Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Bastian dan Jamur Ajaib” as Want to Read:
Bastian dan Jamur Ajaib
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Bastian dan Jamur Ajaib

3.43  ·  Rating details ·  157 ratings  ·  48 reviews
Jamur ini bukan sembarang jamur. Jamur ini mampu membuka luka hati siapa pun yang memakannya.
Buku ini bukan sembarang buku. Buku ini mampu membuka dunia imajinasi yang penuh makna.


Dunia cerita Ratih Kumala mengandung rasa takut yang tidak main-main. Karakter-karakter imajinernya sedemikian nyinyir mengingatkan, bahwa dalam romantika yang bergelimang keriangan, suka-cita, d
...more
Paperback, Pertama, 130 pages
Published February 2015 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Bastian dan Jamur Ajaib, please sign up.

Be the first to ask a question about Bastian dan Jamur Ajaib

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.43  · 
Rating details
 ·  157 ratings  ·  48 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Bastian dan Jamur Ajaib
Uci
Oct 08, 2018 rated it really liked it
Satu lagi harta karun yang saya temukan di acara diskonan. Setelah terpikat Gadis Kretek dan kecewa pada Wesel Pos, saya masih penasaran dengan karya Ratih Kumala. Dan kumpulan cerpen ini kembali membuat saya jatuh hati. Sebagian dari 13 cerpen dalam buku ini sudah pernah dimuat di media massa, tapi untungnya belum ada yang pernah saya baca, jadi semua baru bagi saya.

Kisah-kisah sederhana tetapi diimbuhi sentuhan magis di sana-sini, dengan gaya bercerita yang membuat saya langsung "terjaga" seja
...more
Nindya Chitra
Mar 11, 2019 rated it really liked it
Baca kumcer itu sekali duduk bisa dapat banyak. Hehe

Dalam kumpulan ini, Ratih Kumala memadukan unsur magic, dongeng dan realitas. Komplit. Ada cerita anak sehari-hari, mitologi, sampai urusan rumah tangga. Yang paling absurb menurutku adalah cerpen yang dijadikan judul. Dari gaya bercerita sampai alurnya mirip bayangan cerita pas nulis jaman-jaman SMA. Bukan ceritanya lho. Perpindahan adegan, kejutan tiba-tiba dan celetukan-celetukan tokohnya. Tipe ceplas-ceplos yang bikin geli sendiri. Dan cuma
...more
Pauline Destinugrainy
Sejak membaca novel Gadis Kretek, saya jadi ingin membaca karya Ratih Kumala berikutnya. Ketika saya melihat buku ini diterbitkan, tanpa pikir panjang saya langsung membelinya. Tadinya saya pikir karya terbaru Ratih Kumala ini adalah sebuah novel. Tenyata kumpulan cerpen. Bahkan beberapa cerpen di dalam buku sudah pernah ada yang dipublikasikan, meski satupun belum pernah saya baca sebelumnya.
Ada total 13 cerpen dengan berbagai tema di dalam buku ini. Semua cerpen disajikan dalam gaya yang meng
...more
Mark
May 22, 2015 rated it liked it
Darah Domba di Pintu Budak.

Masuk, Joshua. Jangan kau tonton kematian itu. Biarkan malaikat maut tunaikan tugasnya. Itu sudah menjadi titah embannya. Menyedihkan bukan? Andai terkaruniai akal, tentu malaikat maut akan menangisi nasibnya. Beremban tugas yang paling tidak menyenangkan di muka dunia; mencabut nyawa. Ah, tentu dia akan berpikir sama dengan kita, bahwa dunia ini tak adil dan keadilan harus diperjuangkan. Seperti kita. Dan seperti aku, mungkin dia akan jadi pemberontak. Setidaknya memp
...more
Darnia
Ada beberapa cerpen yg sudah pernah gw baca sebelumnya (tapi lupa di mana...mungkin antologi gitu), yaitu Foto Ibu dan (kalo gak salah) Bau Laut. Twist untuk cerpen Nonik paling oke, IMO. Hampir semua cerpen di kumcer ini gw suka

Terima kasih iJak atas peminjaman bukunya
Kimi
Bastian dan Jamur Ajaib adalah buku kumpulan cerpen lainnya dari Ratih Kumala. Ini adalah buku kumcernya kedua yang saya baca setelah Larutan Senja.

