Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Drunken Monster: Kumpulan Kisah Tidak Teladan (Cacatan Harian Pidi Baiq)” as Want to Read:
Drunken Monster: Kumpulan Kisah Tidak Teladan (Cacatan Harian Pidi Baiq)
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Drunken Monster: Kumpulan Kisah Tidak Teladan (Cacatan Harian Pidi Baiq)

4.05  ·  Rating details ·  1,934 ratings  ·  210 reviews
Di daerah Jalan Ganesha, saya inget SBY. Aduh, kenapa inget SBY? Ini pasti gara-gara dulu, waktu Pemilu Presiden. Waktu itu saya mencoblos dia.

Mencoblos SBY. Tapi, asli bukan bersumber dari hati nurani saya. Itu lebih karena memenuhi suruhan anak saya, yang saya bawa ikut ke dalam bilik suara. Itu disuruh Timur yang waktu itu berumur 5 tahun. Tetapi janganlah ini kita bah
...more
Paperback, 204 pages
Published 2008 by DAR! Mizan
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Drunken Monster, please sign up.

Be the first to ask a question about Drunken Monster

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 4.05  · 
Rating details
 ·  1,934 ratings  ·  210 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Drunken Monster: Kumpulan Kisah Tidak Teladan (Cacatan Harian Pidi Baiq)
nanto
Jan 24, 2009 rated it really liked it
Tertawa bersama Superman yang mendedahkan nama Tuhan Yang Mahahumoris

Oleh Nant’S


- Ini buku blog?
+ Bukan…
- Ini buku filsafat?
+ bukaaaaaaan..
- ini buku relijius?
+ Bisa jadi…
- Ini buku tentang superman?
+ ya, anda ngaco.... dan benar....!


Di atas adalah tebak-tebakan yang ada di kepala saya begitu membuka buku ini. Membolak-balik halamannya, ketika disodori oleh rekan saya di kantor untuk membacanya. Melihat tawaran buku yang ia sodorkan, tercetus dari mulut saya, “elo peneliti apa sih?” hehehe b
...more
Mel
Dec 12, 2008 rated it liked it
-berusaha memperpendek review-


dari awal sampai akhir saya tidak se'ngakak' yang tampaknya dialami sebagian pembaca lain. paling banter terkekeh atau senyum-senyum saja di sana sini. saya menemukan humor yang disajikan punya sisi sinisnya sendiri. ada sisi getirnya. secara keseluruhan, si penulis tipe yang gemar berbagi. dalam keseharian, tampaknya penulis gemar melibatkan banyak orang di sekitarnya untuk berbagi secuil hidup yang dijalani. dia juga gemar 'belajar' dengan caranya sendiri. melalui
...more
Roos
Feb 28, 2008 rated it liked it
Recommends it for: Kang Erie
Recommended to Roos by: Goodreads Indonesia
Shelves: furious, 2009, ketawa
Beli buku ini dari Bulan Januari 2008, waktu itu sih karena tertarik lihat covernya yang tidak biasa, cenderung abstrak, tapi kalau diamati baik-baik ternyata gambar monster yang lagi beraksi menakut-nakuti dan sepasang suami istri yang sedang duduk bercengkerama di sebuah sofa, cerita sebenarnya yah ada dibuku ini. Kemudian sampai dirumah Buku Monster ini cuma dipegang-pegang, ditaruh ditumpukan buku yang belum dibaca, dengan kondisi masih terbungkus. Pertengahan tahun buku kedua Drunken Molen ...more
Bunga Mawar
Dec 13, 2008 rated it liked it
Review ini saya edit ah. Agak serius kini karena sudah baca ulang.

Judul kecil Drunken Monster ini adalah "Cacatan Harian". Maunya pasti "catatan harian yang cacat". Atau karena penulisnya berani mengaku "cacat". Dan ternyata memang "cacat" kalau diukur lewat standar "normal". Tapi...ah, siapa sih sebenarnya pemegang standar "normal" itu? Susah dibahas, karena tiap orang berhak bilang dia tidak cacat.

