Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Selena” as Want to Read:
Selena
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Selena

(Bumi #8)

by
4.26  ·  Rating details ·  604 ratings  ·  119 reviews
"Selena" dan "Nebula" adalah buku ke-8 dan ke-9 yang menceritakan siapa orangtua Raib dalam serial petualangan dunia paralel. Dua buku ini sebaiknya dibaca berurutan. Kedua buku ini juga bercerita tentang Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, sekolah terbaik di seluruh Klan Bulan. Tentang persahabatan tiga mahasiswa, yang diam-diam memiliki rencana bertualang ke tempat-tempat ...more
Paperback, 368 pages
Published March 16th 2020 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 4.26  · 
Rating details
 ·  604 ratings  ·  119 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Selena
Afiff Afiff
Apr 04, 2020 rated it it was amazing
Tarik napas....fiuhhhhhhh..
Selesai juga baca buku ke-8 series tersayang sekaligus terkampret ini, kampret krn buku pertama terbit dr 2015, 5 tahun umurku aku pake buat nunggu buku ini🤣 Buku serial bumi ini menceritakan tentang biografi Selena (pasti tau dong siapa dia kalau ngikutin).

Di tiap² buku di series ini pasti menarik² sih latar tempatnya, latar di sini berada di klan bulan, dan seringnya ada di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (sekolahnya ILY pacarku😂) di sini berasa banget auranya
...more
Desti Rachmadyah
Apr 04, 2020 rated it it was amazing
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
omnivoreader
Mar 16, 2020 rated it really liked it
Iseng mulai baca, eh keterusan sampai selesai.

Kisah tentang Miss Selena ini seru juga ya. Sejarah akan guru matematikanya Raib dan kawan-kawannya ini ternyata asyik juga diikuti. Dan untuk masalah tentang dua sahabatnya alias Mata dan Tazk mah udah jelas lah ya siapa mereka. Tapi uniknya ya sudut pandang dari Miss Selena-nya ini sih.

Apa mesti dituntasin juga nih Nebula-nya? :|
Nining Sriningsih
May 11, 2020 rated it it was amazing
kisah tentang Miss Selena kali ini yg diceritakan..
dari kecil sampai Selena kuliah..
:D

fiuuuh..
baca'y tuch kayak naik rollercoaster, apalagi pas di sekolah Akademi Bayangan Tingkat Tinggi..
semua pelajaran'y menarik..
apalagi pelajaran Malam dan Misterinya, ini yg paling menarik bagi q..
:p

dan ternyata Nebula itu nama sebuah klan..
nggak sabar buat baca lanjutan'y Nebula..
yuuuks segera dibaca..
:D
Hamim Alkhawarizmi
Apr 05, 2020 rated it it was amazing
Bagi yang telah menunggu kelanjutan pertualangan raib, Ali Dan seli pasti udah ga sabar pengen baca cerita nya..

Ets tapi harus bersabar karena buku ke 8 ini banyak menceritakan tokoh baru yang pasti bakal bikin kalian penasaran.

Jelas sekali di judul nya, siapa yang tidak kenal dengan nama itu, yaps miss kriting.

Dibuku ini kalian akan diajak melihat bagimana sekolah ala ala Harry Potter tapi versi Dunia pararel.

Gimana ga seru kalian akan tapi seperti apa pelajaran, teman teman, tenaga pengajar
...more
Juwita Maulida
Mar 16, 2020 rated it it was amazing
Jika kalian mengikuti buku seri bumi, ini adalah cerita tentang masa muda Selena yg menjadi guru matematika kesayangan Raib dkk. Cerita dimulai ketika Selena berusia 15 tahun dan yatim piatu pergi ke ibukota klan bulan untuk hidup bersama keluarga pamannya. Di sana dia bekerja, berteman dan banyak belajar. Kemudian karna ingin meraih cita2nya menempuh pendidikan di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, Selena berjuang dengan cara apapun, bahkan membuat kesepakatan dengan Tamus yg membawanya ke jalan ...more
Maryam Norazan
Apr 22, 2020 rated it it was amazing
Dunia kita dekat sekali dengan kegelapan. Maka saat gelap menyelimuti, pastikan kamu tetap berusaha mencari cahaya di sekitarmu. Dirimu sendiri adalah satu-satunya yang bisa kaupercaya. Nurani. Cahaya kecil itu selalu ada di hatimu. Gunakanlah. Terangi jalanmu, temukan pilihan hidupmu. Semoga itu bisa membawamu menuju jalan yang lebih baik halaman 339.

