Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Semua Ikan di Langit” as Want to Read:
Semua Ikan di Langit
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Semua Ikan di Langit

by
3.93  ·  Rating details ·  768 ratings  ·  229 reviews
"Pekerjaan saya memang kedengaran membosankan— mengelilingi tempat yang itu-itu saja, diisi kaki-kaki berkeringat dan orang-orang berisik, diusik cicak-cicak kurang ajar, mendengar lagu aneh tentang tahu berbentuk bulat dan digoreng tanpa persiapan sebelumnya—tapi saya menggemarinya. Saya senang mengetahui cerita manusia dan kecoa dan tikus dan serangga yang mampir. Saya s ...more
Paperback, 259 pages
Published February 3rd 2017 by Grasindo
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Semua Ikan di Langit, please sign up.

Be the first to ask a question about Semua Ikan di Langit

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.93  · 
Rating details
 ·  768 ratings  ·  229 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Semua Ikan di Langit
mollusskka
Jun 27, 2017 rated it it was amazing
Pada akhirnya aku harus setuju dengan keputusan dewan juri Sayembara DKJ yang memilih novel ini sebagai juara pertama. Aku benar-benar takjub dengan karya Ziggy yang satu ini. Nggak hanya takjub dengan daya imajinasi Ziggy, tapi juga kemampuan Ziggy dalam menciptakan tulisan yang mengikatku meski narasinya padat. Dan yang terpenting, bahwa buku ini merupakan alegori dari hubungan manusia dan Sang Pencipta-Nya. Bagaimana dunia ini terbentuk dan berakhir dan memulai lagi dari awal. Ketika sampai d ...more
Reymigius
Mar 28, 2017 rated it it was ok
Buku ini mengisahkan perjalanan antardimensi sebuah bus Damri bersama sosok yang dipanggil Beliau--seorang anak kecil bermantel kebesaran yang merupakan interpretasi Tuhan. Ketika mengetahui garis besar ceritanya pertama kali, saya mengharapkan buku ini akan menyajikan sesuatu yang azmat, menantang, dan universal. Nyatanya? Saya menemukan definisi Tuhan dalam buku ini sempit sekali.

Hal ini saya sadari di pertengahan buku, tepatnya di halaman 166, ketika Beliau tanpa dinyana menimpakan hal yang t
...more
ABO
Feb 18, 2017 added it
Shelves: bacaan-2017
Batas antara rasa suka dan tidak suka itu kadang bisa begitu tipis ya? Seperti yang saya rasakan terhadap buku ini. Hingga sekarang saya masih belum bisa memutuskan untuk memberikan 1 bintang atau 5 bintang. Akhirnya, saya belum akan memberikan rating.

Saya sudah berencana untuk membaca ulang, tapi tidak dalam waktu dekat. Sekarang bukunya mau saya plastikin lagi biar terhindar dari debu, dan (semoga) "bau baru"-nya masih nempel.
Teguh Affandi
Feb 04, 2017 rated it liked it
Di malam pengumuman nama Ziggy Z********zabrizkie langsung mencuri perhatian. Bukan hanya karena naskahnya menang, melainkan juga karena ketidakhadirannya dalam malam tersebut. Kemudian novel Semua Ikan di Langit ini menjadi pergunjingan di banyak penikmat sastra dan buku. APalagi dewan juri yang secara gamblang menyatakan bahwa naskah ini ditulis dengan bahasa yang di atas rata-rata apabila dibandingkan dengan keempat unggulan lain dan mengalahkan naskah-naskah lainnya. Jadilah saya dibuat pena ...more
Crowdstroia Crowdstroia
Mind-blowing banget buat gue. Berasa kayak baca kitab dengan penyampaian kayak dongeng. Bahasanya gak berat, tapi berisi. Gue menemukan keabstrakan sekaligus kekonkretan dalam cerita ini di saat yang sama. Kelar baca ini, rasanya pengin nyembah-nyembah tulisan Ziggy. Bukan karena tulisan Ziggy sastra-ish atau gimana2. Tapi karena Ziggy menyatukan tema-tema yang umumnya tidak disatukan dalam sebuah novel. Bagi yang mau baca, jangan berharap kalian bisa mendapat kisah pada umumnya di novel ini. Be ...more
Marina
Jan 12, 2017 rated it liked it
Recommends it for: who loves Fantasy, Fabel, surrealism and Philosophy!
** Books 60 - 2017 **

