Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Jomblo: Sebuah Komedi Cinta” as Want to Read:
Jomblo: Sebuah Komedi Cinta
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Jomblo: Sebuah Komedi Cinta

by
3.52  ·  Rating details ·  3,543 Ratings  ·  351 Reviews
Empat sahabat dengan masalah mereka dalam mencari cinta.

Yang satu harus memilih—seorang yang baik atau yang cocok.
Yang satu harus memilih—antara seorang perempuan atau sahabat.
Yang satu harus memilih—lebih baik diam saja selamanya atau menyatakan cinta.
Yang satu harus memilih—terus mencoba atau tidak sama sekali.

Jomblo adalah sebuah novel yang menjawab semua pertanyaan itu
...more
Paperback, 150 pages
Published 2005 by Gagas Media (first published 2003)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Indhira Adam
Jul 24, 2007 rated it liked it
Recommends it for: Buat yang pengen ketawa
Shelves: ringan-loveit
Yap, mulai dari baca buku ini, gwe mulai jatuh cinta sama Adhitya Mulya. karena buku ini sukses bikin gwe gak brenti2 ketawa *hohohoh apa karena pas lagi baca gwe mood-nya lagi enak ya? makanya sukses ketawa mulu*

yah ceritanya tentang segerombolan anak muda yang sobatan baek dan sangat setia kawan? hehe sampe2 dalam hal percintaan pun mereka kompak belum punya pacar,, Intinya cerita berlanjut dann ternyata punya pacar itu ribett heheh.. karena gara2 punya pacar juga hubungan persahabatan mereka
...more
Anom Bayu
Dec 27, 2013 rated it really liked it
“Jomblo itu pedih, Jendral!” adalah petuah bijak yang selalu saya ingat novel ini. Karya pertama dari Adhitya Mulya-semoga saya tidak salah menuliskan susunan hurufnya-ini sebenarnya tidak menceritakan nasib jomblo sepenuhnya. Karena setelah kita membaca separuh buku, kita hanya akan menemukan 2 orang yang jomblo dan itu pun tidak mendapat porsi cerita yang signifikan. Justru ceritanya lebih banyak berkutat di kehidupan Agus yang sejak halaman 24 sudah bukan Jomblo lagi. Tapi ‘ketidaksesuain’ ju ...more
Pras
Oct 11, 2007 rated it really liked it
Recommends it for: Ijo lumut
temen yg ga penting: "eh pras ada buku bagus buat lu nih"
Pras : "ah lagi males baca, mendingan baca lampu merah dah"
TYGP (disingkat) :"cocok buat lu nih, dari judulnya aja"
Pras : "heeh???!!"
TYGP : "nih..gw pinjemin, tapi bayarin denda telat balikin ke sewaan ya..murah ko cuma 2 bulan telat"

Halaman demi halaman saya lahap buku ini layaknya saya membaca cerita-cerita Lupus karangan Hilman di masa 80an dulu. Dalam 3 jam saya selesai membaca buku ini nonstop, bukan karena takut harus bayar dendanya
...more
Amanda Sastri
Mar 01, 2011 rated it liked it
Gw bacanya kelas 1 SMA, dipinjemin bukunya sama Syam. Dia bilang bukunya lucu dan segerrr. Tapi gw kan polos. Ok dari situ mari kita bercerita kenapa gw begitu polosnya.

Saat kelas 1 SMA, gw masih menganggap pergaulan bebas di Amerika itu hanya sebuah mitos. Jadi saat orang bilang freesex dan gonta-ganti pasangan, gw hanya menganggap itu lebay. Jadi gw yang polosnya dan baca buku ini, dan diceritakan begitu lugasnya dan beraninya memperlihatkan sisi 'berani' mahasiswa-mahasiswa Indonesia dengan b
...more
Ganius
Jan 05, 2008 rated it it was amazing
I watched the movie on RCTI first, almost 'accidentally'. I knew I had to have the book. Wise thought. I finished it in 2 days. It's because, first, it's not a thick book (kind of sweet -spot-thick to me), and, more importantly, it flowed. It just did.

Reading quite a number of 'so-so' reviews here, I would just have to be satisfied with the fact that I: am only a year or less older than the author, also formally engineering trained, love smart jokes but am completely not offended by frontal stup
...more
Adi Onggoboyo
Jun 24, 2007 rated it liked it
Recommends it for: 17 tahun keatas hehe
Shelves: bukuringan
gara-gara buku ini difilemkan di kampus gw dulu, sampe mancing demonstrasi dari keluarga mahasiswa islam (gamais) itb...karena penasaran ya udah deh aku baca dan tonton pula filemnya sekalian...owh, ternyata, selain konyol, menurutku banyak pesan moral yang ingin disampaikan: tentang persahabatan, kedewasaan cinta, dsb. Kelihatannya yang ditentang oleh rekan2 gamais itu cuma sekilas dari pilihan kata2 yang mungkin dianggapnya tak senonoh dan pas di filem dianggap tidak mendidik (gak tau deh mere ...more
oQ
Mar 31, 2008 rated it really liked it
Recommends it for: everybody
Shelves: comedy, novel
Cerita yg oKz bgt.. Ringan n spicy..
Dikala suntuk di coba aja d wat baca Jomblo.