Menamatkan Selena dalam kejapan waktu kerana seperti selalunya, tulisan Tere Liye selalu seperti candu; sekali membacanya, tidak ingin lepas
...more
gitzzhareads
Apr 03, 2020 rated it it was amazing
"Dunia kita dekat sekali dengan kegelapan. Maka saat gelap menyelimutimu, pastikan kamu tetap berusaha mencari cahaya di sekitarmu. Dirimu sendiri adalah satu-satunya yang bisa kaupercaya. Nurani. Cahaya kecil itu selalu ada di hatimu. Gunakanlah. Terangi jalanmu, temukan pilihan hidupmu. Semoga itu bisa membawamu menuju jalan yang lebih baik." (hal.339)
.
Buku ke-8 dari seri Bumi ini menceritakan salah satu tokoh yang amat penting bagi Raib, Seli, dan Ali. Dia adalah guru matematika mereka, Miss
...more
Asma Zakiyah
Apr 11, 2020 rated it it was amazing
Serial ke 8 Bumi ya? ya itu deh. Untuk teman-teman yang membaca Selena, ku asumsikan tlah mengikuti sejak awal Bumi. Ya kan ya kan?
Kalau belum, silahkan mulai membaca dari Bumi, agar berkesinambungan mengikuti alur cerita hehe.
Ya jadi buku ini full bercerita tentang Miss Selena jaman muda dan sekolah di ABTT, persahabatannya dengan Tazk dan Mata yang hmmm somehow kuduga sebagai tokoh-tokoh penting dari serial ini. Mencurigakan tapi belum terbukti. Mungkin nanti di Nebula, tapi hm dengar punya
...more
nur'aini  tri wahyuni
Apr 13, 2020 rated it it was amazing
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Febe Natalia
Apr 03, 2020 rated it it was amazing
Membaca buku ini seperti mengintip diary miss Selena. Alur ceritanya mengalir, tidak membosankan. Walaupun sepertinya ending di buku Nebula kurang menyenangkan sih bagiku.

Melalui buku ini kita jadi tahu kalau ternyata Selena orang yang sangat amat pembangkang dan nakal sekaliiii. Tapi juga sangat menarik karena teknik-teknik mengintainya tergambar jelas, bikin kepingin baca terus.

Segera ditunggu lanjutan dari Nebula!

*salah satu kutipan favoritku dari ibunya Selena, intinya dia bilang kalau hidup
...more
Marina
** Books 56 - 2020 **

3,7 dari 5 bintang!

Sejujurnya aku mengoleksi series ini sejak mulai dari Bumi #1 karena aku merasa seri pertualangan Raib, Seli dan Ali ini sangat menjanjikan karena salah satu fantasi lokal yang seru untuk diikuti. Akan tetapi jujur aku mulai lelah membaca series ini sehingga aku memutuskan hanya mengoleksinya sampai Komet Minor (Bumi #7)

Untuk Selena yang merupakan bagian dari Bumi #8 aku memilih meminjamnya saja karena aku belum mendapat kepastian kapan seri ini akan
...more
rachel
Mar 20, 2020 rated it really liked it
Mengikuti kisah Selena (a.k.a Ms. Keriting) saat dia masih muda, saat dia belajar di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi. Dengan 2 sahabatnya, Tazk dan Mata, mereka menjadi top students di angkatan 78.
Meylis Tianti
Apr 25, 2020 rated it it was amazing
Keren
Sharulnizam Yusof
Jun 08, 2020 rated it really liked it
1.
Kali ini Tere Liye mengkisahkan tentang "guru" kepada Raib, Seli dan Ali; bagaimana dia bermula menjadi seorang pengintip (pengintai) di Klan Bulan.

2.
Permulaannya ada sedikit perbezaan dengan siri Bumi yang terdahulu, maka pembacaan menjadi menyeronokkan.

3.
Namun apabila Selena bergabung dengan Tazk dan Mata di akademi, saya terimbas semula kisah tiga sahabat; Raib, Seli dan Ali. Serupa, tapi tak sama.

4.
Persahabatan yang baik, kemudian ada sisi-sisi romantis antara Selena dan Tazk. Ditambah
...more
Afee
Apr 07, 2020 rated it it was amazing
This is story about Selena, the Math's teacher of Raib, Seli, and Ali (Bumi series). It will be more about Raib's parents, but they can't be separated to Selena, so this is it.
We can say this is prekuel of Bumi's series. Everything starts here.

It start from Selena's childhood, her fight for life among the hardness situation.

