Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Ikan Kecil” as Want to Read:
Ikan Kecil
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Ikan Kecil

by
4.02  ·  Rating details ·  55 ratings  ·  28 reviews
Pertanyaan “kapan hamil?” harus dijawab oleh pasangan suami-istri Celoisa dan Deas dengan senyuman selama 45 bulan. Lalu akhirnya mereka bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan kehadiran “ikan kecil" di perut Celoisa.

Namun, ternyata itu bukan akhir dari masalah kehidupan rumah tangga mereka. Saat Olei tumbuh perlahan, Loi dan Deas merasakan ada yang berbeda dari perkemba
...more
Paperback, 248 pages
Published December 2nd 2019 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Ikan Kecil, please sign up.

Be the first to ask a question about Ikan Kecil

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 4.02  · 
Rating details
 ·  55 ratings  ·  28 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Ikan Kecil
Reina Tan
Dec 09, 2019 rated it really liked it
heartwarming, yet so heartbreaking.

more review to come, if i don't forget to update it. lol
...more
Aulia  Rofiani
Dec 04, 2019 rated it it was amazing
Dibikin nangis lagi sama Kak Ossy 😭
Cukup menambah awareness kita terhadap anak autis
Plotnya juga rapi, ga bertele-tele, aku yg awalnya mau baca depannya doang malah jadi ga bisa lepasin bukunya buat nyelesain hehehe
Isu yang diangkat pun cukup banyak
Mulai dari cara menyikapi nyinyiran bude-bude, kesabaran saat lama diberi keturunan, ketika udah punya keturunan malah diberi different ability
Trus sentilan yg disematkan juga ngena banget, saat mahasiswanya Daes ngeluh kenapa ga punya2 pacar tapi ma
...more
Pauline Destinugrainy
Novel yang menarik. Ceritanya tentang pergumulan sepasang orang tua yang mendambakan keturunan, dan ketika mendapatkan anak, ternyata anaknya berkebutuhan khusus.

Deas dan Loi mendambakan anak selama hampir empat tahun lamanya. Hingga akhirnya Loi hamil. Kehamilannya bermasalah sehingga Loi harus mengalami beberapa kali pendarahan. Anak mereka pun lahir prematur. Sejak melahirkan prematur, Loi sudah dihinggapi rasa bersalah. Apalagi ketika mereka menghadapi kenyataan Olei didiagnosis autis. Loi s
...more
Inez Diva Ashilvania
Dec 06, 2019 rated it it was amazing
4,5 stars

Cerita menghangatkan hati. Cerita yg membangkitkan awareness kita semua pada spektrum autisme. Semua orang pasti pernah ada di posisi Celoisa ketika putranya mengidap autis. Tapi, kusuka banget proses penerimaan Celoisa yg perlahan dengan kesabaran Deas.

Fun part: Itu kucing dinamain Dul Madjid pecah ketawaku langsung. Terus bayangain Olei pelukin kochengnya gemash banget.

Semoga dengan cerita ini, tidak ada lagi yg menganggap autisme itu bercandaan.
Liliyana Halim
Jan 04, 2020 rated it really liked it
Sukaaa! Rekomen buat dibaca. Ngajarin kalau kamu meminta pada Tuhan, dan Tuhan memberi apa yang kamu minta tapi tidak sesuai dengan harapanmu apa yang akan kamu lakukan? Menerima kah? Atau berusaha untuk terus menerus denial?
Harumichi Mizuki
Ini cerita yang indah. Berkisar pada perjuangan untuk menerima kondisi anak yang berbeda dari kondisi anak-anak pada umumnya: autis.

Pasangan Deas dan Celoisa harus menunggu tiga tahun hingga akhirnya bisa memiliki Oleiyo. Selama hamil, Celoisa sampai mengalami pendarahan tiga kali karena kecapekan bekerja. Beruntung, bayinya selamat. Ia pun terpaksa memenuhi janjinya pada Deas untuk ambil cuti dari kantor dan beristirahat di rumah. Meski begitu ia tetap menyibukkan diri dengan menerima pesanan l
...more
Fla zia
Aug 22, 2020 rated it really liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Nur Reti Jiwani
Buku ketujuh di tahun 2020...
Hatinya berbisik, "Olei tidak boleh autis. Ia baik-baik saja."
Memiliki buah hati yang berbeda pastinya jadi satu tantangan yang sama sekali tidak mudah untuk orangtua manapun. 'Tantangan' inilah yang coba dituliskan Ossy Firstan dalam novelnya, Ikan Kecil.

