Jump to ratings and reviews
Rate this book

Lost and Found

Rate this book
Setiap benda akan patah. Termasuk hati. Walau sudah delapan tahun berlalu, hati Illa masih patah dan jiwanya rusak. Sampai detik ini dia masih tidak memiliki kepercayaan diri untuk kembali berurusan dengan cinta. Bukan tanpa alasan, dia takut untuk kembali terluka, mental dan fisik.

Illa menjalani hidupnya dengan membuka sebuah toko bernama My Ex-Boyfriend di sudut jalan Braga. Toko yang menarik perhatian banyak orang karena tokonya khusus menjual barang pemberian dari mantan. My Ex-Boyfriend tidak pernah sepi membuat hidupnya cukup sibuk dan untuk sesaat dia berhasil melupakan sesuatu yang bernama cinta. Hingga seorang pria tidak sengaja hadir dalam hidupnya.

Mungkinkah hati yang tidak hanya sudah patah melainkan berderai mampu kembali utuh? Mungkinkah rasa percaya yang sirna karena pengalaman buruk mampu kembali untuk percaya?

Pada akhirnya, akankah tragedi menghasilkan bahagia?

250 pages, Paperback

First published October 17, 2016

Loading...
Loading...

About the author

Dy Lunaly

15 books21 followers

Ratings & Reviews

What do you think?
Rate this book

Friends & Following

Create a free account to discover what your friends think of this book!

Community Reviews

5 stars
7 (11%)
4 stars
33 (55%)
3 stars
17 (28%)
2 stars
2 (3%)
1 star
0 (0%)
Displaying 1 - 20 of 20 reviews
Profile Image for Nola Andriyani.
180 reviews
February 17, 2018
🌟3,9/5

"It's hard to forget someone that gave you so much to remember." (hlm. 154)
.
Illa pemilik toko My-Ex Boyfriend. Toko yang menampung dan menjual kembali segala barang pemberian dari orang yang telah menjadi mantan. Berawal menjual segala pemberian mantannya untuk melupakan, lalu kemudian menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Memiliki trauma akan sebuah hubungan karena masa lalu bersama mantannya terakhirnya yang mengakibatkannya berakhir diruang psikiater, dan mematikan rasa percaya dirinya terhadap diri sendiri bahkan orang lain. Tapi kehadiran Pandu si pemilik kafe yang selalu didatangi Illa untuk mengisi perutnya merubah segala hal dalam hidupnya, bahkan hatinya. Lalu bagaimana Illa menghadapi ketakutan akan masa lalunya itu?

🌸Pertama kali baca karya kak Dy, dan langsung suka. Cara menulis yang mengalir, diceritakan dengan lugas dan sederhana buat aku terhanyut dengan kisah Illa. Dengan latar belakang kota Bandung, dan cara kak Dy menjelaskan tiap detail jalanan Braga sangat baik dan berhasil mengembangkan semua bayangan kota Bandung diotak aku.
🌸Konfliknya tidak terlalu berat dengan alur maju mundur yang rapi. Diceritakan melalui sudut pandang Illa, dengan perlahan penulis membuka rahasia Illa yang berhasil buat aku greget ditiap babnya karena penasaran, apasih yang terjadi dengan Illa?
🌸I hate so much sama Danang itu ya, psycopath sekali. Untung ada Pandu sang penyelamat yang sabar banget, eeerrr. Masih ada nggak sih cowok kayak gitu jaman sekarang? Dengan segala latar belakang kehidupan yang kayak gitu tapi masih bisa survive bahkan sangat-sangat hangat sikapnya. Dan Illa, aku nggak pernah banyangin jadi dia bakal seperti apa. Mungkin aku bakal jadi gila.
🌸So far aku suka cerita ini, nggak hanya belajar tentang bagaimana cara memperjuangkan masa depan tapi juga bagaimana cara kita menyikapi segala hal yang sudah terjadi dalam hidup kita, belajar ikhlas, dan selalu melawan segala ketakutan yang ada dalam diri kita.
Profile Image for Riz.
1,262 reviews141 followers
December 9, 2016
Ide cerita buku ini menarik and thank God bukan mengenai nikah kontrak dll dll yang entah kenapa lagi trend dalam pernovelan lokal bergenre romance apalagi dari "lulusan" wattpad. Cuma emang dalam hal eksekusi cerita ada beberapa hal yang nggak sreg bagi gua, ada yang terkesan terburu-buru sehingga terkesan kurang "dalam". Gaya nulisnya kurang mulus. Tapi endingnya sweet dan pengembangan karakternya apalagi dari versi Illa cukup terlihat walaupun masih kurang kuat.