I give five for this because I like the story, the writing, even there are some unmatch and silly, but over all this was very good!! I enjoy the adventure, the love, the
...more
Reffi Dhinar
Apr 01, 2020 rated it it was amazing
Shelves: fantasy
Suka banget apalagi kampus ABTT yang canggih bagus banget deskripsinya,Hogwarts tanpa sihir melainkan dengan teknologi. Saya bisa menduga nih siapa ortu Raib dan bagaimana tragisnya hubungan Selena dengan kawan-kawannya di Nebula, memang harus beli dan baca keduanya.
Aisaidluv
Mar 25, 2020 rated it it was amazing
Senang akhirnya Miss Selena punya judul buku tersendiri. Untuk yang ingin tahu kisah hidup salah satu pengintai terbaik Klan Bulan, mesti baca buku ini
Full review, silahkan baca reviewnya

https://aisaidluv.wordpress.com/2020/...
Adel
Mar 23, 2020 rated it it was amazing
Tidak pernah kecewa dengan karya-karya Tere Liye.
Termasuk buku yang satu ini..
Buku yg menguak kehidupan Selena selama di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi sangat seru untuk diikuti..
Sekali baca, susah berentinya..
Uma Munandar
Mar 23, 2020 rated it really liked it
"Dunia kita dekat sekali dengan kegelapan. Maka saat gelap menyelimutimu, pastikan kamu tetap berusaha mencari cahaya di sekitarmu. Dirimu sendiri adalah satu-satunya yang bisa kaupercaya. Nurani. Cahaya itu selalu ada di hatimu. Gunakanlah. Terangi jalanmu, temukan pilihan hidupmu. Semoga itu bisa membawamu menuju jalan yang lebih baik."

Phew, setelah nunggu dari tahun 2015, sejak buku pertama serial Bumi keluar, tau apa yang aku tungguin? Bukan mereka ngalahin Si Tanpa Mahkota, bukan the trio
...more
Ardina Rahma
Jun 19, 2020 rated it really liked it
Selena atau biasa lebih dikenal dengan Miss Selena/Miss Keriting. Karakternya sudah pembaca kenali sejak buku seri pertama, yaitu Bumi.
Dalam buku seri ke-....(berapa ya *liat back cover*) 8, Miss Selena mendapat jatah "naik panggung".
Buku ini bercerita tentang masa lalu Selena, tepatnya masa remajanya. Setelah menjadi yatim piatu di umur 15, Selena tinggal bersama Paman Raf dan Bibi Leh. Ia bekerja sebagai pekerja konstruksi atas instruksi Paman Raf. Tiga tahun kemudian, saat umur 18, Selena
...more
Desti Astiani
Aug 06, 2020 rated it it was ok
Ada 3 kata yang bikin risih dibacanya, yaitu Bulan Sabit Gompal 🤦♀ begini nih ekspresiku saat membaca 3 kata itu 👉😒😏🤨 iieuuwh!!!
Ini cerita tentang Klan Bulan di sana ternyata beredar novel Tere Liye juga wkwkwk 😂🤣😅 dan ada Boy Band juga ya, gak kalah eksis sama penduduk Klan Bumi. Mantan anak Boy Band kuliah juga di ABTT namanya Tazk.

Aku tetap tertarik untuk mau lanjutkan membaca buku ini, meskipun udah kena spoiler dan meskipun aku tersadar sampai pertengahan bab pun aku sama sekali tidak
...more
Afifah
Jul 29, 2020 rated it really liked it
Shelves: 2020, gd, ebook-version
Setelah baca buku ini, baru agak mudeng kalau pengintai yang dimaksud sebagai identitasnya Selena itu mirip-mirip spy. Jujur pas sadar aku merasa agak bodoh.. hahaha

Tapi untuk buku ini sendiri, aku agak lebih suka membaca kisah Selena dengan Mata dan Tazk dibanding Raib-Seli-Ali karena memang lebih dewasa. Yang satu anak kuliahan, yang satu lagi anak SMA sehingga atmosfer dan gaya bahasanya berbeda. Ada calon love story sebetulnya di buku ini yang aku agak kurang sukai tapi di akhirnya nggk
...more
Wahid Kurniawan
May 15, 2020 rated it really liked it
Menikmati banget pokoknya pengisahan masa muda Miss Selena ini. Asyiknya bukan main! Barangkali yang mengganggu adalah alusi atas peristiwa negeri sendiri itu. Ini kayak mendeskreditkan satu kelompok yang sampe sekarang masih menjadi perdebatan.
unwantedbee
Jun 17, 2020 rated it really liked it
Seperti buku buku Tere Liye yang lain, buku ini juga bikin ingin baca terus! Menurutku buku ini seru, karakter karakternya likable, dunianya juga menarik. Hanya saja buku ini kurang berkesan buatku, dalam beberapa minggu aku sudah mulai lupa tentang kisahnya.
J Ra
Apr 02, 2020 rated it liked it
Aku tidak tahu apakah aku memang baru menyadarinya ataukah gaya penulisan tere Liye di buku ini benar-benar berbeda dengan yang biasa aku baca? Aku merupakan salah seorang penggemar karya-karyanya yang menurutku gaya penulisannya sangat rapi, ide yang anti mainstream, amanat yang tepat sasaran, dan alur yang juga tak kalah rapi.

