Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Misteri Dian yang Padam” as Want to Read:
Misteri Dian yang Padam
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Misteri Dian yang Padam

(Kapten Polisi Kosasih dan Gozali #1)

3.26  ·  Rating details ·  168 ratings  ·  16 reviews
Dian Ambarwati, gadis asal Ngawi yang berusia dua puluh tahun, datang ke Surabaya untuk memulai lembaran baru dalam hidupnya.
Dua bulan setelah kepindahannya, ia ditemukan mati di bawah tanaman Kolbanda di suatu tempat yang sepi oleh seorang gelandangan.
Siapakah yang menyudahi hidupnya?
Bekas pacarnyakah yang di Ngawi, yang ditinggalkannya setelah ramai bertengkar selama dua
...more
Paperback, 221 pages
Published 1985 by PT. Gramedia Pustaka Utama
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Misteri Dian yang Padam, please sign up.

Be the first to ask a question about Misteri Dian yang Padam

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
3.26  · 
Rating details
 ·  168 ratings  ·  16 reviews


More filters
 | 
Sort order
cindy
Sep 28, 2017 rated it liked it  ·  review of another edition
Misterinya sih sbnrnya lumayan kompleks, tapi ngasih clue siapa pembunuhnya itu kok cetha sekalee. ;))
Aya Sakamoto
Feb 19, 2019 rated it it was ok
Pelakunya langsung ketahuan di bagian pengenalan tokoh.

Nggak tahu siapa yang keren, tapi ternyata saya (mungkin) punya pandangan yang mirip dengan penulis. Saat baca bab 1, saya langsung membayangkan seandainya kita udah merencanakan sesuatu dengan sangat matang dan terperinci, tapi orang lain melihatnya hanya sebagai sebuah kebetulan (sepertinya efek baca Gone Girl). Keren sih ini
Dani Noviandi
Feb 09, 2013 rated it it was amazing
“Manusia adalah makhluk yang kompleks. Manusia bukan seperti cat dalam kaleng, kalau berwarna hitam ya seluruhnya hitam, kalau berwarna putih ya satu kaleng putih semua isinya. Manusia merupakan perpaduan beribu-ribu warna dan watak. Orang yang biasanya baik, sabar, lemah lembut, jangan dikira tidak bisa berbuat jahat. Demikian pula orang yang biasanya berwatak keras, kejam, masih bisa mempunyai sifat-sifat yang baik. Tidak ada manusia yang total baik atau total jahat di dunia ini.”

Kata-kata ini
...more
Sri
Aug 22, 2018 rated it liked it
Baca buku ini berawal dari rasa penasaran pengin mencicipi buku detektif dari Agatha Christie nya Indonesia. Saya optimis ini bukan buku terbaik penulis, tapi penting rasanya untuk dibaca karena buku ini memperkenalkan pasangan tokohnya. Detektif polisi Kosasih dan side kicknya (atau sebaliknya?), seorang mantan pencuri, Gozali. Di buku ini masih kurang jelas, pekerjaan Gozali sebenarnya apa. Kalau hanya membantu Pak Kosasih, lantas dapat duwit dari mana? Sedang Pak Kosasih aja diceritakan hidup ...more
Ririn
Feb 16, 2009 rated it it was ok
bagian dari misi membaca lebih banyak buku penulis lokal hehe... beli obral di Kompas Gramedia bukfer seharga 5rb - lemayan lah...

saya bisa menebak pembunuhnya dari bab2 awal; dialog yang tercipta agak kaku karena sering sekali digunakannya panggilan nona anu nyonya itu dst. Kayanya kok kalau di kehidupan nyata lebih banyak orang yang disapa dengan sebutan mbak ini atau ibu itu yah... kaku aja kedengarannya. Okelah kalau me-refer ke orang yang belum kita kenal tapi masa sama anak sendiri 'ini an
...more
R. Wahyu
Dec 14, 2015 rated it it was amazing
"Manusia bukan cat dalam kaleng yang apabila putih maka putih seluruhnya atau apabila hitam maka hitam seluruhnya, manusia adalah perpaduan dari berbagai warna yang menjadi satu"
Aku suka banget sama novel debutnya Tante Mara ini. Meskipun sudah bisa ditebak siapa pelakunya, aku tetap bisa menikmati jalannya cerita. Kronologi kejadian yang runtut dan penyelidikan yang terarah dari Gozali-Kosasih benar-benar keren.
Tante Mara adalah novelis Indonesia yang selalu menjadi inspirasiku
Vanda Kemala
Mar 26, 2014 rated it it was ok
(sejauh ini) satu-satunya buku S. Mara Gd yang bikin kecewa. Mungkin karena terbiasa baca cerita yang pembunuhan lebih dari satu orang dan dibuat nebak-nebak motif sama pelaku.

