Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim” as Want to Read:
Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim

by
4.25  ·  Rating details ·  1,460 Ratings  ·  111 Reviews
Menjadi muslim adalah menjadi kain putih. Lalu Allah mencelupnya menjadi warna ketegasan, kesejukan, keceriaan, dan cinta; rahmat bagi semesta alam. Aku jadi rindu pada pelangi itu, pelangi yang memancarkan celupan warna Ilahi. Telah tiba saatnya, derai berkilau Islam tak lagi terpisahkan dari pendar menawan seorang muslim.
Paperback, tiga, 392 pages
Published August 2007 by Pro-U Media (first published January 2007)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim, please sign up.

Be the first to ask a question about Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Sinta Nisfuanna
Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim. Saat membaca judul tersebut, terasa sekali adanya unsur pembuktian bagi siapapun yang menyatakan dirinya seorang muslim. Pembuktian sebagai muslim yang sebenar-benarnya.

Pembahasan dalam buku ini sangat membantu untuk menjadi muslim yang ahsan. Mulai dari masalah aqidah, akhlak, rukun iman, rukun islam, penyempurnaan agama, pengamalan, sampai poin dakwah disampaikan dalam bentuk kumpulan opini/esai. Menyeluruh tapi tidak lengkap karena penulis memang berharap pe
...more
Nusrah
May 26, 2012 rated it it was amazing
Shelves: tarbawi
Terlalu banyak mutiara tercambah di dalamnya. Maka, nah! Aku kongsikan barang seuntai dua. :)

----

"Saudaraku, ini giliran kita. Kita muslim sejati, yang selalu mengajak semua manusia kembali pada kebenaran fitrah, tapi kalau mereka berpaling, cukup katakan dengan bangga dan penuh kemuliaan bahwa kita adalah muslim.

Seribu, seratus, sepuluh, ataupun sesatu, muslim sejati takkan pernah ragu untuk berkata, "Saksikan bahwa Aku Seorang Muslim!" ... " - Muslim, hlmn. 77

----

"Dalam keseharian, seorang mus
...more
Fathiyyah
Aug 18, 2011 rated it it was amazing
Ayat terbaik yang pernah didapati

"Pembaca sejati semua bisa melihat, bahawa alur yang diaraskan buku ini adalah dari pemusnahan kain-kain rombeng, lalu setingkat demi setingkat menghadirkan sebuah pakaian baru. Dia disusun dari benang-benang yang dipintal, yang tahan diuji, ditenun dalam jalinan cinta yang suci, dijahit pola-polanya hingga dikenankan padanya tiara iman. Itulah pakaian takwa. Dan pakaian takwa itulah yang terbaik"
Mizuki Arjuneko
Cadas! Garang! Sangar! Tapi juga lembut dan berwibawa. Rasanya menggambarkan teknik penulisan Ustadz yang satu ini benar-benar nano-nano. Hati ini serasa diaduk. Endorse dari almarhum Bu Yayah Yusro yang mengatakan "Baca ini agar kamu tahu apa yang Allah mau," ada benarnya.

Salim A. Fillah dengan cerdas dan cadas menjabarkan setumpuk kualitas yang harus (dan seharusnya) dimiliki insan dengan identitas "Muslim". Rentang pembahasannya luas. Tak cuma dari Al-Qur'an, hadis, dan juga sejarah Islam. Da
...more
Suzan Oktaria
“Yang berlalu biarlah berlalu,” sering kita mendengar perkataan yang seperti ini. Masa lalu begitu tak diperhitungkan. Padahal masa lalu refleksi bayangan semu masa depan, dengan kata lain masa lalu merupakan pelajaran agar masa depana lebih bai dari masa lalu.
Di masa lalu pulalah Islam mencapai masa kejayaan. Tapi, kejayaan yang dibangga-banggakan itu kian meredup. Umat Islam jauh tertinggal. Terutama di bidang ilmu pengetahuan, yang dahulunya umat Islam merajai. Redupnya spirit umat Islam dise
...more
Zahwa az-Zahra
Jan 14, 2011 rated it it was amazing
Awalnya saya tak mengetahui apa yang ingin dibahas Salim A. Fillah dalam buku ini. Motivasi awal saat itu adalah "Saya perlu membaca buku Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim", berhubung saya suka gaya menulis SAF dalam buku JCPP dan DDU. Sampai pertengahan buku ini masih juga bingung. Loh, kok jadi bahas pernikahan sih? Tapi ketika membaca halaman2 berikutnya, aha! Saya mengerti alurnya. Maka, epilog dalam buku ini membuat saya senyum2 sendiri.

