Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “4 Musim Cinta” as Want to Read:
4 Musim Cinta
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

4 Musim Cinta

by
4.07  ·  Rating details ·  114 ratings  ·  43 reviews
Apa kau percaya jika satu hati hanya diciptakan untuk satu cinta? Barangkali beruntung orang-orang yang bisa jatuh cinta beberapa kali dalam hidupnya. Tetapi aku yakin, lebih beruntung mereka yang sanggup menghabiskan hidupnya dengan satu orang yang dicintai dan mencintainya.

4 Musim Cinta adalah sebuah novel yang bertutur tentang lika-liku kehidupan cinta empat birokrat
...more
Paperback, 332 pages
Published March 13th 2015 by Exchange
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about 4 Musim Cinta, please sign up.

Be the first to ask a question about 4 Musim Cinta

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 4.07  · 
Rating details
 ·  114 ratings  ·  43 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of 4 Musim Cinta
Rayanti Sari Dewi
May 25, 2015 rated it liked it
Empat sahabat, empat pegawai dirjen perbendaharaan: Gayatri, Pring, Gafur, Arga, terbelit cinta segi banyak yang rumit. Gayatri yang jatuh cinta pada Pring, Pring yang menjalani long distance marriage dengan Indah, Gafur yang ingin menikahi Dira, dan Arga yang mencintai Dira. Dari sinopsis singkat ini, bisa dibayangkan betapa kacaunya hubungan keempatnya setelah jalinan cinta mereka terungkap bagi satu sama lain.Empat cinta mencoba menemukan jalannya, di tengah guncangnya persahabatan mereka.

...more
Mandewi
Mar 02, 2015 rated it it was amazing  ·  (Review from the author)
Kantor pemerintah mana yang memfasilitasi hobi pegawainya di bidang literasi? Yak, Ditjen Perbendaharaan. Bersyukur banget bisa terlibat dalam proyek ambisius ini, mengenalkan DJPB ke masyarakat (yang lebih) luas. Meski kami kesulitan menyusun kalimat teknis supaya lebih mudah dimengerti, memotong bagian-bagian yang sangat amat segmented dan dirasa tak penting untuk diketahui masyarakat, memasukkan unsur roman supaya lebih menjual, 4 Musim Cinta termasuk berhasil.

Sebagai bagian dari birokrasi
...more
Ary Dharmayanti
Mar 31, 2015 rated it it was amazing
Alur Ceritanya mendebarkan, berpindah-pindah sudut pandang ketika membacanya membuat petualangan perasaan terasa lebih dalam. Tokoh kesukaan saya adalah Arga. Di antara perasaan dan pemikiran Pring, Gayatri, dan Gafur yang sangat dalam, Arga jadi terasa lebih manusia (lho?). Mungkin ini karena karena saya merasa sudut pandang Arga sebagai semacam jeda atau ruang istirahat untuk perasaan saya setelah sedikit kelelahan merasakan Gayatri, Gafur, dan Pring.
Irma Garnesia
Apr 21, 2015 rated it really liked it
Empat Musim (Satu) Cinta


Pada akhirnya yang benar-benar hidup adalah cinta yang murni dihabiskan dengan satu orang yang dicintai dan mencintainya.

Pertama kali saya berkenalan dengan Pringadi Abdi Surya adalah enam tahun lalu, di tahun 2009. Saat itu saya mencari-cari sebuah buku dan bertemulah antologi puisinya, Alusi. Sejak membaca Alusi, saya seperti bertemu teman lama. Tak henti saya membaca dan seperti tersihir oleh puisi Pringadi. Saya juga rajin membaca puisi dan cerpen-cerpennya di
...more
Tara
Sep 12, 2015 rated it really liked it
4 musim cinta adalah buku yang saya temukan dengan tidak sengaja di pojokan gramedia jalan merdeka, bandung. Saat membaca sinopsis novel ini, saya tidak tau harus mengharapkan cerita macam apa dari buku ini, tetapi karena saya sedang senggang akhirnya saya membeli dan mencoba membacanya.
Buku ini bercerita tentang arga gafur pring dan gayatri, 4 pegawai pemerintah yang bersahabat dengan kisah cinta yang terkait satu sama lain.
Buku ini dapat dibilang melebihi ekspektasi saya. Tuturan bahasa yang
...more
Workha
May 09, 2015 rated it it was amazing
Shelves: mr-rambauldi
Okey,

