Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Sungguh, Kau Boleh Pergi: Kumpulan Sajak” as Want to Read:
Sungguh, Kau Boleh Pergi: Kumpulan Sajak
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Sungguh, Kau Boleh Pergi: Kumpulan Sajak

by
3.93  ·  Rating details ·  146 ratings  ·  34 reviews
Apalagi urusan perasaan
Cinta bisa berganti benci
Percaya memudar berganti kusam ragu
Pun komitmen menipis berubah jadi lupa
Tapi aku akan tetap di sini
Meyakini bahwa
Besok pagi, malam pun akan berganti siang
Mawar baru akan merekah ulang
Dan hujan berikutnya pasti kan datang
Kau sungguh boleh pergi

Buku ini adalah buku kedua kumpulan sajak Tere Liye dengan ilustrasi terbaiknya. Bu
...more
Hardcover, 100 pages
Published November 25th 2019 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Sungguh, Kau Boleh Pergi, please sign up.

Be the first to ask a question about Sungguh, Kau Boleh Pergi

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.93  · 
Rating details
 ·  146 ratings  ·  34 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Sungguh, Kau Boleh Pergi: Kumpulan Sajak
Siqahiqa
Jul 04, 2020 rated it it was amazing
Ramalan awal aku mengenai buku ini adalah pasti ianya mengenai kekecewaan kerana itu yang aku rasakan hanya dengan tajuk Sungguh Kau Boleh Pergi.

Seperti yang sering aku katakan, aku tidak gemar membaca puisi atau sajak mengenai kekecewaan melampau. Namun begitu, aku masih tetap ingin memiliki dan membaca buku ini. Kerana apa? Ya, katakan saja bahawa aku sudah menjadi pembaca tegar Tere Liye. Makanya aku pasti mahu membaca semua karya beliau 😁

Aku tidak menyesali membeli buku kumpulan sajak ini. B
...more
Dewi Wijayanti
Dec 09, 2019 rated it it was amazing
Kenapa selalu suka sama tulisan Tere Liye? Karena sering banget relate sama aku. Sering bikin 'ih aku banget ini'. Jadi ya cocok aja gitu. Sajak favoritku adalah yang 'Masbuloh'. Apa sajak favoritmu ? 😊 ...more
Aisaidluv
Dec 12, 2019 rated it it was amazing
Sajak-sajak yang ditulis di buku ini sangat menyenangkan untuk dibaca. Full review silahkan baca di sini:
https://aisaidluv.wordpress.com/2019/...
...more
Asma Zakiyah
Jan 17, 2020 rated it it was amazing
Mem-fiksasi bahwa Bang Tere memang adalah five stars author sepanjang masa hahahaha. Paling suka sajak yg Mata Air Perasaan, Foto-Foto Keren dan Sepasang~
anggiauni
Nov 28, 2020 rated it really liked it
Udah lama gak baca buku puisi.. Buku puisi yg tipis, tp sarat makna. Aku suka. Mirip kehidupan yg sesungguhnya..
Cindy Pricilla
Jan 13, 2020 rated it really liked it
Shelves: ebook, indonesian
Sajaknya sederhana, namun bermakna.
Septiani Ewiantika
Jan 01, 2020 rated it really liked it
Ilustrasinya terbaikkk✨
Sungguh ku sangat suka.
Aishaa Lula
Dec 26, 2019 rated it really liked it
Kumpulan sajak kali ini rasanya lebih relatable dengan diri sendiri. Banyak berisi tentang perasaan dan juga pesan-pesan untuk kawula muda.
Nining Sriningsih
Nov 25, 2019 rated it really liked it
*baca di Gramedia Digital
=)

cukup mudah dipahami dan beberapa yg kena di hati..
:D
Maryam Qonita
Feb 19, 2020 rated it it was amazing
Inilah alasan kenapa aku suka Tere Liye. Dan sjaak ini tidak ditulis untuk sastra tingkat tinggi, tapi menjembatani anak anak muda sekarang biar lebih suka sastra dan puisi. Juga relatable banget dengan kehidupan sehari hari and mudah dicerna.
Nike Andaru
212 - 2019

Baru nongol di Gramedia Digital, langsung baca aja, bisa dibaca sekali duduk.

Tere Liye menulis sebuah catatan di awal buku ini, bahwa kumpulan sajak yang ia tulis banyak dibilang puisi murahan, tapi tetap yakin saja untuk dibukukan.
Menurut saya sih isinya bagus ya, bener kok bahwa anak-anak muda saat ini lebih banyak malas baca buku yang terlalu rumit, terlalu berat dan terlalu melelahkan, terbukti dengan banyaknya buku yang tren sekarang yaitu buku-buku puisi yang isinya sedikit tapi
...more
A.A. Muizz
Jan 16, 2020 rated it liked it
Alih-alih buku puisi, saya lebih suka menamai ini buku kumpulan nasihat.

