Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Drunken Mama: Keluarga Besar Kisah-kisah Non Teladan (Catutan Harian Pidi Baiq)” as Want to Read:
Drunken Mama: Keluarga Besar Kisah-kisah Non Teladan (Catutan Harian Pidi Baiq)
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Drunken Mama: Keluarga Besar Kisah-kisah Non Teladan (Catutan Harian Pidi Baiq)

4.01  ·  Rating details ·  876 Ratings  ·  61 Reviews
Pidi Baiq adalah penulis Drunken Monster dan Drunken Molen . Ini adalah buku terusannya dari itu. Dia juga bikin lagu, bikin komik, bikin ilustrasi buat Mizan dan lainnya, bikin kartun, bikin negara sendiri yang dia kasih nama The Panasdalam dan kini menjadi The Panasdalam Serikat.
Paperback, 213 pages
Published February 15th 2009 by DAR! Mizan
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Drunken Mama, please sign up.

Be the first to ask a question about Drunken Mama

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Biondy
Dec 01, 2012 rated it did not like it
Pas baca joke yang diselipkan di bagian belakang buku ini, saya punya harapan yang besar bahwa buku ini lucu.

"Tapi Bu, kalau Ayah nikah lagi, pasti bukan karena nafsu," saya bilang begitu sambil makan kuaci (satu per satu). Itu komentar saya untuk mereka yang bilang poligami janganlah didasari oleh karena desakan nafsu.

"Kalau Ayah memang karena apa?"

"Ayah cuma mau tahu aja, anak Ayah seperti apa kalau sama perempuan lain."

"Heh!? Eksperimen?"


Lucu kan? Yah, setidaknya buat saya lucu.

Cuma baca beb
...more
Harun Harahap
Apr 10, 2009 rated it liked it
buku ketiganya Kang Pidi nih masih lucu bin edan bin gelo..tapi emmang lebih lucuan yg pertama n kedua seh..tapi tep bikin ngakak kok..gambarnya juga semakin bagus n lucu...tatanan bahasanya juga dah mulai membaik..*yah membaik tapi belum baik..hayah..*

tapi di Drunken Mama ni lebih terasa pesan2 moral nya..lebih ngena dan lebih ditekankan..khususnya di akhir2 catatan hariannya..

yah buat kang Pidi ditunggu lagi buku barunya..tapi entar2an aj..biar orang ga bosen..

*pesen2 buat orang yg mobaca kary
...more
Nanny SA
Mar 25, 2009 rated it liked it
Shelves: jokes-satire, 2009
Dalam buku ke 3 Drunken Mama, rasanya Pidi lebih serius, tapi serius ala Pidi tentu berbeda dengan seriusnya orang yang serius ;D, masih ada ceritanya yang bisa ditertawakan atau membuat tersenyum membaca kelakuannya. Di sini disetiap cerita diakhiri dengan renungan yang kadang dalam kadang biasa saja.
Membaca rangkaian drunken ini memang bisa membuat orang mabuk, atau bahkan bingung, tapi buatku ada makna yang dalam karena selain bisa tertawa ada hal-hal yang bisa mengasah kepekaan nurani.
Buat
...more
Yunia Damayanti
Di buku ketiga ini Surayah masih memasukkan pesan-pesan moral yang nyeleneh dan aneh. Masih sama kaya buku-buku sebelumnya, suka bikin pusing karena mikir, mana mungkin beneran kejadian kaya gitu? Hahahaa....

Tetap suka, Pidi Baiq itu penulis yang khas menurut saya, humornya juga aneh, tapi apa yaaaa... distinct aja gitu.
Andri
Mar 05, 2009 rated it liked it
Masih lucu. Masih menggelitik. Pidi masih ngerjain orang. Dengan rentang waktu yang acak, tampaknya ini adalah kaisan-kaisan Pidi atas memori dia, setelah dirasakan ternyata tulisan2nya laku.

Juga tetap ada renungan di tiap akhir satu tulisan. Yang mengajak kita "merenung" sejenak.

Tapi saya mulai bosan. Dan kalau nanti keluar seri ke empat... tampaknya saya bakalan enggan beli.