Buku ini untuk menyelesaikan Tsundoku Books Challenge 2017

Membaca berjamaah dengan Abo, Faizah Aulia, Anggun, Rafi, Wardah, Nurina, Eka F.A, dan Devi Diana

3,2 dari 5 bintang!

cerita My Neighbor Totoro yang bernafaskan The Little Prince

Inilah yang saya simpulkan setelah membaca buku ini. Betapa tidak saya dibuat takjub sekaligus terkejut dengan perjalanan si Bus Damri yang berkelana bersama-sama anak kecil yang bernama Beliau dan juga kecoak Rusia pintar yang bernama Nad. Mer
...more
Happy Dwi Wardhana
Mar 20, 2017 rated it liked it
Membingungkan. Seperti nama salah satu tokoh di novel ini. Di satu sisi, konsep yang diusung Ziggy sangat keren. Begitulah kira-kira hakikat iman, penghambaan diri, kepasrahan yang digambarkan melalui tokoh Saya dan Beliau. Di lain pihak, pengkultusan Beliau disini saya nilai keterlaluan. Hal tersebut membuat saya memicingkan mata bahwa tidak seharusnya zat yang dikultuskan berlaku begini dan begitu.

Di awal, saya berpikir bahwa Beliau ini adalah analogi 'tuhan' dalam skala kecil. Sang mahakuasa
...more
Zulfy Rahendra
Nov 12, 2017 rated it liked it
Sepertinya saya harus nambahin satu shelf baru di Goodreads; namanya shelf Embuh. Dan buku ini akan masuk situ. Bareng sama kumcernya Dea Anugrah. Mungkin sama Maya-nya Jostein Gaarder juga. Yang akan masuk shelf situ adalah buku-buku yang bukan hanya bikin saya embuh sama ceritanya, tapi juga bikin saya embuh mesti kasih bintang berapa. Bukan karena ceritanya jelek, tapi karena saya mumet bacanya. Kalo Bakat Menggonggong emang sayanya yang ngga nangkep beberapa maksud cerpennya apaan, atau Maya ...more
Sadam Faisal
Mar 07, 2017 rated it really liked it
Aku, sebuah DAMRI butut jurusan Dipati Ukur-Leuwi Panjang (yang hilang dari peredaran menjelang Konferensi Asia Afrika & pertama kali naik ongkosnya masih 1800)
Beliau, seorang bocah dengan jubah yang kebesaran, hobi menjahit, bisa bikin apa saja
Ikan julung-julung yang melayang-layang
Nad, kecoa bule asal Rusia

Berpetualang mengitari bumi dan angkasa luas melintasi ruang dan waktu. Imajinasi dan fantasi yang luar biasa. Menyaksikan berbagai kejadian baik dan buruk, yang kesemuanya mendapat ganjaran
...more
Arif Abdurahman
Feb 28, 2017 rated it really liked it
Sebelum Ziggy memberinya kehormatan sebagai tokoh utama novelnya, bus DAMRI memang sudah magis sejak dulu, khususnya bagi anak Unpad - Universitas Pangkalan DAMRI. Ziggy mengawinkan Antoine de Saint-Exupéry dengan Hayao Miyazaki, dan mengangkat si bus biru ikonik itu ke level yang lebih aduhai. Beberapa pemikiran filosofis yang diangkat sebenarnya banyak yg udah basi dan saya kurang puas dengan pengakhirannya, saya lebih suka akhir dari Di Tanah Lada. Yang pasti, saya salut dengan imajinasi Zigg ...more
Deago
Feb 21, 2017 rated it really liked it
4.0 dari 5 Bintang.