Oh ya, kalo nggak salah di halaman 234, ada satu percakapan yang isinya "Saya nggak akan pernah ngacuhin kamu." Kata ngacuhin di sini maknanya keliru. Mungkin yang dimaksud itu "nyuekin" ya dan kata acuh kan artinya peduli. So, jadi beda penafsiran kalimat kan. Yah, hal-hal kayak gini seharusnya diperbaiki soalnya bakal menurunkan kualitas ceritanya nih.

Overall, gua mengapresiasi banget tema-tema cerita yang kayak gini yang diangkat. Dan lebih diperkaya lagi tema-temanya biar makin banyak warna dalam pernovelan bergenre romance di Indonesia ;)
Profile Image for pidaalandrian.
364 reviews5 followers
August 7, 2018
Lost and Found adalah buku pertama kak Dy (ikutan manggil kak Dy, anggap saja udah kenal dekat, heheh) yang aku baca yang sebelumnya cuma bisa ngelirik dan baca apa yang di review sama teman-teman tentang buku ini. Penasaran pengin baca juga yang akhirnya baru bisa tercapai. Dan aku sama seperti mereka-mereka yang sudah mereview buku ini, Cuma bisa bilang “‘LnF ini memang luar biasa ceritanya’. Daebak. Its amazing. Dan kalian wajib baca.” Dan aku semakin percaya dengan kata-kata ‘cover buku tidak mencerminkan isinya”. Karena buku ini buktinya.

Baca review lengkapnya disini
https://collection-of-book.blogspot.c...
Profile Image for Isa Sulistyorini.
168 reviews3 followers
February 9, 2019
Judul: Lost and Found (Hatiku jatuh ketika bertemu denganmu).
Penulis: Dy Lunaly.
Penerbit: Grasindo.
Tahun Terbit: 2016.
Jumlah Hal. : 242.
ISBN: 9786023757077
.
.
Thank you @liliyanahalim
yang sudah mau meminjamkan aku novel ini 😘😘😘. . .
Novel ini menceritakan bagaimana trauma bisa sangat mempengaruhi seseorang. Bagi sebagian orang melupakan "kejadian" di hidup mereka itu ga mudah. . . .
.

Ga semudah orang mengatakan sudah lepaskan saja atau sudah lupakan saja. Mereka yang trauma itu butuh waktu untuk menyembuhkan diri mereka sendiri. Butuh waktu untuk berdamai dengan pikiran mereka. . . .
.

Terus kita yang ada disekitarnya bagaimana? Support them (jangan maksa loh). . . .
.

Aku paham sekali posisi Illa ini. . .
Pada saat awal, aku pikir ini trauma kenapa ya? Eh pas tau.... Wah wah wah... Bahaya juga sih. . .
Aku belajar juga dalam novel ini how to choose pasangan dan menjalankan hubungan yang sehat. . .
Thank you!
.
#nobookshaming #instabookreview #instabookstagram #novelindonesia #romance #traumahealing #bookaddicts
Profile Image for Ardina Rahma.
134 reviews14 followers
March 18, 2017
Maha Benar Kak Dy dengan segala kutipannya yang makjleb di buku Lost and Found.

Ini kisah tentang Teh Illa dan Kang Pandu.
Illa bertemu pertama kali dengan Pandu di toko miliknya; My Ex-Boyfriend. Sebuah toko yang siap menerima segala macam barang pemberian mantan yang ingin dilupakan pemiliknya, lalu di design ulang oleh Illa.
Kali lain, Illa baru sadar ternyata Pandu bekerja di kafe favorit yang sering dikunjunginya, bahkan Pandu hafal betul menu apa yang biasa Illa pesan.
Beberapa kejadian membuat mereka harus bersisian dan ujungnya menjadi dekat. Namun ternyata tak semudah itu Illa menerima Pandu.
Pengalaman mendapatkan kekerasan fisik saat menjalin hubungan dengan Danang membuat Illa trauma untuk membuka hati.
Illa trauma. Illa takut. Illa takut jika Pandu seperti Danang.
***
Illa dan Pandu merupakan dua tokoh yang layak dicintai pembacanya. Apalagi Pandu, layak dicintai secara plus plus plus, hehe.
Saat membaca beberapa bagian mungkin akan sebel banget sama Illa, tapi kayanya sih rasa simpatik bakal mendominasi. Illa sosok yang rapuh banget :')