Terdapat tiga belas cerita pendek di buku ini. Berikut adalah ringkasan masing-masing ceritanya.

1. Ode untuk Jangkrik
Aldi dan teman-temannya sedang senang bermain adu jangkrik. Lawan terberatnya adalah Indro. Dalam permainan adu jangkrik, Aldi belum pernah menang melawan Indro. Jelabang milik Indro besar, sebesar jempol. Pada suatu hari dalam perjala
...more
Fauziah Ramadhani
May 18, 2019 rated it liked it
Aku pertama kali membaca karya Ratih Kumala saat aku membaca kumpulan cerpen dari GPU. Sudah lama sekali. Sejak itu, aku langsung tertarik membaca karangan-karangan Ratih Kumala. Apalagi saat ku ketahui bahwa ia merupakan lulusan Universitas Sebelas Maret. Wah, ternyata satu almamater denganku hehehe.

Cerita-cerita pendek milik Ratih Kumala memang sangat nyentrik. Singkat, ringan, mudah dicerna, tapi tak ku sangka bisa dikemas menjadi terasa 'penting sekali'. Ide-idenya menggelitik dan sangat dek
...more
Truly
Mar 11, 2019 rated it really liked it
Sejak membaca salah satu buku penulis satu ini, saya langsung jatuh cinta. Plus, salah seorang sahabat saya alm Nico sering berbagi kisah ketika berada satu Tim dgn beliau. Seakan ada kedekatan emosional yg terjalin.

Entah kenapa saya seakan pernah membaca buku ini, bukan kisah yang yg di muat di media tapi pernah memegang dan membaca buku ini. Duh faktor u.

Dua kisah seakan saling berhubungan, kisah Bau Laut dan Pacar Putri Duyung. Sama-sama mengusung tema tentang laut dan putri duyung. Tentang c
...more
J. Fisca
Jun 11, 2019 rated it it was ok
Bngsd. Setelah beberapa tahun menghindari baca kaya penulis ini karena masih trauma dengan kumpulan cerpen Larutan Senja yang luar biasa jeleknya (aduh), akhirnya buku ini selesai saya baca. Dan... masih kecewa juga.
Memang sih, kelihatan jelas perkembangan teknik pengarang (dibandingkan dengan kumcer sebelumnya, Larutan Senja). Applaus. Tapi setelah ini, kayaknya trauma baca karya pengarang ini bakal jadi permanen.

Saya suka cerpen pertama di buku ini, "Ode untuk Jangkrik". Beberapa cerpen yang
...more
Nike Andaru
Mar 18, 2019 rated it really liked it
66 - 2019

Ini kumpulan cerpen kedua dari Ratih Kumala yang saya baca setelah sebelumnya membaca Larutan Senja. Saya harus bilang saya suka banget semua cerita dalam kumcer ini.

Seperti biasa, Ratih Kumala dengan mudah membuat pembaca mengikuti ceritanya satu demi satu dan rasanya mudah buat saya menikmati setiap cerpen yang ada. Saya baca sambil ngeteh sore atau sarapan pagi, semuanya menarik.

Merupakan hal yang menyenangkan ketika saya inget bahwa beli buku ini di diskon gramedia.com yang kalo ga
...more
Launa Rissadia
Rating: 3.5/5

"Aku bisa membayangkan ibuku akan berkhotbah; orang yang ada gambar di kulit, salatnya tidak akan diterima, lalu akan masuk neraka. Sayangnya aku tak percaya neraka itu ada, seperti pesimisnya aku akan keberadaan surga. Yang aku percaya adalah reinkarnasi." (cerpen Foto Ibu hlm. 81)

Kumcer menarik berisi cerita-cerita tentang kematian, ketidakberdayaan, pengkhianatan, cinta seorang anak pada ibu, rasa bersalah, keputusasaan, ketamakan, dll. Semua cerita tidak ada yang membahagiakan.
...more
Riski Oktavian
Sep 19, 2020 rated it liked it
bastian dan jamur ajaib ini adalah buku kumcer kedua yang sudah kubaca setelah ayah pemilik cinta yang terlupakan tahun lalu, sekaligus menjadi kumcer pertama yang kubaca di tahun ini.

