Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “The Wandering” as Want to Read:
The Wandering
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

The Wandering

3.86  ·  Rating details ·  279 ratings  ·  90 reviews
The most ingenious, unique novel you will read all year, where you choose your own story as you travel across the world

You’ve grown roots, you’re gathering moss. You’re desperate to escape your boring life teaching English in Jakarta, to go out and see the world. So you make a Faustian pact with a devil, who gives you a gift, and a warning. A pair of red shoes to take you
...more
Hardcover, 448 pages
Published February 13th 2020 by Harvill Secker (first published October 16th 2017)
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about The Wandering, please sign up.

Be the first to ask a question about The Wandering

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.86  · 
Rating details
 ·  279 ratings  ·  90 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of The Wandering
Aravena
"Tapi dalam setiap petualanganmu, kau ingin tahu apa jadinya bila kau ambil jalan yang ini dan bukan yang itu. Iya kan?”

Hal utama yang langsung membuat saya tertarik dan tergopoh-gopoh menyambar buku ini….



INI BUKU PILIH-SENDIRI-PETUALANGANMU, SAUDARA-SAUDARA.

Oke, saya lumayan kaget. Struktur semacam ini biasanya lebih identik dengan buku anak-anak, seperti seri yang dulu terbit di masa kecil saya ini (saya suka seri ini, dan saya juga yakin penulis buku ini pun demikian—apalagi sewaktu munc
...more
Aya
Jan 31, 2020 rated it really liked it  ·  review of another edition
Meskipun judulnya gentayangan, tapi ini bukan cerita horor. Well, seengganya bukan horor dalam artian penampakan.

Gue suka dengan narasi dan gaya penulisan Intan yang mengalir lancar, membuat topik berat semacam kerusuhan 98, orang-orang yang dihilangkan, G30S PKI, menjadi ringan untuk diikuti tapi tetap menyindir halus lewat tulisannya.

Ada beberapa bab yang saking ga ngertinya, gue skip. Maklum anaknya kurang paham sastra.

Untungnya di bab-bab lain gue diajak jalan-jalan ke kota-kota seperti New
...more
Fajar Riyanto
May 06, 2018 rated it really liked it  ·  review of another edition
Ini konsep modern gothic!

Dalam setiap tokohlah tersimpan unsur dramatik yang mencekam. Mau kota-kota di mancanegara, atau kuburan di tanah Jawa.

Unsur gotiknya merayap dalam kehidupan realita kota. Meski sesungguhnya pribadi saya kurang menyukai konsep ala ala 'pilih sendiri' gaya 80-an, saya melihat konten yang disajikan dalam buku ini sungguh memesona, dan sekaligus mencekik dalam banyak kehilangan.

Dan yang sangat menonjol adalah pemerian film yang begitu mencolok, luber dan ada kesan sediki
...more
Tiffany Tsao
Feb 08, 2020 rated it it was amazing
I heart this novel a lot. In addition to reading this edition, I reviewed the original Indonesian-language edition of the novel for The Jakarta Post. Below are extracts from that review:

Written in the style of a choose-your-own-adventure novel, Intan Paramaditha’s latest book sets you free to roam the earth, from New York, San Francisco and Los Angeles, all the way to Berlin, Amsterdam and Tijuana.

Take into account the panoply of racially and culturally diverse characters, not to mention the sto
...more
Uci
May 20, 2018 rated it liked it  ·  review of another edition
Sepanjang hidup, kadang kita dihinggapi pertanyaan "what if", bagaimana kalau dulu kita begini atau begitu, bagaimana kalau kita mengambil jalan yang ini bukan yang itu? dsb. Dalam novel ini pembaca dipersilakan memilih jalan cerita dan petualangannya sendiri, bersama sepatu merah yang merupakan hadiah sekaligus kutukan.

Dimulai dari kegelisahan si tokoh yang merasa hidupnya begitu-begitu saja. Juara kelas waktu SD, masuk SMA negeri unggulan, dapat pekerjaan lumayan, tapi toh ada banyak sekali or
...more
Jaclyn (sixminutesforme)
Jul 29, 2020 rated it really liked it
This is a book like nothing else I’ve read as an adult—if you’re looking for something that will totally push what you expect from a narrative, read this!
.
Because of the choose-your-own adventure structure to this, I should flag that this review is only one possible reading of the text. For reference, the initial “choice” I opted for was the “Berlin” route, and I’ll make sure I edit this review when I come back and do some other variations of choices! Length wise, my choices directed me to more
...more
Amal Bastian
Dec 30, 2017 rated it really liked it  ·  review of another edition
Sepertinya buku (feminis) ini mempunyai mantra penarik atau medan magnet yang membuat pembacanya akan tetap melaju kencang dari setiap alur pilihan cerita yang disajikan. Intan menyajikan pilihan ending cerita, kita yang menentukan. Jika sekali membaca dan sempat terhenti, seolah kita harus mengulang kembali dari awal cerita dimulai, dan itu membuat payah. Lepas dari cerita, keterkaitan hubungan tokoh satu dengan lainnya, yang seolah terlepas dari setiap cerita yang berbeda, ternyata punya hubun ...more
Kiddo
Mar 09, 2018 rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: th-2018
Aku ingin citarasa "Kumpulan Budak Setan" tapi entah rasanya berbeda. Walaupun, Intan tetap hadir dengan dongeng-dongengnya. ...more
Stephanie Jane
Jun 11, 2020 rated it really liked it
See more of my book reviews on my blog, Literary Flits