Tanpa mengamini klaim cacat dari penulis (dan penerbit, tentunya) buku ini dengan demikian begitu
...more
Hippo dari Hongkong
catatan harian moto-moto

Rabu 25 Maret 2009
10.05 AM

"Pos!"
"Pos!"
begitulah suara tukang pos di pager rumah. masih terkantuk-kantuk gw nyamperin tukang pos yang nangkring di depan rumah.
"dengan rumahnya Erie moto-moto?" tukang pos bertanya dengan sopan.
Heh? Apaan? Gak salah denger nih? *korek2 kuping*
kok tau soal moto-moto segala? ngajak brantem ato apa nih tukang posnya
emak gue aja gak pernah manggil gue moto-moto
"Iya, itu saya" *kepaksa ngaku*
"Oh..Ini ada paket buat Erie moto-moto." kata tukan
...more
htanzil
Jun 19, 2009 rated it liked it
Pidi baiq itu pahlawan komikus indie bandung, dan bisa jadi indonesia yang paling sableng yg pernah sy kenal.ngomongin komik bandung.ngga lepas dari pidi. Buku ini kumpulan catatan hariannya pidi yg ada di multiply dia.dijamin ngakak, maklum ngga waras.kalo di jogya ada eko nugroho(indie juga) di bandung harus sebut satu nama "pidi".

Demikian SMS yang saya terima dari salah seorang kawan saya yang menginformasikan buku Drunken Monster – Pidi Baiq. Tertarik dengan SMS tersebut, ditambah lagi denga
...more
gieb
Jan 22, 2009 rated it liked it
salah satu keuntungan ikut goodreads adalah mendapatkan pinjaman buku dari teman. meski teman kita ini meminjamkan buku yang ia pinjam dari temannya lagi. doh. panjang ya siklus peminjamannya. tapi begitulah cerita saya dapat membaca buku ini. saya 'terpaksa' baca buku ini karena teman saya ini begitu antusias meminjamkan buku yang bukan miliknya ini. akhirnya, saya baca juga. meski sempat saya diamkan di ransel saya. karena saya tahu, buku ini bukan gue banget.

saya adalah penyuka kajian filsaf
...more
Suryati
Mar 05, 2009 rated it really liked it
Terima kasih Roos, karena kebaikanmu akhirnya aku bisa ikutan baca buku bulan ini pilihan teman-teman di GRI walaupun pilihanku sendiri bukan buku ini( Aku pilih Kambing Jantan, abis yang ada di Gramedia kotaku cuma itu sih). Usaha sudah kucoba, nyari ke toko buku dan sudah habis! Yang ada hanya Drunken Mama dan karena masih belum tahu buku Drunken Monster itu kayak gimana jadi kuputusin belum mau baca Drunken mamanya.

Buku ini sebelumnya gak masuk dalam jenis buku yang mau kubaca, takut kecewa
...more
Nanny SA
Mar 21, 2009 rated it really liked it
Shelves: jokes-satire, 2009
Marilah keluar dari Pakem ! ( itu kata Nurul ) dan aku setuju :)
Pidi Baiq seolah menulis seenak dirinya sendiri dengan melanggar kaidah berbahasa yang baik dan benar,dan itu boleh2 saja (zaman sekarang apa sih yang ga boleh ) tapi itulah yang bikin dia berbeda.
Buku ini bisa dibaca dalam waktu singkat selain karena tidak perlu mengerutkan dahi juga karena ada rasa penasaran untuk mengetahui kelucuan selanjutnya. Awal membaca bukunya terasa garing tapi tiba2 ada yang membuat pembacanya bisa terta
...more
Nurul
Mar 11, 2009 rated it liked it
Shelves: indonesia, my-library
Marilah keluar dari pakem!

Kalau sampai Guru Besar filsafat kasih pengantar, maka buku memang ada hubungannya dengan filsafat perilaku manusia. Atau bisa saja pak Guru Besar ini teman dekat Aa' Pidi yang pernah jadi korban akal-akalannya dan dipaksa kasih pengantar. Hehe, boleh-boleh saja toh saya bikin dugaan, sama seperti kalau si Aa' asal omong.