Saya suka tokoh-tokohnya. Saya suka settingnya. Saya suka ceritanya. Dan saya suka segala kutipan yang diciptakan Kak Dy.
Ahhh.. Kak Dy sukses selalu pokoknya. Sampaikan salam sayang dari saya untuk Kang Pandu. :")
Profile Image for Adek Fbree.
159 reviews
February 8, 2017
3.5☆ untuk akumulasi faktor konten, plot dan karakter. Genapin ke atas karena buku ini masuk kategori yang akan saya baca ulang lebih dari 1x karena suka dengan bentuk rasa sayang & perhatian dari para hero-nya ♡. Saya sengaja menggunakan kata 'para' yang bermakna jamak, karena menurut saya yg namanya Hero ga harus dlm wujud kekasih saja ☆

ps. sebenarnya dah selesai baca dari seminggu lalu, tp lupa update GR
Profile Image for Andini Ginanti Tuzzahra.
3 reviews
May 31, 2020
3,5 ⭐

Novel ini menceritakan tentang Illa yang membuka sebuah toko bernama My Ex-Boyfriend di sudut Jalan Braga. Toko ini unik karena menjual barang pemberian mantan.

Jujur, saat membaca novel ini aku tidak bisa membacanya dalam 1x duduk, perlu cukup banyak waktu untuk menyelesaikan novel ini karena aku kadang terlalu terhanyut ketika membacanya, dan saat memasuki fase luka Illa, hal tersebut cukup memberikan emosi negatif buatku. Padahal aku sama sekali tidak pernah merasakan seperti apa luka Illa, tapi penjabaran yang diberikan penulis mampu membuatku lumayan mengerti bagaimana perasaan si tokoh utama ini.

Mungkin, untuk yang memiliki riwayat toxic relationship baik secara verbal maupun fisik, akan cukup ke trigger oleh novel ini, jadi agak hati-hati aja ya.

Diluar itu, interaksi antar tokoh disini aku cukup suka, tentang orang-orang sekitar Illa yang begitu memberikan hawa positif. Apalagi aku kayaknya jatuh hati deh sama tokoh Pandu 😂 bisa ga kasih aku satu cowok yang pengen banget jagain aku, kayak Pandu gitu.

Oh iya, seperti yang sudah aku bilang bahwa My Ex-Boyfriend terletak di sudut Jalan Braga, novel ini menggunakan latar tempat Kota Bandung. Penjelasan latarnya lumayan memberikan gambaran, mungkin karena setahuku penulis memang berdomisili di Bandung. Cmiiw.

Di novel ini, kamu juga akan disuguhi sedikit tentang dunia arsitektur, lumayan memanjakan imajinasi dan aku menikmatinya. Meskipun pada awal-awal pembukaan novel aku sempat merasa bosan tapi saat pertengahan menuju akhir, worth untuk kalian ikuti.
Profile Image for Fataya.
Author 3 books17 followers
August 24, 2017
Kak Dy... Ini novel pertamamu yg kubaca. Dan aku suka dg ceritamu, Kak! Ide ceritanya ttg abusive relationship yg menjadikan adanya My Ex-Boyfriend. Bandung yg menjadi setting tempat keseluruhan ceritanya bikin aku pengen ke Bandung, daerah Braga. Hmm, mungkin aku akan singgah ke My Ex-Boyfriend u/ sekadar melihat" pernak-pernik yg sudah dirombak o/ Illa. Tapi, aku akan menghabiskan sisa hari di kafenya Pandu sambil menikmati secangkir cappuccino dan setangkup roti bakar dg isi selai stroberi ala Chef Pandu. Minta dibikinin diorama sama dia mungkin. Hahaa.
Hmm, pertama kali baca ini, sedikit bingung, sih. Apa yg dialami Illa sampai dia menutup hati begitu. Tapiii, pas di tengah cerita, itu menjelaskan semuanya. Yg dilakukan o/ Danang itu JAHAT!! Salah. Dia itu GILA!! Gila banget!! Sumpah... Cinta, sih, cinta. Tapi, kalau ngebuat orang yg dicintai itu terluka, apa itu masih layak disebut cinta?? Hmm, yg paling aku cari di sini, pertama kali itu, adl tokoh cowoknya. Hehee. Keisengan aku kalau baca novel POV 1 cewek.
And I said, "Yes!" ketika ada cowok yg datang ke My Ex-Boyfriend. Hahaa. Yg terbayang olehku adl Adipati Dolken pas baca gambaran ttg cowok itu. Hehee.
Aku pun suka hal" kecil seperti Illa yg suka mengusap rambutnya pas dia kikuk atau Pandu yg suka mengetuk-ngetuk meja dg jarinya.
Ending-nya aku suka! Krn stlh semua yg terjadi pada Illa, berakhir dg manis... ☺
Profile Image for Suci.
155 reviews5 followers
February 11, 2021
Abusive relationship. It's a very controversial yet interesting to read in a book. I don't find (till now) many Indonesian books that tell a story about the mentioned topic. This book is basically about this girl who tried to recover from her past experience.

