Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Kisah Langit Merah” as Want to Read:
Kisah Langit Merah
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Kisah Langit Merah

3.55  ·  Rating details ·  175 ratings  ·  38 reviews
Petualangan adalah candu. Sekali kau mulai, bahkan dirimu sendiri tak bisa menghentikan hasrat bertualangmu. Jika kamu membenci kegelisahan dan menyukai hidup yang tenang, jangan pernah memulai petualanganmu karena petualangan adalah sarang kegelisahan yang sengaja kau cari.

Petualangan bukanlah sekadar pergi dari satu tempat ke tempat lain, mengunjungi tempat-tempat jauh d
...more
Paperback, 318 pages
Published January 2009 by Gagas Media
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Kisah Langit Merah, please sign up.

Be the first to ask a question about Kisah Langit Merah

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
3.55  · 
Rating details
 ·  175 ratings  ·  38 reviews


More filters
 | 
Sort order
Aveline Agrippina
Dec 11, 2010 rated it really liked it
Shelves: novel, sastra
Petualangan adalah pergi tanpa titik tujuan, membiarkan dirimu tersesat, mencari, dan memilih; dan kamu tak tahu kapan harus pulang.

Mungkin kalimat ini yang membuat tangan saya bergerak menuju almari toko buku dan menaruhnya ke dalam daftar list untuk membacanya. Namun apa daya, saya lagi-lagi mengendapkannya di rak buku dan membuka antrian buku lain yang sudah sekian lama menunggu untuk dibaca.

Jujur, saya bukanlah pengikut setia Bubin Lantang. Saya belum pernah sekali pun menyentuh bukunya, ta
...more
ucha
Sep 01, 2010 rated it it was amazing
Recommended to ucha by: Roos
hadiah dari kak roos #1

baca bareng roos, echa, azia dan mba miaa..

Mungkin agak berlebihan memberikan 5 bintang untuk buku ini. Penilaian ini sangat subyektif. Bagiku buku ini dan cerita di dalamnya sungguh istimewa. Meminjam komentar dari kang Nenang yang menyatakan Bubin Lantang menceritakan kisah2 yang "sehari-hari banget" (dengan cara berkisah yg istimewa). Mulai dari hubungan lelaki-perempuan, kakak-beradik, ayah-anak perempuannya, kita dan lingkungan pekerjaan, ingatan pahit masa kecil sam
...more
Indri Juwono
May 16, 2009 rated it really liked it
Shelves: sastra-indonesia
bubin, my favorite beside gong.

cerita tentang indonesia, kebobrokan politik, kisah cintanya dengan Daria.. semua disusun dengan plot bolak balik namun mengalir rapi.
semua membandingkan dengan masterpiece bubin, anak2 mama alin.
Gaya cerita yang sama, cowok banget, kuat, tidak mellow, mengingatkan aku sepintas bahwa tokoh Langit ini adalah Kekes, kembar tertua di AAMA. Sedangkan adiknya Matahari, mengingatkan pada 'Ra, kembar ketiga, yang bengal, tukang bikin onar, tapi sayang banget sama keluarg
...more
Azia
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Sweetdhee
Kalo aja ga merasa terganggu dengan pengulangan beberapa dialog, saya akan beri 4 bintang untuk novel ini

Cerita yang sebetulnya biasa dan bisa ditemukan dimana saja
Anak miskin yang mengejar mimpi nya berbekal kasih sayang dan kerja keras orang tuanya
Perjuangan melawan diskriminasi etnis dalam masyarakat
Cinta pertama yang berlangsung lama tapi terbentur perbedaan agama *celingak-celinguk*
Petualangan seorang wartawan idealis yang terjebak dalam kotornya politik jurnalistik

See?
Biasa banget khan cer
...more
Devi R. Ayu
Oct 30, 2014 rated it really liked it
Menemukan buku ini di lapak buku-buku bekas di daerah Jakarta Selatan dalam keadaan tersegel dan masih mulus. udah susah cuy mencari buku ini dalam keadaan mulus, makanya seperti mendapat harta karun saat berhasil menemukan buku ini.

