Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Drupadi” as Want to Read:
Drupadi
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Drupadi

3.63  ·  Rating details ·  204 ratings  ·  51 reviews
“Maka hidup di dunia bukan hanya soal kita
menjadi baik atau menjadi buruk,
tapi soal bagaimana kita bersikap kepada
kebaikan dan keburukan itu.”

************

Dewi Drupadi tidak menyukai suratan. Kehidupan manusia tidak ada artinya tanpa perjuangan. Jika segalanya telah menjadi suratan, apakah yang masih menarik dalam hidup yang berkepanjangan? Apakah usaha manusia tidak ada
...more
Paperback, 152 pages
Published January 9th 2017 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Drupadi, please sign up.

Be the first to ask a question about Drupadi

Community Reviews

Showing 1-30
3.63  · 
Rating details
 ·  204 ratings  ·  51 reviews


More filters
 | 
Sort order
Marina
** Books 114 - 2017 **

3 dari 5 bintang!

Mahabharata versi Seno Gumira Ajidarma yang dikemas dengan sudut perspektif Drupadi! Tetap sih menurut saya juaranya masih dipegang The Palace of Illusions by Chitra Banerjee Divakaruni yang membuat ceritanya lebih hidup dan nyata :3

Terimakasih Scoop Premium!
Dion Yulianto
Mar 13, 2017 rated it really liked it
Jika membaca Mahabharata kita disuguhi dengan nilai-nilai kepahlawanan para Pandawa, maka dalam buku ini Pandawa-lah yang kayak dikritik habis-habisan. Seno sepertinya menggunakan sudut pandang feminisme, dengan begitu banyak baris kalimat yang cenderung agak menyudutkan Pandawa. Dengan cerdas, penulis mengajak pembaca melihat kisah ini dari sudut pandang Drupadi sehingga sedikit banyak kita bisa 'memahami' besarnya dendam wanita itu terhadap keluarga Kurawa. Dari buku ini juga, kita belajar unt ...more
Selvianty Selvianty
Begini, Ini sepenuhnya pendapat pribadi. I only know Drupadi is a goddess created from a lotus flower and married 5 Knights called the Pandawa. The Pandawa are strong with their magic skill, fighting skill, and wisdom. As if they're demigod. But they're also human and so is Drupadi. They made a huge mistake, sacrificing Drupadi and led them to banishment from their own Kingdom. After one year of exile, they rose with the help of neighboring Kingdom and claim their Kingdom back. And Drupadi got h ...more
Muhajjah Saratini
Mar 06, 2017 rated it liked it
“Bisakah manusia berada di atas baik dan buruk, benar dan salah, derita dan bahagia, berada di atas segala pertentangan di dunia?”—hal. 128

Saya rasa versi Seno ini bisa menjawab kenapa nazar Drupadi sampe mau keramas pakai darah Dursasana.
-___-"

Review lengkap akan menyusul.
Ratih
Apr 03, 2017 rated it really liked it
walo singkat dan kesannya melompat-lompat ceritanya, tetep aja yahud luar biasa! Pak SGA emang pinter banget deh mengolah ulang kisah pewayangan yang sangat terkenal ini. ilustrasi2 dari Pak Danarto juga bagus2. yah terlepas dari sampulnya yang agak-agak gimana...gitu.

I. Am. Speechless.

beneran, ga tau musti nulis repiu dari mana.
Aqessa Aninda
May 01, 2017 rated it really liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Happy Dwi Wardhana
Apr 01, 2017 rated it really liked it
Maafkan saya yang tidak hafal tokoh-tokoh dan alur cerita Mahabarata, jadi kenikmatan membaca novel ini tidak terteguk sepenuhnya. Meski demikian, saya sangat suka pemilihan kosakata dan sajak-sajak di dalamnya. Hal tersebut membuat Drupadi menjadi cerita pewayangan yang berkelas tetapi tetap mudah dipahami.
Maghfira Aulia
Apr 06, 2018 rated it liked it
Meskipun rasa-rasanya tak paham karena seperti meloncati sebuah lobang besar sekali, ditambah setiap mbaca rasanya selalu: "gimana gimana?", ku tetap menikmatinya. Terutama bab 8, yang dinantikan sejak awal membaca.
Teguh Affandi
Nov 30, 2016 rated it really liked it
Saya tahu saya adalah penggemar Seno Gumira Ajidarma, kemudian buku ini berkisah atas sesuatu yang sedari lama saya sukai, yakni wayang. Seperti judulnya, novel ini berkisah dengan sangat singkat (padahal kisah hidup Drupadi sangatlah panjang dan berliku) hidup Drupadi, putri dari raja Drupada dari Pancala yang harus menikah dengan kelima satria Pandhawa. Dengan mengenyahkan rasa cinta paling sejati, yaitu cintanya pada Arjuna.