Pasangan Loi dan Deas sudah 45 bulan menantikan kehadiran anak dalam pernikahan mereka, Tuhan akhirnya berbaik hati dan menghadiahi keduanya seorang putra manis nan lucu, Olei, begitu mereka berdua memanggil n
...more
Jeon Dani
Feb 20, 2020 rated it liked it
Bisa dibilang novel ini cukup ringan, buktinya gue gak perlu waktu berhari-hari, atau bahkan sehari, buat nyelesaiin bacaan. Gak kayak novel 24 bahkan sapai sekarang belum kelar juga karena terlalu puitis dan agak berat, hehe.

Novel ini nyeritain tentang Loi dan Deas, pasutri yang udah nikah 4 tahun tapi belum dikaruniai anak, terus sampai akhirnya ikan kecil pun tumbuh di perut Loi.

Awalnya sumpah gue gak engeh sama judul novel ini. Apaan dah ikan kecil? Ini ... nyeritain apa sih? Ikan yang bisa
...more
Nike Andaru
217 - 2019

Metropop yang tidak diberikan label Metropop, bingung deh kenapa ini ya?
Tentang kehidupan pernikahan Deas dan Celoisa yang berharap punya anak setelah beberapa tahun menikah, lanjut punya anak dan ternyata anaknya autis.
Denialnya Loi, hebatnya Deas dalam mencari tau soal autisme. Beberapa teman dan saudara ada juga yang mendapat anak berkebutuhan khusus seperti Olei dalam cerita ini.

Menarik bahwa Ossy Firstan mengangkat kesulitan yang dihadapi keluarga dengan anak yang mengidap autism
...more
Afifah
Aug 14, 2020 rated it really liked it
Shelves: 2020, ebook-version, gd
Pertama kali tau buku ini dari temen yang pengen baca karena menurut dia buku ini menarik. Pas kebetulan langganan GD sebulan, jadi sekalian aja coba baca buku ini. Alur ceritanya mengalir banget, mudah diikuti, terkadang ikutan sedih dan kesel kayak Loi selama berhadapan dengan Bude Hanum.. hahaha...

Untuk kisahnya sendiri menurutku menarik. Begitu juga dengan dinamika antara Loi, Deas, dan Olei. (view spoiler)
...more
Speakercoret
Dec 28, 2019 rated it really liked it
Buku ke 52 di tahun 2019....
Selesai deh RC nya, ntah bakal jd penutup 2019 apa bakal ad yg lain sebelum mulai RC 2020
Meremas2 hati bacanya....
mereka memiliki keistimewaannya masing2...
Hajizah Maharani
Mar 29, 2020 rated it really liked it
Kalau belum menikah akan mendapat pertanyaan “kapan nikah?” dan kalau sudah menikah “kapan punya anak?” Hal seperti ini sering kali terjadi, dan kita terkadang suka kesal jika terlalu sering ditanyakan dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu.

Buku ini tentang Deas dan Celoisa yang harus menerima keadaan anaknya yang tidak seperti anak pada umumnya (berkebutuhan khusus). Di sini ceritanya lebih ke permasalahan Loi, karena Loi merasa bersalah terhadap keadaan Oleiro. Proses Deas dan Celoisa untuk
...more
Rizka Surfa Ardiana
Mar 23, 2020 rated it really liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Afy Zia
Mar 22, 2020 rated it liked it
3,5 bintang.

[BERISI PENDAPAT PRIBADI!]

Sempet bingung karena label buku ini di Gramedia Digital adalah metropop. Padahal, isinya lebih cocok masuk kategori amore. *malah salfok* Oke abaikan. 😂

Ikan Kecil nyeritain sepasang suami istri Deas dan Celoisa yang punya anak autis―Olei namanya.

Ceritanya cukup hangat dan menggemaskan. Menurut saya, konflik di buku ini nggak berat. Saya paling gemes kalo udah masuk bagian Olei! Percakapan Deas dan Celoisa juga sesekali bikin ngakak. Buku ini pun lumayan det
...more
Aro~
Jul 26, 2020 rated it liked it
Membaca buku ini menyenangkan sekaligus bikin sedih. Awalnya berasa berat karena topiknya tentang hubungan keluarga. Tapi tau-tau rasanya langsung luruh begitu tahu kalo setting tempat yang diambil di kota kelahiran sendiri.