Tapi jgn anggep sepele cerita na.. gw percaya tiap karya seceTek apapun pasti punya pesan atw pelajaran. bukan berarti karya ini dangkal Lho..!! gaya cerita na apik n keren, jadi ga bakal ngerasa bosen dari awal mpe akhir.. he's creative..

Aditya muLya berhasil bikin gw ketawa, tersenyum, merenung n sedikit terharu..Cinta mang hadir g kenal waktu n siapa orang na..yg pasti selagi ada kesempatan, raih cinta itu sebelum
...more
mai
Jun 29, 2016 rated it really liked it
sudah pernah nonton filmnya dan kurang berkesan. tapi diomelin sama salah satu sahabat saya karena dia bilang dia berhasil menyukai membaca karena buku ini. bahkan ketika AADC muncul seri ke 2-nya, dia sampai berniat membuat petisi online agar Jomblo juga dibuat versi ke 2-nya.

waktu baca buku ini juga....biasa aja. baru mulai tertawa saat masuk halaman ke 114an dan mulai bisa menikmati sejak halaman 133an.

bagus. mengingatkan saya akan banyak hal. tidak berhasil membuat saya tertawa tapi mampu me
...more
Annisa Pratyasto
Feb 16, 2012 rated it liked it
terhanyut-tokoh-film. kesan saya membaca buku ini. efek setelah menonton film dan beberapa tahun kemudian baru membaca bukunya, mengungkung daya imajinasi saya dalam penggambaran tokoh-tokohnya. topik yang sederhana dan amat ringkas dibaca. komedi dalam beberapa hal, mungkin hanya asyik dibaca di zamannya :)
Teguh Gumelar
Jan 14, 2016 rated it really liked it
sukses bikin ngakak, keabsurban kehidupan anak muda yang menurut saya termasuk bebas teuing.

tapi dibalik semua itu novel ini cukup menghibur, kata kata yang polos bahkan terkadang frontal membuat novel ini sangat dekat dengan kehidupan anak muda. mewakili kehidupan para jomblo hina didunia.

semoga para jomblo hina didunia segera membaca buku ini.
Wikupedia
Oct 18, 2007 rated it did not like it
kalau bisa ngasih bintangnya setengah aja, tentu saya akan memberikan bintang setenah untuk buku ini....terlalu luu kali yah hehehe jadinya garing, secara humor sih ok...tapi secara cerita kayaknya nggak deh...