Tak pelak, yang jeli bisa menyeksama bahwa buku ini te
...more
Imma imyut
Feb 11, 2008 rated it really liked it
Recommends it for: All Muslim youngsters
Shelves: islamic-reads
Ditulis dengan cerdas, memikat, dan make sense alias dengan logika yang mudah diterima. Baca buku ini, kita jadi tambah pengetahuan,,, juga tambah kuat iman, InsyaAllah,,,
Anggraini
Oct 20, 2008 rated it really liked it
Buku yang ringan namun "berisi"
Padahal yg dibahas termasuk dlm kategori hal yg cukup "berat", namun karena bahasa penulisan yang indah dan sangat mudah dipahami...bab demi bab mengalir dengan lancar.

Semua Pembahasan yg terpapar bab demi babnya dirangkai dengan sangat apik dan menyentuh jiwa serta mampu kembali membangkitkan gairah bagi siapa saja yang membaca buku karya Salim.A.Fillah ini, untuk semakin semangat mencintai islam.

Dan pada akhirnya memberikan semangat baru, rasa PeDe yang berlipat
...more
mirna sm
Jan 28, 2012 rated it it was amazing

Ketika ia sudah berikrar "Kami beriman kepada Allah" itu berarti ia telah siap menyatakan bahwa ia siap menerima ujian untuk melengkapi syarat kelulusan sebagai seorang mukmin.

"Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan begitu saja setelah mereka mengatakan "kami beriman", padahal mereka belum diuji. Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum kamu maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan mengetahui orang-orang dusta."
(Al-Ankabut 2-3).

Itu salah satu pesan
...more
Swety Retna
Dec 30, 2012 rated it really liked it
Shelves: motivasi-islam
membaca buku-buku karya Salim A Fillah serasa membaca puluhan buku dalam satu waktu :)
kekuatan Salim A fillah adalah kecerdikannya dalam menghubungkan setiap buku yang pernah ia pelajari dengan Al-Qur'an dan Al Hadits..
salut padanya :) dan ternyata, untuk menambah ilmu agama bukan berarti melulu baca buku agama, ibrah dari berbagai macam buku, meskipun itu novel percintaan tanpa bumbu agama pun bisa jadi ladang ilmu :) subhanallah...
ini aku dapat dari buku-buku Salim A Fillah....
Belajar dari buk
...more
Gama Ramadhan
Mar 03, 2013 rated it really liked it
Tak banyak yang bisa kubagikan, anda haruslah membacanya sendiri. Dari buku ini Salim A. Fillah merangkum mengenai muslim dan hidupnya. Dari titik mula, diri sendiri, kita diajak untuk menyelam dalam keislaman yang menyeluruh, betransformasi menjadi pribadi muslim yang unggul. Tak cukup hanya diri sendiri, pembentukkan keluarga islami adalah basis pertama tercapainya masyarakat madani. Tak berhenti sampai sana, kerja-kerja besar seorang muslim akan bergerak ke masyarakat hingga tatanan negara. D ...more
Novia Indah Kintani
Mar 20, 2014 rated it really liked it
Jika kalian butuh pacuan menjadi muslim yang berbangga hati, buku ini bisa jadi pacuan tersebut.

Kisah yang diceritakan oleh penulis pada buku ini segar, penuh hikmah dan memberi teladan yang baik, terutama bagian kisah-kisah tentang zaman Rasulullah SAW.

Disarankan untuk membaca buku ini dengan perlahan, karena bahasan yang digunakan penulis cukup tinggi dan mungkin menimbulkan sedikit kesulitan bagi pembaca untuk memahami.

Enjoy reading!
Gunawan
Jan 20, 2015 rated it it was amazing
Terkadang mengetahui belum tentu memahami. Begitupun menjadi seorang muslim, dari awal perkenalan dengan islam, ada banyak sekali yang belum kita pahami. Ya, begitulah ketika ia hanya sampai pada mengetahui. Dan buku ini mendaras semua dengan lincah untuk sampai pada tahapan memahami. Selamat bernostalgia..
Alaniyah Syafaren
May 29, 2014 marked it as to-read
luaar biasa setiap buku yang dikeluarkan ust. Salim A Fillah
memberikan pengetahuan bru yang tidak kita dapatkan di bangku pendidikan
Allegria Mila
Feb 28, 2014 rated it really liked it
dari sampulnya kelihatan horor tapi pas dibaca itu bagus dan bikin ketagihan
Suwaibatul Annisa
Dec 12, 2014 rated it it was amazing
Dengan bahasa yang lembut dan indah , tersampaikan maksud mulia membuat kita sadar akan hebat nya Islam!