Awal cerita, bisa dikatakan membosankan. Sangat membosankan. Tapi entah kenapa, ada something dalam cerita ini. Mungkin karena kisah dan karakternya Pringadi dan Gayatri yang kuat. Tapi... yang lainnya juga punya andil, sih. Termasuk Arga. Bisa saya katakan ini cerita yang tidak biasa. Cerita yang butuh kepekaan. Ringan dan beratnya naik turun dan saling menyusul. Akh... sulit menjelaskannya secara bahasa yang biasa. Yang jelas, buku ini punya something. Itu saja
Mohamad Jaya
Apr 07, 2015 rated it it was amazing
Ceritanya menarik, dengan sudut pandang tokoh yang selalu berpindah-pindah. Novel karya keroyokan pertama yang pernah saya baca
Frumen Sedha
May 22, 2015 rated it it was amazing

“...Dan perasaan kehilangan mungkin adalah puncak romantisme yang dimiliki manusia. Aku mengucapkan terima kasih kepada rasa sakit yang telah mengajariku arti hidup, kepada harapan yang membuatku kembali bangun di pagi hari untuk bekerja, dan kepada sosok Dira di dalam ingatanku yang memutuskan untuk pergi tanpa jejak, menghilang begitu saja dari kehidupanku...” (4 Musim Cinta )

Inspiratif, menggetarkan. Memang itulah kesan yang ditampilkan para penulis melalui novel ini. 4 Musim Cinta merupakan
...more
Sulfiza
May 25, 2015 rated it really liked it
Kisah Cinta dalam Belenggu Tradisi Misoginis


Judul: 4 Musim Cinta
Penulis: Abdul Gafur, Pringadi AS, Puguh Hermawan, Mandewi
Penerbit: Exchange
Tahun Terbit: Maret 2015
Jumlah Halaman: 333
ISBN: 9786027202429



CINTA merupakan benang merah novel 4 Musim Cinta (Exchange, 2015) karya Mandewi, Gafur, Puguh, dan Pringadi. Empat pengarang yang berprofesi sebagai birokrat, menuliskan empat tokoh sentral yang juga memiliki profesi sebagai birokrat. Mereka muda dan jatuh cinta. Ide novel ini dengan mudah memikat
...more
Debby
May 22, 2015 rated it liked it
Novel 4 Musim Cinta: Musim Cinta PNS yang Belum Bisa Dipanen

Judul Buku : 4 Musim Cinta
Penulis : Mandewi, Gafur, Puguh, Pringadi
Penerbit : Exchange
Kota & Tahun Terbit : Jakarta, 2015
Cetakan : Pertama
Halaman : 332 Hal, 20
Harga : Rp 59.500,-
Peresensi : @DebbyNiken


Novel ini ditulis oleh 4 orang PNS (Pegawai Negeri Sipil) dari Kementrian Keuangan, yatu Mandewi/Komang Ayu Komaradewi, Abd. Gafur, Puguh Hermawan dan Pringadi Abdi Surya.Jejak kepenulisan penulis-penulisnya seperti Mandewi,
...more
Inten
May 25, 2015 rated it liked it
Deskripsi

Pertama kali tahu tentang 4 Musim Cinta: Sebuah Novel ini, hati saya langsung diliputi penasaran. Dan kagum, sebetulnya. Bagaimana tidak, novel ini ditulis oleh empat PNS Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI. Satu –atau dua- di antaranya adalah kakak kelas saya di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Otak yang biasanya tertuju pada angka dan uang ternyata mampu merangkai kata-kata indah dalam jalinan kisah berlatar belakang lingkungan birokrasi. Jadi best seller
...more
Shalahuddin Gh
Mar 02, 2015 rated it it was amazing
SEBUAH NOVEL AMBISIUS YANG DITULIS 4 PEJABAT NEGARA

betapa tahun-tahun berharga
terbuang percuma mencari bahagia
ke mana-mana
sementara sepanjang masa
bahagia berada di dalam diri kita
serupa sebutir benih terlunta
menanti berbunga

1. Pernahkah kamu membaca sebuah novel yang ditulis oleh empat orang sekaligus?
2. Pernahkah kamu membaca sebuah novel yang ditulis oleh pejabat negara?