Ziggy Zezyazeoviennazabrizkie membuka mataku pada kemahakuasaan Tuhan dan bagaimana seharusnya kita mencintai-Nya.
“Tapi menurut saya, kalau Tuhan mau membuat sesuatu dengan tidak sempurna, dia bisa saja. Dia kan bisa melakukan segala hal; mungkin saja membuat sesuatu dengan begitu sempurna, mungkin saja membuat sesuatu dengan tidak sempurna.

Masalahnya kan manusia saja yang melihatnya dengan cara yang berbeda, membangun opini mereka sendiri tentang apa yang sempurna dan tidak
...more
Heryani
Mar 02, 2017 rated it really liked it
Udah beres dari minggu lalu tapi lupa astaga -.-

Takjub banget sama imajinasinya Ziggy. Sepanjang baca aku dibikin mikir, bener-bener mikir. Bener sih, pas di book-talk kemarin kalau buku ini dibilang buku spiritual sih, bener banget. Aku merasa perjalanan si Bus Damri bersama Beliau memang perjalanan spiritual dan penuh pembelajaran. Setelah baca ini, sebagai penumpang (enggak setia) Bus Damri, kayaknya aku agak kepengaruh enggak mau terlalu lama menjejakkan kaki di lantai bus, terutama yang jur
...more
Fahri
Aug 11, 2018 rated it it was amazing
Ada yang khas dan selalu terulang dalam setiap hasil perlombaan / sayembara. Selera di pasaran akan beradu dengan selera juri. Ini sah. Dan akan selalu terjadi.

Novel Ikan karya Ziggy dalam pembacaan dua kali saya bukan untuk melacak sampai di mana hasil keputusan juri. Bukan juga untuk membandingkan karya lain di bawah juaranya. Dalam pembacaan kedua saya hanya ingin nyasar seperti yang diharapkan novel ini.

Harus diakui, kejelian para juri Sayembara DKJ punya penilaian yang mutlak harus dihorm
...more
Raafi
Ulasan lengkap bertajuk Ketakutan yang Tersaji dalam Semua Ikan di Langit: http://bibliough.blogspot.co.id/2017/...

Pengandaian ilahiah yang dibawakan secara absurd.

Satu hal yang pasti tentang buku ini: suguhan kisah sangat baru dan segar. Mungkin pertimbangan inilah yang menjadikannya memelesat jauh dari naskah lainnya. Aku juga berpikir sama ketika buku ini disebut-sebut mengingatkan kepada "The Little Prince" karya Antoine de Saint-Exupéry seperti yang disampaikan oleh dewan juri Sayembara Men
...more
Faizah Aulia R
Feb 21, 2017 added it
Shelves: 2017
ngasih rate dan review nyusul, nanti kalo selesai ikut booktalk nya minggu ini xixixi
tapi yang pasti : ga ngerti apa yang mau disampaikan Ziggy huehehehehe, makanya mau ikut booktalknyaaa

rasanya baca totoro campur my lil prince, tapi genrenya fantasy - surealis kkk

soon yah!

btw, yg di bdg ada yg mau kesana juga ? #eaaa
ini Faizah lama banget dah bacanya, soalnya surealisnya agak kuat, awal2 masih oke, di tengah2 cocok buat jadi lullaby pengantar tidur nyenyak senyenyak bobo bayi~
OurValuedBookAlley
Jun 25, 2018 rated it really liked it
As doctor’s suggestion for me to have 2 week-total bedrest, I have been reading several books in hope of getting loads of inspirations. And I came across this book, one of the best memorable so far.

What I highlight the most is the writer utilized some unique phrases and most fascinating figure of speech, in Indonesia language, we call it majas. “Majas Personifikasi, Majas Simbolik” and many others. The woman writer whose name is surreal hard to be read and to be written also made some strange an
...more
Akaigita
Apr 02, 2017 rated it really liked it
Shelves: fiction
Luar biasa! Novel ini ditulis dengan bahasa sederhana yang mengalir lancar, dan terus terang di setiap babnya membuat saya menerka-nerka cerita hidup kita yang mana lagi yang akan muncul.