The Wandering is an updated and most definitely adult version of the Choose Your Own Adventure story books which used to exasperate me as a child. Before you assume this will be a negative review though, let me start by talking about all the aspects of The Wandering that I really liked! The initial premise of a woman frustrated with her life who is given the fantastical opportunity - although not the most practical footwear - to tear up her r
...more
Astrid Lim
3,5 stars from me!

Such a unique, interesting book with unusual format, capturing the essence of adventures, travels, and finding your own self. This was written in a "choose-your-own-adventures" format, which is fun, but sometimes a bit too much, because there are some very long branches of the story, and some of them are quite repetitive, too.

I do love how Intan snuck some short stories or fairy tales or myths, that enriched the book so much, even if some of them are a bit hard to be connected
...more
Kim
This is a difficult one to rate because I've only managed to wander through one storyline in this "choose your own adventure" style novel.
With the benefit of hindsight I should have been tracking my choices which I could have done on goodreads or there is a space for that at the end of the book.
I borrowed it from the library too, so probably best not to track within the book.....
There's a mix of supernatural, fairy-tale and travel diary styles throughout. Ruby red slippers provided by the devi
...more
Nanny SA
Feb 21, 2018 rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: 2018, novel
Kalau membaca judul bukunya langsung terbayang hal-hal yang menakutkan karena kata gentayangan berkonotasi dengan horor. Tapi ketika mulai membaca bukunya ternyata buku ini sama sekali tidak menakutkan walaupu ada peran iblis di dalamnya :).
Ya di sini gentayangan berkonotasi degan petualangan, bertualang..gentayangan..bernaung tapi tak berumah..

Kita diajak untuk memilih cerita yang akan dijalani, diajak untuk bertualang atas pilihan sendiri... ya kita pembaca menjadi subjek dalam cerita dengan d
...more
Launa Rissadia
“Gentayangan, tak berpikir tentang pulang. Semua ini lebih penting dari apa pun buatmu, dan mungkin juga buat mereka yang terperangkap di kota yang sama, rumah yang sama.” (Hlm. 162)

Cerita dalam novel yang digagas sejak tahun 2008 ini dimulai ketika seorang perempuan berusia hampir 28 tahun berharap sesuatu yang besar mengubah hidupnya yang biasa-biasa saja. Bukan kehidupan yang seperti kakak, temannya, atau siapa pun yang ia kenal. Ia ingin petualangan. Ia pun kemudian menantang semesta dan sek
...more
Farah  Fakhirah
Mar 09, 2020 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Ambisi ingin menemukan ke-lima belas ending di buku ini ternyata harus luluh lantak oleh ketidaksabaran pembacanya mengikuti alur cerita. Pada akhirnya, saya hanya bisa menemukan delapam ending, itu pun dengan berpikir keras memilih pilihan-pilihan selanjutnya. ⁣

Buku ini punya konsep yang amat menarik: pilih sendiri petualanganmu. Mengingatkan saya pada konsep novel-novel Goosebumps di tahun 90-an, di mana kita mencari sendiri akhir dari awal cerita. Buku dibuka dengan adegan kita dan Iblis Kek
...more
Pida Alandrian
Rat. 4.5

Review Lengkap disini >> https://collection-of-book.blogspot.c...

Pertama kalinya aku membaca karya penulis dan pertama kalinya juga aku menemukan sesuatu yang baru di dunia penulisan. Menurutku novel gentayangan ini unik dengan format cerita pilih sendiri pertualangan sepatu merahmu. Siapapun yang membaca novel ini diberikan kesempatan untuk memilih jalan cerita dengan si tokoh ‘kau’. Dengan konsep pilihan inilah, si tokoh ‘kau’ bisa berada dimana saja. New York, Los Angeles, San Fransis
...more
Sausan Atika
Apr 21, 2018 rated it really liked it  ·  review of another edition
Saya menaruh ekspektasi tinggi terhadap judul gentayangan , menanti-nanti akan menemukan sisi Intan Paramaditha yang begitu 'horor' sebagaimana buku-bukunya terdahulu, terutama Kumpulan Budak Setan. Ternyata saya tidak banyak menemukan yang seperti itu di sini.