Sebenarnya tak ada nasihat baru dalam buku ini, masih senada dengan buku nasihat sebelumnya, pun sebagian besar sudah disampaikan Tere Liye dalam novel-novelnya. Akan tetapi, kadang kebebalan saya harus dinasihati berulang-ulang agar dapat memahami hakikat kehidupan.
omnivoreader
Dec 11, 2019 rated it liked it
2.5
Siti Rohmah
Jan 18, 2020 rated it liked it
Buku yang cukup menenangkan . Kumpulan sajak kehilangan dan belajar merelakan :)
Amany Abdat
Jan 08, 2020 rated it liked it
3.5✨
Reffi Dhinar
Jan 07, 2020 rated it liked it
Shelves: poetry-puisi
Sajaknya sederhana, quotable, tidak bersayap kalimatnya, banyak gambar, sudah itu saja. Hanya beberapa sajak yang saya suka. Jadi saya baca sekali duduk waktu di Gramedia tanpa beli. (Plastiknya sudah dibuka ya, bukan saya buka paksa)
wina
Aug 09, 2020 rated it it was amazing
⁣⁣
Judul : Sungguh, kau boleh pergi⁣⁣
⁣⁣
Pengarang : Tere Liye⁣⁣
⁣⁣
Genre : Kumpulan Sajak⁣⁣
⁣⁣
Tahun : 2019⁣⁣
⁣⁣
Penerbit : Gramedia⁣⁣
⁣⁣
Selalu suka dengan tulisan Tere Liye, karena meskipun membahas ‘rasa’ tapi pembaca jarang dibuat jadi galau terus jadi termenye-menye gitu.⁣⁣
⁣⁣
Di pembukaan buku ini , beliau sempet cerita kalau buku sajak pertamanya dikritik karena nggak ‘nyastra’ banget, yang bikin dia heran, karena dia nggak pernah mengkategorikan bukunya sebagai buku sastra, ⁣
go tere liye, go!⁣
⁣⁣
Buku
...more
Tia Ayu Sulistyana
•recently read•
3.5/5⭐️

❝Maka sungguh beruntung orang-orang yang paham
Yang selalu berdamai dengan isi hati dan akalnya
Yang selalu tentram
Kebahagiaan dekat sekali dengannya❞
—Mengatur-atur Hati Kita, Page 45-46

•••

Sungguh, Kau Boleh Pergi merupakan buku kumpulan sajak kedua karya Tere Liye yang berisi 30 sajak sederhana. Buku ini ditulis dengan tujuan sebagai jembatan bagi generasi muda untuk lebih menyukai karya sastra seperti sajak dan puisi.

Jujur, sekarang pun aku gak begitu gemar baca sajak maupu
...more
Anisa Ningtias
Mar 16, 2020 rated it really liked it
"Ketika kita bisa mengingat sesuatu yang menyakitkan dengan detail. tapi tidak terasa menyakitkan lagi." - 'Sembuh' - p.24
.
.
📕 Sungguh Kau Boleh Pergi
✏ Tere Liye
📚Gramedia pustaka utama
⌛2019
📔 96 halaman
.
Blurb
Apalagi urusan perasaan. Cinta bisa berganti benci. Percaya memudar berganti kusam ragu. Pun komitmen menipis berubah jadi lupa.

Tapi aku di sini. Meyakini bahwa. Besok pagi, malam pun akan berganti siang. Mawar baru akan merekah ulang. Dan hujan berikutnya pasti akan datang.

Kau sungguh boleh p
...more
Asti Febrianty
May 06, 2020 rated it really liked it
Berisi 30 puisi ringan namun sarat makna yang banyak menyinggung hal hal yang sering kita alami sehari hari. Puisi puisi dalam buku ini sangat pas dinikmati semua kalangan karena pembawaannya yang ringan tapi tetap menarik. Selain itu ilustrasi keren di setiap puisi dalam buku ini yang bertema abu abu orange terang membuatnya semakin aesthetic. Lewat buku ini Tere Liye memperkenalkan pada orang-orang bahwa puisi juga bisa disajikan seringan dan se santai ini tidak selamanya harus memakai kata ka ...more
Nur Rokhmani
Oct 12, 2020 rated it liked it
Satu-satunya buku beliau yang saya baca adalah buku berjudul "Ayahku (bukan) Pembohong". Ini adalah buku kedua. Saya pilih buku ini siang tadi untuk dibaca, salah satu alasannya karena ini buku kumpulan sajak. 89 halaman, sudah termasuk ilustrasinya. Sedikit, tapi sajaknya rapat. Cukup singkat untuk permulaan, karena buku lainnya tebel2, haha. Awal-awal sudah bikin "Wah, aku nggak begitu cocok," tapi dicoba untuk baca sampai selesai. Yaah, sajak2 akhir cukup nyaman dibaca, cukup cocok dengan jud ...more
Daniel
Jan 30, 2020 rated it did not like it
Tere Liye
Sungguh, Kau Boleh Pergi - Kumpulan Sajak
Gramedia Pustaka Utama
100 halaman
3.6

