Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Buku Panduan Matematika Terapan” as Want to Read:
Buku Panduan Matematika Terapan
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Buku Panduan Matematika Terapan

3.15  ·  Rating details ·  171 ratings  ·  60 reviews
Pertanyaan P-NP (sesuatu yang bisa diperhitungkan-sesuatu yang tidak bisa diperhitungkan) muncul setelah Prima didatangi oleh hantu yang mengajarinya cara berhitung dan berbagai teori matematika di dalam mimpi. Teka-teki itu semakin mengusiknya ketika ia bertemu Tarsa—si cerdas yang juga memiliki pertanyaan sama tentang P-NP. Namun, meski telah mencurahkan seluruh ...more
Paperback, 364 pages
Published April 30th 2018 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Buku Panduan Matematika Terapan, please sign up.

Be the first to ask a question about Buku Panduan Matematika Terapan

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.15  · 
Rating details
 ·  171 ratings  ·  60 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Buku Panduan Matematika Terapan
Daniel
May 07, 2018 rated it it was ok
Shelves: sci-fi, pusing-pala-w
Henny Triskaidekaman
Buku Panduan Matematika Terapan
Gramedia Pustaka Utama
364 halaman
5.4

Beberapa minggu yang lalu saya menemukan sebuah metode yang ampuh untuk membuat saya terlelap: mengerjakan persoalan-persoalan yang ada di Brilliant, sebuah media sosial bagi para orang yang gemar mencari perkara. Mungkin sebuah metode yang futile dan sedikit sadis, tetapi ketika saya menerjunkan diri ke dalam soal-soal matematika yang rumit, pikiran saya dipaksa untuk bekerja lebih keras yang mengakibatkan
...more
Pauline Destinugrainy
Sungguh saya sangat penasaran ketika informasi tentang novel berjudul unik ini muncul di media sosial pertama kali. Dan terima kasih Gramedia Digital premium yang memberikan kesempatan untuk membaca buku ini.

Sampai sepertiga bagian buku ini saya sejujurnya belum paham mau dibawa kemana ceritanya. Saya hanya menangkap latar belakang Mantisa dan Prima yang dikisahkan bergantian setiap bab, berikut kelebihan mereka masing-masing. Sorry to say... novel ini sulit untuk saya cerna. Terlepas dari
...more
Teguh Affandi
Apr 28, 2018 rated it liked it
ulang tahun ya ulang tahun. Pajak progresif, beda lagi urusannya(hal.51)


Saya hendak berkisah lebih dahulu, di Februari lalu ada acara menjadi manusia dengan sastra yang diadakan penerbit noura dengan galeri indonesia kaya. Dihadirkan Mas Seno Gumira Ajidarma dan Pak Budi Darma untuk berkisah perihal tema. Selepas perbincangan seru, Mas Seno ngobrol ringan dan menyebut salah satu novel pemenang sayembara yang sekarang aneh-aneh dengan keliaran cara bercerita anak-anak muda. Nama Ziggy dan penulis
...more
B-zee
May 10, 2018 rated it liked it
Shelves: fiction
Sebagai seseorang yang mengaku (dulu waktu di bangku sekolah) menyukai matematika, saya tidak bisa melewatkan buku ini, meski hampir semuanya sudah saya lupakan ketika memilih jalan lain di perguruan tinggi. Buku ini dibuka dengan narasi yang menarik, mungkin karena penulis memberikan siratan hal medis yang, sepertinya, agak sulit dipahami sepenuhnya oleh pembaca nonmedis. Dilanjutkan dengan istilah dan rumus matematika yang ditautkan dengan filosofi kehidupan, dengan cukup kreatif. Matematika, ...more
Ratna Sari
May 14, 2018 rated it it was ok
Shelves: ebook-2018
"Batas itu ada gunanya. Keterbatasanmu pun ada gunanya. Nanti, kamu akan paham." (hlm. 232)
.
Sebelumnya, aku minta maaf bila reviewku ini kurang berkenan diterima. Mungkin ini menjadi keterbatasanku dalam menikmati BPMT. Aku memang bukan anak MTK atau pecinta MTK, tapi aku jugabukan pembenci MTK. Makanya aku sangat excited saat ada buku ini. Aku sangat salut dan mengapresiasi penulis yang menggabungkan fiksi dengan ilmu pasti (dalam hal ini MTK).
.
Kuakui setelah membaca beberapa halaman awal, aku
...more
Ayu Lestari Gusman
May 10, 2018 rated it it was ok
tidak bisa menikmati... sampai setengah halaman masih belum mudeng mau dibawa kemana cerita ini
Marsha Zakia
Aug 17, 2018 rated it did not like it
Shelves: dnf
1 of 5 stars
DNF it on 123 pages.