Aa' Pidi kelihatannya ingin menguji sejauh mana kespontanitas-an manusia Indonesia. Yah, minimal warga Bandung lah. Masih adakah empati? Masih adakah
...more
miaaa
Mar 20, 2009 rated it liked it
Recommends it for: Kudanil
Recommended to miaaa by: Goodreads Indonesia
Jika aku punya universitas, Bang Pidi akan jadi Dosen Kemanusiaan
Jika aku punya sekolah, Bang Pidi akan menjadi Guru BP
Jika aku punya anak, akan aku titipkan ke Bang Pidi aja (yah mungkin setelah masa penitipannya di keluarga mas Stanley selesai hehe)

Katanya buku ini berbahaya. Itu kan katanya toh! Prof Bambang bisa jadi berkata begitu karena 'tahu' seberapa asli berbahayanya Bang Pidi ini.

Aku suka reaksi orang-orang ketika Bang Pidi 'beraksi'. Luar biasa sekali! Bang Pidi itu guru yang hebat ka
...more
Chiquita Hindarto
Mar 03, 2008 rated it it was amazing
Recommended to Chiquita Hindarto by: Tita Larasati
Shelves: indonesian
Tau Pidi Baiq dari Tita karena mereka dulu sama-sama di Seni Rupa ITB
Dapet buku ini juga dari Tita, padahal saya juga dateng pas launchingnya, tapi malahan beli CD *hihihi*

Begitu dapet buku ini, langsung dibaca dan langsung nggak bisa berhenti ngakak ! Lebih ngakak lagi karena semua cerita di buku ini adalah kisah nyata !

Cocok dibaca sama orang yang lagi stress supaya sembuh stressnya. Selain itu penting diketahui bahwa nggak perlu jadi orang stress kalo mau bertingkah gokil kaya' Pidi.
...more
Isman
Apr 02, 2009 rated it liked it
Pidi Baiq mirip Andy Kaufman dalam pandangannya bahwa dunia adalah panggung komedi yang besar. Namun dia berbeda dalam hal Pidi masih rindu terlihat Baiq.

Kita juga membutuhkan orang seperti Pidi Baiq seperti tubuh kita membutuhkan sejumlah bakteri tertentu. Bikin panas dingin. Tapi setelah itu lebih kebal (dikit).

"Lho, itu kan penulisnya, Man? Ini bukannya bicara bukunya?" Saya menuduh bahwa Drunken Monster adalah Pidi Baiq itu sendiri. Semua ia tulis bagaikan derai pemikiran. Hal penting atau
...more
Indri Juwono
Feb 24, 2009 rated it liked it
Shelves: comedy
salah satu yang bener-bener nampol banget, ya kisah drunken monster!!
ngebayangin tampang istrinya pidi seperti ngeliat muka gue sendiri..
hahaha...
mungkin gitu tampang gue kalo ngeliat suami gue pulang malem sesudah ditelpon gak diangkat-angkat..
mirip banget kejadiannya, dengan cerita yang dibuat-buat dan mimik muka yang dilucu-lucuin.
intropeksi tuh untuk istri yang galak, padahal suaminya bener2 kerja..
(hihihi...padahal sambil nunggu gw online di GR)
Dani Noviandi
Sep 19, 2017 rated it really liked it
sedeng nih orang 😂😂😂😂😂
Annsrahyani
Jul 09, 2018 rated it it was ok
Tidak sekocak yang kukira...cuman senyum2 ajah ga sampe ngakak
Meta Morfillah
Aug 20, 2015 rated it really liked it
Judul: Drunken Monster
Penulis: Pidi Baiq
Penerbit: Pastel Books
Dimensi: 292 hlm, 20.5 cm, cetakan II januari 2015
ISBN: 978 602 7870 67 3

Buku ini berisi 18 cerita yang menceritakan kekonyolan penulis dalam kesehariannya. Membacanya membuat tertawa terpingkal-pingkal sambil mikir, "Ada ya orang kayak gini? Sabar-sabar aja ngadepinnya. Hahahaa..."