Bermula dari sayembara untuk merebutkan Drupadi, dengan menarik busu
...more
Arikhna Rizqiyana F
Apr 30, 2018 rated it liked it
"Maka hidup di dunia bukan hanya soal kita menjadi baik atau menjadi buruk, tapi soal bagaimana kita bersikap kepada kebaikan dan keburukan itu" (Page.107)

Jika sebelumnya cerita yang selalu aku dengar dari Pandawa adalah perihal aksi heroik mereka, kegagahan, ketampanan, dan sikap bijaksana yang mereka miliki. Buku ini memberikan sudut pandang baru yang cukup menarik karena diungkap dari perspekstif Dewi Drupadi -wanita cantik bak bidadari yang tak lain adalah istri dari kelima Pandawa. Tapi sia
...more
Anggi Hafiz Al Hakam
Jun 12, 2017 rated it it was amazing
Apakah perempuan diandaikan tidak punya kemauan? Tentu seorang perempuan memiliki kehendaknya sendiri.

Kisah tentang Drupadi adalah kisah sejati kodrati seorang perempuan. Sebuah kisah yang menyayat hati karena ketulusan yang suci. Tentulah tidak perlu saya ulang lagi bagaimana kisah Drupadi. Belakangan ini, kisah epik Mahabharata kembali muncul di layar kaca. Sila tengok sendiri jalan ceritanya di bagian Drupadi yang masih berkaitan dengan lakon Pandawa Dadu.

Saya tidak heran jika Seno Gumira Aji
...more
Gita Putri
Aug 20, 2017 rated it it was ok
Just a compilation of Seno's short stories about Drupadi. Not his best.
Indah Threez Lestari
Jan 19, 2017 rated it liked it
Shelves: indonesian, punya
13 - 2017
Ambar Sulistyowati
Feb 16, 2017 rated it liked it
Membaca buku ini membuat saya mempertanyakan ulang pengetahuan saya sendiri tentang beberapa detil dalam kisah mahabrata. Saya pernah membaca novel lain yang juga ditulis dari sudut pandang seorang Drupadi, yang saya pahami kemudian pada beberapa hal di novel ini, masing-masing penulis menyampaikan sosok Drupadi dengan sedikit berbeda. Celakanya novel yang telah saya baca beberapa tahun lebih dulu itu ternyata sangat membekas dan membentuk cara pandang saya terhadap perempuan dan kisah ini. Samp ...more
Deta Ariesandy
May 31, 2019 rated it it was amazing
Berkisah tentang hidup Drupadi, yang mendapatkan kemuliaan yang tak terbayangkan diseluruh hidupnya namun juga merasakan kenisyaan yang tak pernah dirasakan oleh siapapun. Berlatarkan masa-masa perselisihan Pandawa dan Kurawa, Drupadi adalah dewi kecantikan yang memesona semua orang.

Gaya tulisannya mirip dengan Arok Dedes, Pramoedya Ananta Toer. Hanya saja, tokoh tokoh tidak dijabarkan dengan rinci. Bagi yang tidak familiar dengan nama-nama Arjuna, Yudhistira, Nakula, Sadewa dan Bima mungkin aka
...more
Cicilia Lestari
May 29, 2019 rated it really liked it
"Maka hidup di dunia bukan soal kita menjadi baik dan buruk tetapi bagaimana kita bersikap kepada kebaikan dan keburukan itu"

Salah satu pelajaran yang saya ambil dari membaca buku ini.

Drupadi sangat mengkritik pandawa dan membela perempuan. Saya sangat suka saat beliau menginterupsi rapat para pandawa, Raja Raja dan kreshna. Dan juga saat Drupadi beradu pendapat dengan Kreshna yang telah menyurati kehidupan.