I admired her bravery, also her own self as a survivor. But I don't really like her personality as a whole. I also think the guy is a bit.... creepy? Well, initially. Okay, as the story goes, he became less creepy and somewhat mature (I mean, yeah he's 30 and blah blah). There are some parts that I can easily put into my cringe lord box but thank God it's not suuupperrr cheesy. I still can tolerate it. I also found this problem in many Indonesian books, gender stereotype. What the hell is wrong with a guy who loves strawberries so much?

Note to the editor or publisher. I feel like my edition was not perfectly edited, or proofread. There's one minor character who is the same person but with a different name. There's also some error in some spellings. I won't talk about grammar since I'm not an expert in that area.
Profile Image for Bila.
315 reviews22 followers
July 27, 2019
Kenangan itu letaknya di sini. Di hati kamu. Kalau kenangan itu memang sesuatu yang berarti nggak akan ada yang bisa membuat kita melupakannya. Sekalipun barang atau tempat kita bikin kenangan itu udah nggak ada. (hal.44)


Ga nyangka, buku dengan blurb yang agak 'biasa' menyimpan bahasan yang ga main-main. Dalem woi! (Aku ga mau bahas disini, baca aja sendiri -,-)

Memang kisah cinta yang disajikan kadar hangatnya kurang maksimal, tapi ya itu. Bahasan yang tidak dijelaskan di blurb itu yang bikin batin rasanya ingin ikut marah, ikut simpati, atau apalah itu. Susah juga dijelaskan sama kata-kata.

Hal lain yang aku suka adalah latarnya. Hihi. Jadinya gampang dalam membayangkan (secara, Braga gitu. 😂)

Illa-Pandu memang serasi. Banget. Tapi sayangnya aku ngerasa Pandu itu sedikit too good to be true walaupun dia punya kekurangan.

Tapi aku tetap merekomendasikan kalian untuk baca ini, hihi.
Profile Image for K. R..
Author 2 books11 followers
March 20, 2017
baru kenal seminggu sebelumnya dan kemudian dikirimin buku karya Teh Dy pas ulang tahun saya kemarin, aaaaaaak~ baik sekali teteh satu ini! mana ga pernah pelit ilmu kepenulisan pula, sukak! :3

btw, setelah rasanya sudah sekian lama sekali saya tidak baca novel begini, saya kembali pada masa-masa bahagia ketika pengen baca buku ini cepet-cepet sampai habis dan saya baca dimana aja, kereta dan kantin kampus, kemudian berusaha sekuat tenaga demi tidak menangis di tempat umum! hahaha.

saya selalu suka cara teh Dy mendeskripsikan tempat dan karakter cowoknya selalu bikin jatuh cinta! fyi, karena baca ini, saya tiba-tiba impulsif ke Bandung (lagi) bulan Februari setelah Januari sudah ke Bandung, cuma demi napaktilas cerita yang ada di buku ini! hahaha. Kang Pandu bikin gmz~

sukses terus teh Dy, saya akan baca buku-buku teteh yang lain, terutama ditunggu buku terbarunya yang ada Akasha jadi tokohnya :3 *ups
Profile Image for Nisa Rahmah.
Author 4 books106 followers
February 26, 2017
Kamu tahu, mengingat kenangan yang membahagiakan jauh lebih sakit daripada mengingat kenangan buruk. Karena kita tahu kenangan bahagia itu nggak mungkin terulang. ---halaman 138