Bisa aku perkirakan, jawaban yang paling banyak adalah tidak pernah. Kalaupun ada, tentu sangat sedikit jumlahnya. Dan “4
...more
Permata Diah
May 25, 2015 rated it it was amazing
Sebuah novel yang inspiratif ,penyampaian yang begitu natural .Alur maju mundur, dimana novel menceritakan keadaan empat orang birokrat muda yang dipertemukan dalam satu moment yang sama kemudian harus kembali ke masa lalu untuk menjelaskan beberapa birokrat muda itu telah saling mengenal sebelumnya dan akhirnya kembali maju dengan menceritakan sebuah perpisahan antara seorang sahabat dan cinta yang tak kunjung mendapat titik temu apakah cinta akan selalu tersimpan atau ia akan terhapus oleh ...more
Marina
** Books 179 - 2015 **

Buku ini untuk memenuhi New Author Reading Challenge 2015

3,4 dari 5 bintang!

"Hidup seperti kopi. Aku sudah mencoba berkali-kali mencari perbandingan lain, tapi selalu kembali ke kopi lagi. Bahwa hidup ini pahit, tak beda dengan kopi. Tinggal bagaimana cara kita menikmatinya. Apakah kita akan memberinya gula atau menambahkan susu ke dalamnya, itu tergantung selera. Bila kita salah menakar apa yang kita tambahkan, kita juga yang akan menikmatinya. Apakah akan terlalu manis
...more
Just_denok
Apr 17, 2015 rated it liked it
Em, ceritanya bagus. Tentang cinta diantara sekelumit orang yang saling berhubungan. Alurnya rapi, nggak ada miss timing, walaupun menggunakan 4 POV yang berbeda. Aku suka bagaimana 4 penulis ini bercerita. Kalimatnya dari tegas hingga manis dan menggetarkan. Apalagi Pring. PoV nya Pring manis banget saat bertutur.

Sayangnya aku agak pusing juga sih, karena alur maju-mundur yang digunakan tiap POV disini. Empat POV dengan alur yang maju-mundur. Twist di ending cerita okey juga. Walaupun aku
...more
Pringadi Abdi
Mar 02, 2015 rated it it was amazing  ·  (Review from the author)
Ketika ditanya apa bagusnya novel ini, sebagai penulisnya, aku menjawab novel ini punya khazanah baru dan kaya dan ditulis dengan cara yang tidak mainstream.

Aku tak akan menyebut bagianku sebagai yang terbaik di novel ini, terlepas dari semua penulis berperan dalam keseluruhan cerita, saling mengisi, mengoreksi dan memberi masukan. AKu menyukai cara menulis Gafur yang lepas, tanpa beban, dan berhasil menghidupkan tokoh favoritku di sini. Tokoh yang seolah-olah bukanlah tokoh utama tapi dia
...more
Frida
May 24, 2015 rated it really liked it
Jangan berharap pada rasa penasaran

Jika hanya mengandalkan kemampuan mencabik-cabik rasa penasaran pembaca, maka novel ini telah berhasil. Bahkan, ia mencabiknya hingga tak bersisa, alias saya tak punya rasa penasaran lagi. Ceritanya terlampau mudah ditebak. Lantas, apa yang membuatnya istimewa?

baca lebih lanjut di : http://kimfricung.blogspot.com/2015/0...
Manda Rizki Utami
Apr 06, 2015 rated it really liked it
Anti-mainstream. Sebuah novel yang tak biasa, ditulis oleh empat orang dengan empat sudut pandang. Juga dengan akhir yang tak biasa. Mengejutkan. Tapi menurutku ini bukan novel yang tergolong ringan tapi juga tidak berat. Namun tetap bisa dinikmati karena kalimat-kalimatnya yang padat dan cerdas! Banyak pelajaran yang bisa diambil. Banyak informasi yang diberikan. Rasakan saja sensasi 4 musim dalam satu buku!
Nana
Apr 13, 2015 rated it really liked it
Berhubung blog saya diatur supaya nggak bisa dicopas, saya kasih link ke blog aja deh yaa..

http://readinginthemorning.blogspot.c...

Intinya sih, dari segi plot nggak ada sesuatu yang baru atau mengejutkan, tapi saya suka aja mengikuti jalan pikiran para tokohnya. Nicely written.
Andry Chang
May 21, 2015 rated it it was ok
Shelves: indonesian
Pring is spring, Arga is summer, Gafur is autumn, Gayatri is winter.

Resensi selengkapnya bisa disimak di link ini:
http://vadisworld.blogspot.com/2015/0...