Drupadi dalam dinamisnya cerita tak kehilangan kecantikannya, ketika sudah melakukan keba
...more
Eko Setyo Wacono
Dec 05, 2018 rated it really liked it
sastra klasik yang dikisahkan kembali oleh seorang sastrawan yang sudah tak diragukan lagi kapasitasnya. saya selalu suka bagaimana SGA mengemas sebuah cerita pewayangan menjadi cerita yang mengalir dan begitu enak dibaca, bahkan oleh pembaca yang tak mengerti cerita pewayangan sebelumnya. berpusat pada Drupadi, yang menjadi istri dari kelima Pandawa dengan liku-liku peristiwa dan penderitaan yang dialaminya. mungkin bagi sebagian orang yang mengerti pewayangan ceritanya hanya itu-itu saja, tapi ...more
Yunita
Feb 28, 2017 rated it really liked it
"di dunia ini kaum lelaki slalu merasa dirinya paling menentukan. cobalah kita perempuan mengambil tindakan, maka mereka akan kelimpungan"(99). ini bukan novel tapi kumpulan cerita tentang perempuan bernama drupadi, dewi cantik yang tercipta dari api. ceritanya sama seperti berbagai versi drupadi lainnya. namun satu hal yang membuat beda adalah cara penulis menajamkan sudut pandang pada drupadi sehingga pembaca bisa mengetahui seluk beluk kegetiran hati nurani drupadi yang bersuami lima ksatria ...more
Marini Saragih
Jun 13, 2017 rated it liked it
Membaca buku Seno itu selalu mudah, agaknya karena favoritisme. Haha. Buku ini tentang Drupadi, istrinya kelima Pandawa. Alurnya lumayan melompat-lompat. Ia mengangkat sosok Drupadi dan menggunakan sudut pandang penulis. Bisa dibilang, ini Drupadi versi Seno. Ceritanya cukup membikin emosi. Mungkin karena saya perempuan, atau mungkin karena sama-sama manusia -biarpun Drupadi tak pernah dilahirkan.

Kalimat Drupadi yang paling kuingat:
"Aku sangat marah atas pikiran untuk menahan kesabaran."
Arie Prasetyo
Dec 11, 2017 rated it liked it
Mahabharata adalah sebuah epos yang luar biasa luas. Saya pribadi belum pernah membacanya secara keseluruhan, hanya potongan-potongan dari berbagai buku, film, atau komik. Dan dari novella seperti Drupadi ini saya menambah perbendaharaan pengetahuan akan epos tersebut. Mengangkat kisah-kisah Mahabharata dari perspektif Drupadi, sang poliandris yang bersuamikan ke lima kakak-beradik Pandawa, SGA menyentuh topik-topik seperti feminisme dan kesetaraan gender.
Afy Zia
Oct 01, 2018 rated it liked it
Berhubung saya nggak pernah diajarin kebudayaan Jawa di sekolah (maklum, saya dari SD-SMA di Tangsel yang kebudayaan Jawanya memang minim alias nggak kental), banyak banget nama wayang yang saya nggak tahu. Literally. Saya jadi pusing sendiri. Intinya, kalau mau baca novel ini setidaknya harus punya pengetahuan dasar tentang wayang dan silsilahnya biar nggak bingung ketika ketemu nama Drupadi, Pandawa, Duryudhana, Kresna, Drupada, dll.
Indriyani Santoso
Jul 23, 2017 rated it it was amazing
Menghabiskan weekend utk membacanya,Seno Gumira sekali lagi menunjukkan feminismenya melalui karya epos jawa yang ditulis ulang.
Bila Kitab Omong Kosong, membela Sinta, kali ini setiap sajaknya berpihak pada Drupadi.