This is the 4th book of Indonesia Independence day reading challenge. So the review will be in Bahasa.

Jujur, yang membuat saya tertarik untuk membacanya adalah judul Buku ini yang begitu menarik. "Buku Panduan Matematika Terapan." dan Jujur saya juga tertarik dengan desain cover, serta imbuhan "1st Winner UNNES International Novel Writing Contest 2017".

Jadi saya langsung mengambil kesimpulan, "Buku ini jelas bagus."

Saya memiliki ekspektasi buku ini mungkin akan
...more
Nadilla Hoemar
Aug 16, 2018 rated it it was ok
Menarik sekali idenya. Hanya saja naskah dibuat terlalu ambisi dengan nama tokoh, judul bab, dan segala hal terkesan memaksakan berunsur sains atau matematika.

Apakah penulisnya sengaja membuat novel realis ini jadi seakan akan di dunia dongeng dan ingin menggiring ke pembaca; ini lhoh, fiksi sains nama tokoh dan penamaan bab nya saja matematika banget. Ini sangat menjauhkan saya sebagai pembaca bahkan sejak halaman pertama.

Sesungguhnya novel ini sangat menarik. Tapi soal nama-nama tokoh yang
...more
Wahyu Novian
Nov 29, 2018 rated it it was ok
Sayang sekali keseluruhan novelnya tidak sesuai dengan harapan (dan selera) saya. Padahal judulnya sudah menggelitik sekali. Mungkin peruntukannya memang untuk pembaca yang suka bahasa puitis penuh majas yang berputar-putar.

Awal-awal mungkin memang menawan. Lama-lama jengah dengan kata-kata yang berputar kesana kemari. Bikin bingung. Sampai akhir pun masih tetap belum paham apa sebetulnya ceritanya.

Pilihan kalimatnya juga bikin poin-poin pentingnya tertutupi. Terlalu mengawang-awang. Membuat
...more
Lantip Pandaya
Jun 09, 2018 rated it did not like it
Sebenarnya sangat menarik, hanya saja teks terasa sangat berjarak saat sains dijadikan kendaraan cerita dengan narasi yang esoteris. Meski fiksi yang menggunakan sain, seharusnya tidak semua hal dari awal sampai akhir semua di-sains-sains-in. Ini biku menarik sekali temanya. Mungkin kurang pengendapan saat menuangkan sains ke fiksinya. Menarik cuma saya bacanya tersendat-sendat
Nellaneva
Jan 15, 2019 rated it it was amazing
4.5 sebenarnya. Tapi, karena mungkin kita takkan menemukan buku sejenis ini lagi di toko-toko buku Indonesia dalam waktu dekat, kubulatkan ke atas.