PERHATIAN: Mungkin mengandung spoiler, tergantung interpretasi pembaca resensi. Ini adalah bahasan lebih mendalam tentang novel 4 Musim Cinta.
Natassa Putri
Sep 07, 2015 rated it it was amazing
Buku ini membuat pembacanya merasakan setiap karakternya. Saya sangat menyukai tokoh Gafur yang sangat persuasif, menggambarkan karakter seorang lelaki yang terlena dengan cinta dari Dira. Kisah Gayatri dan Pring juga sangat mendebarkan. Benar-benar menggambarkan kehidupan karyawan-karyawati Indonesia dengan problem2 yang tengah dihadapinya.
Toko Buku
Mar 17, 2015 rated it it was amazing
Ini adalah sebuah upaya yang sangat berani. Sebuah novel yang ditulis oleh lebih dari satu orang biasanya sering gagal dalam penulisan. Tapi novel ini cukup berhasil. Saya memberikan bintang lima karena keberanian para penulis melakukan uji coba yang sangat berani dan berhasil ini!
Damar hening Sunyiaji
Mar 22, 2015 rated it really liked it
Saya mereviewnya di blog pribadi saya, sila kunjungi : damarhening.blogspot.com
Yovano N.
Bangga sama para penulisnya. :')
Lia Nurannisa
May 14, 2015 rated it really liked it
4 Musim Cinta, Novelnya Abdi Negara

Novel keren berlatarbelakang PNS,, dilihat dari 4 sudut pandang yang berbeda.. kudu banget dibaca oleh para PNS..
Anjahul Khuluq
May 11, 2015 rated it really liked it
Emang agak membosankan di depan, tetapi sangat menarik bila diikuti sampai selesai.
Awalluddin Firdaus
May 06, 2015 rated it really liked it
Judul Buku : 4 Musim Cinta

ISBN : 978-602-72024-2-9

Penulis : Abdul Gafur, Mandewi, Pringadi Abdi Surya, Puguh Hermawan

Penerbit : Exchange – PT. Kaurama Buana Antara

Tahun Terbit : April 2015

Tebal Buku : 332 Halaman

Harga Buku : Rp. 59.500,00

--------

Novel ini saya dapatkan dari penulisnya langsung saat menghadiri acara di kampus beberapa waktu yang lalu.

4 Musim Cinta adalah novel kuartet pertama yang saya baca. Sangat menarik bagi saya untuk membacanya lantaran jarang sekali sebuah novel ditulis
...more
Amaya
Apr 14, 2015 rated it liked it
Gayatri, Pring, Arga, Gafur. Empat pegawai Dirjen Perbendaharaan Kementrian Keuangan, terhubung oleh jalinan benang-benang takdir yang lantas membelit mereka, mirip sebuah jebakan. Gayatri: setelah bertemu Pring, teman virtual yang selalu berbagi hal-hal seputar penulisan kreatif dengannya, di acara jamuan bagi pegawai yang berminat-bakat di bidang penulisan kreatif di Lembang, ia mulai merasakan getar-getar aneh di dalam dirinya. Setelah berpisah dari Adam, kekasihnya yang begitu berbeda dengan ...more
Dwi Kuzuma
Aug 04, 2015 rated it really liked it
Ini adalah sebuah Novel yang ditulis berbanyak yang pertama kali saya baca, Selain problema cinta yang begitu pelik, disajikan pula problema pekerjaan dengan begitu apik, saya yang non-PNS, menjadi tahu dan bisa merasakan suka dukanya menjadi PNS. Beberapa (yang bisa dibilang) kritik terhadap sistem birokrasi pemerintah juga dipaparkan secara lugas, menambah nilai keunikan novel ini, selain pemaparan mengenai cinta, persahabatan dan kehidupan yang sangat filosofis. Banyak hal menarik yang ...more
Anggrek
Apr 03, 2015 rated it really liked it
Shelves: novel-romance
4 rasa cinta yang dibawa keempat karakter terasa seperti 4 musim dengan ciri khas masing-masing dan tetap menampilkan sisi romantisme tersendiri meskipun sedang mengisahkan musim yang paling dingin.

Saya beri 4 bintang, suka dengan kesabaran penulisnya menguak rahasia-rahasia tokoh dengan perlahan, dengan bahasa yang mengalir.

Review lengkap baca di http://anggreklestari.com/cara-semest...
« previous 1 3 4 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
5 followers
Abd. Gafur adalah pria kelahiran Makassar 29 Juli 1986 yang punya kebiasaan memandangi langit-langit kamar di malam hari sambil berpikir "Seharusnya saya bisa melakukannya dengan lebih baik." Ia begitu menyukai filsafat dan hukum. Prestasi yang pernah dia raih di antaranya adalah juara III tingkat nasional (bersama tim delegasi Unair) pada Kompetisi Legislative Drafting UU Tipikor di Semarang ...more
No trivia or quizzes yet. Add some now »