dah buku itu kan di nilai bukan dari satu aspek saja, tapi banyak aspek, seperti plot, penokohan, tema dll. jadi saya memang harus memebrikan bintang setengah untuk novel ini.
Virania Nu'am
Apr 19, 2011 rated it it was amazing
kocak! gokil! ♥ sebelum dijadiin film, syukur saya udah baca novelnya jaman kapan dulu itu,jadi udh tau versi novelny gimana,. hHhaaha
sayang ini novel hilang waktu saya masi sekolah di SMA,. huhuhu udah saya cr2 kmn2, ksapa2, gk ketemu2 juga,. nyerah deh,... tunggu cetakan selanjutnya aja, muga2 masi ada.,. jadi nyesel klo mau minjemin novel lg,. :'(
mina
Dec 30, 2007 rated it did not like it
Buku ini minjem dari teman sekos di Jogja. Katanya sih lucu bangetttt! Sesudah aku baca, menurutku super duper garing. Aku tidak bilang sih sama yang minjamin, yang kebetulan namanya yasmin juga :D
Mirna
Jun 27, 2007 rated it did not like it
Baca iseng belaka. Garing luar biasa. Maaf bukan selera.
Jelantik
Dec 22, 2008 rated it really liked it
Ini buku kocak banget. Jangan baca buku ini di tempat umum. Nanti dikira pasien sakit jiwa loh karena cekikian terus :D
Ramadhani Barjono
Sep 07, 2011 rated it liked it
Buku yang mendorong gue masuk ITB.
Jason Abdul
Oct 01, 2017 rated it really liked it  ·  review of another edition
Baca bukunya dan nonton filmnya! Dan gue udah kedua-duanya (dapat tiket premier, hehe).
Ngakak kita kakak! Wakakaka.
Walaupun berdasarkan skenario film, novelnya beda dari filmnya. Tentu lebih detail sih. Dan sama-sama lucu! Pastinya... adegan nyari D*r*x tengah malam itu tetap ada (di novel). Untunglah! Itulah adegan yang paling gue ingat. Hahaha.
Agung Setiawan
Dec 08, 2016 rated it it was amazing
Buku remaja terbaik yang pernah saya baca! Bagaimana kehidupan Agus dan ketiga sahabatnya berjuang mencari cinta, menemani hari-hari saya waktu masih kuliah dulu. Dari sini kekaguman saya pada penulis bermula, hingga akhirnya rajin hunting buku & mengikuti tulisan-tulisan terbarunya via blog.
Ronald Otong
Mar 09, 2017 rated it it was amazing
Shelves: novel
Baru inget dlu pernah baca buku ini, tp lupa tahunnya, kyknya jaman SMA deh.
Dlu sih lucu pas baca, ga tau deh klo sekarang baca lagi.
Yang jelas filmnya lucu :D
OST nya juga keren2 (Candil msh d Seurieus)
Cynthia Angelia
Nov 14, 2014 rated it liked it
Shelves: roman, comedy
first, covernya menarik banget dengan judul yang menjadi permasalahan booming di kalangan muda jaman sekarang.
dan jujur, gw gak cuma jatuh cinta sama covernya doang, tp juga sama penulisnya #ups salah..
hahahaha.. enggak, maksud gw isi novelnya hahaha...
novel ini mampu membuat gw ketawa ngakak dan juga nangis di sela2 ceritanya.
well....
cukup salut dengan bang Adhit yang menaruh beberapa keterangan (di pojok kiri bawah dengan tanda '*') dan dari situ dibuat beberapa unsur komedi yang bisa bikin ng
...more
Nadhira Yusuf
Well....
Buku ini memang mencirikan humor khas Adhitya Mulya *sok tau*, tapi secara karena kontennya yang 'menjurus', buku ini sedikit kehilangan pesonanya, menurut saya. Selain itu, akhirnya bukanlah sebuah happy ending, tapi sedikit menggantung dan membuat bertanya 'Loh, udah selesai?', 'Jadi gini? Terus abis itu gimana?'.

PS: Saya bukan seorang reviewer yang handal, hanya menilai berdasarkan preferensi pribadi.

Jomblo bercerita tentang empat sahabat dengan kisah cintanya masing-masing, seperti y
...more
Dhea
Aug 10, 2016 rated it it was amazing
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Thonkqee
Sep 30, 2007 rated it really liked it
Recommends it for: Jombl'ers
Gimana yahhh....

Jomblo...
Kadang judul gak harus selalu sesuai dengan isi bukunya. Walaupun judulnya JOMBLO, kenyataannya tokoh-tokoh yang ada didalamnya malah berkutat dengan masalah cinta. Gw sangkain novel ni nyeritain org2 yang jomblo dan gimana caranya menghadapi hidup dengan ngejalanin kesepiannya masing2. Tapi ternyata tokoh agus ma doni gak jomblo tuch. Setelah gw terjebak dengan judulnya dan baca krn gw kira sesuai ma pengalaman gw pribadi, gw rasa novel ini lebih cocok dikasi judul "I'v
...more
Amira Khanifah
Oct 09, 2014 rated it it was amazing
Rasanya nggak berlebihan kalau saya memberikan bintang lima untuk novel ini. Dibalik isinya yang dianggap ringan, humoris dan menghibur, menurut saya buku ini memberikan sudut pandang lain mengenai novel Indonesia. Contoh yang sangat sempurna untuk teman-teman yang ingin menulis novel: tulislah novel apapun yang ingin kamu tulis, tapi tulislah dengan benar. Bagi saya, buku ini adalah contoh dari sedikit novel Indonesia yang ditulis, tidak hanya dengan cerdas, tapi dengan benar baik dari cara pen ...more
Suzan Oktaria
Dec 27, 2009 rated it liked it
Jomblo, bukanlah cerita biasa... melainkan sebuah studi antropologis tentang hidup anak muda kita di masa kini, studi yang serius dan dalam.. tapi kok aku bacanya ngakak... Komedi?? Pembaca jangan senang dulu ? halaman demi halaman dari novel ini akan semakin membawa anda menuju tikungan-tikungan tajam yang menukik sekaligus. Dan berakhir dengan bensin dan api... Selamat Adhitya untuk debut novel yang penting ini.

