Jump to ratings and reviews
Rate this book

Simfoni Bulan

Rate this book
Siapa yang berani mengatakan menjadi pelacur itu mudah?
Kemarilah. Aku ingin sekali meludahinya. Sekarang. Saat ini juga.

Kalimat pembuka yang disuguhkan Feby dalam Simfoni Bulan-nya akan membuat siapa saja merasa tertantang untuk mendapatkan sebuah pembuktian bahwa memang benar tidak mudah menjadi pelacur. Dan ia berhasil. Dalam untaian kalimat singkat, Feby menuturkan kisah Bulan. Setelah lima tahun bekerja sebagai seorang wartawan ia beralih profesi menjadi penulis novel dan melakoni profesi pelacur untuk observasi partisipatoris demi mengalami menjadi karakter yang akan ditulisnya. Dengan lihai ia membawa pembacanya memahami setiap keputusan yang diambil Bulan dan apa itu mengalami dan menjadi, tanpa memaksa pembaca untuk meratapi nasib Bulan. Ia juga membawakan fakta (nasib-nasib pelacur di Kramat Tunggak) menjadi begitu mudah untuk dinikmati dalam sebuah cerita yang memberikan perspektif baru untuk disikapi. Ditambah cerita di dalam cerita yang menarik dan mengalir. Semuanya meninggalkan pesan tanpa berusaha menggurui pembaca. Setiap karakter dan konfliknya disuguhkan sebagai bagian dari puzzle yang membawa pembaca kepada setiap kejutan kecil yang tak terduga. Tidak puas mengawali novelnya dengan sebuah tantangan, Feby juga mengakhirinya dengan tantangan.

206 pages, Paperback

First published January 1, 2006

Loading interface...
Loading interface...

About the author

Feby Indirani

16 books47 followers
Feby Indirani, Journalist and Writer, started to write since elementary school, beginning with a diary. When in high school, she got 2nd place in an essay contest for teen organized by Gadis magazine, and was actively involved in a school publication. She went to Universitas Padjadjaran, majoring in journalistic, and joined djatinangor student publication. Feby won an Essay Writing Competition for Students in 2001, organized by Toyota Astra Foundation. Late 2002, she received a grant from the Asia Foundation and the Study Center for Religion and Civilization (PSAP) Muhammadiyah, through a call for papers on Women and Muhammadiyah.

May 2003 through June 2004, Feby worked as a reporter in Trust magazine. July 2004, Feby joined the Tempo Group when the organization started reactivating Tempo Center of Data and Analysis (PDAT). As a team, the PDAT published three books with Feby involved as writer. Among the titles is Ahmadiyah: Keyakinan yang Digugat (A Faith Accused), where Feby joined in a research trip to an Ahmadiyah village.

August 2006 through April 2011, Feby worked as a journalist in Business Week Indonesia (recently renamed as Bloomberg Businessweek Indonesia). Feby has published several works, started by a novel titled Simfoni Bulan (Bulan’s Symphony 2006). She also wrote two film-adaptation novels, a novel adapted from a lyric of a song, and a how-to on modeling. No, she never actually had a try at modeling, but she did systemize and codify the experience of Arzetti Bilbina, an Indonesian top model.

One of her book is titled I can (not) Hear: Journey of a Hearing-Impaired to a World of Sounds. was featured in the Kick Andy TV show in October 2009, and won the Anugerah Pembaca Indonesia Award 2010 from Goodreads Indonesia in best non-fiction.

Ratings & Reviews

What do you think?
Rate this book

Friends & Following

Create a free account to discover what your friends think of this book!

Community Reviews

5 stars
6 (14%)
4 stars
10 (24%)
3 stars
16 (39%)
2 stars
7 (17%)
1 star
2 (4%)
Displaying 1 - 9 of 9 reviews
1 review
May 19, 2020
Awalnya tertarik karna sinopsis di buku, jarang ada yang berani bikin cerita menantang begini, biasanya tokoh utamanya cenderung baik, jadi aku penasaran. Kemudian setelah aku baca aku mikir “ini penulisnya gak suka sama tokohnya atau gimana, masa tokoh*nya di di gambaran dengan kelakuan* yang freak, sedangkan tokoh antagonisnya malah di gambarin bagus. Selain itu penulis ingin memadukan sentuhan realitas dengan penceritaan soal PSK yang terjadi saat ini, tapi tokoh visya justru dibuat se gak masuk akal mungkin jadi gamang kan ini mau bikin seolah olah nyata atau real fantasi?”
Profile Image for Neneng Lestari.
201 reviews1 follower
April 8, 2016
Pertama mau bilang, aku tidak pernahrespect dengan tokoh wanita yang memilih pekerjaan sebagai wanita penghibur, sejenis pelacur. Dan jujur aja aku selalu benci harus menikmati kisah seperti itu. Karena dengan membaca kisah seperti itu, seolah-oleh penulis ingin mengajak pembaca untuk tidak menghakimi pekerjaan tersebut (entah iya pun menjadi pelacur bisa di sebut pekerjaan). Karena otomatis penulis akan mengajak kita untuk memahami kenapa seorang wanita memilih jadi pelacur. Dan sekali lagi, aku tidak suka. Cenderung benci sebenarnya. Termasuk untuk novel ini ....

Full Review: http://ntarienovrizal.blogspot.co.id/...
Profile Image for Damar hening Sunyiaji.
127 reviews7 followers
October 7, 2012
saya suka ceritanya, tapi saya gak nangkap apa pesan ceritanya. Kata andalannya adalah bahwa jadi pelacur itu gak mudah. Ini debut pertama feby, karakter bulan sangat kuat malah hampir keseluruhan buku menegaskan bahwa ini tentang bulan.
Orang orang yang hadir seperti visya, gangga, bayu dan banyak lagi hanya sebagai penegas bahwa bulan memiliki kerumitan.
Penggunaan kata ganti dia dan aku kadang mengecoh saya sampai lupa bahwa novel ini diceritakan dengan kata ganti orang ketiga.
Profile Image for Muhammad Rully Moenandir.
16 reviews10 followers
December 23, 2007
sebenernya gua belom baca ni buku....cuma, karena mau dikasih langsung ama penulisnya dan dikasih tandatangan dia spesial buat gua...yah, gua kasih 5 star deh. Iya gak Feb ? barter coklat.
Profile Image for Micki.
Author 1 book5 followers
February 19, 2008
Buku pertama Feby,
cukup stunning, sangat menyenangkan dibaca, plot yang tidak mudah ditebak.
Bagus, Feb.
Profile Image for Dian Nurmala.
18 reviews
July 30, 2012
kesannya buku ini kok menyalahkan tuhan yah.... dan saya kurang ngerti sama alur ceritanya, inti apa yg mau penulis sampaikan...
Displaying 1 - 9 of 9 reviews

Can't find what you're looking for?

Get help and learn more about the design.