Reaksi pasca baca "healah, udah? gini aja?" :(
Rindang Riyanti
May 20, 2016 rated it liked it
S. Mara Gd. Mungkin tidak banyak orang mengenal namanya, namun buku-bukunya dapat ku temui di perpus SMA, entah dimana lagi bisa kudapatkan karya-karya beliau. Seperti buku-buku misteri lain di seluruh dunia, sulit ditebak, sarat akan taktik dan penuh kejutan.
zhafira s. h.
Mar 07, 2016 rated it really liked it
After I read this book, I want another book from S. Mara Gd.

Saya suka dengan investigasi yang dilakukan oleh Kosasih dan Gozali. Secuil informasi yang kelihatannya tidak berguna, ternyata bisa menemukan pelaku dari pembunuh Dian.

Keren.
Maria
Apr 16, 2008 rated it really liked it
S Mara GD is one of my Indonesian favourite writers.
Kisah Kapten Kosasih dan sahabatnya Gozali selalu seru untuk diikut.
Coffeecream
Dec 21, 2013 rated it liked it

Pelakunya sudah diketahui jauh sebelum buku berakhir, sehingga sisanya hanya drama saja. Tapi tetep suka sih :D
Yuda Puspita
Feb 08, 2016 rated it it was amazing
Semakin membaca semakin kita penasaran siapa pembunuh Dian yang sebenarnya. Dan kita pasti akan ikut menebak-nebak.
Nurul Huda
Jun 21, 2015 marked it as to-read
fgfgfg
Mia
Jan 17, 2017 rated it liked it
Shelves: detective, mysteri
Cerita kali ini mudah sekali menebak siapa pelakunya, petunjuk2 yang diberikan terlalu jelas, "intrik" didalam cerita juga kurang. Rasanya jadi kurang greget dan kurang seru
Tira
rated it it was amazing
Dec 16, 2018
Maya
rated it liked it
Nov 29, 2008
Hadriyani
rated it did not like it
Jun 03, 2015
Yani Cipilla Mukhtar
rated it did not like it
Apr 02, 2018
Bob
rated it it was amazing
Nov 03, 2017
Chwa Suk
rated it it was amazing
Apr 15, 2014
Davinna
rated it liked it
Aug 23, 2010
Azra_is9
rated it it was ok
Jun 24, 2008
Eni
rated it liked it
Mar 07, 2008
Gina
rated it it was amazing
Feb 22, 2015
Anti
rated it it was ok
Dec 20, 2011
Sari
rated it liked it
Mar 12, 2008
Dyah Subagyo
rated it liked it
Sep 11, 2012
Dasriel Hafiz
rated it it was amazing
Oct 27, 2015
Dreampopgirl
rated it liked it
Dec 09, 2010
Ira_novel_kopri
rated it liked it
Apr 19, 2011
« previous 1 3 4 5 6 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Badai Pasti Berlalu
  • Katarsis
  • Mission: Impossible
  • Rencana Besar
  • Alita @ Heart (Alita, #2)
  • Bangun dong, Lupus!
  • Kubah
  • Merpati Tak Pernah Ingkar Janji
  • Selebriti
  • Manjali dan Cakrabirawa
See similar books…
80 followers
Berawal dari menerjemahkan novel-novel Agatha Christie, S. Mara Gd mulai menulis novel pertamanya, Misteri Dian yang Padam pada tahun 1984 (diterbitkan tahun 1985). Tokoh yang diciptakannya adalah seorang kapten polisi bernama Kosasih dan sahabatnya yang punya latar belakang hitam, Gozali. Sejak itu novel-novel tentang petualangan dua serangkai, Kosasih dan Gozali, dalam melacak para kriminal meng ...more

Other books in the series

Kapten Polisi Kosasih dan Gozali (1 - 10 of 30 books)
  • Misteri Sutra yang Robek
  • Misteri Gugurnya Sekuntum Dahlia
  • Misteri Gelas Kembar
  • Misteri Kolam yang Dangkal
  • Misteri Gadis Tak Bernama
  • Misteri Pesta Maut
  • Misteri Pembunuhan di Usaha Tando
  • SUAMI
  • Misteri Pembunuhan di Kakek Bodo
  • Misteri Keempat Wajah Anastasia