Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Genealogi Sastra Indonesia: Kapitalisme, Islam, dan Sastra Perlawanan” as Want to Read:
Genealogi Sastra Indonesia: Kapitalisme, Islam, dan Sastra Perlawanan
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Genealogi Sastra Indonesia: Kapitalisme, Islam, dan Sastra Perlawanan

by
4.28  ·  Rating details ·  29 ratings  ·  9 reviews
Buku ini berangkat dari satu pertanyaan utama: Kenapa karya sastra dan buku-buku Indonesia pada umumnya yang terbit di era pasca-reformasi didominasi oleh buku-buku bergenre Islami, motivasi, dan percintaan?

Menggunakan cara berpikir Foucauldian, buku ini menelisik akar atas fenomena hari ini dengan membongkar sejarah awalnya. Maka terbentanglah sejarah panjang perjalanan k
...more
ebook, 138 pages
Published December 5th 2019
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Genealogi Sastra Indonesia, please sign up.

Be the first to ask a question about Genealogi Sastra Indonesia

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-47
Average rating 4.28  · 
Rating details
 ·  29 ratings  ·  9 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Genealogi Sastra Indonesia: Kapitalisme, Islam, dan Sastra Perlawanan
Panji
Dec 26, 2019 rated it really liked it
Pertama-tama saya perlu menyampaikan terima kasih pada penulis yang membagikan tulisan ini agar bisa diakses oleh masyarakat. Genealogi Sastra Indonesia: Kapitalisme, Islam, dan Sastra Perlawanan sesuai deskripsi mengupas sejarah perkembangan sastra dari zaman Hindia Belanda hingga masa sekarang termasuk intrik-intrik dan persaingan diskursus di dalamnya.

Dalam buku ini, Okky kemudian menyampaikan kritiknya pada produk-produk sastra yang ada yang mana meninabobokan dan membentuk masyarakat Indone
...more
Sry Handini Puteri
Nov 22, 2020 rated it really liked it
Buku yang membahas tentang, "Mengapa karya sastra dan buku-buku di Indonesia pasca-reformasi ddidominasi oleh buku-buku bergenre Islami, motivasi, dan percintaan?"

Buku ini menelisik mengenai banyaknya sensor terhadap karya sastra sebelum era reformasi yang kemudian menjadi tidak terepresi setelah era reformasi. Pertalian antara keinginan pasar dan cerita-certa motivasi menjadi pasar tersendiri yang sangat berkembang dan diminati hingga saat ini.

Sebagai orang yang jarang membaca karya sastra Ind
...more
Dedul Faithful
Dec 18, 2019 rated it it was amazing
Setelah membaca buku ini, aku sebagai pembaca sastra Indonesia, at least novel-novel Indonesia, merasa bahwa novel-novel sekarang enggak sewah zaman dulu, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Novel-novel didominasi sama tema percintaan yang dari segi isi emang bertujuan cuma menghibur, yah ini pemikiran yang sangat men-generaliasasi sih dan sangat subjektif sekali. Bisa jadi opini ini juga berangkat dari pengalaman pribadi aja yang bisa dibilang dangkal, faktanya aku sekarang jarang baca no ...more
Silvia Iskandar
Apr 18, 2020 rated it it was amazing
Dari semua buku Okky yang saya baca, ini yang saya paling suka, walau bacanya pake iPad, duduk, gak bisa tiduran kayak baca buku, semua kepingan2 puzzle seperti klop masuk ke tempatnya. Ternyata setiap sastra ada maknanya, ada maksudnya, ada efeknya dalam sejarah. Terima kasih banget dibuka gratis. Saya pernah juga saking kepengen, beli2 buku yang sebenernya makalah thesis, dan itu gak murah...iyalah...mereka riset-nya juga gak gratis..