-andri-
Diyah
May 19, 2017 rated it really liked it
Surayah dengan gayanya yang khas, mencoba memberitahu kita ada banyak cara untuk bersenang-senang. Menyenangkan diri sendiri dan orang lain. Buku ini mengingatkan bahwa hidup terlalu biasa bila hanya diisi dengan kegiatan yang biasa pula. Terimakasih surayah telah menghadirkan cerita-cerita menginspirasi itu.
Elistiana Siswanti
May 09, 2017 rated it really liked it
Seperti biasa. Si surayah selalu membuat aku mengeluarkan emoticon -_____-" disetiap ceritanya. Selalu nagih untuk di baca dua kali. Selalunya bikin kesel tapi rasanya ingin niru juga. Iseng parah. Di buku ini calon ayah harus baca, jika ingin jadi ayah yang asik bagi anak-anaknya, nanti. 😀
Faikarrr
Aug 01, 2017 rated it it was amazing
suatu saat ingin berterima kasih jika pdf nya diperkenan kan saya untuk membaca dalam rangka berbagi kebahagian dan menjadi ladang amal yang membagi nya. he he he
Faizah Aulia R
Oct 05, 2017 rated it really liked it
mau review ini

updated : 16 oktober 2017

Ayaaahhh, absurdnya mana adaaa, juaraaaa.
Keabsurdan kek ayah ga bisa dipahami orang2 dengan sudut pandang serius, harus yang jenius. *apa banget sih ho ngomongnya


Tapi kumau salut sama ayah, jarang orang kek Ayah. Orang yang ga serius2 amat memandang kehidupan, malah ngejalanin dengan bercanda tapi serius.

Iya, kalo baca dengan seksama drunken monster series, bakal nemu, kalo ayah ga cuma bercanda, tapi ada nilai daleeemmmmm banget yang mau ayah sampein. Dan
...more
Sandra Sopian
Aug 20, 2015 rated it really liked it
Saya gila. apalagi waktu memutuskan untuk beli edisi baru dari serial drunken ini, gak tanggung-tanggung, dulu beli 2 serial Drunken di Toga mas. meski diskon 15%, tetap saja kerasa mahal. Hahaha. cuman ituu loh, waktu belinya kok sampe celingak-celingkuk dulu. gak yakin mau beli. dan ketika beli, di hati terus-terusan memastikan apakah benar-benar ingin dibeli atau gak usah. anehnya, setiap beli bukunya si Pidi, kok ada perasaan malu ya kali keliatan sama orang lain? gejala yang aneh. tapi biar ...more
Oky Syahroni
Apr 09, 2013 rated it really liked it
Drunken Mama bagian “Catutan harian” adalah seri ketiga Drunken Mama karangan Pidi Baiq, seorang yang nyleneh bin aneh. Kegilaan dalam tulisan–tulisan Pidi sudah dengan sendirinya fasih berkomunikasi dan berkontaminasi. Tulisan-tulisan itu mudah menyengat justru karena kekonyolan absurdisitasnya. Serta ketidakmasukakalan dan kekonyolannya membuat daya tarik sendiri bagi buku ini.
Buku ini merupakan kumpulan cerita-cerita yang berjumlah 17 buah, yang ke semua kisah itu adalah cerita kejadian seha
...more
Muhammad
Nov 25, 2011 rated it it was amazing
buku kedua surayah yang saya beli...
"Dia menyampaikan sesuatu yang dalam dan sering penuh perenungan dengan cara yang sangat menghibur." - Soleh Solihun, Editor Majalah Rolling Stone "Dari Drunken Monster sampai Drunken Molen... buat saya ketawa tak berhenti. Buat kengkawan di Malaysia 'harus baca' buku dia, nih, dan orang takkan nyesal!!! Kelakar giler!!!" - Catt Abdul Shariff, Housewife, Bukit Jalil, Malaysia. Bagi yang terbiasa hidup bengkok, menyimpang, dan nyeleneh, buku ini akan mendidik
...more
Aas Nuraisiyah
Jan 31, 2016 rated it liked it
"Bentar, Yah. Mau tanya, perlukah Tuhan dicari? Menurut Ayah?"
"Kalau Dia-nya hilang atau sembunyi, ya mungkin perlu," saya bilang begitu sambil bikin betul posisi duduk.
"Hahaha... dicari. Emangnya petak umpet?" .
"Hehehe. Udah ah, apa sih?" Kata saya.
"Hehehe. Bentar. Apa jawaban Ayah, bila teman kantor tanya mengapa Tuhan tidak menampakkan dirinya? Memperlihatkan dirinya?"
"Karena.. karena, ya itu, kalau Tuhan menampakkan dirinya, berarti Tuhan tidak adil." .
"Kenapa?"
"Iya, berarti kasihan orang
...more
Mimi
Dec 14, 2011 rated it really liked it
Saya koq ya baru tau ada buku-bukunya Pidi Baiq *err, jujur, baru tau Pidi Baiq sih sebetulnya* dari sebuah blog buku, dan akhirnya mencoba membaca 2 diantara buku-bukunya.