Percabangan cerita dengan memilih sendiri jalan cerita yang ingin dibaca, layaknya seri Goosebumps terdahulu, membuat saya -secara spontanitas- membandingkan dua produk ini sehingga saya mau tidak mau harus bilang kalau ada yang kurang
...more
Nadia (captnheweade)
Oct 05, 2020 rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: owned
I actually only finish like 5 routes.
I enjoyed reading every single one of them! It felt like I was travelling somewhere :D

Will try other routes when I have the time lol

Overall rating: 4.2/5
Jaymee
Jun 10, 2020 rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: travel, asian-lit
On the one hand, this book has a brilliant concept in that wherever you go, you see some of the characters, piecing together the questions about them that are scattered along the book. Once you finish, you actually see a whole story. Sometimes it takes on the surreal; in one strand of the story, you see a couple of girls, later, you are the girl. This, for me, is the best part of the book. Aside from that, there are so many social, political, and cultural references such as films (Vertigo, Améli ...more
Anna Baillie-Karas
May 01, 2020 rated it really liked it
The protagonist (you) receives a gift of red shoes from the Devil, but must travel the world. It’s a choose your own adventure so you don’t have a straight narrative but I loved this. It has a sense of adventure, it’s interactive & you feel like you’re choosing to go to Berlin, NYC. It shows how life is made up of many choices that determine where you end up (& with whom). Are you obedient? curious? romantic? I loved the playfulness & originality.
Shannon
This is a book where you can chose your own path which makes the experience completely individual and fresh. On this basis I won’t give it a star rating though because I created my own storyline, so I can’t really judge the author on that! I played out about six paths before calling it a day but there were more for those that enjoy going back and starting again.
Siobhan
Jun 05, 2020 rated it really liked it
The Wandering is a literary fiction choose-your-own-adventure novel, as an Indonesian woman who dreams of travel makes a deal with the devil. You're stuck in a rut in Jakarta, teaching English, when you end up with a demon lover who offers you whatever you want. What you want is an adventure, to travel the world, and you end up with a pair of red shoes and the chance to go anywhere. But with such freedom, what are the best choices to make and the best stories to hear from the strangers you meet ...more
Hadissa Primanda
Ini pertama kalinya aku membaca novel dengan alur "pilih sendiri petualanganmu" seperti ini. Banyak yang menyamakan alur ini dengan cerita-cerita Ghosebumps yang sayangnya tidak pernah aku baca.

Dari petualangan pertama, aku benar-benar merasa candu dan penasaran akan setiap akhir yang ditawarkan. Ada banyak tempat, banyak tokoh, banyak topik yang dibahas buku ini, Karena akhir dalam buku ini tidak semua menyenangkan. Ada yang sedih, tragis, bahkan tak berujung.

Yang jelas, membacanya seru. Meski
...more
Theo Karaeng
May 11, 2018 rated it really liked it  ·  review of another edition
Sebenarnya baru kelar satu cerita, mau langsung lanjut tapi kok belum niat ya? Ibaratnya, baru nyampe Makassar, baru kentut, udah disuruh balik ke Toraja lanjut ke Jakarta lewat Palopo. Kan capai, cyin. Mending stay di sini dululah, beberapa hari, menikmati pantai Losari, pantai yang tak berpasir itu, jalan2 menyusuri lalu lintas yang macet cuman gara2 banyak mobil yang mau putar arah, nongkrong di warkop teman sambil cerita2, bla bla bla.
Tentang cerita pilihanku, awalnya agak2 seram membayang a
...more
Marina
** Books 279- 2017 **

3,3 dari 5 bintang!

saya pertama kali bertemu dengan karya Mbak Intan dimulai dari sihir perempuan kumpulan cerpen misteri yang membuat saya bergidik ngeri nah ketika terdengar kabar akan rilis buku barunya saya langsung berteriak bakalan seru nih ceritanya bau2nya

ketika buku ini rilis langsung saya membacanya saat itu juga dan saya dibuat terkejut karena buku ini konsepnya tentang petualangan yang kita tentukan sendiri. kalau kalian pernah membaca goosembumps petualangan pa
...more
Melani Ivi
Sep 13, 2018 rated it really liked it  ·  review of another edition
Novel dengan 'rasa' cerpen. POV yang digunakan menarik, ada yang bahkan POV orang kedua, sehingga saya merasa sebagai subjek cerita. Pilih petualangan sendiri, dan 'hati-hatilah' karena bisa jadi petualanganmu berakhir singkat, atau tragis, atau 'mainstream' sehingga kau tak menyukainya. Tapi masih ada pilihan-pilihan lain jika kau tak puas, tapi tetap saja kisahmu akan berakhir, kecuali kau tak pernah mau mengakhirinya. Karena 'cewek baik masuk surga, cewek bandel gentayangan'.
Dan yang saya suk
...more
cindy
Format ceritanya membangkitkan aroma nostalgila bacaan era 90an, dan bingkai cerita dalam cerita ala putri Scheherezade di 1001 malam. Tapi kemudian, ceritanya, biasa saja. Tentang perjalanan panjang dan kembali, tentang cerita-cerita aneh dan pilihan-pilihan. Beberapa cerita cukup menarik, seperti Merah Salju, Sejarah Mengemudi dan Tetangga. Tapi beberapa yg lain terasa sangat menggantung dan tanpa ujung-pangkal.

