Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Hijrah Bang Tato” as Want to Read:
Hijrah Bang Tato
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Hijrah Bang Tato

by
4.03  ·  Rating details ·  68 ratings  ·  22 reviews
Dulu Lalan ditakuti karena sepak terjangnya di dunia para preman, disegani karena tato yang tercetak di hampir sekujur tubuhnya. Namun, kini ia adalah sosok yang berbeda. Ia berjuang untuk istri dan anak-anaknya, “Ingin memberi mereka rezeki yang halal,” katanya. Dan, Lalan bangga menjalani dunia barunya sebagai peracik kopi, meski hijrah ini membuatnya jatuh miskin!
Tahun
...more
Paperback, 246 pages
Published November 5th 2017 by Bentang Pustaka
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Hijrah Bang Tato, please sign up.

Be the first to ask a question about Hijrah Bang Tato

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 4.03  · 
Rating details
 ·  68 ratings  ·  22 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Hijrah Bang Tato
Teguh
Dec 05, 2017 rated it liked it
Setelah membaca ini saya mendapatkan beberapa hal,
1. Semua orang itu dasarnya baik. Tinggal dikasih momen tertentu untuk memantik bibit kebaikannya, sudah jadilah dia.
2. Orang yang tidak pernah "nakal", akan lebih mudah melabeli orang. Heeeheee
3. Kalau hijrah ujiannya macem-macem.

Bukunya ringan, tapi menarik sekali. Apalagi mengungkap tokoh yang dekat dengan penulis.
...more
Raafi
Nov 28, 2017 rated it liked it
Shelves: 2017, asli-indonesia
Ulasan bertajuk "Hijrah dengan Rajah" di sini.

Begini. Apa yang kamu harapkan ketika sebuah buku berlabel "Novel" memiliki cerita dari seseorang yang nyata? Aku akan mengharapkan buku itu berisi kisah si tokoh dari kecil sampai dewasa dan memberikan sedikit sentuhan fiksi di antaranya. Itulah ekspektasiku akan "Hijrah Bang Tato".

Pada awal cerita, aku masih berprasangka baik terhadap bentuk cerita yang dibawakan oleh penulis. Bahwa penulis adalah subjek dan Bang Tato adalah orang ketiga yang penul
...more
Ashri
Apr 03, 2018 rated it liked it
Sesuai dengan judulnya, buku ini mengisahkan tentang perpindahan Bang Tato dari masa lalunya ke masa depan, yang berarti prosesnya sedang berlangsung di masa kini (masa kini dalam buku). Hijrah saja tantangannya besar, apalagi istiqamah, jauh lebih berat ujiannya. Beruntung Allah memberi pertolongan-Nya pada Bang Tato. Bagaimana ceritanya? Hehe baca coba. Kisah Bang Tato ini menjadi pengingat sekaligus penyemangat, bahwa asalkan ada niat mendekat pada Allah, Allah akan lebih dulu mendekati kita ...more
Gloscindy Arocca
Nov 24, 2017 rated it really liked it
Judul : Hijrah Bang Tato
Pengarang : Fahd Pahdepie
Penerbit : Bentang Pustaka
Cetakan : Pertama, Oktober 2017
Tebal : 246 halaman

Hijrah bukanlah perkara yang mudah apalagi untuk istiqamah berada di jalan hijrah. Itulah kiranya yang dirasakan oleh Lalan alias Bang Tato.

Bang Tato yang dulunya merupakan pimpinan preman dapat dibilang memiliki prestasi cemerlang di bidang kepremanan sehingga dia memiliki banyak pengikut dan disegani preman-preman lain. Sejak usia sekolah Bang Tato telah berkenalan denga
...more
Shofiatul Marwah
Apr 11, 2019 rated it really liked it

Review buku Hijrah Bang Tato
Setiap orang memiliki jalan ceritanya masing², dan setiap manusia memiliki "rumah" untuk pulang. Based on true story, Hijrah Bang Tato ini merupakan salah satu industri kreatif yg membantu tentang pemahaman radikalisme dan perspektif orang terhadap stigma masyarakat ttg kebanyakan orang² yg cenderung dinilai "buruk" di masyarakat, buku ini juga membantu kita untuk berfikir terbuka dan tidak berfikir sempit menilai sesuatu dari luarnya saja, buku ini juga dinilai sebag
...more
Yusuf Ks
Jun 01, 2018 rated it liked it
Kacau! Cerita dan perjalanan hidup Bang Tato dalam berhijrah dari dunia maksiat menjadi dunia barakah dalam buku ini benar-benar kacau. Kacau dalam arti sesungguhnya (karena masa lalunya yang kelam), maupun dalam arti yang positif (setelah berhijrah dan berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik). Penulis yang dengan tulus membantu dan menuntut Bang Tato dalam perjalanan hijrahnya juga patut diacungi jempol, saya salut dengan penulis yang mau dan rela melakukannya untuk kebaikan Bang Tato. Dan ...more
Makati Wandansari
Jul 13, 2018 rated it it was amazing
Counter-narration for terrorism.