Jadi, ketika Kak Tris bilang membaca Buku Panduan Matematika Terapan jangan diburu-buru, sarannya memang harus dituruti. BPMT penuh dengan metafora yang mengaitkan kondisi, interaksi, dan pemikiran tokoh-tokohnya dengan persamaan Matematika. Menariknya, ketika kita berusaha menelusuri makna keterkaitan tersebut dan filsafat di baliknya, semakin kita
...more
Alya
Aug 31, 2018 rated it it was ok
Ada buku-buku yang tidak bisa diselesaikan. Dan bagi saya, buku ini salah satunya. Entah ekspektasi saya yang terlalu tinggi atau kemampuan saya dalam mencerna kalimat-kalimat penulis yang kurang, saya merasa buku ini sangat bertele-tele dan memiliki diksi yang menghilangkan poin penting kalimat. Saya kurang suka membaca novel yang terkesan "banyak pamer" kehebatan penulisnya, baik dari segi diksi, atau seperti indeks lagu, buku, dan film, atau bahkan seperti ensiklopedia.
Pangi Marpaung
Aug 25, 2018 rated it it was ok
Menarik, tapi sulit dinikmati.
Alien
Aug 29, 2018 rated it really liked it
Buku ini orisinil sekali. Saya suka.

Ada dua hal yang mendorong saya untuk membaca buku ini:
1. Judul buku ini.
2. Usaha Gramedia dalam mempromosikan buku ini. Saya perhatikan, Gramedia banyak menggunakan berbagai komentar dari para penggiat sastra mengenai bagusnya buku ini. Hal ini jadi membuat saya penasaran.

Begitu banyak unsur kompleks yang diceritakan dalam buku ini dan sebagai buku pertama seorang penulis, saya sungguh sangat kagum. Salut dengan segala riset dan usaha yang dilakukan sehingga
...more
Inasni Dyah R.
Sep 29, 2018 rated it liked it
Rasanya lega banget bisa nyelesaiin buku ini sampe tuntas. Aku sempet hampir nyerah di dua-tiga bab akhir karena belum bisa ngikutin perkembangannya, tapi akhirnya kelar juga. :")

Di separuh awal buku, aku masih bisa ngebetah-betahin diri sama gaya bahasanya yang entah kenapa njelimet parah. Senjelimet-njelimetnya Persiden (Wisran Hadi), aku masih bisa ngikutin perkembangan tiap tokoh dan bisa nyimak alur cerita. Pas ketemu BPMT... well, kasusnya beda. Banget. Wkwkwk.

Pertama, tiap tokohnya belum
...more
Alfath R
Jan 26, 2019 rated it really liked it
Terima kasih kepada penulis yang menambah jajaran bacaan berunsur matematika. Saya sangat sulit menemukan sastra atau karya fiksi yang ada matematika-nya dalam bahasa Indonesia. Saat membaca ini, berkali-kali saya teringat pada pengajar-pengajar saya yang selalu mengajak memaknai kalkulus, analisis real, dan beragam ide abstrak dalam kehidupan sehari-hari. Pelajaran yang sangat menguras energi karena perlu membayangkan ide-ide abstrak itu melayang-layang sambil berupaya menjejak bumi. ...more
Uci
Aug 25, 2018 rated it it was ok
"Seharusnya manusia takkan pernah merasakan rindu kepada sesuatu yang tak pernah ia temui."

Mungkin kalau saya lebih cerdas dan paham tentang matematika, saya bisa lebih menikmati novel ini. Mungkin.

Terus saya tuh jadi kepingin minta bocoran / kunci jawaban ke penulisnya: Penjelasan sederhana tentang jalan cerita dan pertemuan tokoh-tokoh dalam novel ini, jika semua atribut matematikanya dihilangkan. (Ya terus melenceng dari ide awal novelnya dong hehehe. Monmaap, otak saya memang kurang prima )
...more
Asti Wisnu
Jun 11, 2018 rated it really liked it
Diksi yang indah, cerita yang penuh pemikiran, sudut pandang yang tidak biasa, penggabungan 2 POV serta karakterisasi yang kuat. Mungkin butuh berkali-kali mengulang membaca satu bagian untuk lebih memahami, tapi tidak mengurangi kesenangan melahap buku ini sampai habis.
Truly
Oct 29, 2018 rated it really liked it
Bagaimana jika kamu ternyata sudah hidup dan mati berulang-ulang, namun memori terakhirmu belum terhapus sehingga ayahmu datang dan berusaha memperingatkanmu untuk mati saja
~halaman 281~

Hingga penghujung tahun 2018, bisa dikatakan ini merupakan buku paling "liat" yang saya baca. Bagi saya yang kurang paham mengenai matematika, buku ini terasa agak berat karena banyak mengusung perihal matematika. Lihat saja catatan kakinya, pasti dikaitkan dengan matematika.