Bayangin aja, di cerita "Air Lembang Panas" penulis ngomong ke penjaganya lagi bawa rombongan rumah sakit jiwa, padahal temannya yang mau berendam air pana
...more
 Δx Δp ≥ ½ ħ
hehe... buku pinjeman...
lucu, jail, kocak. tapi yah... sebatas itu aza... gak lebih... :P
pertama minat baca coz di cover belakangnya nyebut-nyebut ttg I**** Tai Burung... :-(
pas sy pertama dtg k kampus itu seh, mang kerasa, gimana invasi burung merajalela lengkap dg teror bomnya
tp sekarang mah... nyaris gak ada... T_T burungnya pada migrasi (ato mati?) kan utannya pada ilang?
kembali ke buku... :-)
Tertarik baca setelah tau kalo si pengarang adalah personel band The Panas Dalam. OMG! lagunya... ka
...more
Miss Kodok
Mar 16, 2010 rated it did not like it
Shelves: buku-minjem
Ya ampun....., ini buku apaan sih ?? Gak jelas bangeth.
Maksudnya Kang Pidi mungkin mau melucu dengan tulisannya yang gak jelas ditambah strukur bahasa yang super berantakan. Tapi sumpah deh... menurut aku buku ini sama sekali enggak lucu.

Ini memang catatan harian yang asal-asalan dari manusia super usil. Cuma menurut aku kok kadang-kadang usilnya kelewat norak, dan satu hal yang bikin aku tambah enggak 'respect' adalah tulisan yang menceritakan betapa murah hatinya Kang Pidi dengan membagi-bagik
...more
Aji
Aug 09, 2008 rated it it was amazing
Sebuah cacatan harian yang penuh dengan kerunyaman dalam hidupnya. Bagi yang pertama membaca, tidak bisa disamakan dengan baca novel lain atau baca koran apalagi baca kitab. Cara supaya bisa membaca (bukan memahami loh) isi buku ini adalah dengan mengabaikan semua tata bahasa dan EYD yang pernah diajarkan di sekolah. Biarkan pikiranmu melayang dan dengan sendirinya akan mudah membaca buku ini.

Buku ini meski menampilkan kecacatan mental tokohnya, tapi juga mengajarkan sesuatu yang bener-bener bag
...more
Earth
Sep 23, 2010 rated it liked it
Kalau ada pidi baiq di deketku, gimana rasanya hatiku ngadepin orang macam gini? Yang jelas dari cerita harian Pidi, bisa jadi kalo' aku diusilin seperti orang lain, bisa jadi juga sedikit mangkel, marah atau campur aduk. Tapi kalo' diusilin seperti istrinya, selain mungkin bisa jadi agak emosi, tetap merasa tersanjung, karena usilan Pidi Baiq kepada istrinya adalah wujud rasa sayangnya yang luar biasa.

Yang menjadi ciri khas dari Pidi adalah cara-cara dia ketika dia ingin bersedekah terhadap or
...more
Sian
Apr 16, 2009 rated it really liked it
Pertama, terima kasih untuk Suryati Zamzam yang sudah membuat ketagihan "Drunken", dengan cara meminjamkan buku Drunken Mama dan sekarang ini Drunken Monster. Nona, akhirnya kemaren aku beli Drunken Molen, he..he..

Ho..ho...suka banget, kebayang kalo ketemu ma A Pidi, he..he.. Kadang aku juga punya pikiran2 jahil, tapi bedanya dengan Pidi, tidak disertai niat baik untuk melakukannya, cuma tinggal di kognisi, di angan2... Jadi baca buku ini serasa tersalurkan...he..he.. Sangat menyegarkan.
Edziardo Edazmara
Nov 27, 2008 rated it it was amazing
Recommends it for: Anyone, mostly college students
Buku ini merupakan sebuah kumpulan jurnal seorang Pidi Baiq yang luar biasa kocaknya. Yang membuat buku ini istimewa adalah pola pikir, tingkah laku, dan kemampuan bahasa penulis yang menghasilkan kejadian-kejadian dan dialog-dialog yang bikin saya cekikikan dan geleng-geleng kepala.

Terlepas dari kekonyolannya, ada sebuah filosofi yang paling saya suka dari seorang Pidi Baiq, yaitu sifat empati dan sifat sering berbagi.