Pertanyaan pertama dan yang tersisa setelah menamatkan novel imut ini:

Apakah Tuhan bersedia dipersonifikasikan seperti itu?
Oni
Feb 14, 2017 rated it really liked it
serius.ini.bagus.banget.dan.memang.keren.
Nisa Rahmah
Feb 16, 2017 rated it really liked it
Disadari atau tidak, setiap penulis adalah tuhan bagi ceritanya. Mereka menciptakan plot dan membuat jalinan takdir bagi tokoh-tokoh di dalamnya. Mereka menggerakkan karakter tersebut dengan sebab-akibat yang sudah dirancang dengan niat, membiarkan sepercik takdir untuk menghiasi kisah-kisah itu. Mereka pula yang memberikan akhir yang menutup lembaran kisah tersebut. Setidaknya, kesadaran itulah yang saya dapatkan ketika selesai membaca Semua Ikan di Langit karya Ziggy yang ini.

Semua elemen ceri
...more
Dhamala Shobita
Mar 06, 2017 rated it really liked it
Menyelesaikan buku Ziggy dalam waktu sebulan bukan berarti buku ini membosankan untuk dibaca. Membawa bus damri sebagai tokoh 'saya' saja sudah membuat SIdL cukup unik. Ditambah kisah perjalanan lainnya membuat buku ini sangat menarik. Waktu lama saya ketika membaca disebabkan karena butuh pemahaman dan jeda ketika saya membaca bagian-bagian dalam buku, jadi tidak bisa diburu-buru.

'Saya' berkeliling dengan Beliau yang mengenakan mantel kebesaran dan mengambang, lengkap dengan ikan julung-julung
...more
Alvina
Feb 21, 2017 rated it liked it
"Saya pernah menjadi bus dalam kota biasa. Lalu, saya terbang."


Semua ikan di Langit disebut sebut novel fantasi, berkisah tentang perjalanan sebuah Bus kota di luar angkasa bersama seorang anak kecil, ikan julung-julung yang terbang dan seekor kecoa. Mereka melalui banyak petualangan dan bertukar cerita dengan berbagai makhluk yang mereka temui.
Awal membaca cerita ini sih saya agak kagok karena fantasinya bukan seperti dugaan saya.

Fantasinya lebih terasa filosofis, penuh perbandingan dan penga
...more
Willy Akhdes
Feb 26, 2017 rated it really liked it
Tidak salah karya Ziggy Z*****viennazabrizkie yang ke20sekian ini menjadi Pemenang Tunggal Sayembara Novel DKJ 2017. Ini adalah novel lokal paling 'berisi' diantara beberapa bacaan saya dalam beberapa bulan terakhir. Dengan suguhan cerita fantasi khas Ziggy, novel ini lebih dari sekedar permainan imajinasi tanpa batas yang melibatkan bus Damri trayek Dago-LeuwiPanjang, kecoa dan ikan julung-julung yang berpetualang ke seluruh pelosok angkasa raya bersama seorang bocah yang dipanggil sebagai Beli ...more
Meistika Intan
Feb 12, 2017 rated it it was amazing
Jadi, di novel ini Ziggy ingin membuktikan bahwa agama dan ilmu pengetahuan bisa beriringan.

Nah, dari awal saya udah curiga kalau ini tuh ngomongin hal-hal yang gaib, dan abstrak, ada sangkut pautnya sama agama dan sains yang kadang masih suka dipertanyakan sama manusianya sendiri. Kalau dilihat dengan pisau semiotik, Mbak Ziggy ini ingin membuat atau mengungkapkan atau mewakilkan pandangan seseorang/makhluk ciptaan-Nya/segala hal ciptaan-Nya tentang keyakinan terhadap Tuhan dan ciptaan-Nya (kea
...more
Rayya Tasanee
Feb 08, 2017 rated it really liked it
Shelves: satire, petualangan
Saya berekspektasi buku ini bertema transendental sejak membaca info tentang pengumuman Sayembara Novel DKJ 2016 bahwa novel yang menjadi juara pertama berjudul Semua Ikan di Langit.