Misalnya yang tercetak di halaman 52,
...more
Akaigita
Nov 25, 2018 rated it really liked it
Shelves: fiction
Buku ke-39 (3x13) dari tantangan GRC-ku tahun ini. Tadinya ingin menamatkan buku ini lebih awal di urutan 13, tapi kondisi waktu itu membuat Budok melarangku membaca buku ini #lahpiyepenulisnya.

Pertama-tama aku akan membahas aftermath (sebagaimana jika kita baru mengalami kejadian traumatis) setelah membaca buku ini. Luar biasa, lipatan otakku yang semula lurus sekarang jadi keriting! Itu candaan anatomi, tapi mungkin gak lucu.

Sebagai orang yang memiliki sejarah kelam dengan matematika, aku
...more
Tama Pamungkas
May 24, 2018 rated it liked it
Semuanya serba unik. Baik dari judul, alur cerita, sudut pandang, diksi kata, konflik, semuanya.

Hanya saja, penggunaan kalimat deskripsi pada buku ini bagiku cukup berlebihan hingga seakan semuanya bergerak lambat. Lalu kemudian, metafora-metafora yang terlalu mengawang-awang. Hingga akhir cerita pun aku jadi bingung sendiri, semacam tidak tuntas. Namun, nampaknya memang begitu yang diinginkan sang penulis.

Aku suka dengan susunan tiap kalimat pada buku ini yang terkesan puitis. Dan juga konflik
...more
Windi Astuti
May 13, 2018 rated it liked it
Penasaran dengan novel ini karena saat pertama tahu dari sosial media, katanya, novel ini diawali dengan 2+9+(29)=29.

Sesuai dengan judulnya, maka tak aneh jika penulis sering menyisipkan istilah matematika, yang untungnya diberikan footnote supaya pembaca lebih mengerti. Saya jadi tahu beberapa istilah yang sebelumnya asing. Trivia yang menyenangkan.

Namun sayangnya novel ini juga sama seperti judulnya, hanya seperti buku panduan. Menceritakan isi pikiran namun tanpa didukung kehadiran emosi.
...more
Marina
** Books 98 - 2018 **

3,2 dari 5 bintang!

Review to be continued :p

Terimakasih Gramedia Digital Premium!
Ossy Firstan
3.5 menuju 4. Review akan menyusul setelah kujumpalitan.
fragaria
Jul 20, 2018 rated it really liked it
Sudah sangat jarang baca cerita fiksi apalagi novel apalagi novel sastra, lalu informasi tentang buku ini tidak sengaja saya temukan di dunia maya. Judulnya nyentrik, kalau tidak ada tulisan "sebuah novel" pasti tidak jadi bikin gemas.

Setelah akhirnya menemukan buku ini di toko buku, saya makin tertarik lantaran ada nama Seno Gumira Ajidarma di sampul belakangnya. Ternyata novel ini memang sejenis gayanya dengan karya-karya SGA yang surealis. Makanya saya bingung juga kalau disuruh menceritakan
...more
Christmastuti
Jan 13, 2019 rated it liked it
Buku ini adalah salah satu dari daftar yang diberikan sebelum saya mengikuti workshop Period akhir bulan lalu. Meski akhirnya tak jadi saya pilih untuk saya ulas, saya berniat untuk menuntaskannya.
Butuh waktu cukup lama, kurang lebih satu bulan, untuk menyelesaikannya. Seringkali tak terbaca, karena kesibukan. Namun pada akhirnya buku ini tuntas dibaca. Yeay!
Buku ini sama rumitnya dengan matematika. Ia berisi rumus yang njelimet tapi juga buat penasaran. Ketika membaca buku ini seperti di
...more
Karina Rachmawati
Sep 07, 2018 rated it really liked it