Sumpah, suka banget analogi 'air sungai yang pasti mengalir ke laut' untuk 'manusia yang balik ke Sang Pencipta'. DEG! Allah SWT lebih agung dibanding laut, mau kita penuh cela dan kekurangan, kodrat kita pasti bakal balik padaNya.

Lalu hal kedua yang pelajaran banget yaitu ttg adzan. Ini mungkin akan selalu jadi ilmu yang selalu diingat. Kalau bacaan Allahu Akbar itu untuk ketakjuban dan ketundukan. Ketakjuban untuk sibuk takjub dengan hal-hal yang terjadi oleh ke
...more
Nike Andaru
Dec 06, 2017 rated it it was amazing
Shelves: kisah-nyata
sudah lama gak baca buku Fahd, tapi saya mengikuti sosial medianya. waktu ke Togamas Jogja, saya lihat bukunya dan masukin ke keranjang bawa ke kasir.

seperti buku-buku sebelumnya sih, saya selalu menyukai tulisan Fahd yang non fiksi, selalu menyenangkan dibaca apalagi kali ini dari kisah nyata, orang yg diceritakan pun masih ada hingga sekarang. gak cuma menceritakan kisah hijrahnya Bang Tato aja tapi banyak pesan yang saya tarik dari buku ini.

dari sisi Bang Tato, saya melihat premen pensiun y
...more
Nur Aini Nilam Sari
Jan 28, 2020 rated it really liked it
khas banget emang selalu tulisan Bang Fahd. apa adanya banget. ngalir. mudah dicerna. kadang nyebelin, tapi ga ada yang salah dengan itu. nyebelinnya tuh, "duh, responnya gini amat," tapi ya itu tadi, apa adanya. Bang Fahd nggak menjadi orang lain dalam tulisannya, dia menjadi dirinya sendiri. dan ini lebih dari menyenangkan. tulisan yang jujur selalu berhasil membawa kita masuk lebih jauh, lebih memahami, yakan?

kemudian tentang Bang Tato ini, luar biasa sih. perjalannya itu, gemesin, wkwk. bany
...more
Ade Putri
Jul 23, 2018 rated it it was amazing
Dari ceritanya saya bisa merasakan, bahwa hijrahnya Bang Tato sangat niat. Meski harus tertatih-tatih bahkan nyaris terjerumus masa kelam lagi, Bang Tato mampu bangkit kembali dan kini bisa istiqomah :’)

Bersyukurnya, ia juga menikah dengan wanita yang baik-baik. Sehingga semakin memotivasinya untuk berhijrah secara total.

Kisah-kisahnya sangat mengharukan. Apalagi ketika hatinya tiba-tiba bergetar saat ingat azan. Dan menggelar dua sajadah dengan membayangkan bahwa di belakangnya ada istri yang i
...more
Imam Rahmanto
Seperti epilog dalam buku ini, "Cerita-cerita yang sederhana, membumi, dan apa adanya..." memang menunjukkan isi buku terbaru Fahd Pahdepie.

Saya cukup terkesan dengan isinya yang lebih banyak berputar pada Lalan atau disapa Bang Tato. Mantan preman yang disegani ini belajar bagaimana menjadi orang yang lebih baik. Tentu saja, melalui bantuan dari penulis sendiri.

Ceritanya memang biasa-biasa saja. Malah cenderung agak ringan, sehingga bisa selesai dalam sekali duduk. Akan tetapi, berhati-hatilah
...more
Rachma Haryanto
Jan 10, 2018 rated it liked it
Ini buku Fadh pertama yang saya baca. Cara berceritanya sih biasa, tapi cerita perjalanan proses tobatnya seorang preman dalam buku ini memang tidak biasa. Bahwa memelihara konsistensi itu memang tidak mudah. Kematian sang kakek, berhasil menyadarkan bang Tato untuk merubah hidupnya. Tobat dan hijrah dari dunia hitam. Tapi kematian juga hampir menyeretnya kembali ke dunia lamanya. Di sini saya agak heran juga sih, mengapa kematian ibunya yang dalam cerita ini tidak diceritakan peran dan pengaruh ...more
Riapurwanti Jamin
Nov 27, 2017 rated it really liked it
Touchy. Fahd menyampaikan dengan bahasa yg mudah saya pahami di setiap sesi ceritanya. Semua orang berhak dapat kesempatan dimanusiakan karena memang seharusnya gitu.
Balik ke awal banget, ternyata emang betul ya..dukungan keluarga dan kata-kata pofitif adalah dua hal yang penting saat membentuk jati diri seorang anak di masa-masa remajanya.