aku suka dengan cerita-cerita yang ada di dalam sini. cocok dibaca waktu santai atau lagi bosen mau ngapain. ceritanya beragam macam, mulai dari yang cerita anak-anak, misteri, bahkan romance juga ada. buku ini mengajarkan banyak sekali pesan moral kehidupan yang membuat nyaman bacanya.

bahasa yang dipakai juga ring
...more
Nisa Rahmah
Dec 08, 2015 rated it liked it
Shelves: kumcer
Ini adalah buku Ratih Kumala yang kedua yang saya baca setelah Gadis Kretek. Bastian dan Jamur Ajaib sendiri adalah sebuah kumpulan cerita pendek yang terdiri dari 13 cerita. Favorit saya adalah Tulah. Nah, saya mau ulas satu per satu kisahnya di sini.


Ode untuk Jangkrik
Ode untuk Jangkrik beriksah tentang Aldi dan jangkriknya, di mana seorang anak kecil yang bernama Aldi ini suka mengadu jangkrik. Jangkrik milik Indro adalah jangkrik jagoan yang mengalahkan jangkrik Aldi. Aldi tidak pantang menye
...more
Dion Yulianto
Feb 11, 2019 rated it liked it
Ode untuk Jangkrik membawa kita pada keriangan ringan di masa kecil, ketika jangkrik, gasing, layangan dan kelereng adalah harta berharga dan sawah serta halaman adalah area mabar yang sesungguhnya. Walau ending cerita ini biasa, kekuatannya ada pada perjalanan membaca cerpennya yang dengan cantik mampu membawa kita kepada kenangan di masa kecil. Kisah kecil ini mengingatkan bahwa kebahagiaan juga bisa hadir dalam kesederhanaan dan kebersahajaan.

Ulasan di blog
...more
Miela Baisuni
Jul 13, 2019 rated it it was amazing
Cerita-cerita di dalamnya membuatku menahan nafas. Setelah usai menghatamkan buku ini, aku baru tahu bahwa Ratih Kumala adalah istri dari Eka Kurniawan. Dan menariknya, gaya bercerita dia membuatku lebih menyukainya dari pada si Eka. Muehehe.

Bacalah buku ini di akhir pekan. Sangat menarik dan memanjakan imajinasi.
Aguspratama
Oct 20, 2020 rated it it was amazing
Jenius. Ekspetasi gua sama sekali gak ada ketika membaca buku ini. Awalnya kira cuma buku fiksi fantasi untuk anak-anak , namun ternyata Ratih membawa kedalam nuansa magis yang menghanyutkan.

These work's from Ratih Kumala was so fascinating and must be read for all of you. It brings me the magical feeling that i hate to end from every short story that she write for this book.
...more
Ananda Sevma
Sep 25, 2017 rated it it was amazing
Shelves: kumpulan-cerpen
Empat cerpen favorit sy judulnya yakni Nonik, Foto Ibu, Telepon, & Keretamu Tak Berhenti Lama. Dramatis sekali. Menyayat sekali. Semua pembaca pasti bisa membayangkan kisah itu secara imajinasi visual.
Agung Tj
Nov 10, 2018 rated it it was amazing
Buku ini benar-benar memiliki daya imajinasi yang luar biasa. Sebuah teknik bercerita yang fantastis.
Astri Rizki
Jul 27, 2017 rated it really liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Stella_bee
Apr 14, 2020 rated it really liked it
Favorit saya: Ah Kauw; Lelaki Di Rumah Seberang; Nenek Hijau; Rumah Duka
Ega Abdi  Satrio
Nov 04, 2018 rated it really liked it
Shelves: short-stories
Suka sekali. Cuma Tulah mungkin yang tidak bisa saya nikmati.
Yulia
Oct 15, 2018 rated it liked it
Di bbrp part berasa baca tulisan sendiri, meskipun aku malas menulis :p
Ossy Firstan
Aug 08, 2017 rated it really liked it
Kumpulan cerpen yang menyenangkan dan buat jumpalitan.
Aya
Jun 02, 2020 rated it really liked it
Audio reviewnya bisa didengar di sini https://bit.ly/36U9IMD ...more
David Dewata
Jul 19, 2018 rated it really liked it
Selalu suka baca naratif yang memikat dan selalu ingin mengikuti sampai selesai seperti menu dalam buku ini.
Wiwinndut
May 02, 2020 rated it really liked it
Menarik dan tidak terprediksi.
Steven S
Feb 26, 2015 rated it really liked it
Buku ini merupakan karya pertama Ratih Kumala yang saya baca. Membaca kumcer di buku ini membuat kita terhanyut dengan permainan imajinasi sang pengarang. Tidak diragukan lagi kemampuan penulis untuk menghasilkan ramuan cerita yang akan membuat pembaca berdecak kagum sekaligus ketagihan sehabis menyelesaikan sebuah cerita. Hampir semua cerita pendek yang ditulis menjanjgikan untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi sebuah prosa yang lebih panjang. Tidak banyak kumcer yang mampu menyajikan pengala ...more
Ray Hamonangan
Feb 19, 2015 rated it really liked it
Shelves: kumcer, sastra-indo, punya
Ini adalah buku ke-4 dari Ratih Kumala yang kubaca. Kumcer ini terdiri dari 13 cerita pendek dengan berbagai tema.

