Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Susah Sinyal” as Want to Read:
Susah Sinyal
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Susah Sinyal

by
3.81  ·  Rating details ·  108 ratings  ·  20 reviews
Jakarta bukan jenis kota yang membuatmu jatuh cinta pada pandangan pertama. Tiga puluh enam tahun hidup di Jakarta sudah cukup untuk membuat Ellen paham bahwa kota ini bukan buat yang lemah dan gampang menyerah, dan itu membawanya sebagai seorang pengacara sangat sukses di usia yang masih terhitung muda.

Ellen selalu punya solusi untuk segalanya, kecuali untuk anaknya
...more
Paperback, 275 pages
Published January 31st 2018 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Susah Sinyal, please sign up.

Be the first to ask a question about Susah Sinyal

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.81  · 
Rating details
 ·  108 ratings  ·  20 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Susah Sinyal
Lelita P.
Feb 15, 2018 rated it really liked it
Bagus. Mengobati rasa kangen pada tulisannya Mbak Ika Natassa. Saya nggak tahu pembagian porsi novel ini karena citarasanya khas Mbak Ika semua (saya belum pernah baca tulisan Bang Ernest sih). Khas Mbak Ika dengan kedalaman perenungannya, "melantur dulu" ke analogi ini-itu sebagai background pemikiran si tokoh sebelum masuk ke inti adegan, juga pembangunan chemistry antarkarakter dan eksplorasi hubungan-hubungan mereka. Sangat Mbak Ika.

Sebagai orang yang sudah menonton filmnya (dan sangat
...more
Aya
Feb 14, 2018 rated it really liked it
Video review bisa ditonton di sini > https://youtu.be/zOJ4aXTasYg
Yunia Damayanti

Gamang mau kasih bintang 3 atau bintang 4.
Mungkin saya kasih bintang 3.5 kali ya biar fair

Jadi, saya membeli buku ini karena Ika Natassa merupakan novelis favorit saya. Sekaligus, karya dari Ernest Prakasa pertama yang saya baca.
Sejujurnya saya tidak menonton filmnya, karena tidak sempat dan males juga sebenernya (karena berhubungan dengan sikap pesimis terhadap perfilman Indonesia).. hehehe maaf ya. Jadinya, membaca buku ini pure karena gak mau ketinggalan karya Kak Ika Natassa.

Sinopsis
...more
Finesta Biyantika
Jan 29, 2018 rated it liked it
Baru banget paketnya sampe, dan ga sabar mau langsung baca. Bener sih lebih detail dari filmnya, lebih berasa kegalauan hati para tokohnya. Btw, jadi deg-degan sendiri tiap adegan yang ada Aji, ngebayangin Darius mempesona bgt di filmnya, haha.
Faridilla
Feb 08, 2018 rated it it was amazing
Karena sudah nonton filmnya , otomatis aku nyambungin cerita di film sama novel. Beberapa hal yang mengganjal seperti kenapa sih ini Kiara dan Ellen gak bisa dekat, kok bisa Bu Roslina (Kepsek Kiara) bisa manggil Ellen seolah akrab (padahal biasanya yang datang untuk urusan sekolah Oma Agatha), kenapa Ellen bisa semuda itu menikah padahal dia terobsesi menjadi pengacara seperti ayahnya, akhirnya bisa terjawab di buku ini.

Dialog-dialog lucu yang ada juga bikin cerita gak melulu kaku seperti
...more
ijul (yuliyono)
Jun 08, 2018 rated it liked it
Shelves: metropop, romance
Galau mau ngasih berapa bintang, akhirnya mentok di tiga.