kisah langit merah ini mempunyai teknik penulisan yang lebih matang dibandingkan novel-novel Bubin sebelumnya. Mengalir saja dan saya pun tak meletakkannya sampai halaman akhir selesai dibaca.Bercerita tentang kehidupan seorang wartawan di kota besar, masa kecil yang
...more
Eduardus
Jun 23, 2010 rated it it was ok
ceritanya bagus, sayangnya untuk beberapa istilah dan bahasa daerah tidak menyertakan catatan kaki sehingga pembaca kdg harus menebak-nebak sendiri arti / maksud istilah tersebut.

alur di awal terlalu berputar-putar dan bikin malas utk melanjutkan. banyak cerita dan dialog yang terkesan diulang-ulang.
Tute
Mar 30, 2009 rated it did not like it
Kalo remaja 90an pasti tau bubin lantang...sayang cerita novel ini masih kalah seru sama ceritanya anak2 mama alin...
Rafenska
Sep 25, 2009 rated it really liked it
truly a good book, i love the story
Yudha
May 03, 2009 rated it it was ok
Shelves: fiction
bagus...
tapi Anak Anak Mama Alin lebih nendang!
Nenangs
Sep 18, 2009 rated it liked it
Akhirnya aku mengerti mengapa sampulnya seperti itu. :)
Hanna Ridha
Apr 20, 2019 rated it liked it
Secara keseluruhan, menceritakan mengenai tokoh Langit Merah dari masa kecilnya, hingga bisa dikatakan sampai akhir hayatnya yang tak terduga. Dari berjuang membantu kesulitan keluarganya untuk mendapatkan materi, berjuang meraih cita-cita dan menghidupi adiknya, tetap menjunjung tinggi nilai kejujuran meski banyak halangannya, hingga berjuang untuk mendapatkan kembali kisah percintaan yang ia idamkan.

Alur ceritanya maju mundur (campuran) dan cukup membuat pusing tapi jenius, juga mungkin tidak
...more
Hannisa S
Feb 19, 2019 rated it it was amazing
"Nilai ujian hanya sebatas huruf dan angka, tapi belajar jadi manusia jujur lebih menantang."

Kurang lebih begitu kata-kata mutiara yang masih saya inget dari si Merah. Bukunya saya baca jaman SMA tahun 2012/2013. Novel fiksi romansa pertama saya dan selalu jadi yang favorit.
Nosa Normanda
Aug 10, 2019 rated it really liked it
A friend gave me this book a long time ago. I finished Reading ir a long time ago. Now found it and will re read it. Will edit this review. Haha.
Pauline Destinugrainy
Membaca bagian belakang sampul buku ini membuat saya sangat tertarik untuk membacanya. Dalam bayangan saya buku ini berkisah tentang seseorang yang bertualang, dari satu kota ke kota lain untuk mencari sesuatu. Ternyata setelah membaca buku ini apa yang saya bayangkan sangat berbeda.

Langit Merah terlahir dalam keluarga kurang mampu. Bersama adiknya Trang Matahari (yang awalnya saya kira seorang perempuan) mereka harus menjalani fase hidup dalam serba kekurangan. Dalam buku ini digambarkan Langit
...more
Arinamidalem
Nov 03, 2010 rated it it was ok
Sosok Langit Merah dan kisah perjuangan hidupnya saat kecil hingga jadi wartawan sih menarik.

Tapi ada rasa kurang berkesan (buat saya), justru setelah masuk ke 1/3 bagian cerita dan selanjutnya. Banyak pengulangan, padahal kisah di ceritakan dari sudut pandang yg berbeda, seperti hanya untuk membuat panjang cerita. Juga ada tokoh yg dihadirkan satu bab sendiri - tapi ceritanya gak terlalu terkait dengan alur cerita di novel.