Lost and Found adalah buku pertama dari Dy Lunaly yang saya baca, setelah sekian lama mem-follow penulis pada akun media sosialnya. Menurut saya, buku ini cukup bagus. Cara penulis mengemas ceritanya menarik. Apalagi, menemukan tema yang untuk untuk dijadikan bahan baku pembuatan novelnya, sungguh merupakan ide yang brilian. Bagi saya, kisah yang bagus itu yang memiliki kedekatan personal dengan pembacanya. Dan memberikan kisah pada barang-barang pemberian mantan, jelas berhasil memberikan kedekatan itu. Siapa sih yang nggak pernah dikasih barang spesial dari orang yang pernah spesial dalam kehidupan kita? Saya yakin, pembaca (atau minimal saya, deh), langsung terngiang pada benda-benda apa saja yang pernah diberikan mantan pada saya, dan kenangan yang tersimpan pada barang tersebut kembali menguar... dan membuat laper. (Hehehe, saya anti baper.)

Salah satu keunggulan yang dimiliki penulis adalah, berhasil menempatkan deskripsi setting dengan apik. Sudut-sudut Jalan Braga memiliki aura magisnya yang menyenangkan, membuat saya yang bukan orang Bandung merasa berada di sana, menikmati arsitektur bangunan tua yang menawan di sepanjang jalannya. Fix lah, kalau ke Bandung lagi saya harus menikmati sepanjang jalan ini.

Kisah yang terjalin antara Illa dan Pandu pun, cukup menarik untuk disimak. Bagaimana pertemuan pertama yang memancing pertemuan-pertemuan selanjutnya, tentang Illa yang berusaha keluar dari kungkungan masa lalunya yang berat, juga Pandu yang mulai menceritakan dan menguak cerita kelam masa lalu pria itu. Semuanya, terjalin dengan cukup manis.

Ada beberapa catatan yang menurut saya cukup mengganggu dan bisa diperbaiki untuk ke depannya (plus bonus cerita tentang barang-barang pemberian mantan #yha). Selengkapnya saya ulas di sini http://resensibukunisa.blogspot.co.id...
Profile Image for Perpustakaan Dhila.
200 reviews13 followers
February 20, 2017
3.5⭐

Banyak hal menarik yang terdapat dalam novel yang berkisah tentang perjalanan perempuan yang pernah menjadi korban relationship abuse untuk menemukan apa yang dulu hilang dari dirinya. Menemukan kembali kepercayaan kepada dirinya, juga pada lelaki lain. Ila, yang menganggap dirinya 'sang penyintas' ini, mendirikan toko My Ex-Boyfriend yang menjual barang-barang mantan. Hihi. Unik, ya?

Ide ceritanya fresh menurut saya. Belum lagi deskripsi setiap sudut Kota Bandung yang digambarkan Dy Lunaly membuat saya sebagai pembaca makin jatuh cinta dengan kota yang sampai sekarang belum sempat saya injak itu. Jadi, semakin 'rindu' untuk ke sana nih.

Mungkin penggunaan sudut pandang orang pertama sedikit 'membatasi' tokoh lain untuk dieksplor. Kita hanya bisa terfokus pada Ila saja, padahal saya sebagai pembaca sebenarnya penasaran juga tentang kehidupan Pandu--yang cuma sedikit disinggung. Bagaimana kehidupan pribadinya, hubungannya dengan karyawannya, dan kisah masa lalunya. Atau kisah persaudaraan Reza-Raihan, atau mungkin bagaimana nasib Danang selanjutnya.

Saya suka Toko My Ex-Boyfriend dan kisah barang-barang di dalamnya. Saya suka detil dalam novel ini. Kafe-kafe yang didatangi Pandu dan Ila, jalan-jalan yang mereka lewati, dan interior-interior dalam ruangan yang menjadi setting novel ini. Dy mendeskripsikannya dengan sangat baik. Seolah-olah, saat membaca Lost and Found, saya diajak ke tempat-tempat tersebut.