Baca udah dari awal Maret, tapi mau bikin reviu kok ya maju-mundur, jadinya gak bikin. Ya sudahlah. Dibanding buku Kak Ika yang lain, ini kurang nendang aja. For me, saya ngehindarin baca buku setelah nonton film, karena bakal cenderung membandingkan. Meski belum nonton filmnya, saya sudah terpingkal-pingkal nonton trailer Susah Sinyal, jadi waktu baca versi bukunya kok ya beberapa jokes-nya jadi garing ternyata. #ngek.
Entahlah.
ade
Feb 11, 2018 rated it really liked it
sama bagusnya sama filmnya... ada beberapa kisah masa lalu ellen yang diceritakan lebih gamblang di novel...tp selebihnya sama

jujur saya berharap endingnya bisa dieksplore..berharap lebih banyak aji.. tp ternyata tidak terlalu banyak penambahan

baiklah.. takapa.. tetep oke ko!
Maya Yudhianto
Apr 16, 2018 rated it really liked it
There is no way to be a perfect mother and a million ways to be a good one - Jill Churchill

Motherhood is not a state, it's a journey

Menjadi ibu mungkin pantas disebut pekerjaan paling sulit di dunia. Tanpa bayaran, tanpa waktu istirahat, tanpa libur, menguras tenaga dan emosi, rentan dibanding-bandingkan, menguji kesabaran, dan selalu menentang batas kesabaran.
Hari ini, setelah 17 tahun menyandang gelar ibu, Ellen akhirnya mengerti. Tidak ada satupun beban hidup seorang ibu yang tidak dapat
...more
Asmira Fhea
Sep 18, 2018 rated it liked it
Sebenarnya, saya bukan termasuk orang yang begitu suka menikmati karya yang dialihwahanakan. Namun, satu-satunya alasan untuk membeli (dan menikmati) karya ini, adalah, penulisnya. Yup, karena kangen cara bertuturnya Ika Natassa yang casciscus abis setiap kali bercerita.

Saya sudah menonton filmnya sejak diputar di bioskop. Dan perlu diakui, film garapan Ernest ini termasuk film yang menyenangkan. Cara mengangkat isu terkini, membungkus dalam bingkai romantis inspiratif, dikasih bumbu komedi
...more
Vanda Kemala
Apr 24, 2018 rated it it was ok
Hal pertama yang mengganggu, pasal 335 KUHP soal perbuatan tidak menyenangkan itu udah dihapus di tahun 2014. Rasanya aneh kenapa masih aja dicantumin di novel yang dicetak di tahun 2018. Dengan semua penjelasan soal dunia advokat di sini, walaupun nggak terlalu mendalam, nggak paham kenapa pasal ini bisa ditulis gitu aja.

Hal kedua, entah karena terlalu berharap bisa ketawa pas baca buku ini atau urat ketawa lagi gangguan, tapi nggak paham di mana letak lucunya. Garing. Banget. Akhirnya berusaha
...more
Feli Surya
Jun 06, 2018 rated it liked it
Saya membaca bukunya dulu, baru menonton filmnya. Entah kenapa, lebih suka filmnya. Bukunya memang menjelaskan lebih detil tentang jalan pikiran dan background story Ellen, tapi meskipun sudah dideskripsikan sedemikian rupa, tetap saya kurang mendapatkan penggambaran emosi Ellen dan chemistry antara Ellen dan Kiara. Narasinya memberi kesan bahwa itu adalah pihak ketiga yang sedang bercerita dengan rasa kasihan terhadap Ellen. Mulai bosan juga dengan analog-analog khas Ika Natassa. Sehabis ...more
Ade Putri
May 21, 2018 rated it really liked it
Saya nggak nyesel minta Susah Sinyal untuk hadiah #ResensiPilihan Gramedia :’) Ternyata bukunya bagus banget! Waktu itu saya memang tertarik dengan blurbnya sih. Yang pas bagian kutipan:

Novel kolaborasi Ika Natassa dan Ernest Prakasa ini akan membawa kita ke dalam perjalanan menemukan diri sendiri, berdamai dengan masa lalu, dan juga menerima kenyataan, sepahit apa pun itu, tanpa kehilangan harapan.