Setiap detail kehidupan tidak akan jauh dari yang namanya hitungan.. Hitungan biasanya hanya ada di matematika, dan matematika kebanyakan orang benci mempelajarinya.
Padahal pada kenyataannya.. sedari kamu masih belum membentuk embrio, saat kamu menjadi janin hingga lahir, saat kamu bertumbuh setiap tahun beserta dengan berkembangnya lingkunganmu, bertemu belahan jiwa mu, memiliki keturunan, saat mulai menua hingga sel-sel tubuhmu tidak lagi ber-regenerasi, dan jantungmu berhenti.. Kesemuanya
...more
Nabila Muthi'ah R.
Aug 20, 2018 rated it liked it
Shelves: e-book
Hidup terkadang seperti kurva parabola. Kamu menginginkan sesuatu. Kamu datang mendekat padanya dengan penuh harapan. Ternyata ia mengusirmu menjauh bahkan sebelum kamu bersentuhan dengannya. Kejam. (hal.29)


Buku novel dengan sentuhan matematika? Sepertinya menarik, terutama untukku sebagai mahasiswi matematika, hehe.

Dan matematika disini bukan hanya sekadar judul supaya menarik. Matematika berperan dalam cerita, setidaknya di paruh terakhir buku ini.

Di awal, matematika rasanya terlalu dipaksakan
...more
Yudhistira Adriansyah
Aug 12, 2018 rated it it was ok
Tema yang diangkat menarik. Soal salah satu ilmu paling kuno di jagad semesta. Tapi, cerita yang dibangun kurang tertata. Menurut saya, terlalu banyak metafora yang digunakan sehingga inti cerita jadi semakin terpinggirkan. Harusnya alur cerita bisa bergerak maju dalam satu halaman, jadi baru bergerak setelah 5-6 halaman.

Mungkin tujuannya bagus, yaitu untuk membungkus setiap narasi dengan kalimat yang indah-indah. Namun malah menjadi bumerang karena terkadang ada sebuah narasi yang seharusnya
...more
Henny Alifah
Mar 06, 2019 rated it did not like it
Lho! Saya baru tahu nama depan penulisnya henny kayak nama saya begitu ngecek di goodreads sini. Secara keseluruhan, saya gagal paham sama cerita di buku ini. Lebih mirip puisi daripada novel. Apalagi bawa-bawa matematikaaaaaa, pengen nangis bawaannya, soalnya saya gak ngerti matematikaaaaaaaa. Awalnya saya pikir ini novel bakal lucu, jadi semacam menerangkan matematika dengan enjoy. Ternyata, malah lebih rumit dari pelajaran matematika itu sendiri. Merasa goblo saya :'
« previous 1 3 4 5 6 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Aroma Karsa
  • Laut Bercerita
  • Filosofi Teras
  • Tiba Sebelum Berangkat
  • Museum Masa Kecil
  • Resign!
  • 82년생 김지영
  • Na Willa dan Rumah dalam Gang
  • Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
  • Wesel Pos
  • Orang-orang Biasa
  • Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
  • Cinta Tak Ada Mati
  • Ibu Susu
  • Na Willa: Serial Catatan Kemarin
  • Semua Ikan di Langit
  • Muslihat Musang Emas
  • Aku, Meps, dan Beps
See similar books…
A nonclinical physician. Winner of 2017 Unnes International Novel Writing Contest (Buku Panduan Matematika Terapan, GPU/2018). Content writer in StorialCo. Can be reached via Twitter (@triskaidekaman), Instagram (triskaidekaman), or e-mail triskaidekaman@yahoo.com.
“Dalih mereka begini: semua sistem yang diciptakan manusia selalu mengikuti modus, apa yang paling banyak maka itulah yang dianggap benar. Aristoteles sekali. Yang beda sendiri itu pastilah salah, pastilah aneh. Yang beda-beda itu, termasuk kamu, tidak perlulah diakomodasi; menghabiskan sumber daya saja, jadinya. Justru kalianlah yang harus beradaptasi mengikuti sistem yang dijalankan oleh kaum dominan.” 0 likes
More quotes…