Semua kejadian dan dialog dalam novel ini tidak ada yang ?diada-adain?. Tulisannya
...more
M. I.
Mar 25, 2011 rated it it was amazing
Jomblo, bukanlah cerita biasa... melainkan sebuah studi antropologis tentang hidup anak muda kita di masa kini, studi yang serius dan dalam.. tapi kok aku bacanya ngakak... Komedi?? Pembaca jangan senang dulu ? halaman demi halaman dari novel ini akan semakin membawa anda menuju tikungan-tikungan tajam yang menukik sekaligus. Dan berakhir dengan bensin dan api... Selamat Adhitya untuk debut novel yang penting ini.

Semua kejadian dan dialog dalam novel ini tidak ada yang ?diada-adain?. Tulisannya
...more
Haryadi  Yansyah
Jan 26, 2017 rated it did not like it
opps sorry, kasih skor begitu karena aku gak selesai bacanya. Bisa jadi karena aku bacanya bertahun-tahun kemudian, pasca novelnya meledak, pasca filmnya tayang hehe baru baca di tahun 2016, itupun sampe bela-belain pinjem sama temen dan dikirim dari Malang sana, maklum, aku mendadak penasaran sama AM pasca buku Sabtu Bersama Bapak yang cetarnya gila-gilaan.

Karena aku baca di tahun 2016, bisa jadi jokesnya udah basi, atau pada dasarnya ceritanya ngebosenin dan cara menulisnya aku ngerasa gak dap
...more
Tuteh Pharmantara
Feb 24, 2008 rated it it was amazing
Recommended to Tuteh by: Desperate People
Buku ini aku dapatkan dari Phie Freya juga barengan sama Gege Mengejar Cinta. Mungkin telat bacanya, maklum... Ende gitu lho.
Begitu baca, langsung ketawa. Terus baca, ketawa lagi, Semalaman baca, dibilang orang gila hahaha. Soalnya lucu banget. Hanya saja, sangat disayangkan, 'filmmaker' tidak bisa mengaplikasikan cerita Jomblo ini ke sebuah film. Sangat mengesalkan! Film Jomblo... :( BAD BAD BAD! Asyik baca aja novelnya! Baca baca dan baca aja! :D hehehe. Seluruh pendengar radio yang pernah bac
...more
Gie
Apr 25, 2013 rated it liked it
Bhahaha...i got this book! Hhhmm, waktu itu baca buku ini dari siapa yaa? Mmm, temen SMA apa yaak? Lupaa deh..
Kalo kamu lagi suntuk en butuh ketawa ketiwi dengan cara yg simpel, udah paling bener dah buat baca buku ini. Ceritanya sih simpel dan buat saya, yang bikin lucu itu catatan kakinya yang sangat amat gak penting, tapi jadinya lucuuu. Pokoknya baca aja deh!
Oh iya, buku ini pun diangkat ke dalam film (saya lebih dulu baca novelnya baru nonton), dan menurut saya buku dan filmnya sesuai, gak
...more
Ketsia Alaya
Oct 05, 2007 rated it it was amazing
Recommends it for: Semua yg butuh tertawa
Shelves: comedy
JOMBLO??Well...banyak banget yg bisa dikomentarin dari buku ini...ceritanya yg luar biasa lucu..bikin gwe ngakak dan cengengesan gak jelas, nyaris gila...hahhaa..ceritanya simple dan nyata banget plus kekonyolan2 khas mahasiswa tuh bener2 lucu..
Udah gitu kisah persahabatan Agus, Doni, Olip dan Bimo itu simple...banyak masalah dan konflik yg manusiawi banget tapi bisa diceritain dengan cara yg lucu..buku ini gak akan mati gaya walo dibaca berulang2..beneran!!
Pas difilm-in..gwe yg pertama kali lan
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
topics  posts  views  last activity   
halooo 5 23 Mar 24, 2008 01:29AM  
hi.... 1 4 Oct 30, 2007 12:27AM  
  • Cintapuccino
  • Kok Putusin Gue?
  • BiRU
  • Supernova: Petir
  • Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh
  • Indiana Chronicles: Bridesmaid
  • Pesan dari Bintang (Hanafiah, #2)
  • The Naked Traveler
  • Tangkaplah Daku, Kau Kujitak!
  • Ayat-Ayat Cinta
  • Edensor (Tetralogi Laskar Pelangi, #3)
  • Kedai 1001 Mimpi: Kisah Nyata Seorang Penulis yang Menjadi TKI
600299
Adhitya Mulya (Adit) aspires to be a story-teller.

At early age, Adit learned and enjoyed story telling thru visual mediums like movies and drawings. This, inspired little Adit to take up drawing as a child, and later photography in his teen years.

As young adults, Adit tries to expand his storytelling medium thru novels. Jomblo (2003) is his first novel (romantic comedies) and was national best-sel
...more
More about Adhitya Mulya...
“udah takdir wanita untuk dicinta dan dipuja oleh kaum lelaki” 13 likes
More quotes…