Cukup lama jg membaca buku ini, selain krn memang tebaaaall, juga sering jeda baca
...more
Alien
Sep 04, 2018 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Jenius.
Saya belum pernah membaca buku Indonesia yang seperti ini. Sungguh beda dengan yang lainnya.
Puluhan plot cerita saya jalani dan setiap cerita menggali isu-isu sosial yang sangat dalam. Sebenarnya ketika awal membaca, isu-isu ini terkesan hanya pemanis saja. Tapi semakin dalam membaca, saya merasa isu-isu sosial yang ada dalam tiap plot adalah primadona cerita yang sesungguhnya.
Jenius.
Beginilah jadinya jika intelektualitas diracik bersama kreativitas. Brilian!

N.B. Satu tips: sediakan ba
...more
Fajar At-Tuhry
Jun 04, 2018 rated it really liked it  ·  review of another edition
Ini kali pertama saya merasakan frustasi dalam membaca. Yap karena kurangnya waktu membaca akibat kesibukan (style membaca akhir-akhir ini selalu begitu). Akhirnya ditinggal, lalu frustasi dan berganti bacaan lain. Sampai akhirnya niat banget dan berhasil selesein.
Ini bukan novel misteri, saya sempat tertipu genre Intan. Tapi masih setipe-tipe isu yang dilemparkan Intan, masih soal feminisme. Seorang wanita berhak atas pilihan jalannya sendiri tanpa ada paksaan atau konstruk sosial, termasuk men
...more
Ossy Firstan
Oct 19, 2017 rated it really liked it  ·  review of another edition
Seperti biasa, tulisan beliau selalu membuat jumpalitan. Konon, ada belasan alternatif ending di sini. Hanya saja, kubaru menyelesaikan lima ending (membaca novel yang pilih sendiri macam ini di Scoop agak kurang nendang, dan Gentayangan perlu dimasukkan di wishlist buku yang perlu dibeli). Selalu suka cara penulis menyindir realita yang terjadi di masyarat, misalnya soal nama-nama Indonesia dan tingkah kakaknya yang menggelitik.
Sukses untuk penulisnya, aku suka.
Maghfira Aulia
Dec 24, 2017 rated it really liked it  ·  review of another edition
Gila sih, tulisannya memang lezat dan membuat ketagihan. Sistem membaca dengan cara memilih sendiri kelanjutan apa yang diinginkan. Dari yang paling sureal hingga (sedikit) brutal. Buku ini benar-benar pantas untuk dimiliki begitu pula dengan buku-buku Intan paramaditha yang lainnya. She is extremely outstanding.
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 10 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Invisible Women: Data Bias in a World Designed for Men
  • The Perfect World of Miwako Sumida
  • The Five: The Untold Lives of the Women Killed by Jack the Ripper
  • A Long Petal of the Sea
  • Circe
  • Small Spaces (Small Spaces, #1)
  • Orang-Orang Oetimu
  • False Value (Rivers of London, #8)
  • Nothing Ventured (Detective William Warwick, #1)
  • Dept. of Speculation
  • The End of the Affair
  • Her Dark Heart (Detective Gina Harte, #5)
  • Uncanny Valley
  • The Pisces
  • The War of the Worlds
  • Quichotte
  • First They Killed My Father: A Daughter of Cambodia Remembers
  • Celestial Bodies
See similar books…
76 followers
Intan Paramaditha menulis buku Sihir Perempuan, kumpulan cerita pendek yang masuk lima besar Khatulistiwa Literary Award pada tahun 2005; Kumpulan Budak Setan (2010), sebuah tribut untuk penulis horor Abdullah Harahap yang ditulis bersama Eka Kurniawan dan Ugoran Prasad; naskah drama Goyang Penasaran (Intan Paramaditha & Naomi Srikandi, ed, KPG 2013), diadaptasi dari cerpennya dan dipentaskan oleh ...more

News & Interviews

Readers have a lot to look forward to this year! Just feast your eyes upon all of these debut books to check out and emerging authors to...
98 likes · 34 comments
No trivia or quizzes yet. Add some now »