Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Tempat Paling Liar Di Muka Bumi” as Want to Read:
Tempat Paling Liar Di Muka Bumi
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Tempat Paling Liar Di Muka Bumi

4.08  ·  Rating details ·  266 ratings  ·  44 reviews
Sekali lagi kita menemukan asin laut, putih pasir, bunga karang, dan keindahan-keindahan lain yang membentuk kehidupan di Timur Indonesia dalam puisi. Theo dan Weslly telah menjelaskan dengan sangat baik kepada kita bagaimana jatuh cinta dan mencintai bisa begitu ajaib dan berbahaya.
- Irfan Ramli, penulis skenario film Cahaya Dari Timur, Beta Maluku

Tempat Paling Liar di M
...more
Paperback, 104 pages
Published September 26th 2016 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Tempat Paling Liar Di Muka Bumi, please sign up.

Be the first to ask a question about Tempat Paling Liar Di Muka Bumi

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 4.08  · 
Rating details
 ·  266 ratings  ·  44 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Tempat Paling Liar Di Muka Bumi
Raafi
Nov 30, 2016 rated it really liked it
ulasan beserta memori: http://bibliough.blogspot.co.id/2016/...

"Tempat Paling Liar di Muka Bumi" adalah satu dari beberapa kumpulan puisi yang kubaca. Setelah kutilik lagi, aku sudah baca setidaknya lima kumpulan puisi tahun ini dan itu merupakan pencapaian yang besar. Sebelumnya, aku bahkan tidak bisa menikmati puisi. Betapa tidak? Membaca satu bait saja harus berulang-ulang untuk memahami maknanya. Tapi lambat-laun, karena tergerus usia, aku membutuhkan kata-kata indah agar hidup terasa indah
...more
Biondy
Dec 09, 2016 rated it really liked it
Di manakah tempat paling liar di muka bumi? Theoresia Rumthe dan Weslly Johannes berusaha memaparkannya dalam puisi-puisi mereka. Buku ini tergolong unik, karena ini pertama kalinya saya membaca sebuah kumpulan puisi yang ditulis oleh dua orang, yang isinya adalah kumpulan puisi yang mereka kerjakan secara bersama maupun terpisah.

"aku ingin bercinta denganmu
dan melahirkan banyak puisi."


Ya, ini memang kumpulan puisi cinta yang ditulis oleh dua orang yang... saya jujur tidak tahu apa hubungan mere
...more
Alvina
Jan 03, 2017 rated it really liked it
Sukaaa sama puisi puisinya. Romantis, tapi ngga kelampau manis
Hestia Istiviani
Jun 05, 2018 rated it it was amazing
Terima kasih Abduraafi telah merekomendasikan buku puisi ini kepadaku! Awalnya sempat skeptis, takut tidak sesuai dengan selera puisiku selama ini. Apalagi nama penulisnya masih asing di telinga. Tapi, berkat ulasan menarik, mengapa tidak dicoba saja.

Tempat Paling Liar di Muka Bumi merupakan sebuah buku puisi, karya duet yang menghangatkan namun juga romantis tanpa perlu menjadi terlalu berlebihan. Baik Theo maupun Weslly, keduanya dapat menuliskan puisi yang saling bersahutan, saling menjawab
...more
Khairunisa Putri
Oct 04, 2016 rated it really liked it
Shelves: punya, puisi
Tadinya tidak berniat untuk membeli kumpulan puisi ini. Mengambilnya karena tipis dan untuk menghabiskan waktu di toko buku sebelum jam kuliah, tapi jadi suka dan pengen memiliki biar bisa diulang-ulang bacanya dirumah! hehe
Mobyskine
Sep 23, 2018 rated it liked it
Hal-hal romansa cinta dalam bait rindu. Bahasanya bagus dan indah cuma variasinya agak kurang. Sesetengahnya seakan ulang-ulangan perasaan, jadi kelihatan sama saja namun lirikan tiap ritmanya beralaskan perasaan dan kata puja jadi kedengaran manis sekali. Okay saja, sesuaian dengan kata-kata penyairnya yang meniup bahagia dalam tiap aksara jadi lahir rangkap buat aku tersenyum-senyum sendiri waktu membacanya. "Rindu ini membuatku gerah, aku ingin mandi dari semua puisi hujan yang kautulis." ...more
Teguh
Oct 03, 2016 rated it liked it
Ternyata selain novel, puisi juga bisa dikerjakan dengan sistim rombongan. Dua penulis buku ini secara 'bergantian' menuliskan puisi, dan karena temanya romantis maka jadinya seperti balas-balasan kalimat dan sajak penuh rayuan. Buku ini menurutku mengembalikan tren puisi ke 'memuja2' keindahan, baik alam atau pasangan.


