Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Senja, Hujan, & Cerita yang Telah Usai” as Want to Read:
Senja, Hujan, & Cerita yang Telah Usai
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Senja, Hujan, & Cerita yang Telah Usai

3.92  ·  Rating details ·  2,200 ratings  ·  73 reviews
Buku ini dipersembahkan untuk orang-orang yang pernah dilukai, hingga susah melupakan. Untuk orang-orang yang mencintai, tapi dikhianati. Juga yang mengkhianati, lalu menyadari semua bukanlah hal yang baik untuk hati. Kepada orang-orang yang diam-diam jatuh cinta, suka pada sahabat sendiri, tidak bisa berpaling dari orang yang sama, dan hal-hal yang lebih pahit dari itu. M ...more
Paperback, 248 pages
Published June 2015 by mediakita
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Senja, Hujan, & Cerita yang Telah Usai, please sign up.
Popular Answered Questions
Dyah Nindya Pergi ketoko buku terdekat dan beli bukunya.
Goodreads bukan tempat baca atau download buku gratis…more
Pergi ketoko buku terdekat dan beli bukunya.
Goodreads bukan tempat baca atau download buku gratis(less)

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.92  · 
Rating details
 ·  2,200 ratings  ·  73 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Senja, Hujan, & Cerita yang Telah Usai
Andina Sholekhah putri
Jul 26, 2016 rated it really liked it
"Aku hanya perlu menunggunya, meyakini segalanya akan pulih lagi. Kebahagiaan yang hancur berkeping itu, akan dikumpulkan lagi oleh orang baru. Seseorang yang kupercaya adalah kamu."

Setiap orang pernah merasa kehilangan. Dari kehilangan itu, kita belajar...belajar untuk menjaga, belajar untuk memahami kapan saat memperjuangkan dan kapan harus mencintai diri sendiri. Tidak ada yang abadi di dunia ini, tak terkecuali perasaan.

Berbicara perasaan memang rumit, karena tidak ada yang bisa mengira. Bi
...more
Mata
Nov 04, 2015 rated it it was ok
Aku hanya mampu baca hingga halaman 11. Utk korang yg suka dgn senja dan bermabuk mabuk dalam nanar hujan dn nostalgik chenta, buku ini mungkin elok utk korang.

membosankan utk aku. ia bukanlah apa2 kecuali rintih2 sendu penulisnya.
Gege
Nov 18, 2015 rated it liked it
isinya bikin nyesek..,apalagi klo dibaca di hari hujan...., semacam membaca sesuatu yg tiba2 knocked my head, ternyata setega itu..., ternyata seegois itu aku, well smoga dimaafkan, oh yaaaa btw knapa hujan selalu identik dgn kenangan atau pun kesedihan ya???
Tantri Setyorini
Mar 20, 2016 rated it it was ok
Bukan fiksi. Lebih seperti diary si penulis yang dipublikasikan jadi buku. Suka quotes-nya doang. Saya kurang bisa menikmati curcol-an seseorang yang tidak saya ketahui latar belakang ceritanya. Cocok buat yang lagi galau abis dan butuh bacaan yang berdarah2.
Qhistina Ma
Oct 29, 2017 rated it really liked it
Aku pergi setelah menunda berkali-kali.
Rahmi
Apr 10, 2017 rated it did not like it
Ada yg pernah udah beli buku ini dan pengen uangnya balik? Saya juga.

Saya beli buku ini karena ada lomba puisi, dan syaratnya harus mem-post foto buku ini di akun pribadi Instagram.

Covernya bagus sih. Dan hanya itu sisinya yg bagus. Isinya? Pfft. Menye-menye banget. Untuk cowok, ini bener-bener terlalu mellow. Awalnya saya kira ini novel lho, eh ternyata ini buku non-fiksi dan isinya cuma curhatan-curhatan.

Saya tidak habis pikir kenapa bisa terbit. Dan pasti kalian bisa menebak siapa pembeli set
...more
Ben Rumimbo
Jul 06, 2016 rated it liked it
Sudah lama mau beli buku puisi, tapi entah knp selalu lupa tiap ke toko buku. Lalu beli buku ini karena mengira novel dan judulnya menarik karna menyukai hujan juga. setelah tiba di rumah bukunya dibuka ternyata isinya kumpulan puisi. kata penulisnya untuk mereka yg pernah dilukai, mengapa hujan harus dikaitkan dengan luka? saya tak terima(sedikit tdk terima). Hujan itu tdk selalu melukai, dia melukai (umumnya)kalau manusia salah mengolah alam. Mengenai isi buku cukup bagus, saya suka pilihan ka ...more
Filza
Dec 02, 2018 rated it did not like it
Shelves: dnf
Membosankan. Puitis sih, tapi nggak dalem-dalem amat. Semacam, "at least you tried!" Terlalu banyak senja, hujan, dan rindu. Seperti ada jalan ceritanya, tapi nggak juga, sih, ya? Bingung dan bosan bacanya. Empat bulan mencoba menyelesaikan buku ini karena saya anti banget DNF atau membuat penilaian sebelum menyelesaikan, tapi di halaman ke-45, saya memutuskan untuk berhenti memaksa diri saya sendiri. Agak berharap uang saya dapat kembali.
Suhana
Dec 11, 2017 rated it liked it
Pertama sekali, saya suka cover buku ini. Saya suka font serta bagaimana gambar-gambar ilustrasi yang digunakan dan designs untuk quotes tertentu. Rintik-rintik hujan, sebuah kerusi dan payung itu sudah cukup membuatkan pembaca merasa sesuatu diawal pemilihan untuk membaca buku ini.