Kalau dirangkum, satu kata kesan terkuat dari buku ini, yang
...more
Hafiz
Apr 11, 2020 rated it really liked it
Dari buku ini saya belajar tentang konteks sosial dan politik yang ada pada saat beberapa novel terkenal di Indonesia terbit. Konsep perebutan posisi sebagai diskursus dominan antar dua jenis karya itu menarik itu ditelusuri di dunia selain novel (film, misalnya).
Muhammad Bahrul Abid
Jan 02, 2021 rated it really liked it
menggunakan metode foucaldian, buku ini mengungkapkan sejarah dominasi sastra Indonesia dari masa ke masa.
Fiki Mochamad A
Dec 25, 2019 rated it it was amazing
Analisisnya ringan dan mudah dipahami.
Ilham Rusdiana
Dec 25, 2020 rated it really liked it
3.5 stars
Indah Threez Lestari
817 - 2019
Novia Anggraeni Iskandar
rated it really liked it
Jul 22, 2020
Raharjo
rated it really liked it
Dec 02, 2020
Lesdance
rated it it was amazing
Dec 31, 2019
Dwiki Mahendra
rated it really liked it
May 28, 2020
Christy Tisnawijaya
rated it really liked it
May 21, 2020
Azzam Robbani
rated it really liked it
Dec 08, 2020
Gabrielle
rated it it was amazing
Jan 01, 2020
Aisyah
rated it really liked it
Mar 20, 2020
Galih Khumaeni
rated it liked it
Jan 04, 2020
Faris Abdala
rated it really liked it
Jan 27, 2020
Joanne
rated it it was amazing
Oct 09, 2020
Faishal Mahdi
rated it really liked it
Jul 19, 2020
Jacque Adi
rated it it was amazing
Jun 11, 2020
Asdani
rated it really liked it
Mar 04, 2020
Rira
rated it really liked it
Jul 18, 2020
Jagad
rated it it was amazing
Nov 24, 2020
Raisatul
rated it it was amazing
Aug 27, 2020
Dikdik Permadi
rated it really liked it
Sep 01, 2020
Muhammad Daffa
rated it really liked it
Apr 16, 2020
febi
rated it it was amazing
May 04, 2020
W Zaid
marked it as to-read
Dec 18, 2019
Idham
marked it as to-read
Dec 18, 2019
R.A.Y
marked it as to-read
Dec 27, 2019
daydreamerstardust
marked it as to-read
Dec 31, 2019
Nursheila Muez
marked it as to-read
Jan 01, 2020
Ariel Seraphino
marked it as to-read
Jan 05, 2020
Agung
marked it as to-read
Jan 10, 2020
Allendoa
is currently reading it
Jan 11, 2020
Heri Setiawan
marked it as to-read
Jan 12, 2020
Nikita Syecilia
marked it as to-read
Jan 23, 2020
Rafi abiyyu
marked it as to-read
Feb 17, 2020
Inasni Dyah R.
marked it as to-read
Mar 01, 2020
Ndra Grindcore
marked it as to-read
Mar 03, 2020
Nadja Tazkiya
marked it as to-read
Mar 31, 2020
Shafira
marked it as to-read
Apr 04, 2020
Maulida Ayudhanti
marked it as to-read
Apr 11, 2020
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • A Brief History of Time
  • Giselle
  • Dark Matter
  • Simple Miracles: Doa dan Arwah
  • Student Hidjo
  • Puisi-Puisi Cinta
  • A Wild Sheep Chase (The Rat, #3)
  • 82년생 김지영
  • Dua Arus Selokan Mataram
  • Endorphin: Kumpulan Cerita dan Rupa
  • 50 Kisah tentang Buku, Cinta, & Cerita-Cerita di Antara Kita
  • Change
  • Kisah Sang Penandai
  • Konsierto di Kyoto
  • Catatan Pinggir 9
  • I Will Judge You by Your Bookshelf
  • Song of Will
  • Hampir Sebuah Subversi: Kumpulan Cerpen
See similar books…
261 followers
Okky Madasari is an Indonesian novelist. She is well-known for her social criticism with her fiction highlighting social issues, such as injustice and discrimination, and above all, about humanity. In academic field, her main interest is on literature, censorship and freedom of expression, and sociology of knowledge.

Since 2010 Okky has published 10 books, comprising of five novels, one short-stor
...more

News & Interviews

Need another excuse to treat yourself to a new book this week? We've got you covered with the buzziest new releases of the day. To create our...
47 likes · 12 comments