dan puisi favorit says adalah puisi kedua dan ketiga; lelaki dan gelisah dan perempuan dan gelisah. Keduanya manis dan apik banget
...more
Sheila
Dec 08, 2020 rated it really liked it
Manis dan pahit, rasa merindu disampaikan dengan penuh damba.
shanghao
Oct 02, 2016 rated it really liked it
Shelves: wants, non-english, prose
The wildest place on earth - love.

They are a couple of immensely talented poets, filling this thin but elegant volume to the brim with their unbridled musings and prose on love; with words so liquid and free, they evoke the natural beauty of the Indonesian archipelago.
Alifa Imama
Jan 12, 2020 rated it it was amazing
Shelves: poetry
Apa yang lebih menggemaskan daripada melihat dua manusia jatuh cinta? Dua manusia jatuh cinta yang merangkai puisi untuk satu sama lain.

Di barat mungkin ada sejoli Lang Leav-Michael Faudet tapi disini ada Theodore Rumthe-Weslly Johannes, yang sahut menyahut dengan manis, menyampaikan soal cinta, puja-puji kekasih dan rindu.

“sementara biarlah ke teras rumahmu
di sana kita bisa duduk memintal lengan
mengusap rindu yang nakal dan melekatkan pipi
mengerjakan dari keyakinan-keyakinan yang sudah sekeras
...more
Nike Andaru
36 - 2019

Sulit untuk tidak menyukai buku ini terlebih puisi-puisi Theoresia Rumthe dan Weslly Johannes sangat enak dibaca.

Sebelumnya saya sudah baca duluan Cara-Cara Tidak Kreatif untuk Mencintai dan saya suka, eh setelah baca buku ini malah lebih suka yang ini. Puisinya ringan, mudah dicerna dan satu hal yang bikin buku ini lebih mudah dinikmati siapa saja yaitu karena ini tentang cinta. Cinta itu kan universal untuk siapa saja. Ditambah ilustrasi dari Lala Bohang yang tak diragukan lagi deh ap
...more
Limya
Dec 22, 2020 rated it it was amazing
Sekali lagi, Theo dan Weslly menunjukkan bahwa mereka akan selalu jadi salah satu pasangan paling romantis.

Dalam puisi-puisi mereka ada candu, seperti cinta, yang begitu manis. Ingin berhenti, tetapi yang ada malah meminta lagi dan lagi. Tak ketinggalan senyum yang mengiringi setiap kata yang dibaca.

Belum juga debur ombak, asin laut, embusan pantai yang bisa dirasakan dalam beberapa puisinya, menambah syahdu cinta tersebut. Mungkin juga jarak, rindu, dan kasih yang selalu mereka hadirkan dalam
...more
Astrid Reza
Feb 24, 2021 rated it really liked it
Setelah mendengarkan puisi-puisi dari buku ini dimusikalisasi dan juga menyaksikan sendiri Theo dan Weslly di atas panggung, mereka adalah pasangan yang ajaib dan magis. Kata-kata meluncur mengalir seumpama lautan dengan ombak yang tenang namun tak sederhana dari buku puisi ini.