Anyway, this book is very recommended by me. A-must-read!
Revie cute
Jul 02, 2008 rated it really liked it
Recommends it for: everibody
baca buku ini rekomend dari teteh
pertama baca di bis kirain buku novel biasa
eh jadi nya malah ketawa2 sendiri, bukan senyum2 lagi ini sih
jadinya di liatin sama penumpang yg lain, untung naik bis nya ama temen..temen aja tuh yg malu disangka bawa2 orang gila..
abis mau berenti baca ga tahan, pengen tau apalagi tingkah nya di bab selanjutnya
sok atuh kang pidi buku yg lainnya dikeluarin
sini ta beli...
Esti
Mar 08, 2008 rated it it was amazing
Recommends it for: semua orang ;o)
Recommended to Esti by: Pidi Baiq
Shelves: indonesian
*grinning*

Buku ini mesti dibaca oleh semua orang, seriously. Ini Cacatan Harian Pidi Baiq yang biasa diposting di Multiply(yang kebetulan contact saya , jadi semuanya dah pernah dibaca tapi teteeeuuupp aja bikin senyum2 sendiri)

Kang Pidi, selamat yaaaa ... buku & ilustrasinya baguuuussssss (diucapkan dgn gaya pak Tino Sidin).

Sekian, sampai kita berjumpalitan (ini ngutip dari Kang Pidi).


(^_^)
...more
Lee
Feb 17, 2011 rated it it was ok
Tadinya saya mau bikin review serius yang bisa menunjukkan kepintaran saya.
Dengan menggabungkan teori eksistensialisme, teori paradoks, anjing Pavlov, dan sedikit bumbu matematika filsafat disana-sini.
Tapi terus saya pikir, 'ah, buat apa?'.
toh Pidi Baiq juga gak bakal peduli ama repiyw saya, seperti waktu dia gak peduli-peduli amat bikin bingung orang.

udah ah.
fauliza
Oct 14, 2008 rated it it was amazing
setelah baca buku ini... aku melihat hidup dalam pandangan pidi baiq, yang menganggap hidup adalah permainan. lucu, hangat, menggugah dalam caranya sendiri. bikin kita terkekeh-kekeh.. aku juga belajar untuk "see the bright side of evereything"
Jimmy Navy
Mar 21, 2010 rated it did not like it
Sebagai buku humor, gua ngga menemukan lucunya berada dimana? Seperti lelucon yang dipaksakan dan kalimat2nya mutar-mutar begitu-begitu saja.

Bukan jenis humor yang bisa membuatku tertawa, bahkan hanya untuk sekedar tersenyum. Maaf...

Lanjut ke Drunken yang selanjutnya... *struggling*
Dindut Schlierenzauer
Mar 02, 2008 rated it it was ok
Catatan harian Pidi Baiq yang konyol or sengaja dikonyol2in?? Bahasanya aneh bin ajaib bin susah dimengerti. Bab2 akhir lumayan bisa bikin senyum2, tapi bab2 awal garing abis. Saya heran kok bisa tulisan seperti ini dijadiin buku.
Ibnu Nashr
Jun 21, 2013 rated it really liked it
bener kata orang-orang, gila itu bisa menular
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Pulang
  • Sabtu Bersama Bapak
  • Totto-chan's Children: A Goodwill Journey to the Children of the World  (Anak-Anak Totto-chan: Perjalanan Kemanusiaan untuk Anak-Anak Dunia)
  • Aroma Karsa
  • Laut Bercerita
  • Negeri Para Bedebah
  • Critical Eleven
  • Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade
  • Resign!
  • The Chronicles of Audy: 21
  • NASIONAL.IS.ME
  • Ibuk,
  • Laskar Pelangi
  • Generasi 90an
  • Child of All Nations (Buru Quartet, #2)
  • Entrok
  • Pulang
  • Garis Batas: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah
See similar books…
1,344 followers
Pidi Baiq adalah seorang seniman yang punya banyak kelebihan. Selain sebagai seorang musisi dan pencipta lagu, ia juga seorang penulis, ilustrator, pengajar dan komikus.
Pidi Baiq mengaku imigran dari surga yang diselundupkan ke Bumi oleh ayahnya di Kamar Pengantin dan tegang.

News & Interviews

When you work at Goodreads, it's pretty tough to keep that Want to Read shelf under control. (And let's be honest, most of us don't even t...
91 likes · 16 comments