Salah satunya Drunken Mama ini.

Kumpulan cerita keseharian Pidi Baiq (PB ajalah, ribet) ternyata mengena bagi saya. Ringan, tapi bermakna. Lucu, tapi nggak ngocolnya abegeh. Saya jadi bertanya-tanya, bagaimana orang-orang di sekeliling PB ya? Istri dan anak-anaknya, keluarga dan tetangganya?

Bukan apa-apa, karena kalau kita baca
...more
Pandasurya
Sep 03, 2009 rated it did not like it
Shelves: fiksi-indonesia
Kesan saya setelah baca ketiga buku ini: tanpa kesan..sepertinya baca dan tidak baca sama saja alias ga ada rasanya. Dan karena itu pula ketiga buku ini hanya saya baca sekilas-sekilas saja dalam waktu semalam.

Disebutkan bahwa buku ini adalah buku humor tapi buat saya tidak ada yang lucu, bahkan tidak lucu sama sekali, maaf saja, isinya juga datar-datar saja, tidak ada rasa apa2 bagi saya.

Beberapa kalimat memang ada yang lucu, tapi hanya lucu sedikit, selebihnya biasa saja.

Jadi kesimpulannya: ma
...more
winda
Jun 18, 2010 rated it liked it
Shelves: book-borrowing
Buku ini merupakan diary dari seorang Pidi Baiq yang ajaib sekali, buku ini menceritakan keisengannya dan kekreatifannya Pidi Baiq melakukan hal-hal yang tidak pernah terbayangkan oleh orang-orang normal pada umumnya, dan hal-hal yang tidak normal itu menjadi normal dilakukan oleh seorang Pidi. Buku ini membuat kita tertawa tetapi tak jarang Pidi menyelipkan sedikit pencerahan di akhir tulisannya. Lucu, karena sebetulnya buku ini tak hanya ditulis untuk melucu, bukan hanya pemilihan kata-kata ya ...more
Peni Astiti
Jul 13, 2009 rated it it was amazing
dibanding buku-buku sebelumnya, buku ini tambah sarap aja... hahahaha....
baca, deh, bagian Daftar Pustaka-nya...

di buku ini lagi-lagi ibu Rosi selaku istri Pidi Baiq, sudah sangat memaklumi (atau udah terbiasa ya?) dengan kelakuan suaminya itu... kayak pembagian mi instan di terminal bus yang dilakukan sama pengamen... pembagian mi instan itu buat kampanye Dukung Obama... hahahaha... aya-aya wae... pas giliran ibu Rosi yang dibagiin, bu Rosi cuman bilang, "pasti disuruh Surayah, ya?" hihihi....

Ali
Mar 05, 2009 rated it really liked it
Shelves: indonesia, non-fiksi
Penuturannya 'aneh' karena orangnya sendiri 'aneh'. Ia tak bermaksud berkomedi, entah mengapa kita menangkapnya seperti komedi. Seperti seri drunken-drunken sebelumnya, sebetulnya buku ini sangat filosofis, mengajarkan tentang betapa polosnya manusia di hadapan Sang Pencipta.
Saya pernah nanya langsung ke Pidi, kenapa bahasanya demikian. Ia bilang, sejak kecil ia sudah terbiasa dengan gayanya Sultan Ali Syahbana. Jadi jangan heran, jika di tiap tulisan bertemu dengan kalimat-kalimat yang bertenta
...more
Ditto Pappilanda
Mar 17, 2009 rated it really liked it
pada buku ketiga seri drunken ini, gw ngeliat ada yang berbeda dari cara dia mengungkapkan filosofi atau apalah itu. hampir di tiap akhir tulisan, pidi menuliskan.. apa ya disebutnya..satir?
pokoknya ada yang beda deh..
dari buku pertama mpe yang ini, tingkat keseriusan bukunya perlahan meningkat, tapi serius ala pidi khan tetap ada guyonannya..
gw suka deh ma buku-buku pidi
apa lagi ya buku yang akan ditulisnya,,
kayanya seri drunken gak usah banyak2 deh, 3 cukup qo..
ariel arrayyan
Dec 07, 2012 rated it it was ok
Sejujurnya saya lumayan kecewa dengan seri ke-3 dari serial Drunken ini.. Yang saya rasakan pada waktu membacanya adalah agaknya tulisan-tulisan Surayah telah mengalami per-kompromi-sasian (apa sih) terhadap masukan-masukan dari orang lain (mungkin), sehingga "kegilaan" yang saya dapatkan pada seri sebelumnya, pada seri ini terasa hambar.