Buku ini mengelitik saya untuk kembali ke rumah saya yang paling awal: puisi. Sebaiknya mungkin jangan membacanya ketika sedang tercekat rindu pada para kekasih, karena buku ini hanya akan membuatnya menjadi semakin berg
...more
Leila Rumeila
Apr 05, 2020 rated it really liked it
Beberapa puisi favorit dalam buku ini :

"Jika ketika jatuh cinta
Kau melakukannya dengan sungguh-sungguh,
Kelak ketika kau harus berpisah dengannya,
Kau tidak akan menyesal."

"Yang berdosa itu ketika jatuh cinta dan tidak menikmatinya."

"Sebab cinta adalah jatuh-jatuh yang tidak direncanakan."

"Rindu ini membuatku gerah,
Aku ingin mandi
Dari semua puisi hujan
Yang kautulis."

"Semoga kita bertemu di sebuah waktu
D mana semua lebih natural dan sederhana.
Sesungguhnya Tuhan itu pecinta.
Ia lebih paham."
...more
Sandys Ramadhan
Jan 20, 2021 rated it really liked it
Shelves: owned
Begitu indah, terlampau manis.
Saling bersaut-sautan antar puisi bahkan bertautan dalam diksi.

Mungkin itulah impresi awal setelah membaca buku kumpulan puisi ini, menggunakan formula yang berbeda, unik, segar pastinya. Membaca puisi di buku ini buat senyum-senyum dan nyengir sendiri atau malah berdecak kagum "kok bisa pas gitu diksinya atau kok ga kepikiran pake kata ini ya?" Kira-kira begitulah.

...more
Novita Sari
Nov 15, 2018 rated it really liked it
Aku sedang menumpuk rindu. Ketika membaca puisi-puisi yang saling berbalas ini, rindu semakin menjalari tubuhku.

Percayalah, jangan baca buku puisi ini ketika kamu sedang jauh dari kekasihmu. Menahan rindu? kamu takkan sekuat itu.

Aku? Setelahnya, segera meminta kabar dari lelaki puisi melalui gawai. Rindu hilang? Tidak, malah semakin menyesakkan hanya untuk sekadar bernapas.

Buku puisi ini berbahaya! Bacalah sampai habis lalu temui kekasihmu. Segera.
Iis
Sep 07, 2020 rated it really liked it
"semoga kita bertemu di sebuah waktu di mana semua lebih natural dan sederhana. sesungguhnya tuhan itu pencinta.
ia lebih paham"
-- theoresia rumthe (hal. 69)


puisi-puisinya menenangkan, tentang dua orang, sepasang kekasih, saling merindui satu sama lain. manis sekali.
...more
Nura
Feb 19, 2018 rated it really liked it
Shelves: poetic, wishlist
Sesungguhnya jatuh cinta hanya untuk mereka yang berani percaya. ーTheoresia Rumthe

Ya. Hanya mereka yang percaya yang berani terus mengayuh biduk mengarungi lautan tanpa pelabuhan. Hanya mereka yang percaya yang berani menjelajah tempat paling liar di muka bumi. Hanya mereka yang percaya mampu meyakini bahwa perpisahan adalah pintu menuju kesetiaan.

#courtesy of iPusnas
Riska Maharlika
Jan 12, 2019 rated it liked it
Buku kumpulan puisi ini sukses mengingatkan saya bagaimana rasanya jatuh cinta. Terlebih, buku ini diitulis oleh sepasang kekasih, sehingga membacanya terasa hangat. Menyimak mereka menyelami rindu, menguliti jarak, dan memaknai rasa menjadi bukti bahwa cinta adalah bahan bakar yang luar biasa untuk menghasilkan sebuah karya.
Esti Ipaenim
Apr 19, 2019 rated it really liked it
Beberapa kali membaca buku kumpulan puisi, tapi mungkin  karya Theoresia dan Weslly inilah yang paling intens menyebutkan perihal cinta dan kegilaan yang ada di dalamnya.