Damai.

Pembacaan saya itu awalnya saya merasa bahawa isinya sungguh sendu. Ini kalau dibaca oleh seseorang yang baru jadi jomblo semula atau baru putus cinta, mahu menangis tidak berlagu dibuatnya. Tapi, bila pembacaan
...more
Jefri S
Feb 15, 2018 rated it liked it
Akhirnya:") membaca "curhatan" sang penulis setebal -+240 halaman:")

Disetiap curhatannya memang memiliki kata-kata yang sangat bagus, bijak, pintar. Tapi saya tidak sanggup membaca "curhatan" sebanyak ini:")
Hasyemi Rafsanjani
Jul 06, 2017 rated it it was ok
Senja, Hujan & Cerita yang Telah Usai.

Baru baca buku ini, yang ternyata buku dari tahun 2015. Tertarik karena suka dengan sinopsis di cover belakang buku. Menurut gue buku ini "just okay" buat gue secara personal.

Ini merupakan buku yang berisi kumpulan puisi dari Boy Chandra, yang (entahlah mungkin pengalamannya) mengenai masa lalu, tentang melepaskan, tentang putus cinta. tentang memiliki seseorang yang tak bisa dimiliki, tentang jatuh cinta diam-diam dan lainnya.

Jujur, sebenarnya ingin langsun
...more
selera sesuai
Feb 24, 2016 rated it liked it
Menurut dari sudut pandang saya, buku ini bagus. apalagi peminat buku ini banyak dari wanita. isinya sungguh menyentu rasa, jiwa, berbagai cerita yang diangkat penulis dari kisah temannya orang di sekitarnya maupun pengalaman pribadi penulis membuktikan bahwa. tidak cuma kita saja yang merasakan hal-hal tentang cinta itu manis, pahit, dikhianati, dilukai dengan berbagai kisah didalam buku ini kita di nasihati agar tidak jatuh cinta yang salah dan agar dapan mencintai serta mengolah dan memberi c ...more
Nabilah Nurfazrina
Feb 13, 2017 rated it liked it
Baper baca ini. Buku ini hanya untuk orang yang pernah dilukai, susah melupakan, dikhianati dan mengkhianati.

Quotes fav:
"Setelah sekian lama sejak kamu memilih menjadi tidak ada, sekarang semuanya terasa beda. Aku kadang merasa aneh dengan semua yang pernah terjadi. Kadang, aku ingin tertawa sendiri. Aku tidak lagi menginginkanmu. Bahkan, tak ada lagi air mata itu." - hlm. 28

"Tidak menahanmu pergi bukan berarti tidak lagi cinta. Hanya saja, terkadang lebih baik melepaskan daripada memaksakan ter
...more
Putri Windasari
Apr 08, 2016 rated it really liked it
Berisi curhatan sang penulis, di setiap katanya terasa nyata mungkin dari sebagian pembaca yg pernah merasakan yg namanya luka karena di tinggalkan kekasih dan berusaha mempertahankan tanpa peduli apapun yg terjadi selama orang yg kita cintai masih tetap berada di sisi kita akan mengerti maksud dari sang penulis dalam buku ini.
Bagi saya buku ini seperti membuka semua alasan-alasan mengapa kita merasakan rindu, jatuh cinta, mempertahankan, memperjuangkan, terluka dan melepaskan.
Debbie Sally
Apr 20, 2016 rated it really liked it
Buku ini. Entah apa yang harus saya katakan tentang buku ini. Kata-kata yang begitu mendalam membuat saya tersentuh. Isi dari buku ini benar-benar hidup karena ditulis dari lubuk hati sang penulis. Buat kamu yang tak ingin bernostalgia dengan luka lama, jangan dibaca. Saya yakin kamu akan menangis. Mas Boy luar biasa.
Ira Booklover
Oct 27, 2018 rated it liked it
Shelves: bacabukuperpus
"Tentu banyak sekali hal yang ditawarkan waktu, tapi setia adalah pilihan. Kamu bisa memilih membiarkan dirimu terlepas kendali, atau tetap berdiri pada hati yang sama. Cinta yang sama." ---hlm. 231


Haduh, saya suka sekali dengan kutipan ini. Untuk ukuran buku yang isinya penuh dengan ratapan hati yang terluka, membaca kutipan di atas rasanya seperti hujan yang tiba-tiba turun di musim kemarau. Sejuk dan adem. Secara saya adalah penggemar adalah kisah cinta tipe "you're the one and the only".