Sorry Surayah, saya hanya bisa kasi 2 bintang.. piss, love and gahol :)
Sian
Mar 28, 2009 rated it liked it
Terima kasih buat Suryati alias Nona yang telah meminjamkan buku ini, asik bacanya, segera diembat meskipun setelahnya mesti mengorbankan jam tidur malam beberapa lama untuk ngerjain tugas.

Ini adalah buku Pidi yang pertama yang saya baca (urutannya terbalik ya, he..he..soalnya boleh dipinjemin). Nikmat, mengalir, dan masih ada ajakan renungan yang mengajak kita untuk 'aware' terhadap diri, lingkungan, Tuhan.
Avida Sa'ya
Nov 14, 2015 rated it really liked it
Engga bisa mengungkapkan dengan lebih dari:

Kalau kata Soleh Solihun: hebatnya Pidi, tulisannya sering tidak berhenti di perut saja. Jika saya boleh sok serius, Pidi meninggalkan sesuatu di hati.

Kalau kata Bambang Sugiharto: menyembunyikan kearifan dalam segala kekonyolannya, memaksa kita berpikir ulang lewat segala permainan canda-ketawanya.
Fertina N M
Dec 16, 2013 rated it it was ok
it's the first time, i read Pidi Baiq's book. it's pretty cool. didn't know why, maybe just because he create his own life with his way. although he used his own language or something like he have his own grammar. But i think, this book have some fun. how he become a father or husband or jerk friend for making fun and laugh. Its good, though.
Fadilah
Dec 12, 2009 rated it liked it
yeah. sedeng, ni orang. Udah dewasa tapi masih berani ngelakuin hal gila. Padahal almamater kita sama, bang, tapi saya tidak segila itu. hahahahhahah....
Yang bikin pengen beli adalah embel-embel kalo si penulis juga dari FSRD ITB. hahhaha... oia, sama di yang buat Panas Dalam. yang lagunya ga jelas itu.
Nenangs
Cara bertutur yang keluar jalur umum, pemakaian bahasa yang sengaja tidak mengikuti EYD, kisah-kisah yang membuat orang "normal" berpikir "gila ni orang", makna di balik cerita yang (kadang-kadang) sangat mendalam...
Eselin Melantika
Pengen ngelakuin hal di luar batas normal kaya si Ayah. Tapi sepertinya hanya dia yang mampu, atau mungkin ada di luar sana yang sepertimu, siapa ya? Apa mungkin temanmu? Atau anakmu? Ah pedulikah aku haha
Nadia Fadhillah
Mar 26, 2013 rated it really liked it
Shelves: borrowed, wishlist
Pidi Baiq makannya apa ya? Kok bisa bahagia ya.
Rezaxrey
Nov 04, 2012 rated it it was amazing
funny book of the year LOL
Reisa
Oct 22, 2012 rated it really liked it
seru juga yah jadi keluarganya surayah pidi baiq. jadi suribu juga harus sering maklum kayanya.. hehe..
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Bertanya atau Mati!
  • Ocehan Si Mbot: Gilanya Orang Kantoran
  • Chrisye: Sebuah Memoar Musikal
  • Balada Si Roy 2: Avonturir
  • Hanya Salju dan Pisau Batu
  • Semerbak Bunga di Bandung Raya
  • Tiada Ojek di Paris: Obrolan Urban
  • Ring of Fire: An Indonesia Odyssey
  • Imperium III
  • Mati Ketawa Cara Rusia
  • Ipung 2
  • I Can (not) Hear: Perjalanan Seorang Anak Tuna Rungu Menuju Dunia Mendengar
  • Adam Ma'rifat
  • Joker: Ada Lelucon di Setiap Duka
  • Gajah Mada: Hamukti Palapa (Gajah Mada, #3)
  • Revolusi di Nusa Damai
  • Creative Writing: Tip dan Strategi Menulis Cerpen dan Novel - Edisi Revisi
  • Mangan Ora Mangan Kumpul
1,213 followers
Pidi Baiq adalah seorang seniman yang punya banyak kelebihan. Selain sebagai seorang musisi dan pencipta lagu, ia juga seorang penulis, ilustrator, pengajar dan komikus.
Pidi Baiq mengaku imigran dari surga yang diselundupkan ke Bumi oleh ayahnya di Kamar Pengantin dan tegang.
More about Pidi Baiq