Nyaris tak bisa melanjutkan membaca, ketika sampai bab dimana Drupadi harus diseret dan ditelanjangi,kemudian diperkosa oleh Kurawa karena Pandawa kalah dlm permainan dadu.
Nama-nama Kurawa disebutkan... Efek dramatisasi yang menggugah emosi.
Galih Wijaya
Apr 03, 2018 rated it really liked it
Drupadi yang bersuamikan 5 orang pandawa harus mengalami pahitnya penderitaan dan pengasingan. Dewi Drupadi harus berjuang untuk kehidupannya dan untuk dirinya sebagai seoran wanita. Seno Gumira menggambarkan kisah ini dengan berlatar belakang fantasi dari epos mahabarata yang dimuat dengan sangat apik.
Gentur Aji Satyananto
an okay reading. sebagai orang yg tidak suka sajak/puisi dan gak terlalu menikmati hal yang dilabeli sastra, cukup terganggu dengan banyaknya puisi/sajak o! di dalam buku ini, serta penggunaan bahasanya yg agak nyastra. tapi buku secara penyajian tetap dapat menggelitik saya. jadi ya, 3 bintang dari saya.
Siti Annisa
Jun 25, 2018 rated it really liked it
Karena buku ini saya jadi tertarik membaca kisah pewayangan. Karena buku ini saya jadi yakin betul bahwa Seno bukan hanya sastrawan yang baik, penulis yang baik, dan ternyata juga pengkhayal yang baik.
Theo Karaeng
May 04, 2017 rated it it was ok
Ibarat buah, buku ini seperti mangga mengkal. Sangat diidamkan oleh para wanita bunting. Sayang, aku yo lanang.
Puji Hilbert
Jan 26, 2018 rated it it was amazing
Interesting.
Membaca cerita pewayangan dengan pesan kuat mengenai wanita secara universal. sesuatu yang seharusnya dipahami dan diakui oleh kaum pria di dunia ini.
sangat Menarik.
Armita Budiyanti
Jan 20, 2017 rated it liked it
"Apalah artinya Pandawa tanpa Drupadi"
Dewi
May 01, 2017 rated it liked it
Drupadi ini beda dengan apa yang biasanya ditulis SGA kalau dilihat secara fisik dan jenisnya. Kebanyakan buku SGA akan tebeeel banget kaya Nagabumi I dan II, atau bakal nggak tebel dan isinya cerpen. Walaupun nggak bisa digeneralisasikan juga, tapi menurut saya itulah kenapa buku SGA begitu. Bingungin ya kalimatnya.

(Duh nggak enak ya mau ngritik penulis favorit)

Jadi gini, ternyata buat saya, secara pribadi tulisan-tulisan SGA memang lebih enak dinikmati yang setebel nagabumi sekalian atau sekel
...more
Puri Kencana Putri
Mar 11, 2017 rated it really liked it
Mencintai sepenuh hati Arjuna. Menikahi 5 ksatria Pandawa. Harganya dirinya kemudian dihancurkan para Kurawa. Ada banyak kisah Drupadi yang telah saya baca dan secara visual saya saksikan. Tapi versi Seno Gumira Ajidarma kembali memboyong imajinasi saya dalam pertempuran panjang Pandawa dan Kurawa. Buku yang tidak boleh dilewatkan untuk para penggemar kesustraan Jawa.

Buku ini memiliki dentuman emosi yang berbeda. "Pengabdian yang sempurna adalah setia kepada peranan hidup kita, apapun peran yang
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Dawuk: Kisah Kelabu Dari Rumbuk Randu
  • Di Kaki Bukit Cibalak
  • Laut Bercerita
  • La Barka
  • Sihir Perempuan
  • Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi
  • Buku Tentang Ruang: Kumpulan Puisi
  • Sarapan Pagi Penuh Dusta: Kumpulan Cerpen
  • Semua Ikan di Langit
  • Olenka
  • Gadis Kretek
  • Di Hadapan Rahasia
  • Pohon Pohon Sesawi
  • Maryam
  • Murjangkung: Cinta yang Dungu dan Hantu-hantu
  • Semua Untuk Hindia
  • Maya
  • O
See similar books…
Seno Gumira Ajidarma is a writer, photographer, and also a film critic. He writes short stories, novel, even comic book.

He has won numerous national and regional awards as a short-story writer. Also a journalist, he serves as editor of the popular weekly illustrated magazine Jakarta-Jakarta. His piece in this issue is an excerpt from his novel "Jazz, Parfum dan Insiden", published by Yayasan Benta
...more
No trivia or quizzes yet. Add some now »