Entahlah, setiap cerita yang punya setting tempat di Solo itu seringkali jadi dorongan buat bikin lekas-lekas menamatkan bacaan. Aku bersimpati sewaktu Loi denial dengan kondisi anaknya. Lantas menyalahkan dirinya sendiri yang dirasanya menjadi penyebab kondisi Olei. Bagaima
...more
erie
Covernya unyuuu. Cover2 gramedia instagramable bgt :3 Topik yang dibawa anti-mainstream dan gue suka bgt. Penulisannya juga enak untuk dibaca. Gue berharap lebih banyak momen antara Olei dan Celoisa aja sih.
Nisa Rahmah
Dec 07, 2019 rated it liked it
*Ulasan menyusul*
Tatabughy
Jan 18, 2020 rated it it was amazing
ngikutin pluto pamit dari jaman wattpad sangat2 terkejud baru tau cerita2nya udah bentuk buku aja. Ikan kecil buku yang ringan dibaca untuk “ibu2 muda” menurutku ya, Karna mungkin aku blm punya anak jd kurang kerasa aja buat diri sendiri tp diluar itu bagus banget:(((( kapan ngga bagus coba nulisnya kalo dia mah wkwk
Diah N
Dec 21, 2019 rated it really liked it
Shelves: gramediadigital
Untuk kalian, siapapun itu, harus baca buku ini. Cerita yang sangat membangkitkan awareness kita tentang anak yang mengidap different ability. Sosok Olei yang ku kira awalnya punya gangguan di pendengarannya karena ketika org tuanya ngajakin bicara dy gak ada respon. Ternyata ketika di bawa kedokter dan di periksa semuanya baik-baik saja, dan ternyata dy mengidap Autism Spectrum Disorders (ASD). Aku yang baca aja terkejut, seperti ada petir yang nyambar, gimana dengan orang tuanya. Sampai ibunya ...more
Titin Rostika
Dec 07, 2019 rated it really liked it
Kisah kelahiran anak autis yang tidak diharapkan oleh orang tuanya.
Agustin Handayani
Mar 04, 2020 rated it it was amazing
Sebelumnya aku ucapkan thanks atas terciptanya novel ini. Benar-benar menjadi perenungan dalam setiap masalahnya. Semua masalah yang diambil dekat dengan kehidupan. Penulis bukan saja berhasil membawa sebuah masalah pelik tentang masalah keluarga dengan anak autis, tapi penulis juga berhasil membuat keasadaran bagi pembaca tentang pengetahuan anak-anak autis.
Semakin jauh, semakin berhasil mengaduk emosi pembaca. Apalagi tentang kesabaran yang akan membuahkan hasil.
Komala Koalacapung
Dec 23, 2019 rated it really liked it
Menghela napas dulu...

Sebentar, tinggal dikit lg
Adara Kirana
Dec 22, 2019 rated it really liked it
4.25
Akaigita
Apr 05, 2020 rated it really liked it
Dulu, aku tinggal di rumah nomor 10. Rumah nomor 11 ditinggali oleh pasangan yang memiliki anak autis, sementara rumah nomor 9 dihuni oleh seorang psikolog. Setiap hari, setiap kali si anak rumah nomor 11 menangis, penghuni rumah nomor 9 akan berteriak merdu, "Ayo kita main balon!" Dan anak rumah nomor 11 terdiam, lalu berlari girang ke rumah nomor 9. And repeat. Like, three times a day.

Itu mukadimah aja.

Buku ini bercerita tentang pasangan yang dikaruniai anak dengan kebutuhan khusus. Cocok bang
...more
Iin
Feb 18, 2020 is currently reading it
Buku ini complecated plus relatable.
Tentang Olei, Deas dan Istrinya juga Momoki dan adiknya.Tentang BUDHE yang mulutnya nyelekit banget padahal gak tau apa apa.

Vivi Yunika
May 15, 2020 rated it liked it
Temanya menarik, hanya saja eksekusi menurut saya masih kurang. Novel ini terasa agak kaku. Banyak juga bagian bertele-tele dan tak penting seperti adegan Deas bersama mahasiswanya. Kisah sampingan saat ada tokoh Bude lebih membuat saya emosi dibandingkan ketika Celoisa mengalami masa 'denial' saat tahu Olei autis.
Novel ini tak membahas tentang autisme secara berat. Selebihnya, jika ingin novel ringan untuk dibaca santai, silakan pertimbangkan Ikan Kecil.
Oh ya, satu lagi. Judulnya lebih cocok Ke
...more
Kirana
May 20, 2020 rated it really liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Andyani Pratiwi
rated it really liked it
Jan 18, 2020
Yessie L. Rismar
rated it really liked it
Nov 22, 2020
« previous 1 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Finn
  • Ganjil-Genap
  • Algoritme Rasa
  • Rotasi & Revolusi
  • Beta Testing
  • 90 Hari Mencari Suami
  • ACC, Pak!!
  • The Boy I Knew From Youtube
  • Selangkah Darimu
  • Bukan Nikah Biasa
  • Second Chance
  • Back to You
  • Start Again
  • Resign!
  • Progresnya Berapa Persen?
  • As Always, I Love....
  • Laut Bercerita
  • Dia
See similar books…

News & Interviews

  Melissa Albert burst onto the YA scene (and catapulted into readers' hearts) with her 2018 debut The Hazel Wood. This darkly fantastical...
73 likes · 5 comments
No trivia or quizzes yet. Add some now »