Bermacam bentuk , merajut kekhasan tersendiri di dalamnya :)
Bekti Ruliyanti
Jun 23, 2014 rated it really liked it
Ketika membaca ini saya masih SMA. Waktu itu masih belum terlalu paham. hhe.
R.G. Gusman Widagdo
Judul : 4/5
Sampul : 2/5
Pembuka : 3/5
Isi : 3/5
Bahasa : 4/5
Penutup : 3/5
Blurb : 2/5
Rekomendasi : 5/5

Total : 3/5
Hanazawalisa
Mar 30, 2011 rated it it was amazing
nah, lagi-lagi meresensi bukunya Salim A. Fillah. Memang tulisan-tulisan akhina yang satu ini sangat menginspirasi. Bisa dibilang, beliau adalah penulis berkarakter yang dengan gemilang berhasil mewariskan karakter tersebut pada tulisan-tulisannya. lihat saja bagaimana cara beliau 'berkesah' tentang kehidupan para sahabat sedemikian rupanya membuat kita, para pembaca, serasa berada dimasa dan tempat yang sama dengan para legendaris itu.
Dikesempatan ini, ingin rasanya mengupas tentang 'AMBAK'-me
...more
Kurnia
Nov 09, 2014 rated it it was amazing
4,7 stars.

Banyak sekali kutipan yang saya tandai. Saking banyaknya sampai bingung harus ditulis yang mana.
Walau tidak senyastra (menurut saya pribadi) daripada Jalan Cinta Para Pejuang, tetapi buku ini adalah paket lengkap. Di sini kita kembali disadarkan akan peran sebenar-benarnya seorang Muslim. Diajak bermuhasabah dan bahkan disindir dengan kata-kata indah.

Di bab pertama kita akan diajak mengulas balik si Abu Jahl, sang musuh islam, lalu mulailah perjalanan menekuri kain-kain itu. Dari bab
...more
Sri Haryati
Apr 15, 2015 rated it it was amazing
Satu kata untuk penggambarannya "Komplit". Ya, komplit dengan makna sebenar. Bahwa menjadi muslim, memeluk islam itu haruslah kaffah. Banyak sekali penjabaran yang dijelaskan, Mulai dari muslim itu sendiri, pernikahan, memuliakan tetangga, sampai khilafah. Lalu apakah kita masih saja memilah-milih dosa yang akan kita tinggali, dan amalan yang akan kita tekuni?

Di bagian pertama "Kain-kain rombeng", kita akan menemukan bagaimana terkadang kita berkutat dengan tradisi, dengan ajaran nenek moyang ki
...more
Akmal A.
Jan 28, 2013 rated it it was amazing
Ini merupakan buku kedua yang aku baca karya Salim A. Fillah. Isi kandungan buku ini merangkumi aspek perbaikan diri, pembinaan keluarga Islami, pengarahan masyarakat, pembebasan tanah air, perbaikan pemerintah dan guru semesta. Membaca buku ini membuka minda aku dan memuhasabahkan diri aku untuk apa aku dipilih tuhan untuk menjadi seorang Muslim. Gaya bahasa indah yang digarap Ustaz Salim kadang-kadang membuat aku berfikir juga merupakan satu perkara yang amat menarik minat aku untuk membaca. T ...more
Abdul
Nov 03, 2013 rated it really liked it
Menjadi muslim adalah menjadi kain putih. Lalu Allah mencelupnya menjadi warna ketegasan, kesejukan, keceriaan, dan cinta; rahmat bagi semesta alam. Aku jadi rindu pada pelangi itu, pelangi yang memancarkan celupan warna Ilahi. Telah tiba saatnya, derai berkilau Islam tak lagi terpisahkan dari pendar menawan seorang muslim.

saya suka buku ini di bagian awal, ditengah di bahas tentang pernikahan, hehe
di bagian akhir juga dibahas tentang khilafah lho..

oh ya saya tertarik dengan buku, atau film yang
...more
Munfaridhotul
Apr 05, 2011 rated it really liked it
pada buku bacaan ini sangat banyak pelajaran yang dapat kita ambil dan sangat menonjolkan nilai religiusnya yaitu islam .yang sangat bermanfaat bagi generasi islam pada masa sekarang ,namun penyusunan kata-katanya terlalu monoton atau membosankan sehingga pembaca merasa malas untuk membacanya ,terutama bagi anak muda sekarang .sebaiknya ditanbah kata-kata yang santai sehingga pembaca terasai enjoy ketika membacanya .dan dapat mengambil hikmah dari apa yang telah didapatkan .amiiiin.........
Suko Tyas
Nov 12, 2012 rated it really liked it
penutup buku persis seperti yang saya pikirkan selama ini, kurikulum pendidikan agama untuk anak. mulai usia sekian hingga sekian, anak HANYA diajari ini, sekian hingga sekian anak HANYA diajari itu. sehingga mirip seperti pengajaran Islam dari fase Makkah hingga fase Khilafah Abu Bakar.