Satu hal yang--sangat--mengganggu buat saya adalah banyak kesalahan pengetikan dalam novel ini--setidaknya ada lebih dari 7 yang saya temukan. Kemudian penggunaan kata 'acuh' yang keliru. Kata 'acuh' harusnya bermakna 'peduli', tetapi dalam novel ini justru kata 'acuh' diartikan sebagai 'tidak peduli'.
Profile Image for Gistii Adistie.
19 reviews2 followers
March 19, 2017
Baca bukunya dy lunaly ini berasa banget lagi ada di Bandung. keseluruhan cerita oke banget, penggambaran sosok Illa dan ketakutannya jg bagus. alur ceritanya jg baik menurutku, dan bisa banget bikin geregetan sama sosoknya Danang.
and I love that happy ending
123 reviews
October 31, 2016
Giveaway tanggal 4-6 di twitterku @p_ambangsari

REVIEW LENGKAP https://redbluestory.wordpress.com/20...

Akan ada banyak quote, konflik tiap bab, first impression yang bikin ketagihan, quote tiap bab dan lainnya. Begitu pula dengan Lost & Found ini. Novel ini benar-benar memiliki plot yang luar biasa keren, ditambah dengan cara penulisannya yang lancar, gaya bahasa yang asik dan yang paling dominan adalah quote yang memabukan karena selalu terasa manis hingga membuatku kecanduaan akan kata-kata Pandu. Bagaikan orang kena narkoba kalau baca cerita ini. Nge-fly.

-FAVORITE-
Bagian favorit ketika Pandu menepuk tangaku *eh maksudnya menepuk tangan Illa ketika mereka berboncengan dan tangan Illa gemetaran karena keingat masa lalu. Aku paling suka itu. Walau sederhana, tapi juga ikut memberikanku rasa aman.

"Aku tidak tahu dengan pasti. Yang pasti, aku menyukainya. Tepukannya menghadirkan rasa aman yang menentramkan."—hlm. 89

Satu lagi yang jadi favoritku. Walau udah kutebak cara Illa mengakui perasaannya akan begitu, aku tetap aja mabuk. Manis banget siiih!!

"Biar saya bisa nemuin kamu walaupun kamu invisible."—hlm. 237

-UNIQUENESS-
Ciri khas dari karya Dy Lunaly (padahal aku baru baca 3 karyanya) adalah sering nyantumin fashion yang dipakai tokohnya. Kadang hal-hal itu buat saya penasaran dan akhirnya googling dan kupakaikan di imajinasiku. Sering pula kak Dy ngomongin tentang makanan. Asyik, nambah referensi kalau aku mau buat karakter sendiri dan bikin ngiler tentunya. Tapi soal fashion kalau terlalu detail dan banyak pasti juga akan membosankan. Untung saja di novel ini sedikit yang detail dan lebar.

-OVERALL-
Aku sangat suka sama novel ini. Alurnya cepat dan detail jadi bacanya cepat tapi aku bisa langsung masuk ke dalam cerita dengan hati meleleh bahakan mungkin sampai nggak berwujud lagi.
Rasa cintaku pada Wisnu Kanigara di novel Il Tiramisu pun beralih pada Pandu Raffasya.

Novel ini manis tapi sekalinya pahit bikin nangis. Ya Allah. Dari awal sampai akhir penulis satu ini bikin greget banget. Buat cerita kok bagus banget!! Prolognya aja bikin candu.

"Semakin sering dia melakukan ini, semakin berbahaya untukku karena aku mulai mencandu senyumannya."—hlm. 109

***
Rasa cintaku pada Wisnu Kanigara di novel Il Tiramisu beralih pada Pandu Raffasya
Novel ini manis tapi sekalinya pahit bikin nangis. Ya Allah. Dari awal sampai akhir penulis satu ini bikin greget banget. Buat cerita kok bagus banget!! Prolognya aja bikin candu.

Happy first reviewer wkwkwk
Profile Image for Rumah.
Author 1 book41 followers
January 6, 2017
Baca reviewnya dan ikuti GAnya di http://peekthebook.blogspot.co.id/201...