Di luar dari kisah Bang Tato itu sendiri, saya dapat pelajaran lain yang mungkin bisa sedikit-sedikit saya pakai sendiri buat saya dan adik, atau anak saya
...more
Ariyanti
Sep 05, 2020 rated it really liked it
Shelves: read-ebook
Diingatkan kalau belum baca buku karya salah satu penulis favorit aku yang satu ini ketika lihat postingannya di instagram bahwa bang Tato (yang diceritakan di buku ini) meninggal dunia karena tersengat listrik, inalillahi.

Bukunya bagus, Fahd selalu bisa menyampaikan sesuatu dengan baik. Bang Tato pun luar biasa. Proses hijrah tak pernah mudah, tapi jika kita memang berusaha pasti bisa, dengan niat dan tekad yang kuat, seperti bang Tato ini.
Bina Izzatu Dini
Sep 26, 2018 rated it it was amazing
Di luar ekspektasi, buku ini luar biasa!
Kisah hijrah manusia biasa yang diceritakan dengan sangat mengalir, humanis, dan penuh hikmah.

Banyak filosofi hidup yang nendang di buku ini. Recommended.
Siti Mune Sarah
Nov 10, 2017 rated it it was amazing
recomended sekali untuk di baca :)

biografi orang biasa yang luar biasa , cara kang fahd menceritakan kisah bang tato di buku ini ringan , tidak belibet dan berat , tapi pesan nya tersampaikan , berubah menuju baik itu perlu proses ...
M_agunngh
Feb 03, 2018 rated it really liked it
entah ini fiksi atau nyata,
tpi berubah itu adalah keharusan...
#baca aja deh
Eni Ristiani
Apr 11, 2019 rated it liked it
Buku ini sebenarnya bagus alurnya. Saya suka. Ringan dan sarat akan makna. Hanya saja cara berceritanya agak membosankan :))

Tp sy menikmati. Keren.
Itsnaini M.
rated it it was ok
Nov 23, 2020
Putu Adhika
rated it it was amazing
Dec 16, 2018
Dessy Natalia
rated it it was amazing
Dec 23, 2018
dodsoph
rated it liked it
Jan 06, 2020
Happy Virgina Puspa Nirmala
rated it really liked it
Mar 05, 2020
R D
rated it really liked it
Aug 24, 2018
Sirah Sunnah
rated it it was amazing
Nov 12, 2017
Lego Sekar
rated it really liked it
Jan 06, 2019
Sarah
rated it really liked it
Jun 09, 2018
Risa Erida
rated it liked it
Jul 21, 2020
Alif Heriza
rated it did not like it
Jan 04, 2021
Fitriane
rated it really liked it
Feb 18, 2018
« previous 1 3 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Alang
  • Membasuh Luka Pengasuhan
  • Sebelum Janji Terucap (Persiapan Menuju Perkawinan Bahagia + Tips dan Strategi Mengelola Beragam Konflik dengan Pasangan)
  • Jatuh Hati Pada Montessori
  • Studies in Hysteria
  • Die drei Kritiken - Kritik der reinen Vernunft. Kritik der praktischen Vernunft. Kritik der Urteilskraft
  • The Psychopathology of Everyday Life
  • Sajak Ladang Jagung
  • Rashomon and Other Stories
  • The Birdwoman's Palate
  • Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi
  • Psikologi Sosial (#2)
  • psikologi kepribadian (edisi revisi)
  • Kenapa Allah Nggak Kelihatan, Ma?
  • Dwilogi Padang Bulan
  • Psikologi Agama: Sebuah Pengantar
  • Rumah Cokelat
  • Memorabilia
See similar books…
518 followers
FAHD PAHDEPIE, suami juga ayah penuh-waktu untuk Rizqa Abidin serta dua putra mereka Falsafa Kalky Pahdepie dan Alkemia Malaky Pahdepie. Menulis, bekerja, dan berkreativitas dirayakannya di waktu senggang. Orang rumahan yang menulis untuk diceritakan pada istri dan anak-anaknya.

Selain menulis, Fahd juga merupakan pembicara publik, penulis skenario dan sutradara film maupun teater. Saat ini menjad
...more

News & Interviews

Need another excuse to treat yourself to a new book this week? We've got you covered with the buzziest new releases of the day. To create our...
44 likes · 12 comments