Benar-benar merupakan puisi-puisi cinta yang liar.
Setelah membaca saya mendapati diri saya justru semakin jatuh cinta dengan lelaki yang setiap hari berbagi kasur dengan saya (suami).

Yang lebih menyenangkan adalah metafora-metafora khas ketimuran yang jarang dijamahi oleh penyair-penyair lainnya. Metafora yang menjadikan para pe
...more
Afy Zia
May 11, 2019 rated it liked it
Suka sama permainan diksinya yang puitis dan penuh metafor. Tapi karena penuh kiasan itu, saya butuh waktu dan kecermatan ekstra untuk memahaminya. Soalnya ini bener-bener banyak kiasannya, literally. :")

Mostly berbicara tentang cinta, rindu, jarak, dsb. Tapi semakin ke belakang jadi agak jengah juga sih karena beberapa kata sering diulang-ulang.

Kusuka kovernya betewe. Simpel tapi manis.
...more
Ruth Feliani
Dec 17, 2018 rated it really liked it
Ditulis oleh sepasang kekasih dengan indah dan menarik. Keduanya punya cara unik dalam menggambarkan percintaan mereka yang kadang haru-biru, panas, dan dalam. Untuk ketulusan hati maka 4 bintang. 1-nya aku simpan karena mengandung pertanyaan tentang dimanakah dia yang akan bicara cinta padaku haha
Sashi
Aug 26, 2020 rated it really liked it
Sepertinya bacaan puisi pertama semenjak Chairil Anwar? Terdorong karena judul salah satu puisinya yang membuatku penasaran. Puisi-puisi di dalamnya bagus sekali. Kedua penulis terasa saling jatuh cinta. Dari pertemuan awal, perasaan yang tumbuh, pertengkaran, jarak, dan perpisahan. Lovely read.
Syadzwina Sendra
Jul 22, 2017 rated it it was amazing
Reminding me the great times I've had ...more
Nanaku
Aug 13, 2017 rated it it was amazing
What a beautiful love!
Syifa Hana
Oct 19, 2020 rated it it was amazing
benar-benar liar
Indah Paais
Jun 30, 2017 rated it it was amazing
👌🏻
Gloria Fransisca Katharina
Puisi pasangan ini mengingatkan saya untuk mencintai dengan sepenuh hati, jatuh sedalam-dalamnya, namun tetap berhati-hati.
Sylwty
Nov 05, 2020 rated it liked it
Ada beberapa kalimat yang bener-bener relate sama aku.

Beberapa puisi juga pas banget sama keadaanku sekarang.

Nikmati puisi ini saat kalian lagi LDR jauh lebih berasa tiap katanya.

I like this..
Christine Adytia
Apr 28, 2019 rated it really liked it
"Aku ingin menjadi tenang dan mencintaimu tanpa banyak kekhawatiran"

Manis..
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Tidak Ada New York Hari Ini
  • Perjamuan Khong Guan
  • Bahaya-Bahaya yang Indah
  • The Book of Forbidden Feelings
  • Cinta yang Marah
  • Melihat Api Bekerja: Kumpulan Puisi
  • Keterampilan Membaca Laut
  • Corat Coret di Toilet
  • Wesel Pos
  • Aku Ini Binatang Jalang
  • Di Hadapan Rahasia
  • Buku Latihan Tidur: Kumpulan Puisi
  • Sambal dan Ranjang
  • Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang
  • A untuk Amanda
  • Mengapa Luka Tidak Memaafkan Pisau
  • Suaramu Jalan Pulang yang Kukenali
  • #AboutFriends
See similar books…

Related Articles

  In most romances, a romp in the hay comes after many chapters of meeting cute, silent pining, and steamy banter. Not so for books that...
33 likes · 6 comments
“Aku ingin menjadi tenang dan mencintaimu tanpa banyak kekhawatiran.” 2 likes
More quotes…