Kumpulan sajak karya Tere Liye bertajuk Sungguh, Kau Boleh Pergi terasa seperti meme how do you do fellow kids? Sebagian besar sajaknya terasa tidak subtil dan nuanced, serta sedikit menggurui.
...more
Muhammad Edwin
Dec 21, 2020 rated it liked it
"Sungguh, menjelaskan kepada orang yang tidak mau dijelaskan
Sebaik apapun cara melakukannya
Selemah lembut apapun, penuh hikmah
Tetap mubazir, tiada berguna"

Sajak 'Bicara Cinta' yang jadi favorit. Seperti kata sambutannya, memang bukan sajak berat. Bahkan ada beberapa kata gaul.

Terima kasih EPerpusdikbud atas pinjaman bukunya.
...more
Wani Amalina
Feb 19, 2020 rated it liked it
Buku puisi ringan yang kau boleh baca sambil minum teh dan makan keledek goreng di petang hari. Santai dan boleh habes kurang sejam jika fokus. boleh tambah perisa jika baca buku sambil dengar playlist all-time indonesian hits ;)
biya
Nov 25, 2020 rated it really liked it
Karena judulnya "Sungguh, Kau Boleh Pergi" saya mengira ini hanyalah sekumpulan sajak untuk patah hati, namun ketika mulai membaca, saya menemukan banyak sajak tentang kehidupan. Banyak sajak-sajak yang membuat saya merasa relate dengan kehidupan sehari-hari. ...more
adeema.
Nov 23, 2020 rated it it was amazing
Awalnya aku kira, buku ini hanya berisikan tentang sajak patah hati. Namun, semua lebih dari itu. Banyak sekali sajak yang sangat relate dengan kehidupan dan paling utama dalam buku ini adalah tentang keikhlasan.

Bagian kesukaanku ada di halaman 45, dengan judul sajak "Mengatur-atur Hati Kita".
...more
Salviohecxia
Jan 01, 2021 rated it liked it
Kalau pas baca judul, pada mikir ini pasti isinya puitis banget dengan diksi-diksi sastra setinggi langit; kalian salah. Diksinya sangat sederhana dan mudah dimengerti. Saat baca bakal sering mikir "aku banget", "bener banget", ya semacam itu.

Illustrasi di buku ini benar-benarik menarik.
...more
Mauli Hidayat
Jan 13, 2021 rated it liked it
Sajak2 motivasi bang tere liye. Ada yang aku setuju, pun ada yang tidak. Engga masalah. Sajak2 sederhana penuh motivasi kayak gini yang lebih kusuka dibanding sajak2 penuh kata baru eheheh.
Martha Lembayung
Jan 16, 2020 rated it it was ok
2🌟
Tidak biasa dengan penggunaan bahasa gaul di sajak. Hanya ada beberapa saja tp cukup mengganggu ku.
Putri Setyaningrum
Sep 10, 2020 rated it liked it
Sajak yang sederhana namun indah dibaca. Selalu suka sama sajak Tere liye
« previous 1 3 4 5 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang
  • Perjamuan Khong Guan
  • The Book of Forbidden Feelings
  • Quarter Life Crisis
  • Mantappu Jiwa
  • Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
  • Finn
  • Daily Dose of Shine
  • Ganjil-Genap
  • Tidak Ada New York Hari Ini
  • Jakarta Sebelum Pagi
  • A Poem With Your Name
  • Laut Bercerita
  • Anomali: Memoar Seorang Bipolar
  • Guru Aini
  • Wake Up Sloth
  • Generasi 90an
  • Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
See similar books…
9,453 followers
Author from Indonesia.

"Jangan mau jadi kritikus buku, tapi TIDAK pernah menulis buku."

"1000 komentar yang kita buat di dunia maya, tidak akan membuat kita naik pangkat menjadi penulis buku. Mulailah menulis buku, jangan habiskan waktu jadi komentator, mulailah jadi pelaku."
...more

Related Articles

This June, as we observe LGBTQ Pride—the annual celebration of the lesbian, gay, bisexual, transgender, and queer/questioning communities—we...
207 likes · 73 comments