Padahal saat membaca 'petualangan' di back cover buku - saya udah ngare
...more
Kiky
Apr 04, 2009 rated it really liked it
Novel ini bercerita tentang kisah cinta Langit dan Daria yang maju-mundur karena perbedaan. Setting dibuka di kota terpenting di dunia, New York, dimana Langit mencari nafkah menjadi seorang tenaga kerja illegal disebuah jasa laundry. Padahal beberapa bulan sebelumnya dia masih menjadi economist yang bersama economist lain dari negara berkembang meneliti dampak privatisasi BUMN. Setelah kontraknya selesai, peraih Master Finance dari negeri Belanda ini memilih menjadi tenaga kerja illegal, agar b ...more
Nike Andaru
Aug 07, 2010 rated it it was ok
Hmm... entahlah mungkin saya aja yg ga dapet 'feel'nya buku ini.

Kisah Langit Merah bercerita tentang pengalaman seorang yg bernama Langir Merah, punya adik namanya Trang Matahari. Cuma namanya ini yang menarik dan unik menurutku, yang lain kerasa buram.

Saya merasa ga tau buku ini mau menonjolkan tema apa, apakah cinta berbeda agama Langit dan Daria, tentang wartawan yang menerima banyak suap, tentang kisah kecil Langit dan Matahari yang miskin dan terasa tidak bahagia atau hanya bercerita tentan
...more
Nilam
Jan 17, 2011 rated it really liked it
one of the best collection on my bookshelf. pas beli, putus asa sama covernya. ga menarik. pas baca di awal2 putus asa karena ngerasa lelah LELAH BANGETTTTTTTTT sama isi ceritanya. pas udah baca sepertiga bagian, jadi males2an bacanya. nyaris memutuskan untuk nggak nerusin. soalnya capek beneran deh. soalnya banyak kutipan flashback yang diulang2. dan itu tuh gak cuma dari sudut pandang satu orang. jadi satu kejadian dibahas dari dua sudut pandang, yaitu sudut pandang karakter cwe dan cwonya. ja ...more
miaaa
Sep 07, 2010 rated it really liked it
Berhati-hatilah pada petualangan. Petualangan adalah candu. Sekali kau mulai, bahkan dirimu sendiri tak bisa menghentikan hasrat bertualangmu. Jika kamu membenci kegelisihan dan menyukai hidup yang tenang, jangan pernah memulai petualanganmu, karena petualangan adalah sarang kegelisahan yang sengaja kau cari.

Mimpi dan keadaan bangun, mana sesungguhnya yang menjadi majikan? Jangan-jangan, justru jiwa kita hidup dan memiliki kehidupan di alam mimpi yang terentang dari tidur yang satu ke tidur yang
...more
Anak Hilang
Oct 23, 2009 rated it really liked it
Awalnya aku pikir Langit Merah yg dibuku ini sama dengan tokoh Langit Merah (di cerbung "Beri Aku Hidup") yang 'dihidupkan'. Dengan karakter dan jalinan cerita yg sama tentunya. Tapi perkiraanku meleset sama sekali, ternyata Bubin menciptakan karakter Langit Merah yg lain dengan konflik masalah percintaan yg nyaris seragam dengan beberapa cerpennya dulu. Tapi tetap, ini buku yg bagus buat dibaca diantara gelimang teenlit, hehehe. Sebuah buku dengan alur cerita dan karakter yg sangat laki-laki na ...more
Indah  Ros
May 21, 2012 rated it liked it
dari awal baca, gue dah tau penulis org yang sangat idealis. Dan terbukti ketika membacanya lebih jauh. Overall, ceritanya datar dan boleh dibilang, mengusung realitas kehidupan yang dipadukan dengan bumbu-bumbu idealisme sang tokoh.