Ya,
...more
Beben39
Dec 05, 2019 rated it really liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Maulidi Zikri Nur
Oct 17, 2018 rated it liked it
Shelves: 2018
Judul: Senja, Hujan, & Cerita Yang Telah Usai
Penulis: Boy Candra @boycandra
Penerbit: Mediakita @mediakita
Jumlah Halaman: viii + 240 halaman
ISBN (10): 979-794-499-9
ISBN (13): 978-979-794-499-5

Blurb:
Buku ini saya persembahkan untuk orang-orang yang pernah dilukai, hingga susah melupakan. Untuk orang-orang yang pernah mencintai, tapi dikhianati. Juga yang pernah mengkhianati, tapi dikhianati. Semua bukanlah hal baik untuk hati. Kepada orang yang jatuh cinta diam-diam, suka pada sahabat sendiri, tid
...more
Nike Andaru
Nov 11, 2018 rated it liked it
130 - 2018

Uhg, saya gak tau harus masukin buku ini ke shelf apa yang saya punya. Ini bukan cerita novel, bukan juga esai, lebih ke kumpulan cerita cinta tapi ala ala curhatan diary.

Kenapa baca buku ini?
Karena waktu ke toko buku ada anak-anak remaja gitu lagi sibuk ngomongin si penulis ini, dan sepertinya kalo dilihat dari karyanya yang lumayan banyak, saya coba lah baca-baca. Ini buku kedua yang saya baca, sebelumnya kumpulan cerita betulan, bukan curhatan yang masih bisa saya nikmati.

Bukan, buk
...more
M Adi
Oct 03, 2019 rated it did not like it
Barangkali buku ini akan memberikan kesan mendalamnya bagi yang sedang dilanda kesedihan/kegalauan akibat cinta baik sehabis putus, diduakan, bertepuk sebelah tangan, saling ragu, dsb. Sehingga tulisan-tulisannya akan mengafirmasi setiap perasaan yang sedang dirasa.

Sayangnya hal tersebut menunjukkan bahwa isi buku minim konteks sehingga ketika mencoba menyelami setiap kasus, terasa kurang bermakna dan repetitif.
Muthiah
Jan 20, 2020 rated it really liked it
Mulai membaca karena tertarik dengan judulnya. Awalnya mengira "ini mesti tulisan menye menye romance". Dan benar saja.. sempet mau mengakhiri membaca di tulisan ke 4 atau 5.

Namun ditulisan selanjut2nya seperti menerima "tamparan halus". Menyajikan sesuatu dari berbagai sudut pandang, yang akhirnya membuat sadar: Jangan2 yang bermasalah adalah saya?
Inggi Rahmawati
Feb 09, 2018 rated it really liked it
Padahal biasanya baca buku setipis ini paling semingguan eh ini sampai 2 bulan lebih gara-gara galau dan baper.. Buku ini sepertinya memang diperuntukan untuk orang-orang yang baru patah hati, lumayan consoled..
Iffah Zehra
Feb 23, 2019 rated it it was ok
Cukup menarik. Walaupun sepenuhnya buku ini lebih ditujukan bagi mereka yang pernah mengalami patah hati, perasaan tidak dihargai dan pengalaman cinta yang tak sejalan ekspektasi.

Rating Book: ★★☆☆☆ (2,8/5)
Devi Sulistiyaningrum
Feb 27, 2019 rated it really liked it
Yang nalarnya kuat selalu bisa nangkap maknanya
Yang nalarnya gak kuat, mohon bersabar ya bacanya.
Ini seperti sekumpulan cerita yang menyatu.
Menurutku hanya sebuah curhatan seseorang yang mendalam tentang kehidupan cintannya.
Bacanya nyantai jangan ngebut biar dapat feel nya :)
Dhani Pabeangi
Aug 15, 2017 rated it liked it
Setengah Tenggelam, akhirnya bisa berenang.
Dina
Jul 25, 2018 rated it it was amazing
Semua cerita dibuku kondisi dimana saya sedang melaluinya disaat itu.
Gita Ayudia
Jun 08, 2019 rated it it was amazing
Bagusss
Rere
Feb 03, 2019 rated it it was amazing
Guud
Aurelia Purwaningtyas
Aug 24, 2018 rated it it was amazing
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Novi Prihara
Mar 15, 2018 rated it it was amazing
pengen banget bacaa dari judul nyaa penasaran bangettttt
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Garis Waktu
  • Hujan
  • Rindu
  • Pulang
  • Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
  • Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
  • Konspirasi Alam Semesta
  • Catatan Juang
  • Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 (Dilan, #1)
  • 11:11
  • Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
  • Kata: Tentang Senja Yang Kehilangan Langitnya
  • Arah Langkah
  • Sepotong Hati Yang Baru
  • Dilan Bagian Kedua: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991
  • Tentang Kamu
  • Pergi
  • Bumi Manusia
See similar books…

News & Interviews

So many aspects of life and leisure have changed. This is true. It’s also true that we need to take care of ourselves, collectively and i...
204 likes · 114 comments