung.

Novel ini seharusnya ditulis dan diolah ulang. Biar gak ketipisa
...more
Natha
Oct 10, 2011 rated it it was ok
Shelves: teenlit, friendship
Sudah berapa lama aku punya buku ini dan belum memasukkan ke dalam daftar 'read'? *tepokjidat*
Well, aku sedikit-sedikit masih inget bagian klimaksnya, secara judul dari teenlit ini memang terambil karena adegan klimaksnya. Sang tokoh utama harus berpacu dengan 3600 detik sebelum sang gadis meninggal. CMIIW
Mungkin ada baiknya aku mencoba baca ulang lagi, sudah blur di kepala. :))
Orinthia Lee
Apr 11, 2014 rated it did not like it  ·  review of another edition
Idenya bagus dan menyentuh, apalagi tentang persahabatan. Tapi sayang eksekusinya nggak enak buat dibaca. Apalagi dialog yang penuh dengan tanda seru bikin aku pengen buru-buru balik halaman dan udahan baca...

Pengen nonton filmnya sih xD
Debora
Dec 27, 2011 rated it really liked it
ceritanya simple and alurnya serta bahasanya juga gampang dimengerti,
ini buku charon pertama yang aku baca, and asli aku sedih banget...
bner jadi ngerti klo kadang mungkin kita bisa membuat hidup org lain jadi lebih indah dengan apa adanya kita...
like this deehhh
Dinur Aisha
Jun 03, 2013 rated it did not like it  ·  review of another edition
Shelves: i-own-a-copy
entah ya. tapi menurut saya ini seperti ditulis sama anak SD. mungkin kalo anak SD beneran yg nulis saya bakal kasih 5 bintang.
Fransisca Hudany
May 15, 2013 rated it it was amazing
bikin nangis ga berenti2... udah 4 ato 3 tahun lebih yang lalu pertama baca... tapi tetep aja nangis kalo baca lagi... cap jempol buat kisah sandra ni...
Izza
Jul 10, 2013 rated it it was amazing
4600 detik
waktu yang di kasih buat segalanya
tentang leon yang bisa ngrubah sandra dari yang gak karuan jadi karuan
apalagi pas waktu mbaca suratnya
ini dia sinopsisnya
Sandra memasuki sekolah barunya. Mentari pagi menyinari rambutnya yang di cat merah. Sandra berjalan melewati sebuah lorong hingga telinganya mendengar sebuah dentingan piano yang sangat indah. Sandra mendekat dan memasuki ruangan yang tenyata ruang musik. Di dalam, Sandra melihat seorang cowok sedang bermain piano. Seolah merasa ada
...more
Ayu N S
Feb 02, 2017 rated it it was amazing
ini buku saya baca dari jaman putih biru dan baru di review pas berjuang bersama tugas akhir agar mendapat rido sang mertua *dibaca: berjuang wisuda*

well, ceritanya ringan asik lah di baca buat anak2 abege putih biru yang unyu2
nggak bertebaran kisah cinta yang lebay.
nggak menceritakan everting abt love yang iyuh gimana gitu.
ada moral valuenya, pokoknya oke lah buku ini

sebenernya ada kekurangan dikit aja si, tentang leon yang sakit itu kenapa bisa sampai sakit seperti itu?

sisanya si oke. i love i
...more
Abim Loebiss
May 27, 2017 rated it it was amazing
very good
Nurul Kim Jong Woon
Apr 23, 2013 rated it it was amazing
Judul : 3600 Detik
Penulis : Charon
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Jakarta,2009
Tebal buku : 208 halaman
Sandra adalah anak yang baik dan pintar. Akan tetapi,ia berubah menjadi remaja yang bandel setelah perceraian kedua orangtuanya. Sandra tidak bisa menerima bahwa kedua orangtuanya bercerai dan Papanya pergi dan tinggal di Luar Negeri untuk urusan pekerjaan,sehingga meninggalkannya sendiri dengan Mamanya yang tidqk begitu dekat dengan dia,karena Mamanya terlalu sibuk dengan pe
...more
Zakia Faradiba
Apr 20, 2013 rated it it was amazing
Judul :3600 Detik
Penulis :Charon
Tahun : 2008

Sandra adalah anak yang baik, pintar, berprestasi, dan sangat peduli dengan orang lain. Ia sangat dekat dengan ayahnya. Ayahnya sebagai tempat curhatnya setiap hari. Tetapi, semua itu berubah semenjak orangtuanya bercerai satu tahun yang lalu. Ayahnya meninggalkannya ke luar negeri. Sandra menjadi tertutup dan bandel. Setelah dua minggu Sandra berdiam diri di kamar, akhirnya ia keluar. Tetapi, ia berubah. Sekarang kegiatan yang dilakukannya adalah seri
...more
Ilma Loveshaunthesheep
Apr 18, 2013 rated it it was amazing
Judul Buku: 3600 detik
Penulis : Charon
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Kedua, September 2008
Ketiga, Mei 2009
Tebal : 208 halaman


Sandra adalah putri dari pasangan yang tidak harmonis, ayahnya menceraikan ibunya dan pindah ke luar negeri. Sedangkan ibunya sangat sibuk dengan pekerjaannya sebagai direktur di sebuah perusahann. Hal itu membuat Sandra menjadi anak yang nakal. Ia pergi ke diskotik setiap malam, membolos sekolah, dan menghamburkan-menghamburkan uang. Sandra sudah beberapa
...more
Hesti Mujiastuti
Apr 16, 2013 rated it it was amazing
Shelves: owned, favorite
well, akhirnya perjuangan selama seminggu muterin gramedia dimana-mana membuahkan hasil! hahaha agak ketinggalan juga sih baru baca kemarin. but, seriously. there's no regret!