Selengkapnya di Delina Books
Widsie
Jul 21, 2019 rated it really liked it
Ika Natassa novel ini khas bgt gaya Ika Natassa dgn quotes2 yg sederhana tp nyentil. Gak tau jg sih tulisan kolaborasi ini gimana nyusunnya krn bacanya rasa 'ika banget'. Sy sndiri blm pernah baca tulisan Ernest dan gak nonton film Cek Toko Sebelah. Tp bc buku ini krg dr 24 jam sdh tamat. Ckup menguras emosi apalagi jika anda adalah seorang ibu yg sedang gamang
Lesson learned. Bnyk hal dan kesalahan dlm hidup akan berefek sepanjang sisa hidup kita. Tp selalu ada cara memperbaiki sesuatu.
...more
Ardina Rahma
Feb 11, 2018 rated it really liked it
Sebuah karya kolaborasi yang membuat saya penasaran adalah : mana bagian Ika, mana bagian Ernest? Beberapa dialog nyeleneh pasti bagian Ernest, narasi dengan kutipan quotable pasti bagian Ika. Eh gitu? :P

Susah sinyal.
Susah sinyal tidak hanya Ellen temukan saat ia berlibur bersama Kiara ke Sumba, tapi juga ia temukan saat berusaha memahami Kiara, putri kandungnya.
"How did you get so big so fast, Kiara? How did we turn from mother and daughter into strangers?"
Savitri Narendra Putri
Agak susah ya untuk ga ngebandingin dengan filmnya. Mungkin karena udah terlalu suka dengan filmnya, buku ini jadi selalu ada di bayang-bayang filmnya. Meskipun oke sih, ringan, dan bisa bikin gw beres baca bukunya in one go.
Rina Andriani
Nov 30, 2019 rated it really liked it
di buku ini, menjelaskan hal-hal yang tidak ada di film. melengkapi hal-hal yang terasa ganjil, dan mengungkap yang sebagian besar kita pertanyakan di film; Ayah Kiara.
Asti Wisnu
May 08, 2018 rated it really liked it
Cerita sederhana tentang kasih seorang Ibu terhadap anaknya. Terlepas dari semua hal, naluri ibu yang memiliki anak hanya ingin mengasihi sang anak sepenuhnya.
Cindy Pricilla
Feb 01, 2018 rated it really liked it
Bikin lebih mengerti cerita dari filmnya tentang siapakah sosok Papa nya Kiara.
Dika
Jun 30, 2018 rated it really liked it
Better Than Film Ver

I Think?
Andini
Sep 27, 2019 rated it really liked it
alur ceritanya benar benar sangat bagus, sesuai dengan filmnya
Adeliany Azfar
rated it liked it
Apr 12, 2018
putrimeryf
rated it liked it
Aug 05, 2019
Aida
rated it it was amazing
Mar 31, 2018
Irfa Yani
rated it it was amazing
May 13, 2018
Sefvia Damayanti
rated it it was amazing
Apr 14, 2019
Amelia Utami
rated it really liked it
Apr 04, 2018
Chandra Handoyo
rated it really liked it
Feb 21, 2018
Rere
rated it it was amazing
Nov 09, 2018
Mutiara Lasahido
rated it really liked it
Jan 01, 2019
Galuh !!!
rated it really liked it
Jan 29, 2018
« previous 1 3 4 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Resign!
  • Aroma Karsa
  • Catatan Harian Menantu Sinting
  • Ubur-ubur Lembur
  • Sophismata
  • Unspoken Words
  • Rentang Kisah
  • Melbourne (Wedding) Marathon
  • Setengah Jalan
  • Rainbirds
  • Travelers' Tale, Belok Kanan: Barcelona!
  • Canting
  • Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
  • Pergi
  • Imperfect
  • Breaking Point
  • Runaway Ran
  • Mata di Tanah Melus
See similar books…
2,021 followers
IKA NATASSA is an Indonesian author who is also a banker at the largest bank in Indonesia and the founder of LitBox, the first literary startup of its kind in the country, which combines the concept of mystery box and onine promotions for writers.

She loves writing since since was a little kid and finished writing her first novel in English at the age of 19. She is best known for writing a series
...more
No trivia or quizzes yet. Add some now »