Konflik utama dalam novel ini memang tak menonjol. Namun, ada pesan kuat yang berhasil disampaikan oleh Ziggy dengan cara yang halus, melalui kisah perjalanan ‘saya’ dan ‘Beliau’. Saya adalah bus Damri warna biru, Beliau adalah anak lelaki kecil dengan mantel biru yang kebesaran. Tetapi Beliau bukanlah anak biasa.
...more
Muhammad Rajab
Feb 08, 2017 rated it it was amazing
Superb! Brilliant! Enchanting!

This one is too far better than "Di Tanah Lada". I mean T O O - F A R - B E T T E R!
Ziggy takes her skills to the high level.

Dari awal sampai akhir sangat menikmati alur cerita novel ini. Terlihat seperti The Little Prince, tetapi kisahnya lebih terasa dekat dan pesannya sampai kepada pembaca dengan cara-cara yang tak terduga--kadang samar, kadang jelas, dan kadang-kadang begitu kabur.

Semua pujian, yang disampaikan melalui maklumat pertanggungjawaban, dari Dewan Jur
...more
Shanya Putri
Apr 11, 2017 rated it really liked it
Shelves: 2017, local
Dari keseluruhan, aku menikmati perjalanan ajaib mereka, walau di sisi lain aku dibuat pusing. Terbantu dengan banyak ilustrasi cantik di dalam buku. Baca review lengkap di: http://hello-shan-shine.blogspot.co.i... ...more
Yuu Sasih
DNF at page 109. No rate.

Saya jarang memutuskan DNF, seringnya saya mengalihkan perhatian dulu ke buku lain untuk kembali kemudian--lalu lupa dibaca lagi.

Review saya murni ceracauan biasa, jadi akan ditaruh di dalam kurungan spoiler supaya nggak bikin eneg.

(view spoiler)
...more
Dyah
Mar 28, 2017 rated it liked it
Recommended to Dyah by: People
Another loop story, where the end is the beginning. And you can read it over and over and over again.

This is well written, with fresh ideas and interesting choice of characters. But nothing much from the plot. The story is entertaining for me, but not too impressive.
Borrowing a term from a friend, the writing style is "too preachy". Unfortunately, I'm the kind of person who doesn't really like this kind of style. So yeah, I wanted to give 4 stars, but halfway through the book I became bored and
...more
Orinthia Lee
It's magical.... >_< ...more
Nellaneva Nellaneva
Jan 27, 2019 rated it it was amazing
Manis, hangat, dan kontemplatif. Aku membaca Semua Ikan di Langit sebagai teman perjalanan di bus selama dua hari, sehingga—karena tokoh utamanya adalah sebuah bus—aku merasa bisa sangat menghayatinya.

Senang sekali bisa dibawa berimajinasi sepanjang buku. Namun, yang paling membekas bagiku adalah banyaknya hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari Semua Ikan di Langit, terutama seputar ihwal spiritual. Nad si kecoak dan Membingungkan si pemabuk-perokok sangat menyentilku, dan kuyakin turut men
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Laut Bercerita
  • Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
  • Pulang
  • Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh
  • Entrok
  • Beauty Is a Wound
  • O
  • A untuk Amanda
  • Resign!
  • Kambing dan Hujan: Sebuah Roman
  • Rectoverso
  • Aroma Karsa
  • Gadis Kretek
  • Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade
  • Filosofi Teras
  • Man Tiger
  • Orang-orang Proyek
  • Corat Coret di Toilet
See similar books…

News & Interviews

Are you having a difficult time reading these days? If so, you're not alone. Since the pandemic began, I've found it harder to concentrate on...
53 likes · 24 comments
“Tapi, rindu itu tidak bisa disuruh-suruh. Kalau sudah datang, dia maunya malas-malasan saja, sampai bosan sendiri dan pergi sendiri.” 11 likes
“Yah, begitulah orang zaman sekarang. Kalau tidak percaya pada hal yang sama dengan mereka, kau setan. Tidak boleh berpikir sama sekali, sepertinya. Saya rasa, mereka rasa, berpikir itu kerjaannya setan! Padahal kita kan disuruh sering-sering berpikir, benar tidak?” 8 likes
More quotes…