Namun, semua itu seolah hilang sejak aku membaca Selena.

Ketika membaca paragraf pertama halaman paling awal, aku sudah merasa aneh. Aku bertanya-tanya, apakah ini benar
...more
Jody Prawira
Apr 02, 2020 rated it it was amazing
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Tia Ayu Sulistyana
recently read
4/5⭐

❝Selena, jadilah anak yang kuat. Kamu akan sendirian menghadapi kehidupan.❞
Page 6

❝Selena, hidup ini hanya soal sudut pandang. Digeser sedikit saja cara kita memandangnya, kita bisa mengubah sesuatu yang menyebalkan menjadi hal yang berbeda. ❞
Page 45-46

❝Tidak ada salahnya dicoba. Kata orang bijak, kita akan lebih menyesal jika tidak melakukan karena takut, dibanding melakukan meskipun gagal ❞
Page 63

❝Masa depan dipahat lewat masa lalu, hari ini adalah cerminan hari-hari kemarin.
...more
Rangga Sukmawijaya
Mar 27, 2020 rated it really liked it
Kisah Miss Keriting

Buku ini tentang Selena yang kelak menjadi guru Raib, Seli, dan Ali di dunia Klan Bumi.

Alkisah, Selena yang yatim piatu pindah ke kota Tishri dan tinggal bersama pamannya. Gadis desa yang pertama kali pergi ke kota itu lantas menjadi pekerja di perusahaan konstruksi milik Raf, pamannya itu. Walaupun begitu, ia punya cita-cita untuk masuk ke sekolah terbaik di kota itu: Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, dan ia berhasil bersekolah di akademi itu, meskipun dengan cara yang unik.
...more
Nur Aini Nilam Sari
Jun 22, 2020 rated it really liked it
dari awal udah langsung nebak-nebak dong, siapa orangtuanya Raib, wkwk. gemes!

bukunya cerita tentang Ms. Selena, guru para tokoh utama di serial Bumi ini. eh, tunggu, kalau dipikir-pikir, kayaknya ini serial buku pertama dimulai pas gue masih kuliah deh, udah berapa tahun coba ini, dan masih akan ada sambungannya lagi coba! wkwk ahelah Bang Tere emang dah

Selena banyak bercerita tentang yaa siapa lagi selain Ms. Selena yakan, haha. dulu sempet mikir dan nebak-nebak, jadi muridnya Tamus itu kayak
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Mantappu Jiwa
  • Laut Bercerita
  • Guru Aini
  • Ganjil-Genap
  • Tokyo & Perayaan Kesedihan
  • Jakarta Sebelum Pagi
  • Imperfect
  • Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang
  • Perjamuan Khong Guan
  • Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa
  • Di Tanah Lada
  • Resign!
  • Wake Up Sloth
  • In a Blue Moon
  • Melbourne (Wedding) Marathon
  • Autumn in Paris
  • A untuk Amanda
  • Bicara Itu Ada Seninya: Rahasia Komunikasi yang Efektif
See similar books…
9,386 followers
Author from Indonesia.

"Jangan mau jadi kritikus buku, tapi TIDAK pernah menulis buku."

"1000 komentar yang kita buat di dunia maya, tidak akan membuat kita naik pangkat menjadi penulis buku. Mulailah menulis buku, jangan habiskan waktu jadi komentator, mulailah jadi pelaku."

Other books in the series

Bumi (8 books)
  • Bumi
  • Bulan
  • Matahari
  • Bintang
  • Komet
  • Komet Minor (UNEDITED Version)
  • Nebula

Related Articles

“Let us remember: One book, one pen, one child, and one teacher can change the world.” That’s Malala Yousafzai, Pakistani human rights...
47 likes · 18 comments
No trivia or quizzes yet. Add some now »
“Dunia kita dekat sekali dengan kegelapan. Maka saat gelap menyelimutimu, pastikan kamu tetap berusaha mencari cahaya di sekitarmu. Dirimu sendiri adalah satu-satunya yang bisa kaupercaya. Nurani. Cahaya itu selalu ada di hatimu. Gunakanlah. Terangi jalanmu, temukan pilihan hidupmu. Semoga itu bisa membawamu menuju jalan yang lebih baik.” 2 likes
More quotes…