semoga hari ini dan seterusnya, bisa menjadi muslim yang benar-benar bisa menjadi teladan, dan dengan bangga mengatakan "Saksikan bahwa Aku Seorang Muslim"
Aina Dayana Hilmi
Jan 27, 2011 rated it it was amazing
Shelves: read-2011, islam
Buku yang menarik. Baru saya tahu ada 3 jenis nama bangsa Arab ini..

Buku ini merangkumi pelbagai aspek kehidupan kita sebagai seorang muslim. Dalam fakta ada cerita, dalam cerita ada nasihat, dalam nasihat ada kecindannya..

Lama juga untuk saya tamatkan buku ini :) Kadang-kadang tak faham juga perkataan-perkataan indonesianya. Ada tak sesiapa di sini yang mampu terjemahkan perkataan yang saya tak faham?
Nancy
Nov 08, 2015 rated it really liked it
Dari sekian banyak penulis buku muslim, menurut saya Salim yang paling pintar mengkombinasikan fakta, wacana, dan bahasa sastra yang cantik luar biasa. Kontennya sendiri berbobot tapi nikmat untuk dicerna. Bagi orang yang berwawasan tinggi pun, Salim tetap nikmat karena tidak hanya mengedepankan fatwa tapi juga fakta.

Untuk yang ingin mengenal Islam lebih jauh dengan perspektif penuh cinta. Saya rasa buku ini layak dibaca.
a Lovely work , Salim...#thumbs up
M_agunngh
Jul 12, 2016 rated it it was amazing
Sekali lagi buku ini sangat kuat daftar referensinya, dan kayaknya tesis-tesis yang beredar di perpus nggak banyak yang sekuat ini cara menyitasinya (oke). Sebagaimana bacaan sebelumnya dengan pengarang yang sama “Dalam Dekapan Ukhuwah” konten sejarah selalu bikin rasa haus akan membaca semakin menjadi – jadi,...
more.... https://magungh.wordpress.com/2016/07...
Suzan Oktaria
Feb 13, 2010 rated it liked it
Menjadi muslim adalah menjadi kain putih. Lalu Allah mencelupnya menjadi warna ketegasan, kesejukan, keceriaan, dan cinta; rahmat bagi semesta alam. Aku jadi rindu pada pelangi itu, pelangi yang memancarkan celupan warna Ilahi. Telah tiba saatnya, derai berkilau Islam tak lagi terpisahkan dari pendar menawan seorang muslim. Dan saksikan, bahwa aku seorang muslim.
Aneukmuda Blangbintang
Jun 07, 2008 rated it it was amazing
Shelves: non-fiksi
kekhilafan2 yg kita lakukan karena kurang nya ilmu... ilmu sebgai literatur hidup kita...
"jalan lurus" yg sering kabur oleh "hal2 aneh" di sepanjang jalan, membuat manusia "sibuk" dengan hal2 yang tidak perlu...
racikan pengetahuan umum yg dikaitkan dengan kesempurnaan ISLAM...

AMAZING BOOK!!!
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Serial Cinta
  • Untukmu Kader Dakwah
  • Muhammad: Para Pengeja Hujan
  • Cinta di Rumah Hasan al Banna
  • Bagaimana Menyentuh Hati (Ath - Thariq Ilal Quluub)
  • Komitmen Muslim Sejati
  • Kupinang Engkau dengan Hamdalah
  • Muhammad Al-Fatih 1453
  • Jangan Jadi Muslimah Nyebelin!
  • 33 Pesan Nabi Vol. 2: Jaga Hati, Buka Pikiran
  • Ketika Mas Gagah Pergi... dan Kembali
  • Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin 1
  • Di Jalan Dakwah Aku Menikah
  • Misteri Shalat Subuh
  • Zero to Hero
710334
Salim A. Fillah adalah seorang penulis buku Islami dari Yogyakarta, Indonesia. Hingga 2014, ia telah menulis beberapa buku, 'Agar Bidadari Cemburu Padamu' (2004), 'Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan' (2004), 'Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim' (2007), 'Jalan Cinta Para Pejuang' (2008), 'Gue Never Die' (2006), 'Barakallahu Laka: Bahagianya Merayakan Cinta' (2005) dan 'Dalam Dekapan Ukhuwah' (2010 ...more
More about Salim Akhukum Fillah...

Share This Book