Lost & Found ini menceritakan mengenai tokoh bernama Illa yang menjadi korban kekerasan saat menjalin kasih dengan lelaki di masa lalunya. Kemudian dia mendirikan sebuah toko yang diberi nama My-ExBoyFriend. Toko yang awalnya bermula dari sebuah blog dank arena trauma yang dimilikinya. Yang unik dari toko tersebut adalah, toko tersebut menjual khusus barang-barang pemberian dari mantan. Bisa karena putus atau apapun itu yang jelas benda kenangan dari mantan. Toko tersebut terletak di Jalan Braga. Jalan tersebut adalah saksi kisah cinta dari kedua orang tua Illa. Dan kali ini, Jalan Braga akan menjadi kisah bagi kehidupan Illa sendiri.

Membaca novel ini benar-benar bikin baper akut. Gemes-gemes cantik sama kisah hidupnya Illa. Gregetan banget rasanya sama Illa yang diperlakukan Danang dengan seperti itu sampai membuat Illa terluka tak hanya secara fisik namun psikis juga. Dan itu membuat Illa trauma luar biasa.

Aku belajar banyak hal dari Illa. Dia mampu mengelola emosinya, mandiri, tangguh, mampu menangkap peluang dengan membuka toko khusus barang mantan di Jalan Braga. Aku pernah ke Bandung sekali, dan saat itu konsentrasinya ke tempat wisata, nggak sempat jalan-jalan di kota Bandung. Alhasil, aku masih penasaran dan masih pingin kesana lagi.
Profile Image for Retha Aryudhanti.
253 reviews17 followers
November 25, 2016
uwuwuwuw punya Pandu dalam bentuk fisik, anak wattpad bahagia klo udah terbukti nyata bagus :)))
Profile Image for Utha.
831 reviews409 followers
December 14, 2016
Pertama kali baca novel Dy Lunaly. Dan cukup suka... :D
Profile Image for Layla Nur Aliva.
8 reviews
May 21, 2018
Seperti judulnya, novel ini adalah tentang kehilangan dan ditemukan. Dalam kasus Illa, yang hilang dalam dirinya adalah kepercayaan, baik pada orang lain maupun dirinya sendiri. Illa yang pernah mengalami kejadian traumatik karena pernah berada dalam suatu hubungan yang menyakitinya secara mental dan fisik membuat dia harus menemui psikiater dan menjadikan dia gadis yang tidak percaya lagi pada cinta. Ketidakpercayaannya itulah yang membuat dia enggan untuk kembali memulai suatu hubungan dengan orang lain.

Saat itulah Pandu datang ke hidupnya. Pria pemilik cafe yang selalu Illa datangi untuk mengisi perut. Pria baik hati yang selalu siap membantu Illa kapan saja. Membuat Illa mulai merasakan sesuatu yang kembali merekah di hatinya, meski dia selalu menepisnya kuat-kuat.

Ini adalah pertama kalinya aku baca novel karya kak Dy Lunaly, dan aku langsung suka. Ceritanya benar-benar mengalir, meskipun digambarkan dari point of view nya Illa. Adanya alur maju-mundur di beberapa bagian juga nggak menghambat ceritanya, karena disusun dengan begitu rapih. Penggambaran sosok Illa sebagai perempuan juga terlihat kuat, dia mandiri dan mampu untuk mengontrol emosi nya dengan baik. Meski di beberapa bagian, aku menemukan Illa sebagai karakter yang egois dan hanya mementingkan dirinya sendiri (meski kita nggak bisa nge-judge dia karena kejadian traumatik yang di alami lah yang membuat dia bertindak seperti itu).

Karakter Pandu juga dipaparkan dengan baik. Pria manis dan baik yang diam-diam selalu memperhatikan Illa. Meski dia tahu ada sesuatu yang tidak beres dengan kondisi psikis Illa, dia tidak pernah memaksa untuk bertanya, melainkan menunggu Illa untuk menceritakannya langsung kepadanya. Sosok Pandu inilah yang pasti bakal membuat semua cewek ngefans sama dia, karena he is so boyfriend material ever! Yang mampu memposisikan dirinya harus bersikap bagaimana di depan seorang perempuan seperti Illa.

Selain kedua karakter utama di atas, penggambaran Kak Dy Lunaly mengenai karakter yang lain juga dirasa pas. Belum lagi penjabaran di novel ini mengenai susana di Braga, juga sekitaran Bandung yang lain benar-benar membuat pembaca merasa barada di tempat itu.

Sayangnya, ada beberapa bagian typo yang cukup lumayan sering aku temukan, hehe. But, overall nggak terlalu mengganggu juga sih.
Displaying 1 - 20 of 20 reviews