Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Mafalda 3 (Mafalda, #3)” as Want to Read:
Mafalda 3 (Mafalda, #3)
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Mafalda 3 (Mafalda (Argentina) #3)

by
4.54  ·  Rating details ·  646 Ratings  ·  41 Reviews
La historieta más vendida de Latinoamérica. Originalmente publicada entre 1964 y 1973, esta serie de libros muestran una crítica muy aguda del mundo y la realidad hecha por una niña demasiado madura. Mafalda ha sido traducida a 15 idiomas y su vigencia y humor perdura treinta anos después.
Paperback, 128 pages
Published January 15th 1984 by Ediciones de la Flor (first published 1966)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Mafalda 3, please sign up.

Be the first to ask a question about Mafalda 3

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Bunga Mawar
Pagi ini, Bayu, Panji dan Dani menyodorkan buku ini pada saya dan bertanya maksud dari episode 15-nya, bagian ketika Miguelito bermonolog pada Mafalda:

"Hari ini guruku mengajari kami kalau Colon menemukan benua Amerika!
"Tapi ternyata tahun 1492!
"1492! Kamu sadar nggak?
"Ternyata guruku nggak bisa mendapat informasi secepat The United Press!"


Dan ketiga siswa kelas 2 itu, agak manyun karena saya pake bengong dulu, sebelum ketawa sendirian nggak ngajak2. Akhirnya saya sadar saya punya penonton yang
...more
miaaa
Mar 12, 2010 rated it really liked it  ·  review of another edition
Recommends it for: Dahlia Naga, Echa Russell, Mery Momo
Recommended to miaaa by: Ronny
Menurutmu, mana yang lebih baik? Menonton telenovela/sinetron dengan semua kerumitan kisah percintaan (pasti dengan adegan mesra dan ciuman) atau membaca kisah dongeng? Dan ingat kau mempertimbangkan ini untuk anak-anak loh ya!

Apa pilihanmu? Dongeng pastinya atau paling tidak mayoritas akan berpikir demikian. Tapi tidak bagi Mafalda:

+ Mafalda:
- Ibu: 'Mafalda, lebih baik kamu baca Thumbelina aja, ya. Ini lebih cocok untuk anak seumurmu'
+ Mafalda: ... dalam kegelapan malam raksasa itu membunuh a
...more
Virgilio Machado
[... A]o criar esta menina argentina de [seis] anos de idade, [Quino] criou uma heroína que rejeita o mundo tal qual ele é. Ela detesta sopa (exemplo a não seguir!) e o racismo e interessa-se muito por política, imaginem só! O destino da humanidade e a paz mundial são alvo constante das suas reflexões.

http://cyberteca.wordpress.com/2008/1...

A Mafalda [...] Conquistou o mundo pela irreverência e perspicácia das suas visões e análises que fazia da vida e do mundo que a rodeava no contexto dos anos
...more
Federico2005-2017
Oct 26, 2017 rated it it was amazing
Es increible, y es Argentino y es una buena historieta
Weni
Apr 06, 2010 rated it really liked it  ·  review of another edition
Miguelito & Mafalda pulang sekolah.

Miguelito: Hari ini guru kami mengajari kami kalau Colon menemukan benua amerika.
Miguelito: Tapi ternyata tahun 1492!
Miguelito: 1492! KAMU SADAR GAK?
Miguelito: Ternyata guruku nggak bisa mendapat informasi secepat The United Press.



Mafalda dan Felipe di rumah Mafalda.

+ Mafalda: Felipe, aku nggak ngusir loh, tapi sekarang udah jam setengah lima. Kamu nggak mengerjakan PR-mu di rumah?
- Felipe: Masih ada waktu kok (smbl baca komik)
+ Mafalda: Jam 6 kurang sepulu
...more
Harun Harahap
Ada beberapa teman Mafalda yang tak kalah kritis dan lucu.

1. Felipe, penyuka Lone Ranger yang senang berkhayal dan menunda pekerjaan. Felipe yang gemar berimajinasi ini seringkali terpuruk ketika imajinasinya dihancurkan oleh kebenaran yang diutarakan teman-temannya.

2. Manolito, seorang kapitalis yang kerap mempromosikan toko Ayahnya, Don Manolo. Manolito disebut-sebut sebagai anak yang otaknya kosong tapi sebenarnya dipenuhi dengan hal apapun yang berkaitand engan uang.