Cerita-cerita yang ada di dalam "Bastian dan Jamur Ajaib"

- Ode Untuk Jangkrik: Seorang anak kecil yang hobi mengadu jangkrik-jangkrik peliharaannya dengan jangkrik teman-teman SD nya sepulang sekolah.

- Nonik: Pertemanan antara Aida dan Nonik sejak masa kuliah hingga di satu masa di mana ada satu kejadian yang tak akan diduga oleh Nonik sendiri.

- Nenek Hijau: Fenomena yang ada di suat
...more
Emilya Kusnaidi
May 13, 2015 rated it really liked it
Shelves: love-it, favorit
Novel Ratih Kumala yang yang pertama kali saya baca.

Bukan novel sih, tepatnya. Melainkan kumcer. Dan sejujurnya, agak kaget juga bahwa saya bisa menyukai buku ini, padahal biasanya nggak suka baca buku yang nyastra. Cerita-cerita Ratih Kumala terkesan simpel, tapi sarat makna. Memberikan persepsi dan sudut pandang yang baru. Menarik, sangat menarik. Bukannya sastra selangkangan yang belakangan makin sering beredar.

Dan favorit saya, cerpen Nonik, Rumah Duka, dan Ode untuk Jangkrik :)
cindy
Mar 18, 2015 rated it really liked it
suka semua cerita dalam kumcer ini. tema-tema yang berbeda di setiap kisah membuatku tidak pernah bosan, dan ingin membaca lagi dan lagi dan lagi. meskipun ditulis dengan ringan tapi tetap punya arti mendalam. favoritku.... uhm... tidak ada favorit, semuanya aku suka!
« previous 1 3 4 5 6 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Teh dan Pengkhianat
  • Entrok
  • 9 dari Nadira
  • Cerita Cinta Enrico
  • Cinta Tak Ada Mati
  • Olenka
  • Pasung Jiwa
  • Yang Bertahan dan Binasa Perlahan
  • Semua Untuk Hindia
  • Kekasihku
  • Resign!
  • Saksi Mata
  • The Question of Red
  • Dua Dini Hari
  • Orang-Orang Bloomington
  • Three Years
  • Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
  • Moshi moshi
See similar books…
121 followers
Ratih Kumala, lahir di Jakarta, tahun 1980. Buku pertamanya, novel berjudul Tabula Rasa (Grasindo 2004, GPU 2014), memenangkan Sayembara Menulis Novel Dewan Kesenian Jakarta 2003. Novel keduanya, Genesis (Insist Press, 2005). Kumpulan cerita pendeknya, Larutan Senja (Gramedia Pustaka Utama, 2006). Buku keempat berjudul Kronik Betawi (novel/GPU, 2009) yang sebelum terbit sebagai buku juga terbit se ...more

Related Articles

  Here at Goodreads, we've noticed that a funny thing tends to happen when we start talking about audiobooks: The same few titles get...
59 likes · 15 comments