Mungkin karena detail yang sangat mencolok di buku ini, saya jadi agak risih karena yang saya inginkan adalah poin-poin penting. Jadi ingat, buku Haruki Murakami-Dengarlah Nyanyian Angin. Mirip-mirip itu.
Tapi entah kenapa, kalo dibandingkan, sy lebih milih baca buk
...more
Paluvi
Jan 03, 2011 rated it really liked it
Pas banget baca buku ini disaat lagi heboh wartawan amplop yang sering ikut goreng-goreng saham, jadi semakin tergambarkan bagaimana realita yang terjadi di kalangan mereka. Alur cerita dalam buku ini terpapar secara deskriptif analitik, setiap keputusan dan kejadian digambarkan dari setiap sisi yang berbeda, dan menampilkan dimensi logika lain, yang terkadang luput dari pemikiran saya. Saya suka cara penulisan Bubin yang tidak mengulang-ulang kata sehingga tidak membuat bosan dan putus asa :)
Kungkang Kangkung
Jun 05, 2012 marked it as gak-selesai-atau-terabaikan
Shelves: novel
sudah bertahun-tahun buku ini memenuhi rak saya. sempat dibaca, tapi nggak selesai-selesai. =.=a nggak tahu kenapa dulu bacanya males. mungkin karena dulu masih belum kebiasa sama gaya cerita yang lambat. kalo nggak salah dulu sudah baca hampir sampe halaman 100, tapi saya masih belum mengerti apa yang mau diceritakan buku ini. bahkan karakter tokoh utamanya juga berasa nggak jelas gendernya.
Eda ervina
Jul 03, 2011 rated it liked it
Shelves: numpangbaca, fiksi
"petualangan adalah candu. sekali kau mulai, bahkan dirimu tak bisa menghentikan hasrat bertualangmu'...bagi saya qoute di belakang halaman buku inilah memberikan daya tarik. Keren, hingga akhirnya saya menyelami isi dalam buku ini.
tentang 'petualangan' yang tak lepas dari mimpi, tekad,prinsip,dan tentunya perjuangan..
Desy
May 08, 2009 rated it it was amazing
Shelves: indonesian
gua selalu suka tulisan bubin lantang. kecuali sad-ending-nya itu.

buku ini, buku pertama bubin yang gua baca lagi, setelah sekian lama dia menghilang. cerpen di antologi cerpen itu belum gua baca.

KLM ini.. tipikal bubin. sampe mewek bacanya. karena ada yg gua banget, hehehe..
Quinie
Mar 15, 2009 rated it it was amazing
huaaaa.. gokil... di halaman2 awal sayah baca ini, saya pikir, saya beneran salah beli genre buku. But,makin kebelakang, makin penasaran...
Finally, i reached the last page of the story and wondering, "Gokil... ini negara gua yang gue tinggal di dalamnya? Ga tau harus apatis atau optimis"
Pulung Pulung
Aug 31, 2013 rated it really liked it
Saya baca buku ini waktu kuliah semester 3 dulu. Belum pernah baca karya Bubin yang lain. Namun saya rasa, di tengah penulis-penulis yang sangat berusaha mengindah-indahkan Bahasa, Bubin datang dengan kesederhanaan dan kelugasannya. Deskripsinya rapi dan mengalir lancar. this is a must read!
Neng Tatix
Feb 22, 2016 marked it as to-read
Really read this book
lita
Aug 30, 2010 rated it it was amazing
Ini cerita tentang cinta sejati. Cinta sejati terhadap prinsip hidup yang dipegang Langit Merah, yakni keberanian untuk mengungkap kebenaran.

to be continued
« previous 1 3 4 5 6 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Tanah Tabu
  • Curhat Setan: Karena Berdosa Membuatmu Selalu Bertanya
  • Olenka
  • Orang-orang Proyek
  • Midah Simanis Bergigi Emas
  • Entrok
  • Negeri Para Peri
  • Isabella
  • Kerudung Merah Kirmizi
  • Kau Memanggilku Malaikat
  • Nagabumi II: Buddha, Pedang dan Penyamun Terbang
  • Corat Coret di Toilet
  • Rindu
  • 'A9ama' Saya Adalah Jurnalisme
  • Burung-Burung Manyar
  • Selimut Debu
  • Istriku Seribu
  • Kamu Sadar Saya Punya Alasan Untuk Selingkuh kan Sayang?
See similar books…
18 followers
penulis yang punya ciri khas tersendiri dalam cerita-ceritanya, anti mainstream, pemberontak, kisah cinta yang tidak biasa.
“Petualangan adalah pergi tanpa titik tujuan, membiarkan dirimu tersesat, mencari, dan memilih; dan kamu tak tahu kapan harus pulang.” 15 likes
“Belajar jadi manusia jujur selalu lebih menantang buatku.” 9 likes
More quotes…