3. Susanita, gadis kecil
...more
mina
Feb 21, 2010 rated it really liked it
Waaah, yang ini lebih lucu dan menarik daripada yang nomor 2-nya. Separo comic stripnya setidak-tidaknya gak membicarakan dunia, tetapi dunia anak-anak itu sendiri.
Sekarang Miguelito tidak muncul, sementara karakter-karakter lain semakin tajam. Mafalda dan keinginannya mengubah dunia menjadi lebih baik, Manolito yang sangat-sangat berjiwa pedagang, Felipe yang suka membaca, cerdas dalam hal belajar tetapi lugu dalam hal-hal lain, serta Susanita yang pikirannya khas cewek borjuis masa itu: "kala
...more
Mery
Mar 06, 2010 rated it really liked it  ·  review of another edition
Satu hal yang aku pelajari dari Mafalda....
Kebanyakan manusia khususnya yang dewasa, lebih sering mengingat hal gak penting.

Tertohok juga sama kebanyakan celetukan khas nya Mafalda. Terutama ketika Papa nya Mafalda ngedumelin olahraga di koran. :P

Si kecil yang cinta perdamaian ini... duh lucu sekali...
Miguelito lucu juga, si kecil yang kekurangan tapi berperikemanusiaan. Si Manolito yang pikirannya hanya uang uang dan uang. Susanita yang pikirannya seperti terlalu sok dewasa. Dan Felipe yang sel
...more
Rahmadiyanti
Jan 19, 2011 rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: comic
Mafalda: Pa, waktu Papa kecil, orang-orang merasa khawatir mggak sama perang atau bom atom?
Papa: Dulu orang-orang takut akan perang, tapi nggak takut sama bom atom, soalnya dulu belum ada.
Mafalda: Wah wah! Zaman dulu orang takutnya sama hal yang remeh banget ya?

Hihihi, dasar Mafalda. Tetap kocak, cerdas, dan kritis. Tapi kekocakan komik ini sebenarnya dilengkapi sama karakter teman-teman Mafalda. Felife yang agak "telmi", Susanita yang maunya pengen cepet nikah, Manolito yang "materalis", dan Mi
...more
Rhea
Apr 04, 2010 rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: komik, punya, recommended
wkakakakak....
semakin lama semakin lucu.

Mafalda: Kamu yang cuma memikirkan toko papamu, uang dan bisnis mesti mendengarkan ini
Mafalda: "Uang tidak membawa kebahagian"
Manolito: Oh iya... kalau itu aku udah tahu
Manolito: Yang aku suka dari uang adalaha kemampuannya yang hebat dalam meniru kebahagian.


Meskipun komik ini dibuat pada tahun 1964-73 untuk mengkritik situasi negerinya (red: Argentina)dengan menggunakan sudut pandang anak2 yang lugu, tapi komik ini sampai sekarang masih relevan dengan si
...more
an
Mar 29, 2010 rated it really liked it  ·  review of another edition
semakin lama dibaca, semakin menggemaskan tokoh satu ini.bocah kritis, ndut dengan pipi tembem na dan rambut mirip ijuk. jadi pengen dipeluk-peluk...

kalo denger celetukan dia ma komen dia tentang dunia, sebagai orang yang sudah tidak bisa lagi dibilang kanak-kanak, pasti pembaca akan dibuat tertawa, tersenyum atau minimal... geleng-geleng kepala.

dibanding buku pertama, komik strip ini lebih menunjukan alur cerita na. kalo di buku pertama disatukan berdasarkan tema, di buku kedua ini lebih teras
...more
Hippo dari Hongkong
salah satu lines favorit gw yaitu ketika Manolito menuliskan pesan untuk hari ibu di tembok

Hei, teman-teman!!!
Kalian sudah menyiapkan hadiah untuk mama kalian pada hari istimewanya?
Harus disiapkan!
Jangan sampai lupa!
Toko Don Manolo menyarankan hadiah berupa sabun cuci, kain pel, dll.

Ingat!
Ibu yang sibuk dan lelah tidak akan bisa memukul keras-keras.


Hahahahahahahahahahaha.........
Sam
Aug 04, 2010 rated it really liked it  ·  review of another edition
susanita: semua telah berubah dan dunia menjadi indah!

mafalda: apa yg terjadi susanita? ada berita baru apa? nggak ada inflasi lg? dilarangnya senjata nuklir? hilangnya kelaparan di India?

susanita: berita?

susanita: nggak... aku kira Associated Press, Reuters, ataupun CNN belum tahu ttg sepatu baruku