sandra si cewek urakan, brandal, kurang pintar yang selalu membuat onar di sekolah-sekolahnya dulu. akhirnya dia dipindahkan mamanya ke kota yang baru dan berharap sandra dapat menemukan sesuatu yang baru. hari pertama di sekolah barunya, dia mendengar dentingan piano dari arah ruang musik. dia merasa suara piano tersebut s
...more
Hilyatun Nafisah
Judul : 3600 Detik
Nama Pengarang : Charon
Tahun Terbit : Mei,2008
Nama Penerbit : PT.Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 208 halaman

Kehidupan Sandra kini sangat terpukul ketika orang tuanya bercerai.Hatinya semakin sakit ketika ayahnya harus pergi meninggalkan dia dan harus tinggal bersama ibunya.Sejak dulu Sandra dekat dengan ayahnya. Sandra sudah tidak pernah mau memedulikan apapun lagi semenjak ayahnya bercerai dengan ibunya.Sejak saat itu Sandra menjadi remaja yang bandel dan nakal.Berulan
...more
Rhieyya Ssie thulolebemb
Awalnya Sandra adalah anak yang baik, berprestasi, serta peduli terhadap orang lain. Namun, sejak perceraian kedua orang tuanya dia menjadi berubah drastis. Dia berubah menjadi anak yang bandel, nakal, suka pulang malam, dan lain-lain. Tak ada satu pun sekolah yang bisa bertahan lebih dari 10 hari. Sandra sangat terpukul apalagi ia tinggal bersama mamanya yang jelas-jelas tak pernah dekat dengannya. Sandra sangat dekat dengan papanya, namun papanya lebih memilih pergi ke luar negeri untuk bekerj ...more
Priscilla Wibowo
May 02, 2013 rated it it was amazing
Bahasanya terlalu kayak bahasa novel terjemahan dengan kata 'aku' dan 'kau' yang bertebaran di setiap dialognya, bikin aku ngira Leon dan Sandra itu murid SMP (atau malah SD mungkin ya, kalo di novel nggak disinggung ada pelajaran fisika).

Alur ceritanya pun nggak ada yang spesial. Tentang dua orang cewek dan cowok yang bersahabat tanpa ada konflik yang 'wah'.

Kalo gitu kenapa ngasih 5 bintang, Cilla?! Kenapaaaa?! *banting meja*

Karena di luar dua hal yang tadi aku sebutin, novel ini really touch
...more
Yustie Amanda
Jan 02, 2014 rated it liked it
teenlit tapi bahasanya pake 'kau' yang bikin aneh pas baca, gak cocok gitu, kalo mau juga pake 'kamu' biasa. tapi makin kesana makin biasa jadi gak terlalu ganggu pas baca kali ya.

Ceritanya tentang Sandra yang sengaja pengen dikeluarin dr sekolah dalam rangka penolakan bahwa saat ortunya cerai, Sandra malah dibawa ibunya dan marah sama ayahnya yang deket banget sama dia.

tapi di sekolah barunya ini dia ketemu Leon, orang penyakitan yang pinter tapi gak punya teman, semua orang menatap dia 'kasiha
...more
Dhyn Hanarun
Sebuah novel jadi lebih menarik untuk dibaca kalo sudah diangkat ke layar lebar. Paling tidak menurutku. Perdebatan perbedaan cerita dan visualisasi di kedua media itu selalu menarik. Kadang aku lebih suka versi filmnya, tapi lebih seringnya sih marah karena udah suka banget sama bukunya. Untuk meminimalisir rasa marah, kesal dan kecewa dengan filmnya, sebisa mungkin aku nonton dulu sebelum baca. Contohnya 3600 Detik ini. Aku sudah nonton filmnya awal bulan April lalu (read my review here) dan s ...more
Sarah Kamila
Jul 26, 2013 rated it it was amazing
Hai...

Baru baca pertama kali loh padahal udah cetakan ulang nya banyak *di gampar*

Sebenarnya udah lama lirik novel ini...

Cerita singkat nya.

Nama nya Sandra, dia sangat benci ketika kedua orang tua nya bercerai. Setelah perceraian kedua orang tua nya dan papa nya juga memutuskan pergi keluar negri demi perkejaan nya. Sandra semakin benci kedua orang tua nya. Sampai-sampai Sandra berkelakuan yang nggak wajar. Suka bolos sekolah, kelab, ngerokok dan lain-lain.

Dan Sandra juga udah Di D0 sekolah 10
...more
Via Felicita
Feb 14, 2017 rated it liked it
to be honest, 3600 detik was the very first book that i ever read. long time ago, i thought that this was the most amazing yet touching kinda story, and it really is. i still remember, i was in tear when i finish this book, and from then on im started to like books very very very muchoo that there is no word would be able to describe it(?)

so, thankyou 3600 detik, i dont know what am i doing with my life right now if i never read you n start to love with a bundle of joyful paper (:
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Morning Light
  • 8... 9... 10... Udah Belom?!
  • A Little White Lie
  • Rahasia Bintang
  • Frans dan Sang Balerina
  • Brondong Lover
  • D' Angel : Rose
  • Dia, Tanpa Aku
  • Imajinatta
  • Eiffel, Tolong!
  • Separuh Bintang
  • 17 Years of Love Song
  • Teror
  • U!
  • Dua Pasang Mata
  • De Buron

No trivia or quizzes yet. Add some now »