*inget pesan Pra, bersiap untuk ngakak :))
Javier Galíndez
Dec 19, 2014 rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: historietas
¿Por qué no había leído esto antes?
Uf, como amo a Mafalda. Gracias a Dios que mis familiares hablaban mucho de estas historietas.
Miguelito cada vez me cae mejor.
Susanita como que me cae cada vez peor.
Mariana
Oct 01, 2014 rated it it was amazing
Shelves: comic
Still a wonderful comic book. The way Mafalda see the world I can relate to. The funny thing is when I started to read Mafalda I was very little and I always thought that Mafalda was a USA product like Calvin & Hobbs. Only 10 years after that I discovered it was from Argentine.
Laura
Mar 14, 2008 rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: comics
Mafalda é apenas uma garotinha. Gosta de brincar, de dançar e odeia tomar sopa. Mas, com apenas seis anos de idade, a menina criada pelo cartunista argentino Quino na década de setenta tem plena consciência do mundo em que vive, cheio de injustiças, guerras e intolerância.
Feather Mista
Mar 08, 2010 rated it it was amazing
Recommends it for: Todo el mundo
Recommended to Feather by: Madre
Alarremier... Sabía que Mafalda era popular en todo el mundo, pero la cantidad de reseñas en indonesio que tiene este tomo es apabullante. Sin duda Mafalda es una de esas joyitas en las que uno oportunamente se siente orgulloso de ser argentino.
elfsi
May 30, 2010 rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: fiksi_nonfiksi
sindiran-sindiran tentang keadaan dunia yang dikemas dalam humor yang sungguh menarik lewat tokoh anak kecil 'mafalda' beserta teman2 unik nya yang lain..
Roberta
Nov 18, 2012 rated it really liked it
Shelves: comics
Mafalda, la niña mas intelligente de el web. Es una historieta actual y muy filosófica
Jazmineftbooks
Oct 13, 2014 rated it it was amazing
Ow.c:
Noemi
Dec 03, 2011 rated it really liked it
Recommends it for: people who like Charlie Brown and/or Calvin
Recommended to Noemi by: Joaquin (my co-teacher)
Mafalda is new favorite precocious kid!
Speakercoret
pinjem kakamia :D
Jade
Jan 12, 2011 rated it it was amazing
These books are like the dearest of friends to me.
Natasha Castillo
Apr 27, 2013 rated it it was amazing
En cualquier lugar y en cualquier momento, Mafalda siempre es una buena distracción.
Nike
Jan 25, 2011 rated it really liked it  ·  review of another edition
Ah, Mafalda di seri ini lebih lucu dari yang pertama.
Hasil pinjeman dari Harun nih, sambil ngikik2 sendiri bacanya.
erry
Feb 21, 2010 rated it really liked it
lanjut....

aniway edisiindonexianya mana yak di GR?
Mackel
Nov 10, 2008 marked it as to-read
ooh. takes me back to spanish classes.
Torito11 :D
Mar 25, 2015 rated it it was amazing
es muy lindo y gracioso, tiene dibujos muy lindos y es muy realista.
CondeDooku
May 21, 2015 rated it it was amazing
Los mafaldas cada vez son mas graciosos
Abel
Jul 16, 2015 rated it really liked it
Me gustó un pelín menos que los anteriores
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Married with Brondong
  • Sepeda Merah Vol. 2: Bunga-Bunga Hollyhock
  • Jesse James (Lucky Luke Adventure, vol. 4)
  • Macanudo 1 (Macanudo, #1)
  • Kartun Benny & Mice: Jakarta Atas Bawah
  • Ajdar
  • Caídos del mapa V - Siempre juntos
  • Topeng Kaca 5
  • Siang dan Malam (Agen Polisi 212, #1)
  • 5 Pesan Damai: Lebih Dekat Dengan Ajaran Nabi
  • Great Lies to Tell Small Kids
  • Natacha (Natacha #1)
  • Asterix and the Roman Agent (Astérix #15)
326 followers
QUINO, Joaquín Salvador Lavado, nace, hijo de inmigrantes españoles, andaluces, en la ciudad de Mendoza (Argentina) el 17 de julio aunque en los registros oficiales conste nacido el 17 de agosto. Desde que nació se lo llamó Quino para distinguirlo de su tío Joaquín Tejón, pintor y dibujante publicitario con quien a los 3 años descubre su vocación.
Comienza la escuela primaria donde descubre que su
...more
More about Quino

Other books in the series

Mafalda (Argentina) (1 - 10 of 11 books)
  • Mafalda 3
  • Mafalda 1
  • Mafalda 4
  • Mafalda 5 (Mafalda, #5)
  • Mafalda 6 (Mafalda, #6)
  • Mafalda 7 (Mafalda, #7)
  • Mafalda 8 (Mafalda, #8)
  • Mafalda 9 (Mafalda, #9)
  • Mafalda 10 (Mafalda, #10)
  • Mafalda inédita